skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Menulis Deskripsi Video YouTube, Mengapa Itu Penting

Menulis Deskripsi Video YouTube, Mengapa itu Penting

Menulis Deskripsi Video YouTube, Mengapa itu Penting?

Apa itu Deskripsi Video

Deskripsi video, sama seperti judul video merupakan informasi yang sangat penting. Menulis Deskripsi video YouTube akan membantu para penonton apakah mereka ingin mnonton video Anda atau tidak. Deskripsi video juga merupakan bagian dari metadata yang akan membantu mesin pencari YouTube memahami isi konten video. Percaya atau tidak jika Anda memanfaatkan dan memaksimalkan deskripsi video maka video itu bisa memiliki harapan mendapatkan peringkat yang jauh lebih tinggi.

Mengapa Menulis Deskripsi Video Begitu Penting?

Selain menggunakan Judul Video dan Tag Video, untuk bisa memahami isi konten (dan juga konteks) video Anda YouTube membutuhkan deskripsi video. Bisa dikatakan dengan kata lain sebuah deskripsi video yang di optimalkan dengan baik dapat membantu meningkatkan pencarian video Anda di mesin pencari YouTube (dan video yang di sarankan).

Bahkan ini bukan kata saya, ini kata YouTube sangat menyarankan kepada Anda untuk mengoptimalkan bagian deskripsi video Anda untuk meningkatkan SEO:

YouTube is one of the largest search engines in the world. And writing descriptions with keywords can help viewers find your videos more easily through search.”

Dan sekarang memang sudah saatnya bagi Anda untuk mengoptimalkan deskripsi yang baik untuk setiap video YouTube yang Anda buat.

Bagaimana cara melakukannya

Usahakan untuk membuat dan mengisi bagian deskripsi minimal 150 kata lebih.

Banyak YouTuber yang mengabaikan bagian deskripsi sebuah video, karena mereka beranggapan banyak YouTuber yang tidak mengisi bagian deskripsi mereka malah mendapatkan rangking yang cukup baik di mesin pencari YouTube dan bisa menjadi video yang viral.

Contoh video yang deskripsinya kosong

Sudah pasti, deskripsi seperti yang kita lihat di dalam video itu (yang tidak mengisi bagian deskripsi video) tidak memberikan banyak informasi penting kepada YouTube tentang isi video yang mereka buat. Dan jika seandainya YouTube tidak bisa memahami isi video Anda, mereka tidak akan meenempatkan video itu di halaman pertama mesin pencari mereka. (tidak bisa merangking)

Itulah sebabnya mengapa Anda harus mengisi bagian deskripsi video setidaknya 150 kata, jika bisa membuat lebih dari itu jauh lebih bagus.

contoh deskripsi yang baik

Membuat deskripsi video seperti itu dengan judul yang baik dan tag yang sesuai dengan keyword yang di target bisa memberi banyak informasi kepada mesin pencari YouTube dan kemudian video Anda bisa berharap untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari dengan kata kunci yang Anda target.

cara meningkatkan jumlah subscribe video YouTube

Fokus pada 2-3 kalimat pertama

Algoritma YouTube sangat memberikan banyak perhatian pada kata kunci yang muncul di 2-3 kalimat pertama dari deskripsi video Anda.

Tempatkan Keyword 2-3 kali di awal paragraf

Pada kenyataannya YouTube menyarankan semua orang untuk:

“Letakkan keyword yang paling penting di awal deskripsi video Anda”.

Jika YouTube sendiri menyarankan seperti itu, sudah pasti bagi anda untuk mengikuti apa yang mereka suruh kepada Anda, memasukkan keyword di awal deskripsi video.

Sebagai contoh, coba kita lihat keyword untuk “cara menambah jumlah subscriber youtube”.

cara menambah jumlah subscriber youtube

Seperti yang kita lihat bersama dari gambar itu, semua video yang muncul dihalaman depan mesin pencari YouTube menempatkan keyword atau kata kunci utama di kalimat pertama deskripsi video mereka.

Optimalkan Deskripsi Video Anda untuk CTR

Beberapa kalimat pertama dari deskripsi video Anda sangat penting untuk rasio klik tayang video yang Anda buat.

Mengapa hal ini penting?

Ini di sebabkan karena 2-3 kalimat pertama dari deskripsi video Anda akan muncul di hasil pencarian YouTube.

Optimalkan Deskripsi untuk meningkatkan CTR

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa ringkasan deskripsi ini harus SEO-friendly dan menarik untuk membuat orang mau mengklik video Anda. Jika tidak, maka bisa jadi orang akan mencari video lain di hasil pencarian.

Jadi jika di awal deskripsi video Anda menyantumkan akun sosial media Anda atau link lain, ini sama sekali tidak menarik dan memberi manfaat apa-apa.

meletakkan social media di awal

Perhatikan jika Anda membuat deskripsi seperti yang saya tunjukkan di dalam gambar, itu sama sekali tidak menarik dan membuat orang ingin mencari tahu apalagi mengklik video Anda.

Jadi mulai sekarang, cobalah untuk mulai memikirkan membuat deskripsi yang bisa bermanfaat dan mengundang orang untuk mengklik video Anda.

Sebagai contoh perhatikan video yang ada di sini, mereka benar-benar ingin membuat orang untuk mengklik video yang mereka buat:

deskripsi video yang baik

Ketika seseorang melihat deskripsi yang seperti itu sudah pasti mereka lebih cenderung untuk mengklik videonya.

 

Repeat Target Keyword Anda 2 – 3 kali

Sekarang Anda pasti sudah memasukkan kata kunci di judul dan awal deskripsi video Anda, cobalah untuk mengulang kata kunci itu 2-3 kali lagi di kalimat atau paragraf selanjutnya.

Ini bukan sekedar menempatkan kata kunci (keyword stuffing) untuk memanipulasi rangking video dengan mengulang dan menempatkan kata kunci 2 – 3 kali, di sini anda sedang menekankan kepada mesin pencari YouTube bahwa video Anda tentang topik itu.

repeat Keyword di deskripsi

Perhatikan dalam deskripsi video itu, kata kunci atau keyword tidak terlihat di paksakan untuk di isi di dalam deskripsi itu. Keyword itu hanya muncul beberapa kali saja sehingga YouTube bisa memahami bahwa video-video itu tentang “kata kunci yang di target”

Gunakan juga Related Keyword

Masukkan juga related keyword ke dalam deskripsi video Anda. Hal ini juga akan sangat membantu YouTube untuk mendapatkan informasi lebih tentang video yang Anda buat. Selain itu memasukkan related keyword ke dalam deskripsi video Anda bisa membantu Anda merangking untuk istilah-istilah tersebut di YouTube dan juga Mesin Pencari Google.

Sebagai contoh, katakanlah anda mentarget keyword “Bagaimana cara menggunakan Photoshop”

Related keywordnya kira-kira seperti ini:

  • Menggunakan Photoshop
  • Tips Photoshop
  • Membuka Software Photoshop

Dari situ Anda kemudian memasukkan keyword itu ke dalam deskripsi video Anda.

keyword di deskripsi video

Gunakan Konten Original

Pastikan Anda membuat deskripsi yang 100% unik bukan hasil dari copy paste website lain atau sumber lain. Lakukan ini untuk setiap video yang Anda upload ke YouTube.

Sehubungan dengan ini YouTube juga mengatakan deskripsi yang Anda buat dan original dapat membantu video Anda merangking di mesin pencari YouTube.

“Be sure each video has a unique description; this makes it easier to find through search, and helps it stand out from similar videos.”

Sekarang coba ingat-ingat kembali apakah Anda memiliki video yang deskripsinya hasil copy paste dari website lain atau sama sekali tidak di isi? Coblah untuk mengeditnya dan menulis ulang deskripsi video Anda dengan gaya bahasa Anda sendiri. Ini bisa membantu video lama Anda mendapatkan posisi yang jauh lebih baik nantinya.

Template untuk mengisi deskripsi video

Beberapa dari antara kita mungkin mempunyai masalah untuk mengisi bagian deskripsi video ini, jika itu yang Anda hadapi cobalah untuk mengikuti template ini dan silahkan mengisinya sesuai dengan video yang Anda buat.

Template deskripsi video

Ini bukan berarti Anda harus menggunakan template yang saya tunjukkan di dalam artikel ini. Anda bebas menggunakan template yang lain yang Anda suka dan cocok dengan Anda. Tetapi dengan bantuan contoh deskripsi yang sederhana ini akan membantu anda membuat deskripsi YouTube lebih cepat dan efektif setiap Anda mengupload video ke channel Anda.

Harus Berhubungan dengan video

Ingatlah sebuah deskripsi video bukan hanya untuk membantu algoritma memahami konten video Anda. Banyak orang yang membaca bagian deskripsi video untuk memutuskan apakah mereka akan terus menonton video Anda atau tidak.

(memang tidak semua orang Indonesia akan menekan tombol “show more” seperti orang luar untuk membaca deskripsi video, mengingat daya baca orang Indonesia sangat rendah)

show more video YouTube

Jadi ini sangat penting sekali untuk menyertakan keyword-keyword yang relevan ke dalam deskripsi video senatural mungkin.

Optimalkan untuk Suggested Video

“Sugessted video” adalah kolom dari related video yang biasanya muncul pada bagian kanan video yang Anda tonton.

sugessted video youtube

Dengan melihat Suggested video yang berada di bagian kanan video ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk menambah views video Anda.

Bagaimana caranya agar setiap video anda bisa muncul di bagian suggested video?

Ya, YouTube sendiri mengatakan kalau metadata video anda dan juga deskripsi video Anda sangat berperan penting dalam Algoritma video yang disarankan (Suggested video)

Dengan kata lain, jika keyword yang Anda masukkan ke dalam deskripsi video Anda cocok dengan keyword yang ada di deskripsi video lain, ada kemungkinan besar YouTube akan mempromosikan video Anda sebagai video yang di sarankan.

suggested video harus mengandung keyword dengan deskripsi video

Jadi sebelum Anda benar-benar memasukkan deskripsi video, cobalah untuk melihat-lihat satu atau dua video yang populer dengan topik video yang sama dengan Anda, kemudian silahkan copy beberapa keyword yang mereka gunakan di dalam deskripsi mereka ke dalam deskripsi video Anda, bisa juga memasukkan tags yang mereka gunakan ke dalam deskripsi video.

temukan populer video di topik video Anda

Begitulah kira-kira menulis Deskripsi Video YouTube agar penonton bisa menemukan video Anda di mesin pencari YouTube.

Pelajari Lebih Lanjut

Cara Kompress File Video Agar tidak terlalu besar tetapi kualitasnya tetap bagus, salah satu software yang bisa digunakan adalah Wondershare Video Converter.

Cara Menambah Voice Over ke Video. Ingin menambahkan suara sendiri ke dalam video yang sedang Anda edit, gunakan cara sederhana ini dengan bantuan software Wondershare Filmora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top