skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Pengertian Apa Itu SEO – Mengapa Anda Membutuhkan SEO?

Pengertian Apa Itu SEO – Mengapa Anda Membutuhkan SEO?

Halo semuanya selamat datang di SUBMITClimb dalam artikel kali ini saya mencoba membagikan panduan lengkap tentang Belajar SEO untuk mengoptimalkan website yang Anda kelola. Sebelum Anda belajar tentang SEO ada baiknya saya akan sedikit memberikan penjelasan singkat terlebih dahulu tentang apa itu SEO?

Pengertian Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau lebih mudahnya saya akan katakan mengoptimasi sebuah website di mesin pencari agar mudah di temukan dalam pencarian.

Kalau di Wikipedia SEO ini diartikan dengan Serangkaian proses yang dilakukan oleh seseorang secara sistematis yang mempunyai tujuan untuk membantu meningkatkan volume dan juga kualitas traffic (kunjungan) melalui mesin pencari baik itu Google, Bing dan lainnya yang menuju ke website tertentu (Anda) dengan memanfaatkan mekanisme kerja sebuah algoritma mesin pencari itu sendiri.

wikipedia apa itu seo

Jadi tujuan SEO bisa saya katakan adalah untuk meningkatkan volume dan jumlah kunjungan atau yang disebut juga dengan traffic ke sebuah website yang sedang di optimasi.

Mesin pencari yang ada di dunia itu sangat banyak tetapi saya hanya ingin menyebutkan beberapa saja yang paling terkenal dan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

  1. Google
  2. Bing dan
  3. Yahoo (Sekarang sudah jarang digunakan orang)

Google adalah salah satu mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Bahkan kalau saya tidak salah hampir semua orang yang ada di dunia ini menggunakan Google sebagai mesin pencairi utama. Karena alasan itulah mengapa dalam panduan ini kita akan berfokus tentang cara SEO website agar bisa tampil dan ditemukan di mesin pencari Google.

SEO sendiri dipicu dengan sebuah keyword atau sebuah kata kunci yang diketikkan oleh seseorang di mesin pencari. Sebagai contoh katakanlah Anda ingin mencari penjelasan tentang sejarah Bali. Dengan bantuan teknologi sekarang Anda bisa mencari dan mendapatkan jawaban itu di internet.

Caranya bagaimana?

Anda harus mengunjungi salah satu mesin pencari, sebagai contoh di sini saya akan menggunakan mesin pencari Google. Saya kemudian mengetikkan kata kunci “Sejarah Bali” di mesin pencari kemdian setelah itu mesin pencari akan menampilkan semua website-website dan juga video yang terkait (relevan) dengan kata kunci yang Anda ketikkan di dalam kotak pencarian mesin pencari.

sejarah bali mesin pencari google

Jadi hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google pemicunya adalah keyword atau kata kunci. Nah dalam panduan ini kita akan belajar bagaimana kita akan mencoba menempatkan website yang kita buat supaya mudah untuk ditemukan di mesin pencari ketika ada orang yang mencari dengan kata kunci tertentu yang kita target.

Ok, saya akan memberikan contoh untuk memudahkan kita memahami tentang hal ini. katakanlah Anda menjual Pie Susu Bali, ketika ada orang yang mengetikkan “Jual Pie Susu Murah di Bali”, di mesin pencari Google dan Google menampilkan hasil pencarian dari kata kunci tersebut maka website Anda akan muncul di hasil pencarian tersebut dari urutan 1 sampai 10. Nah itu adalah sebuah hasil dari teknik SEO yang akan Anda lakukan.

Sekarang coba kita akan gunakan kata kunci Panduan Bisnis Online Terbaik maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang terkait dengan kata kunci yang kita ketikkan ini. di bagian atas ini kita bisa melihat bersama ada sekitar 15.400.000 website yang menggunakan kata kunci ini.

Sedangkan biasanya Anda dan saya kalau mencari sesuatu di internet kebanyakan dari antara kita sukanya hanya membuka halaman pertama saja dari hasil pencarian mesin pencari Google, jarang sekali kita membuka halaman ke dua atau ke tiga, mungkin ada yang membuka sampai halaman ke dua dan ke tiga tapi kebanyakan hanya sampai di halaman pertama saja bukan?

Nah, oleh karena itu, jika website Anda ingin di temukan di halaman depan mesin pencari Google maka Anda harus melakukan SEO untuk website Anda. jadi sekali lagi, ketika ada orang yang mengetikkan keyword Panduan Bisnis Online Terbaik maka salah satu website yang Anda punya akan muncul di halaman pertama mesin Google ini. Percaya atau tidak kebanyakan dari antara mereka yang mencari informasi di Google sudah langsung bisa menemukan jawabannya dari salah satu website yang ada di halamn satu hasil pencarian Google ini. kalaupun mereka ada yang penasaran baru mereka akan melanjutkan pencarian mereka ke halaman selanjutnya. Tapi biasanya sangat jarang sekali, dari pengalaman saya biasanya yang kebanyakan lanjut sampai ke halaman lain adalah orang-orang yang sedang mengerjakan SEO itu sendiri contohnya saya dan Anda.

Coba Anda bayangkan hasil pencarian dari kata kunci ini, ada sekitar 15.400.000 website, dan angka ini akan terus bertambah, bagaimana Anda bisa bersaing dengan semua website ini?

 
jumlah website dengan keyword Panduan Bisnis Online Terbaik

Mengapa SEO Dibutuhkan Untuk Mengoptimasi Sebuah Website atau Bisnis

Kita bisa lihat bersama pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat dan peningkatannya ini tidak sedikit tetapi sangat tinggi dari tahun ke tahunnya. Dari banyaknya pengguna internet ini, kita bisa simpulkan mesin pencari akan sering dan banyak digunakan oleh orang-orang untuk mencari informasi tentang sesuatu.

  1. SEO bisa mendatangkan Traffic atau pengunjung ke website Anda yang bisa menghasilkan penjualan
  2. Memberikan harapan bagi website yang Anda kelola untuk mudah ditemukan di mesin pencari Google
  3. SEO lebih murah jika dibandingkan cara-cara lain (tapi tetep mengeluarkan uang)
  4. Mereka yang butuh sesuatu akan mencari Anda di Internet.
  5. Internet adalah gudangnya segala macam informasi

Manfaat Anda mempelajari SEO

  1. Membantu Anda untuk bisa meningkatkan keberadaan website atau blog yang Anda kelola bisa di temukan dengan mudah di mesin pencari dan mendatangkan pengunjung yang tepat sasaran atau tertarget. Jadi begini ketika ada seseorang yang mengetikkan keyword tertentu mereka sedang benar-benar membutuhkan informasi tentang sesuatu atau mencari sebuah informasi untuk memecahkan permasalahan mereka, ketika mereka menemukan website Anda maka Anda sudah mendapatkan orang yang benar-benar membutuhkan informasi tersebut atau informasi yang Anda sediakan baik itu dalam bentuk artikel maupun video sudah membantu menjawab apa yang menjadi permasalahan mereka.
  2. Anda bisa mengetahui hasil dari pencarian halaman (Result Page) dan bisa menemukan di urutan ke berapa website Anda saat ini dan seberapa besar sih pengaruhnya terhadap bisnis yang Anda jalankan jika website Anda ditemukan di halaman pertama.
  3. Bisa menambah pengetahuan baru khususnya tentang bagaimana cara mengoptimasi sebuah website yang Anda kelola dengan strategi SEO yang meliputi: Keyword Research dan Link Building (membuat backlink yang menuju website Anda).

Apa Saja yang Harus Di Siapkan (Syarat) Sebelum Melakukan Teknik SEO?

  1. Anda harus mempunyai sebuah website.
  2. Website Anda harus sudah mempunyai setidaknya 10 halaman terlebih dahulu. Kenapa saya memasukkan hal ini? Coba Anda bayangkan kalau Anda mempunyai website tetapi website Anda tidak ada halaman atau isinya, apa yang akan terjadi, sudah pasti tidak ada manfaatnya bukan? Google pasti tidak akan mau merekomendasikan website Anda kepada orang lain karena Google sendiri ingin setiap website itu mempunyai konten yang berkualitas, bervariasi dan memberikan manfaat yang nyata buat para pengunjung website. Itulah mengapa kalau Anda mencari sesuatu di internet Anda sering sekali menemukan website seperti Wikipedia dan lainnya. Karena website – website seperti ini mempunyai konten yang bagus dan sangat beragam. Jadi coba persiapkan halaman Home, About, Service, Contact Us, Terms and condition, Privacy policy, Blog dan halaman lainnya terlebih dahulu sebelum mempraktekkan SEO.
  3. Cek Website Anda. Apakah itu website bekas atau bukan, jika ya cek apakah pernah digunakan untuk apa saja dan apakah di banned oleh Google atau tidak. Cek di banned atau tidak di situs ini: seomastering.com/google-banned.php.
  4. Menentukan topik utama website atau blog yang akan Anda buat dan membuat konten yang relevan dengan topik utama Anda. Karena Google tidak menyukai website yang memiliki konten yang tidak relevan dengan tema website yang sudah di buat. Contohnya seperti ini, katakanlah Anda membangun website tentang kesehatan tetapi isi konten Anda tentang otomotif atau pesawat terbang, nah ini akan jadi masalah saat Anda optimasi. Jadi coba Anda cari dulu niche dari website yang mau Anda buat baru setelah itu Anda buat websitenya. Anda bisa pelajari hal ini di halaman ini “Cara Menentukan Niche Website”.
  5. Mencari dan menggunakan Kata kunci yang tepat. Nanti kita akan belajar juga tentang bagaimana cara riset keyword yang baik dan benar yang bisa Anda gunakan untuk bisa menemukan kata kunci yang tepat.

Ok, jadi itu saja yang bisa kita pelajari pada panduan kali ini tentang Pengertian Apa itu SEO. Memang awalnya ini akan membuat Anda bingung, pusing dan bertanya-tanya, saya bisa apa nggak ya melakukan SEO? Tenang saja, Anda tidak perlu harus mengerjakan SEO seorang diri dengan mempelajari dasar-dasar SEO setidaknya nanti Anda bisa menggunakan pengetahuan ini untuk mencari Jasa SEO dan Jasa Backlink yang benar-benar bagus dan bisa dipercaya.

Saya yakin sampi di sini Anda sudah banyak mengetahui tentang Apa itu SEO, Apa Manfaat SEO, Mengapa SEO dibutuhkan, dan apa saja sih tujuan SEO buat website yang Anda kelola khususnya untuk bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Ok, sekian dulu kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Pengertian Apa Itu SEO ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top