skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Peluang Bisnis Online Dengan Dropshipping Internasional

Peluang Bisnis Online dengan Dropshipping Internasional

Kali ini saya akan membagikan informasi tentang Peluang Bisnis Online dengan sistem Dropshipping Internasional. Bagiaman kita bisa membangun bisnis online atau membangun bisnis di dunia digital dengan model bisnis yang namnya dropship. Di artikel sebelumnya saya juga sudah membahas artikel dengan judul “Belajar Dropship Internasional,” ini sebenarnya adalah lanjutan dari artikel itu. Jadi buat kalian yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan membca terlebih dahulu artikel itu.

Sebelum saya membahas lebih detail pastikan Anda untuk like, follow dan subscribe akun sosial media kami, Twitter, Instagram, Facebook Page, YouTube dan Facebook Grup SUBMITClimb TV.

Mengapa saya selalu mengarahkan dan meminta kalian untuk Follow, like dan subscribe akun sosial media SUBMITClimb? Karena saya juga akan membagikan panduan – panduan yang tidak saya share di sini dan selain itu saya juga sering membagikan sesuatu secara gratis di sana oleh karena itu pastikan kalian lakukan hal ini.

Ok sebelum saya menjelaskan lebih dalam saya akan menjelaskan model bisnis dropshipping ini. Saya yakin beberapa dari antara kalian sudah banyak yang tahu tentang model bisnis ini, tetapi beberapa dari kalian juga ada yang sama sekali belum tahu tentang bisnis ini.

Apa sih sebenarnya Dropshipping ini?

Bisnis dropshipping adalah sebuah bisnis dimana kita menjual produk kepada pelanggan tanpa memegang dan menyentuh barang yang kita jual. Bisa saya katakan juga bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk stok barang untuk di jual.

Kalau saya gambarkan dropshipping itu seperti ini:

Misalnya Anda membuka sebuah toko online. Kita sekarang ini zamannya toko online, toko online yang jualan di Instagram, jualan di Facebook dan juga di marketplace. Cuma ada kendala saat kita menjual barang di marketplace dan juga instagram adalah Anda tidak bisa mendapatkan data-data yang lengkap tentang si pembeli. Anda tidak bisa mem-follow up pelanggan Anda.

Dengan model bisnis ini kita akan membuat segalanya itu sangat lengkap dan terstruktur dengan baik sehingga bisnis ini bisa kembangkan menjadi besar sekali. Saya akan coba kasih tahu Anda tentang potensi bisnis ini seperti apa.

Ok kita lanjutkan lagi ya, Setelah Anda membuka toko online untuk dropshipping kita akan memasarkan barang kita kepada orang-orang yang ada di luar negeri bahkan bisa ke semua negara jika kita mau. Kita tidak mau hanya menjual barang kepada orang yang ada di lokal Indonesia saja. Buat apa Anda hanya menjual barang untuk Indonesia saja? Ngapain Anda membatasi penjualan hanya untuk orang Indonesia saja?

Sistem Kerja Dropship Internasional

  • Cari Foto Produk dan keterangan produk dari Aliexpress
  • Simpan foto produk dan deskripsi produk yang mau Anda jual
  • Membuat Toko Anda di Shopify atau WordPress.
  • Memasarkan produk Anda menggunakan Facebook Ads
  • Pelanggan dari US mengunjungi toko Anda dan membeli produk Anda
  • Anda membeli barang dari Aliexpress untuk pelanggan Anda
  • Aliexpress akan mengirim barang ke pelanggan Anda di US (Negara lain)

Nah dari sini Anda bisa melihat bahwa kita sama sekali tidak perlu untuk stok barang. Kita hanya akan membeli produk saat ada pembeli. Jadi kita tidak perlu khawatir barang yang kita stok di rumah tidak laku terjual. Karena kita tidak pernah membeli barang untuk di taruh di gudang atau di rumah kita.

Saya dulu pernah mengalami yang namnya stok barang tapi tidak laku, jadi banyak barang yang diam di gudang atau di rumah saya. memang yang namanya dagang pasti selalu ada yang namanya barang yang laku terjual dan barang yang tidak laku terjual.

Jadi kalau saat ini Anda menjalankan sebuah bisnis, apapun itu jika Anda stok barang pasti selalu ada yang namnya barang laku dan tidak laku. Sayang sekali bukan kalau ada barang yang tidak laku, lama-lama barang yang tidak laku ini akan terus bertambah banyak dan menumpuk.

Tetapi dengan menjalankan bisnis sperti ini Anda tidak lagi mengalami hal yang seperti itu. Karena sekali lagi saya katakan Anda hanya akan membeli barang jika ada orang yang membeli produknya dan sudah membayar kepada Anda.

Kalau barang yang kita jual ini dalam jumlah besar, itu gede banget hasilnya. Banyak orang menjalankan dropshipping hanya di lokal Indonesia saja. Ini bukan berarti salah dan tidak bagus. Kalau Anda bisa menjual ke pasar US dan menjalankan bisnis ini secara internasional mengapa harus menjalankan bisnis ini hanya untuk di lokal Indonesia saja?

Selain itu kalau kita menjalankan bisnis dropship di Indonesia sering banget yang namnya kehabisan barang, stoknya kosong dan selain itu sistem pembayaran di Indonesia masih banyak yang dilakukan secara manual dan masih sedikit juga orang-orang Indonesia yang menggunakan kartu kredit.

Sering banget para pemilik toko Indonesia harus mempunyai CS beberapa orang untuk memfollow up pembayaran pelanggan mereka lewat WhatsApp, Line dan lainnya. Menurut saya ini menjadi agak rumit waktu dan kerjanya.

Dengan menggunakan pemasaran internasional ini akan membuat penjualan Anda jauh lebih besar dan kendala-kendala serta kerumitan seperti orang-orang yang menjalankan dropship lokal tidak akan Anda alami lagi.

Optimasi Toko Dropship

Setelah Anda membuat toko online Anda mungkin bertanya bagaimana caranya supaya orang-orang yang ada di luar sana tahu tentang keberadaaan toko online kita?

Nah kita akan menggunakan bantuan dari Facebook Ads untuk mempromosikan produk kita. jadi nanti yang akan Anda pelajari dari bisnis dropship internasional Anda tidak hanya tentang itu saja, Anda juga akan belajar bagaimana cara menggunakan Facebook ads dan bagaimana caranya membuat iklan di Facebook. Selain itu Anda juga akan belajar banyak tentang fitur Facebook yang mungkin jarang sekali diketahui oleh orang yang tidak pernah menggunakan Facebook Ads yang disebut dengan Lookalike audience.

Jadi misalnya sekarang ini Anda sudah mempunya pelanggan katakanlah 200 orang, kemudian data ini Anda kasih ke Facebook dan Facebook akan mencari data yang mirip dengan pelanggan ini di US. Ini keren banget fiturnya. Jadi dari hanya punya 100 pelanggan bertambah menjadi jutaan pelanggan baru yang profilenya sangat mirip dan kalau nanti kita tawarkan produk yang ingin kita pasarkan mereka kemungkinan besar mereka akan membeli. Ingat saya tidak mengatakan mereka akan membeli semua, tetapi kemungkinan besar dari pelanggan-pelanggan baru ini mereka akan membeli produk yang kita tawarkan.

Saya akan membagikan kepada Anda semua ini secara gratis di dalam website SUBMITClimb dan juga channel YouTube SUBMITClimb. Anda tidak perlu membayar biaya kursus yang mahal, Anda hanya perlu mengunjungi website ini dan subscribe akun sosial media kami dan juga berlangganan email setiap bulannya.

Apakah orang yang tidak punya bisnis sama sekali bisa menjalankan Bisnis seperti ini?

Sering sekali orang mempunyai pertanyaan seperti ini. Bisa jadi Anda sekarang ini ingin bertanya tentang pertanyaan seperti ini, karena memang Anda belum punya bisnis sama sekali.

Saya akan jawab, Anda bisa menjalankan bisnis ini meskipun belum punya dan belum pernah menjalankan bisnis sama sekali sebelumnya.

Tahukah Anda ini adalah bisnis yang paling mudah dan enak untuk dijalankan oleh siapa saja, karena Anda hanya membutuhkan modal yang sangat kecil sekali. Selain itu resiko yang akan Anda tanggung juga bisa saya katakan sangat kecil. Semua bisnis pasti ada resikonya, tidak ada bisnis yang di jalankan tanpa ada resiko. Karena dalam bisnis ini Anda akan mengeluarkan uang kalau pelanggan Anda sudah membeli barang Anda.

Bisnis yang kita jalankan ini tidak seperti kita akan membuka sebuah bisnis warung makan atau restoran, kita perlu menyiapkan tempatnya, meja, piring dan lain sebagainya. Setelah semua sudah keluar uang dan sudah jadi, tiba-tiba restoran kita tidak laku. Ini resikonya besar banget. Dalam bisnis dropship kita tidak akan mengalami kerugian yang sebesar itu.

 

Menjalankan bisnis ini sangat mudah banget, kalau Anda sudah bisa. Saya tidak bilang Anda tidak perlu belajar caranya dan juga prosesnya. Semua hal perlu dipelajari, tidak ada yang tidak perlu dipelajari. Dan menjalankan bisnis ini bukan bisnis yang langsung bisa menghasilkan uang. Ini bukan bisnis yang seperti itu. Jadi Anda harus melalui yang namnya proses belajar dulu, karena saya juga mengalami yang namnya proses belajar selama beberapa bulan.

Dengan menggunakan facebook Ads Anda bisa mendatangkan pelanggan sebanyak mungkin ke website toko online Anda. Kalau kita bandingkan dengan toko konvensional, dalam satu hari belum tentu kita bisa mendatangkan pengunjung sebanyak toko online yang kita punya.

Cara Mencari Produk Dropship Internasional yang saya lakukan

Saya biasanya melakukan beberapa riset keyword atau lebih tepatnya riset mencari produk dengan menggunakan beberapa cara, tetapi yang paling sering dan yang paling sederhana dan memudahkan saya bekerja dengan cepat adalah saya menggunakan Facebook itu sendiri langsung dari akun pribadi saya dan menggunakan bantuan website Aliexpress dan beberapa website yang lain.

Cara Saya Mencari Produk Dropship

1# Menggunakan Facebook

  1. Kunjungi Facebook
  2. Ketikkan Kata kunci apa saja, sebagai contoh saya mau cari niche untuk kucing “cats get yours here” lalu enter.
  3. Langkah selanjutnya tinggal buka saja satu-satu tampilan postingan yang ada di halaman facebook kalian. Memang tidak semua akan menampilkan produk dagangan. Dari situ kita bisa menemukan ide dan juga produk yang “mungkin” laku jika di jual ke pasar umum.
  4. Kemudian Anda cari produk yang sama atau yang mungkin mirip di Aliexpress, Alibaba, 1688

2# Menggunakan Website Aliexpress

  1. Kunjungi website Aliexpress
  2. Cari produk dengan menggunakan kotak pencarian
  3. Cara kedua cari produk dengan memilih kategori yang Anda ingin cari
  4. Selanjutnya Anda bisa melihat dan mengelompokkan berdasarkan Best Match, Order, Newest atau price.
  5. Semua produk bisa Anda pasarkan, saya biasanya mencoba yang sudah laku dan mendapatkan beberapa bintang.

Contoh seandainya saya menemukan produk Sepatu untuk wanita “Women Sneaker.”

women sneaker

Harga Toko: $10.80

Harga Jual: $16.00

Profit Anda: $5.02

Shipping: $1.40

FB Ads (Iklan): $3/sales

Keuntungan Bersih Anda: $3.62

Katakanlah dalam 1 hari Anda menjual 100 produk, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dalam sehari. 100 produk terjual x $3.62 = $362

Kalau kita rupiahkan $362 x Rp.13.000 = Rp.4.706.000, ini adalah keuntungan dalam sehari yang Anda dapatkan hanya dari 1 produk saja. Kalau mau kita kalikan selama satu bulan maka Rp.4.706.00x 30 hari = Rp.141.180.000. hasilnya sangat luar biasa ya, Bagiaman menarik tidak bisnis dropship internasional ini?

Ingat untuk mencari produk itu butuh proses dan waktu. Karena itu Anda harus punya kesabaran untuk mencari produk-produk yang kira-kira bisa menghasilkan penjualan yang banyak, atau paling tidak bisa Anda penjualan walaupun tidak terlalu banyak. Percaya atau tidak saat Anda mencari produk, ini adalah proses pekerjaan yang sangat membosankan bagi kebanyakan orang.

Untuk mencari produk di Facebook Anda cari yang besar-besar viewnya, sharenya dan juga bila ada komentarnya akan jauh lebih bagus. Kalau bisa sih cari yang sharenya sangat tinggi (besar). Jadi kerjaan sehari-hari Anda adalah mencari produk seperti yang saya tunjukkan di atas.

Setelah Anda menemukan semua produk yang ingin Anda jual, Anda tinggal masukin aja semua fotonya ke dalam toko Anda. Ingat hindari produk yang mengandung copyright ya, karena kalau barang yang kita jual KW terus kita iklankan nanti bisa kena copyright. Setelah semua foto produk Anda masukkan ke dalam toko Anda setelah itu Anda tinggal iklankan saja semua produk itu menggunakan Facebook Ads.

Jangan Pernah Menyerah

Kesuksesan dalam bisnis dropship baik itu lokal maupun internasional adalah Anda harus sabar, pantang menyerah saat jualan Anda tidak laku. Hal yang paling sulit dalam bisnis ini adalah mencari produk yang bisa laku di pasaran.

Katakanlah Anda jualan barang A, kemudian Anda iklankan di Facebook. Setelah beriklan barang Anda tidak laku, banyak orang setelah mencoba sekali, dua kali dan tiga kali menyerah. Nah Anda kalau bisa jangan menyerah. Jika Anda menyerah maka ya sudah Anda tamat.

Ketika Anda terus mencoba dan akhirnya menemukan produk yang tepat dan lakuk di pasaran, Anda akan puas. Tetapi jangan asal puas dulu, Anda masih harus terus mencari produk lain untuk di jula di pasar.

Nanti di pembahasan selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana Anda bisa:

  1. Memilih barang yang baik
  2. bagaimana Anda bisa mencari dan memilih supplier yang baik supaya Anda tidak ketipu. (ingat china itu kebanyakan suka aneh-aneh kalau menurut pengalaman saya dan di Indonesia sendiri kadang orang china juga begitu hehehe)
  3. Cara memilih pengirimannya seperti apa
  4. Bagiaman cara membuat toko online dengan shopify
  5. Bagaimana cara membuat toko online dengan WordPress
  6. Bagaimana menggunakan aplikasi atau plugin untuk shopify
  7. Tutorial cara memasang iklan di Facebook

Mungkin sampai di sini banyak diantara teman-teman yang ingin bertanya bagaimana kalau saya tidak bisa bahasa inggris?

Tahukah Anda sekarang ini Anda bisa menggunakan yang namanya Google translate dan juga translator luar untuk menterjemahkan bahasa, nanti akan saya jelaskan lebih lanjut di artikel selanjutnya tentang hal ini.

Ok jadi setelah Anda membaca artikel tentang Peluang Bisnis Online dengan Dropshipping Internasional mulai sekarang Anda bisa mencoba melihat-lihat di internet terutama di Aliexpress untuk mengetahui produk apa saja yang bisa Anda pasarkan, anda juga bisa mengunjungi website lain dengan syarat Anda harus bisa menjual dan mendapatkan keuntungan yang lumayan lebih gede.

Dan siapa tahu juga dengan melihat-lihat website Aliexpress Anda bisa mempunyai gambaran tentang bisnis online dropship ini dan mempunyai gambaran produk apa saja yang akan berpeluang dalam bisnis internasional dropship ini.

Jika Anda memang sedang mencari peluang pekerjaan dan bisnis yang menguntungkan dan bisa di jalankan dengan santai, Anda bisa mencoba menjalankan bisnis internasional dropship. Untuk mendapatkan panduan ini secara berkelanjutan silahkan Anda masukkan email langganan di halaman depan website ini dan jangan lupa untuk like comment dan follow semua akun sosial media kami seperti Twitter, Instagram, Facebook Page, Facebook Grup, dan Channel YouTube SUBMITClimb TV.

Saya akan membagikan semua materi secara gratis kepada Anda tanpa harus membayar. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan materi dan tutorial yang lain yang mungkin bisa bermanfaat dan sedang Anda cari. Ok sampai ketemu di pembahasan artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top