skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Panduan Menulis Content Marketing Untuk Strategi Pemasaran

Panduan Menulis Content Marketing Untuk Strategi Pemasaran

Panduan Menulis Content Marketing Untuk Pemula. Hampir semua pemilik bisnis memiliki keinginan yang sama, apa saja itu?

  1. Ingin mendapatkan banyak pengunjung dan juga banyak penjualan (Uang banyak)
  2. Tidak ingin memiliki pengeluar an yang besar
  3. Ingin bebas waktunya

Kita semua tahu yang namanya pemasaran (marketing), khususnya marketing tradisional biasanya perusahaan selalu akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar (banyak) hanya untuk melakukan promosi dan memasang iklan dengan harapan untuk bisa membuat bisnis mereka terus berkembang.

Apakah mungkin kalau kita tidak memiliki anggaran dana yang cukup besar bisa beriklan dan mengembangkan bisnis kita?

Pada waktu itu mungkin jawabannya iya, tidak bisa.

Tetapi di jaman yang semuanya serba digital seperti sekarang ini, pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih murah dan bisa di jangkau oleh setiap orang yang memiliki bisnis asalkan mau mengeluarkan dana.

Salah satu pemasaran yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis sekarang ini adalah dengan menggunakan tehnik Content Marketing.

Sistem pemasaran Tradisional biasanya Anda yang mencari pelanggan di luar untuk bisa mendapatkan calon pelanggan (kustomer), biasanya dengan cara-cara tradisional seperti memasang iklan koran, iklan majalan, billboard dari door to door dan masih banyak yang lainnya.

Masih ingatkan kalau model pemasaran seperti itu sangat membutuhkan dana yang tidak sedikit?

Nah dengan adanya pemasaran digital seperti sekarang ini salah satunya dengan menggunakan tehnik content marketing, pelangganlah yang akan mencari kita.

Ini bisa terjadi jika kita membuat konten atau artikel-artikel yang bermanfaat dan banyak di cari oleh banyak orang, orang-orang ini adalah para calon kustomer Anda, mereka mencari informasi yang mereka butuhkan dengan berharap untuk mendapatkan dan memecahkan solusi permasalahan yang sedang mereka hadapi dan di kemudian hari kemungkinan besar salah satu dari mereka bisa menjadi calon kustomer Anda, karena mereka sebelumnya telah mendapat manfaat dari konten yang pernah Anda buat.

Itulah mengapa pemasaran dengan menggunakan content marketing sangat efketif saat ini untuk strategi pemasaran.

Meskipun sekarang ini kita bisa menemukan konten yang bermanfaat di setiap website bisnis, tetapi tidak sedikit juga yang melakukannya dengan cara-cara yang salah pada saat melakukan pemasaran konten yang mereka buat atau bisa saya kataka tidak benar, sehingga apa yang mereka lakukan tidak mendapatkan hasil apa-apa.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, slaah satunya adalah konten atau artikel yang mereka buat asal-asalaan atau asal bisa posting saja.

Pemasaran konten bukan sekedar asal membuat konten.

Coba bayangkan Anda ada di posisi orang yang sedang mencari sebuah artikel tertentu begitu menemukan artikel yang isinya di buat asal-asalan apa yang akan Anda lakukan?

Pertama, Biasanya Anda akan langsung tutup dan mencari konten di website yang lain yang lebih bermutu.

Kedua, biasanya website yang kontennya tidak bermutu Anda tandai sehingga di kemudian hari Anda tidak akan membuka website itu lagi jika sedang mencari sebuah informasi.

Sayang bukan jika pengunjung Anda semuanya seperti itu? Bisa jadi website Anda akan sepi dari pengunjung di kemudian hari. Karena itu pastikan Anda membaca artikel yang saya buat ini untuk mencari lebih dalam dan belajar bersama bagaimana Anda dan saya bisa membuat dan melakukan content marketing dengan cara-cara yang lebih efektif.

Baca Artikel yang saya buat khusus tentang Apa itu Content Marketing di halaman ini, Klik Untuk Membaca Artikel.

Kita semua mungkin pernah berpikir kalau yang namanya content marketing itu selalu mengartikan promosi.

Sebetulnya yang namanya content marketing tidak memaksudkan itu saja.

1# Konten Marketing Tidak hanya mengartikan Mempromosikan Sebuah Artikel atau Kontent

Banyak orang termasuk saya sendiri dulunya memaksudkan kontent marketing adalah sebuah promosi, karena kalau kata marketing kita artikan ke dalam bahasa Indonesia ini artinya pemasaran.

Sebenarnya, yang namanya content marketing tidak hanya mengartikan sebuah promosi saja.

Tetapi bisa mencakup banyak hal contohnya seperti Perencanaan, riset dan pembuatan konten… dan masih banyak lainnya.

Dalam pemasaran Anda pasti tahu yang namanya tahapan-tahapan seseorang sebelum dia benar-benar belanja, ada yang namanya marketing funnel.

Untuk memudahkan Anda mengenai hal ini teruslah membaca artikel ini.

Saya akan mencoba menggunakan sebuah cerita atau ilustrasi untuk membantu Anda dan saya lebih mudah mengerti tentang penjelasan ini.

Sebagai contoh Sherly sedang mencari sesuatu barang untuk dia beli, tetapi dia masih ragu dan tidak ingin langsung terburu-buru untuk membeli. Biasanya sebelum membeli ada sebuah proses yang akan Sherly lalui:

 

Sherly tahu bahwa dia sedang mengalami sebuah problem atau masalah yang harus dia selesaikan. Untuk menyelesaikan masalahnya Sherly mencari informasi yang lebih akurat dan panjang tentang permasalahan yang dia alami.

Sherly mencari informasi itu tentunya dari Internet dan dia menemukan artikel atau Anda saat mencari informasi yang sedang di carinya.

Setelah membaca dan mempelajari apa yang Anda jelaskan dalam konten yang Anda buat, barulah Sherly lebih yakin dan menjadikan Anda sebagai orang yang telah menyelesaikan masalah yang sedang dia alami.

Setelah yakin seperti itu barulah Sherly yakin untuk membeli dari Anda.

Sekarang kita lanjutkan ke hal lain yang selalu membuat orang salah paham tentang content merketing.

2# Konten Marketing Artinya bukan Konten yang isinya itu tentang Promosi atau Jualan

Anda pasti mempunyai pemahaman kalau yang namanya content marketing itu ya sebuah konten yang dibuat secara khusus yang isinya tentang jualan atau promosi bukan?

Memang pada tujuan utama dari marketing adalah penjualan…

…tetapi content marketing bukan seperti itu saja, bingung ya…?

Masih ingat cerita yang saya buat di atas tentang si Sherly?

Si Sherly punya masalah dan kemudian mencari solusi untuk mengatasi masalah yang dia hadapi dan akhirnya menemukan.

Jadi content marketing yang paling tepat dan bagus adalah yang dibuat dan berisi tentang sebuah informasi dan juga panduan yang bisa memberikan manfaat dan solusi untuk banyak orang.

Karena orang tidak akan langsung membeli…

Dari permsalahan yang mereka hadapi mereka akan mencari solusi dan dari situ mereka akan tahu Anda dan percaya kepada Anda.

Bagaimana…?

Masuk akal bukan?

Jadi pastikan dalam content marketing Anda selalu membuat konten untuk masing-masing tahapan dari marketing funnel.

Ini hanya sebuah contoh saja yang sering saya gunakan:

  1. Awarness: Kita menyediakan dan membuat artikel, video & Audio (kontent) konten yang kita buat ini akan mentarget orang-orang yang mau Anda target, ingat isi konten yang Anda buat tidak ada ajakan apalagi mengandung unsur jualan. Di sini kita ingin menarik orang sebanyak mungkin untuk datang dan mengunjungi website Anda.
  2. Evaluation: di sini kita akan membuat konten yang sangat detail yang akan membahas dan memberikan solusi, bahwa produk atau jasa Anda adalah sebuah solusi bagi masalah mereka.
  3. Purchase: Nah di sinilah kita baru akan membuat konten-konten yang isinya bisa berupa langsung ajakan untuk membeli produk atau jasa Anda.

Dari apa yang saya jelaskan di atas Anda sekarang sudah bisa melihat sendiri kalau ada begitu banyak website di luar sana yang isinya haya berfokus pada produk atau jasa mereka saja, mereka tidak memiliki strategi konten yang baik seperti yang saya jelaskan di atas bukan?

…nah konten-konten yang berfokus pada produk atau layanan mereka sendiri bukan konten yang sedang di cari oleh Sherly tadi dan juga banyak orang lainnya.

Sehingga…

  • Sherly dan juga orang lain tidak bisa menemukan produk yang sedang Anda pasarkan
  • Sherly dan juga orang lain tidak tertarik dengan tawaran produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

Sering melihat orang yang suka mengajak atau menawarkan produk mereka? Orang ini juga tidak kita kenal, coba Anda bayangkan sendiri jika setiap hari orang ini menawarkan produk kepada kita, udah sering nawarin kita gak kenal pula, apa yang akan Anda rasakan?

Merasa terganggu bukan?

Jika Anda membuat konten yang tepat dan baik maka Anda bisa mendapatkan:

  1. Anda bisa membangun rasa percaya diri orang lain kepada Anda
  2. Mendapatan calon pelanggan baru sekaligus
  3. Bisa meningkatkan penjualan

Belajar Content Marketing

Jadi bisa saya katakan, content marketing tidak seperti yang Anda bayangkan, sulit dan tidak mudah untuk dipahami. Kita bisa melihat apakah orang ini paham atau tidak tentang content marketing kita bisa melihat dari hasil yang mereka kerjakan.

Dalam beberapa waktu ke depan kita akan sama – sama belajar dan membahas tentang content merketing termasuk bagaimana cara membuat sebuah content yang baik. Jika Artikel Panduan Menulis Content Marketing Untuk Pemula ini bermanfaat untuk Anda bantu kami kami dengan klik share artikel ini ke akun sosial media Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top