skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Panduan SEO Untuk Pemula Pengguna WordPress

Panduan SEO untuk Pemula Pengguna WordPress

Panduan SEO untuk Pemula. Semua pemilik website pasti menginginkan mempunyai sebuah website yang bisa ditemukan di mesin pencari dan jika memungkinkan bisa muncul di halaman pertama paling atas tmesin pencari untuk kata kunci tertentu yang ingin di target.

Memiliki website yang bisa merangking akan memberikan banyak pengunjung dan juga keuntungan.

Untuk bisa mendatangkan pengunjung ke website yang dimiliki ada bebepa cara, cara yang akan saya tunjukkan dalam artikel kali ini adalah dengan menggunakan teknik SEO.

SEO adalah sebuah teknik yang paling banyak digunakan dan yang harus dikuasai oleh para pemilik website, tujuannya adalah untuk bisa merangkingkan website ke halaman pertama mesin pencari. Buat Anda yang belum tahu sama sekali tentang SEO bisa membaca artikel saya tentang hal itu. Saya pernah menulis tentang Apa itu SEO di halaman ini.

Tetapi untuk bisa menguasai SEO dengan baik saran saya Anda harus belajar dan mengikuti kursusnya.

Biaya untuk kursus SEO bisa jadi sangat bervariasi. Jika Anda ingin serius mengetahuinya maka saya menyarankan Anda untuk mau berinvestasi dan mulai mengikuti kursus SEO.

Bukan saya yang akan mengajar dan ini juga bukan kursus milik saya. Silahkan Anda cari informasinya di Internet tempat untuk belajar SEO, lalu silahkan pilih salah satu yang paling baik.

Melalui website SUBMITCLimb ini saya ingin berbagi dasar-dasar SEO yang bisa Anda pelajari dan akses secara gratis.

Saya mengerti betul saat ini pasti banyak diantara Anda yang sangat ingin tahu dan ada yang ingin cepat-cepat untuk mempelajarinya. Mengapa saya membagikan pengetahuan dasar ini? karena pengetahuan ini penting dan saya ingin berbagi dengan banyak orang dan materi ini saya buat khusus untuk mereka yang benar-benar masih pemula sekali.

Jangan takut untuk belajar SEO meskipun pada saat belajar, kemungkinan Anda akan sering menemukan istilah-istilah yang mungkin baru pertama kali di dengar atau mungkin ini adalah sebuah pelajaran yang benar-benar baru dan tidak pernah di ajarkan di dunia sekolah.

Silahkan pelajari dasarnya dengan baik karena dasar-dasar SEO inilah yang akan membantu Anda untuk mendalami dan mempelajarinya bahkan tanpa bantuan seorang mentor.

Kita sudah tahu mengapa kita membuat website menggunakan WordPress, buat Anda yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan membaca artikel yang sudah pernah saya tulis dengan judul “Cara Membuat Website dengan WordPress.” WordPress yang akan kita gunakan bukan WordPress.com ya tetapi WordPress.org, silahkan baca di sini buat yang belum tahu perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com.

Setelah mempelajari panduan ini saya yakin Anda pasti sudah bisa meningkatkan SEO Website Anda dan kemungkinan besar setelah itu Anda akan memiliki beberapa pengunjung dan akan terus bertambah banyak.

Apakah Anda pernah mendengar para pelaku SEO yang mengatakan kalau WordPress itu sangat SEO Friendly dan mudah untuk di optimasi. Karena alasan itulah mengapa banyak orang menggunakan WordPress untuk membuat website mereka.

Meskipun WordPress sendiri sudah SEO Friendly, Anda harus memastikan kalau website yang Anda buat memang sudah benar-benar memenuhi standar SEO dan ada beberapa hal lain yang menurut saya yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil SEO yang maksimal.

Saya akan menunjukkan kepada Anda sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO website Anda dengan cara yang benar. Bisa jadi benar menurut saya belum tentu benar buat pelaku SEO yang lain.

Saya akan mencoba menyusun panduan singkat ini ke dalam beberapa sub – sub topik penting yang biasanya sering dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website, dengan adanya navigasi seperti ini saya berharap Panduan SEO website untuk pemula ini bisa membantu Anda untuk mengikuti langkah-langkah apa saja yang akan Anda mulai dan lakukan.

Banyak Orang Tidak Suka Belajar SEO

Saya secara pribadi tahu kalau mengoptimasi sebuah website WordPress dengan SEO akan memusingkan dan bagi beberapa orang mungkin tidak berminat untuk mempelajarinya, apalagi kalau Anda adalah orang yang sama sekali tidak suka dengan teknologi.

Meskipun itu tampak menyeramkan, membosankan atau memusingkan kepala bagi kebanyakan orang, jangan khawatir – Anda tidak perlu harus jago dan menguasai SEO.

Anda hanya perlu menguasai dasar-dasar SEO saja.

Jika sudah tahu kemudian mulai mencoba menerapkannya ke website yang Anda punya.

Apa itu SEO

SEO ini sebenarnya singkatan dari Search Engines Optimization. Ini adalah sebua teknik dan strategi yang dilakukan oleh pemilik website untuk mendatangkan traffic website dengan menempatkan website di halaman depan mesin pencari.

Banyak pelaku SEO yang melakukan optimasi dengan cara-cara yang tidak benar. Meskipun itu bisa dilakukan dan terlihat berhasil, cepat atau lambat upaya yang telah mereka lakukan akan kena hukuman juga dari Google (tinggal menunggu waktu). SEO itu menurut saya adalah melakukan optimasi website dengan mengoptimalkan kode-kode agar mesin pencari Google bisa menemukan website yang di optimasi.

Jadi kira-kira seperti ini. Katakanlah Anda mencari sebuah artikel tentang topik tertentu di internet, ketika selesai mengetekkan kata kunci yang Anda cari mesin pencari seperti Google akan menampilkan hasil pencarian berupa website-website dengan kata kunci yang Anda ketikkan tadi, jika website saya muncul di sana maka kemungkinan akan banyak orang yang mengklik dan mengunjungi website saya.

Kenapa SEO itu sangat begitu Penting untuk sebuah website

Mesin pencari (search engines) adalah sumber utama terbesar untuk mendatangkan traffic ke website.

Google, Bing dan mesin pencari besar lainnya mempunyai algoritma cerdas dan canggih untuk memilih dan mengetahui mana website yang cocok untuk di tempatkan dihalaman pertama mesin pencari mereka. Meskipun begitu, algoritma yang dibuat itu masih belum sempurna dan bekerja dengan baik, mereka masih memerlukan bantuan Anda untuk lebih memahami tentang isi dari konten website Anda.

Jika sebuah konten yang bagus tidak Anda optimalkan dengan maksimal, maka mesin pencari yang canggih tadi kemungkinan besar tidak tahu dan bisa jadi bingung bagaimana mereka akan memberi peringkat website Anda. Ini berarti ketika ada seseorang yang mencari topik yang sesuai dengan apa yang Anda tulis, kemungkinan besar website Anda tidak akan bisa muncul di hasil pencarian mesin pencari mereka dan ini tentu merugikan Anda, karena Anda tidak akan mendapatkan kunjungan dari mereka.

Itu adalah jawaban dari saya mengaapa SEO itu sangat penting untuk sebuah website.

Karena sekarang Anda sudah mengetahui hal ini maka penting sekali para pemilik website untuk memastikan website yang mereka buat ramah dengan mesin pencari dan seraya terus di optimasi website Anda bisa ditemukan oleh Google dan akhirnya memiliki traffic.

Dasar-dasar SEO untuk Website WordPress

SEO memang masalah teknis, tetapi SEO tidak selalu masalah teknis. Jika Anda belajar dasar-dasar SEO tentang cara mengoptimalkan sebuah website, menurut saya itu sudah cukup untuk membuat website Anda memiliki pengunjung.

Anda tidak harus ahli dalam SEO atau pintar di dunia teknologi untuk bisa menguasai SEO. Karena jika website Anda menggunakan WordPress maka Anda sudah bisa menerapkan SEO dasar untuk website Anda dengan mengukuti teknik yang ada di bawah ini.

Periksa Search Engine Visibility

WordPress mempunyai pilihan untuk menyembunyikan website Anda dari mesin pencari. Banyak orang tidak tahu fungsi utama dari fitur ini. Beberapa orang mempunyai pemikiran itu untuk orang-orang yang memang tidak ingin websitenya di temukan orang lain di mesin pencari. Menurut saya fungsi utama fitur bawaan WordPress ini bukan itu.

Tujuan sebenarnya dari pilihan ini adalah membantu Anda untuk bekerja dan menyelesaikan website Anda sebelum benar-benar siap go public.

Jadi selama Anda membuat website dan website Anda belum jadi saya sarankan untuk mengklik kotak ini agar mesin pencari menyembunyikan website Anda. Setelah website Anda jadi dan sudah siap, silahkan di uncheck lagi pilihan ini supaya website Anda di temukan oleh mesin pencari Google. Jangan lupa klik save untuk menyimpan setingan terbaru.

Jika suatu ketika tiba-tiba website Anda tidak muncul di mesin pencari Google maka hal pertama yang harus Anda cek adalah pilihan ini, dan pastikan tidak di centang.

Cara melakukannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke WordPress Anda kemudian pergi ke Settings >> Reading page.

cek Site Visibility Settings

Kemudian silahkan scroll ke bawah lihat bagian “Search Engine Visibility” dan pastikan kotak “Discourage search engines from indexing this site’ dalam posisi unchecked (tidak di klik).

Menggunakan Struktur URL yang SEO Friendly.

SEO friendly URL mengandung kata-kata yang menjelaskan tentang isi konten halaman yang akan di tuju dan mudah di baca oleh manusia dan juga oleh mesin pencari.

Sebagai contoh Anda bisa melihat URL yang SEO Friendly.

http://submitclimb.com/cara-membuat-redirect-di-wordpress.
https://mybalistory.com/pantai-muaya-jimbaran-pantai-yang-cocok-untuk-keluarga.

perhatikan URL yang di atas itu, Anda sebagai pengunjung website akan mudah mengetahui apa sih isi dari website yang akan dikunjungi hanya dengan melihat URL itu.

Lalu seperti apa URL yang tidak SEO Friendly itu?

http://submitclimb.com/?p=10467
http://example.com/archives/123

Coba Anda perhatikan dengan telitiantara URL pertama dengan URL yang kedua. URL yang ke dua ini kalau kita lihat dia menggunakan angka-angka yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi judul konten yang dibuat, bukan hanya mesin pencari yang akan bingung tetapi pengunjung website juga tidak bisa menebak apa yang akan mereka baca di halaman yang akan mereka kunjungi hanya dengan melihat URL saja.

Maka sangat penting untuk menggunakan struktur permalink website yang ramah SEO (SEO Friendly) untuk meningkatkan website Anda agar bisa ditemukan dihasil pencarian.

Untuk merubah struktur permalink di WordPress sangat mudah sekali, Anda hanya perlu melakukan hal ini.

cara setting permalink yang seo friendly

Kunjungi halaman Setting >> Permalinks. Kemudian silahkan pilih Post Name atau Anda juga bisa memilih Custom Structure dengan mengisi kotaknya /postname/ jika sudah di isi oleh WordPress secara otomatis maka Anda tidak perlu mengisi seperti itu, langsung pilih saja. Setelah itu klik save untuk menyimpan semua settingan.

PENTING: Jika website Anda sudah berjalan lebih dari 5 bulan atau mungkin sudah lebih dari 1 tahun dan sudah menggunakan struktur link seperti tanggal, bulan atau nama jangan rubah struktur link yang sudah Anda gunakan itu kecuali jika selama ini Anda menggunakan struktur angka seperti penggunaan permalink di contoh ke dua yang saya tunjukkan di atas.

Karena jika Anda merubah struktur itu di sebuah website yang sudah berjalan lama dan mungkin sudah memiliki pengunjung yang lumayan ini akan mengakibatkan kehilangan jumlah konten yang sudah di share di media sosial dan kemungkinan besar lainnya adalah Anda akan kehilangan peringkat SEO yang sudah Anda dapatkan selama ini.

Jika memang Anda benar-benar ingin mengubah stuktur permalinknya pastikan Anda menggunakan Jasa seoarang ahli SEO yang sudah profesional, karena mereka akan membantu Anda untuk mengarahkan link yang error ke halaman baru sehingga Anda tidak akan kehilangan backlink dan pengunjung. Tetapi Anda akan tetap kehilangan jumlah pengunjung yang melalui share ke media sosial.

Menggunakan WWW atau tidak Menggunakan WWW

Jka Anda baru akan memulai membuat sebuah website, dan Anda bingung harus memilih mau menggunakan www (http://www.contoh.com) atau tanpa www (http://contoh.com) di website yang akan Anda buat.

Ingat mesin pencari adalah sebuah teknologi ciptaan manusia yang sangat canggih. Meskipun begitu mesin pencari akan menganggap dua URL ini sebagai dua website yang berbeda. Jadi Anda memang harus memilih salah satu saja dan terus menggunakannya untuk selamanya.

Anda bisa mengaturnya dengan mengunjungi halaman Settings >> General. Silahkan tambahkan URL yang ingin Anda gunakan di kedua kotak yang saya beri tanda seperti di gambar. Ingat saat Anda menginstall wordPress pertama kali di cPanel URL yang Anda pilih akan secara otomatis sudah terbentuk jadi Anda tidak perlu merubahnya di halaman ini.

mengubah URL website

Mungkin Anda ingin bertanya, URL seperti apa yang sebaiknya saya gunakan? Terlepas dari pembicaraan orang tentang struktur kedua URL ini, bahkan dari sudut pandangan SEO sendiri tidak ada keuntungan menggunakan dan memilih salah satunya. Jadi saran saya tidak usah pusing untuk memilihnya.

Plugin SEO Terbaik untuk WordPress

Ini salah satu alasan mengapa kita membuat website dengan menggunakan WordPress. WordPress mempunyai ribuan developer yang membuat bermacam-macam plugin untuk menunjang website yang kita buat, slaah satunya adalah Plugin SEO. Ada ribuan plugin SEO yang bisa Anda gunakan baik itu versi gratisnya dan juga versi berbayarnya. Karena ada begitu banyak plugin SEO tentu ini akan membuat pemula seperti Anda dan saya kesulitan untuk memilih mana plugin SEO yang sebaiknya Anda gunakan?

Saya akan membantu mempermudah Anda untuk memilih plugin mana saya yang paling populer dan yang bisa Anda gunakan untuk di install di WordPress yang Anda gunakan, dan ini 100% gratis.

Memilih Plugin SEO WordPress Terbaik

Ketikamulai memilih plugin SEO yang paling banyak digunakan di Internet, Anda dan saya pasti ingin mempersempit pilihan ke dalam beberapa pilihan yang paling populer dan yang benar-benar bagus, bukan hanya saya saja yang sudah menggunakannya tetapi orang lain di seluruh dunia juga sudah menggunakan plugin ini.

Beberapa plugin yang banyak digunakan adalah Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Selain kedua plugin itu ada juga beberapa plugin yang saya gunakan misalnya SEOPress dan Rank Match. Memang masih ada yang lainnya, di sini kita akan menggunakan plugin yang paling banyak digunakan dan yang mempunyai bisnis dalam bentuk perusahaan, karena biasanya kalau plugin itu dibuat oleh perorangan biasanya suka jarang di update dan jika developernya mati maka plugin itu juga akan mati, nah kita tidak mau menggunakan plugin-pugin yang seperti itu. (Ini pengalaman saya)

Jika tanya dari ke emapt plugin itu mana yang saya rekomendasikan untuk digunakan? Saya menyarankan untuk menggunakan dan memilih Yoas atau Al in One SEO Pack.

Di website SUBMITClimb saya menggunakan plugin Yoast SEO. Jadi kemungkinan besar dalam panduan ini saya akan menggunakan Yoast SEO untuk membuat tutorialnya sebagai contoh.

Saya membahas masing-masing plugin di artikel khusus dan juga membuat video panduan yang bisa Anda lihat di Facebook dan di YouTube SUBMITClimb.

Membuat XML Sitemap

Setiap website harus membuat sitemap yang akan membantu mesin pencari menemukan setiap halaman atau konten yang Anda buat di website Anda.

Ingat ya, membuat sitemap tidak akan membantu meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari, sitemap ini akan membantu search engine menemukan setiap halaman website dengan cepat dan jika memang layak maka halaman itu akan ditempatkan ke hasil pencarian paling depan atau sesuai dengan urutan.

Untungnya sekarang ini banyak plugin SEO yang sudah secara otomatis membuatkan sitemap XML untuk website Anda, salah satunya adalah Yoast SEO. Untuk menemukan sitemap website Anda silahkan copy URL ini dan jangan lupa untuk mengganti tulisan example.com dengan nama website Anda sendiri ya.

http://example.com/sitemap_index.xml

Nah selanjutnya setelah kita membuat sitemap kita akan mensubmit Sitemap yang sudah kita buat ke Google dengan cara ini.

Cara Submit Sitemap ke Google Console

Google Search Console juga dikenal dengan nama Google Webmaster Tools, ini adalah tool yang dimiliki Google untuk membantu para pemilik website bagaimana keadaan konten yang ada di website mereka di mesin pencari.

Fitur dari Google juga akan membantu Anda dari mana dan bagaimana halaman website Anda bisa muncul di halaman mesin pencari. Anda juga bisa melihat kata yang sering digunakan oleh pengunjung website Anda untuk menemukan website Anda di mesin pencari dan seberapa sering halaman website Anda di klik oleh orang lain.

Semua informasi yang ada di sini pasti akan membantu Anda memahami dan mempermudah Anda apa yang berfungsi di website Anda dan apa yang tidak berjalan dengan baik. Setelah mengetahui semua itu anda bisa mengetahui rencana apa saja yang akan saya lanjutkan kedepannya.

Tidak hanya itu, Google Search Console juga bisa membantu Anda memperingatkan Anda jika ada seuatu yang tidak berjalan dengan baik, sebagai contoh misalnya jika Mesin perayapan Google mengunjungi website Anda dan menemukan ada halaman yang tidak bisa di akses maka Anda akan diberitahu, mereka juga bisa menemukan duplikat konten atau restricted resources.

Saya telah membuatkan panduan lengkap tentang langkah demi langkah Cara Memasukkan situs website Anda ke Google search console.

Setelah Anda menambahkan website Anda ke dalam Google Serach console, silahkan klik pada menu Crawl kemudian klik Sitemap.

Setelah itu klik Add Sitemap

 
tambahkan sitemap

Sitemap utama Anda biasanya adalah sitemap_index.xml jadi copy bagian belakangnya saja jika URL website sudah muncul, jika tidak muncul maka Anda perlu mengcopy lengkap URL dan sitemapnya, kemudian klik Submit Sitemap.

Setelah Anda berhasil menambahkan sitemap, biasanya laporannya tidak langsung muncul di Google, itu membutuhkan waktu untuk mesin Google mengunjungi dan melakukan pengecekan ke setiap halaman website Anda. Biasanya setelah beberapa jam kemungkinan besar Anda sudah bisa melihat statistik tentang sitemap Anda. Laporannya akan membantu Anda melihat jumlah link yang ditemukan di sitemap website Anda dan berapa banyak dari link-link itu yang sudah di indeks oleh Google.

Saya menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan hasil laporan Serach Console sedikitnya 1 bulan sekali untuk menemukan informasi tentang website Anda termasuk terntang kemajuan SEO website Anda.

Mengoptimalkan Setiap Postingan Blog

Ini yang paling sering terjadi buat mereka yang masih pemula dan baru membangun website, mereka berpikir kalau menginstall plugin WordPress SEO sudah selesai dan website pasti akan merangking. Jika itu yang Anda pikirkan maka salah besar, SEO adalah sebuah proses mengoptimasi website yang terus dilakukan secara terus menerus bahkan ketika website Anda sudah merangking.

Jadi proses mengoptimasi website tidak pernah berhenti.

Dengan bantuan plugin Yoast SEO Anda bisa membuat judul postingan, deskripsi dan juga menempatkan kata kunci yang ingin di target. Fitur Yoas juga membantu Anda melihat apakah semua sudah sesuai dengan standar Google atau belum.

Saat Anda sudah selesai membuat artikel silahkan scroll ke bagian bawah dan disanalah Anda bisa memanfaatkan fitur Yoas SEO.

penggunaan seo yoast

Pastikan SEO Title berwarna hijau dan Meta Description juga harus berwarna hijau. Untuk pembahasan ini saya sudah membuat artikelnya secara khusus, mulai dari pemilihan keyword, Judul yang bagus dan mengisi deskripsi meta yang baik. Silahkan membacanya di halaman ini atau lihat panduan videonya di Facebook dan di YouTube SUBMITClimb.

Saya secara pribadi sangat menyarankan Anda untuk mengunjungi halaman itu, kemudian bacalah dengan teliti dan tonton video panduannya, karena ini sangat penting untuk optimasi SEO di website Anda dengan mengatur on page SEO.

Menggunakan Kategori dan Tags di wordPress

Website apapun jika mempunyai pengaturan dan pengelompokan file yang baik akan mendapatkan nilai yang baik juga di mesin pencari. WordPress memang memudahkan kita dalam banyak hal, salah satunya adalah mengurutkan postingan ke dalam kategori dan juga tag yang sesuai. Ini tentu akan membantu Anda sebagai pemilik website untuk pengolahan konten berdasarkan topik dan pengunjung website juga akan mendapatkan manfaat terutama kemudahan dalam menemukan konten-konten yang sedang mereka cari.

Perlu Anda ketahui, kategori dan juga tag sangat penting untuk mesin pencari, karena dengan membuat itu mesin pencari bisa mengetahui struktur dan juga jenis konten yang ada di setiap halaman website Anda.

Saya yakin betul Anda yang masih baru pasti akan bingung tentang cara menggunakan tag dan juga kategori di dalam sebuah website.

Kategori itu bisa saya ibaratkan seperti sebuah daftar isi sebuah buku. Jadi yang dimaksud kategori adalah sebuah pengelompokan luas dari beberapa konten yang ada di dalam sebuah website.

Sebagai contoh, katakanlah Anda membuat sebuah website pribadi yang mempunyai kategori seperti ini, musik, perjalanan, makanan dan kategori lainnya. Kategori ini biasanya bersifat hierarkis, jadi Anda bisa saja menambahkan kategori anak ke dalam kategori yang sudah ada.

Sedangkan tag ini adalah seperti kata kunci yang agak spesifik, atau bisa saya katakan sebagai penggambaran dari setiap konten yang Anda posting ke website. Untuk memudahkan Anda saya akan memberi sebuah contoh, katakanlah Anda mempunyai postingan dengan kategori makanan maka Anda bisa membuat tagnya seperti ini, salad, sarapan, pancake, telur dan lainnya. Kalau di buku mungkin ini adalah bagian dari indeks di sebuah buku.

Dengan menggunakan kategori dan juga tag di website Anda, ini membantu pengunjung untuk lebih mudah menjelajahi website Anda. Kalau itu mudah bagi pengunjung website Anda maka itu juga akan mudah untuk mesin pencari menjelajahi semua isi konten di website Anda.

Masuk akal apa tidak penjelasan saya ini?

Membuat internal Link Untuk memperkuat Struktur Website

Percaya atau tidak internal link sama pentingnya dengan external link yang kita buat (backlink). Kalau Anda membangun internal link itu berarti Anda sedang membangun struktur sebuah website. Menurut saya secara pribadi untuk membangun internal link itu tidak mudah meskipun terlihat mudah, tidak percaya silahkan buktikan sendiri.

Ada yang mengatakan cukup buat related post saja, beres!

Menurut saya ini salah besar, mengapa?

Karena related link biasanya dibuat secara otomatis dan acak, Anda tidak bisa mengontrolnya. Ini akan mengakibatkan struktur website menjadi agak sedikit rumit. Tetapi ini bukan berarti related post tidak penting ya.

Internal link sendiri sebenarnya bisa memberikan skor khusus untuk setiap halaman di sebuah website. Ini sebenarnya dirahasiakan oleh Google supaya orang tidak bisa membuat trik permainan untuk ini. Tetapi sinyal otoritas yang paling umum adalah sebuah link.

Itulah mengapa di sini saya membahas hal ini, karena ini penting sekali bagi sebuah website untuk menautkan konten sendiri ke halaman lain.

Sebaiknya Anda usahakan untuk setiap Anda membuat postingan baru tautkan link menuju halaman lain. Jika anda mempekerjakan orang sebagai penulis, cobalah untuk membuat daftar postingan blog sebelum konten yang baru diterbitkan, minimal tiga artikel saling dihubungkan.

Membuat internal link tentu ada manfaat lainnya, kita ingin membuat pengunjung website Anda berlama-lama berada di website dan jika memungkinkan mereka mau mengunjungi halaman lain yang ada di website kita setelah membaca konten yang dicarinya.

Mengoptimalkan Kolom Komentar

Komentar bisa menjadi sebuah indikasi yang sangat bagus untuk user engagement di sebuah website. Pengunjung yang memberikan komentar di website Anda berarti lebih banyak traffic, dan akan membantu meningkatkan SEO.

Tetapi Anda juga perlu tahu, kolom komentar di sebuah website biasanya banyak disalahgunakan oleh banyak orang terutama para pelaku SEO yang masih baru atau yang sudah lama tetapi belum tahu banyak tentang cara mengoptimasi sebuah website.

Banyak Spammer mengirimkan komentar dengan menempatkan backlink yang nantinya link-link yang mereka tempatkan itu bisa saja merusak peringkat website Anda.

Di sini saya sangat menganjurkan Anda untuk menggunakan plugin akismet. Plugin ini akan membantu mengurangi spam di website Anda terutama di kolom komentar. Biasanya plugin ini sudah terinstall secara otomatis di WordPress, yang perlu Anda lakukan adalah mengakitfkan plugin akismet ini.

Biasanya plugin ini tidak sepenuhnya menghilangkan spam di website kita, meskipun begitu Anda harus menggunakan plugin ini atau sejnis untuk menghilangkan spam di website.

Jika plugin akismet masih belum maksimal untuk mengurangi spam di website Anda, cobalah gunakan tips yang sudah saya lakukan untuk semua website saya untuk memerangi spam komentar di WordPress dan cara ini sudah terbukti ampuh. Silahkan baca Artikel Cara menghapus kotak isian URL website di kolom komentar.

Oh iya dulu plugin akismet ini GRATIS sayangnya belakangan plugin ini berbayar untuk website-website yang personal atau website yang tidak menjual produk dan jasa atau website yang mengikuti program affiliate dan Google AdSense atau sejenisnya. Jika website Anda tidak komersil maka Anda bisa menggunakan plugin ini.

Karena akismet sekarang hanya bisa digunakan untuk website-website yang tidak komersil maka Anda bisa menggunakan plugin Anti Spam.

Perlu di tahu juga sebuah website yang mempunyai komentar dalam jumlah yang banyak di halaman postingan tertentu ternyata juga bisa membawa pengaruh yang kurang baik terutama pengaruh peringkat di mesin pencari.

Gunakan NoFollow Untuk External Link

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, link membantu mesin pencari menentukan halaman mana yang paling penting di website tertentu. Pada saat Anda membuat link ke website manapun, Anda sebenarnya sedang membagikan sebagian skor SEO website Anda ke link yang Anda tempatkan. Skor SEO ini disebut dengan link juice.

Untuk membantu mempercepat mendapatkan peringkat di mesin pencari, Anda memerlukan lebih banyak link juice yang masuk dari website lain daripada Anda memberikan kepada website lain.

Saat membuat link keluar sebaiknya Anda menggunakan atribut “nofollow” ke external link yang Anda buat itu (backlink ke website lain yang bukan milik Anda) mengapa menambahkan atribut nofollow? Ini akan memberitahu Google untuk tidak mengikuti link itu. Ini akan membantu website Anda tetap menyimpan link juice yang masuk atau yang Anda terima.

Biasanya external link yang dibuat pada umumnya akan seperti ini bentuk HTML-nya:

<a href="http://example.com">Example Website</a>

Dan external link dengan atribut nofollow akan terlihat seperti ini:

<a href="http://example.com" rel="nofollow">Example Website</a>

Menampilkan Full Post, Summaries atau Excerpts

WordPress yang kita gunakan akan menampilkan dan menautkan postingan kita dari beberapa halaman yang ada di website kita, sebagai contoh misalnya halaman home, Category archive, tags archive, date archive, author page dan halaman lain yang ada di website

Secara default biasanya WordPress menampilkan konten secara lengkap di semua halaman. Ini tentu akan mempengaruhi SEO pada website Anda. Bisa jadi mesin pencari akan menganggap ini sebagai sebuah duplikat konten. Biasanya jika artikel di tampilkan secara lengkap ini akan membuat halaman website Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

Dengan menampilkan full artikel di semua halaman website Anda juga mempengaruhi page views. Sebagai contoh katakanlah ada pengunjung yang berlangganan RSS feed website Anda, tentu dia akan mendapatkan tampilan artikel website Anda tanpa harus mengunjungi website Anda, tentu kita tidak ingin seperti itu bukan, yang kita inginkan adalah orang-orang yang mengunjungi website kita dan membaca artikelnya di website kita.

Jadi sebaiknya Anda harus menampilkan summaries atau excerpts daripada menampilkan seluruh artikel

Untuk mengatur hal ini Anda bisa menuju ke bagian Settings >> Reading dan pilih summary.

Keamanan dan Kecepatan website untuk SEO.

Sebuah kecepatan loading website bisa sangat mempengaruhi SEO. Meskipun Anda sudah mengikuti dan menerapkan panduan yang saya bagikan di atas, kalau website Anda loadingnya lambat atau mungkin website Anda di take down oleh hacker tentu ini menjadi masalah besar bagi Anda.

Untuk mencegah hal itu Anda bisa melakukan beberapa hal ini agar tidak kehilangan traffic website anda di mesin pencari dan terhindar dari serangan hacker.

Cara Mengoptimalkan kecepatan dan kinerja website Anda

Berdasarkan penelitian di zaman yang serba canggih dan semuanya harus menggunakan Internet. Hasil penelitian menunjukkan kalau rata-rata perhatian orang lebih singkat.

Para pakar percaya kalau seorang pengunjung sangat cepat untuk memutuskan apakah mereka ingin terus berada di sebuah website tertentu atau apakah dia akan tetap tinggal di website itu untuk terus membaca setelah orang itu mengunjungi website.

Apa artinya hal ini bagi Anda? Ini mengartikan kalau Anda hanya mempunyai beberapa detik saja untuk bisa menampilkan semua konten di website Anda agar pengunjung tetap berada di website Anda dan mulai membaca isi konten Anda daripada mereka harus menunggu lebih lama dan kemudian tidak sabar dan akhirnya meninggalkan website Anda. Anda tentu tidak ingin seperti ini bukan?

Bahkan Search engines Google sendiri mengakui kalau website yang loadingnya lebih cepat akan ditempatkan di halaman pertama daripada website yang loadingnya lebih lama.

Mengoptimalkan Gambar di WordPress Untuk Meningkatkan SEO

Website yang dilengkapi dengan gambar memang sangat menarik perhatian pengunjung daripada hanya menampilkan teks saja meskipun tidak selalu demikian. Tetapi menampilkan gambar di dalam sebuah website bisa menjadi tantangan, karena gambar membutuhkan waktu untuk loading dan Anda juga perlu berhati-hati dengan ukuran gambar yang Anda buat karena gambar bisa membuat website Anda menjadi lebih lambat.

Anda harus memastikan apakah gambar yang Anda gunakan sudah di optimalkan agar bisa tampil dengan lebih cepat.

Trik lain yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan sebuah gambar adalah dengan mengisi dan membuat title, deskripsi tag alt. Tag inilah yang akan membantu gambar yang Anda upload bisa ditemukan oleh mesin pencari.

Untungnya WordPress sendiri sudah sangat mudah sekali membantu Anda untuk menambahkan tag, judul dan alt ketika mengunggah gambar.

Panduan SEO Untuk Pemula

Keamanan Website WordPress Anda.

Setiap minggu, Google membuat beberapa daftar blacklist website yang menyebarkan malware dan juga phising. Ketika sebuah website masuk dalam blacklist mereka maka website itu tidak bisa muncul di dalam daftar pencarian mesin pencari mereka.

Apa artinya ini? Ini mengartikan kalau keamanan website Anda sangat penting sekali untuk peringkat website Anda di mesin pencari. Anda pasti tidak ingin semua kerja keras yang Anda lakukan menjadi sia-sia bukan?

Untungnya kalau Anda membuat website dengan menggunakan WordPress Anda bisa dengan mudah untuk setidaknya melindungi website Anda dari serangan-serangan seperti itu dengan menggunakan sebuah plugin WordPress. Salah satu plugin yang sering digunakan adalah Sucuri. Tetapi Anda tidak harus menggunakan plugin ini.

Gunakan HTTPS di Website Anda.

SSL (Secure Sockets Layer) adalah sebuah teknologi yang akan mengenkripsi koneksi dari browser pengunjung ke server website. SSL ini adalah lapisan keamanan tambahan untuk sebuah website WordPress Anda.

Sebuah website yang sudah menggunakan SSL biasanya akan ditandai dengan warna hijau seperti yang terlihat pada gambar (jika Anda menggunakan browser mozilla). Pengunjung yang tahu tentang hal ini dan melihat tanda hijau ini akan membuat mereka lebih percaya, tidak hanya itu saja website yang sudah menggunakan SSL juga mempengaruhi SEO jika Anda mempunyai website toko online yang memerlukan pembayaran.

Untungnya sekarang ini semua hosting sudah memberikan SSL gratis kepada semua pengguna mereka. Jadi silahkan aktifkan SSL untuk membantu menandai website Anda sebagai website yang lebih dipercaya dan aman.

Anda juga akan mendapatkan free SSL secara gratis seumur hidup dari Let’s Encrypt. Beberapa perusahaan penyedia hosting seperti HawkHost, BlueHost, SiteGround, dan NiagaHoster sudah mulai menawarkan dan memberika SSL gratis dari Lets Encrypt yang bisa Anda instal dengan mudah. Selain itu Anda juga bisa menginstall dan mengaktifkan HTTPS dengan mudah seperti yang saya tunjukkan dalam video Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS di WordPress.

Masih Banyak SEO Tools yang lain.

Saya yakin kalau Anda sudah memahami dasar-dasar SEO dan mulai mempraktekkannya Anda akan menyukainya. Bagi beberapa orang mungkin ada yang kurang suka dan membuat pusing kepala. Tidak usah khawatir karena Anda masih bisa menggunakan Jasa SEO yang bertebaran di Internet.

Anda juga mungkin ingin tahu apa saja plugin dan tools lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan SEO WordPress Anda. Jika Anda ingin mengetahuinya dan ingin menambah kemampuan dalam SEO Anda bisa melihat artikel SEO yang pernah saya tulis di halaman ini.

Saya secara pribadi berharap apa yang saya tulis dan bagikan kali ini bisa membantu Anda mempelajari sekaligus mengoptimalkan website WordPress Anda dengan menggunakan teknik SEO dengan benar. Mungkin apa yang saya bagikan di sini tidak sepenuhnya 100% benar tetapi setidaknya ini membantu memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana cara mengoptimasi sebuah website agar bisa ditemukan di mesin pencari.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top