skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Menjalankan Bisnis Online Dengan Menjual Produk Informasi Digital

Menjalankan Bisnis Online dengan Menjual Produk Informasi Digital

Menjual Produk Informasi Digital – Halo semuanya selamat datang di SUBMITCLimb, pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan pembahasan saya dari artikel saya yang sebelumnya tentang Menjalankan Bisnis Online dengan Menjual Produk Fisik yang bisa Anda jalankan dari rumah untuk menambah penghasilan Anda sambil bekerja dari kantor.

Di pembahasan sebelumnya kita semua sudah sama-sama membahas dan belajar tentang Model bisnis dengan menjual produk fisik yang di jual melalui internet secara online. Di pembahasan ini kita akan sama-sama belajar untuk membahas bagaimana Anda dan saya bisa membangun sebuah bisnis dengan menjual Produk Informasi Digital yang bisa menghasilkan pasive income melalui model bisnis yang akan kita pelajari sebentar lagi.

Model bisnis yang kali ini kita akan menjual barang yang produk fisiknya tidak ada atau Intangible product yang bisa kita buat sedemikian rupa dan bisa kita automatisasi sehingga produk yang kita jual ini nantinya bisa memberikan aliran income untuk Anda meskipun Anda tidur. Sangat menarik ya.

Semua model bisnis yang kita bahas ini semuanya tidak membutuhkan modal tetapi tidak benar-benar tanpa modal. Anda masih harus membutuhkan modal untuk membangunnya, tetapi tidak terlalu besar bahkan untuk menjalankannya Anda masih harus menggunakan modal yang sangat minimal sekali dan yang terpenting saat Anda menjalankan model bisnis ini adalah Anda punya kreatifitas dan kemauan Anda untuk membangunnya.

Ok jadi saya ingin mengingatkan kembali buat Anda semua yang baru bergabung di topik artikel ini, pembahasan dari macam-macam jenis model bisnis yang bisa Anda jalankan untuk bagian 1 dan 2 sudah saya bahas di artikel sebelumnya, jadi silahkan membaca artikel sebelumnya dulu sebelum Anda melanjutkan untuk membaca artikel ini.

  1. Menjual Jasa / Layanan Anda
  2. Menjual produk (bisa di jual ke marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya)
  3. Menjual Information Product (E-book, Tutorial, Template dan lain sebagainya)
  4. Membuat software atau Apps
  5. Affiliate Products
  6. Membuat membership
  7. Menjadi Ads Publisher (bagi beberapa orang ini bukan sebuah bisnis, tapi buat saya ini juga bisnis karena bisa membantu kita menghasilkan income.

Selanjutnya kita akan membahas model bisnis selanjutnya, yaitu Information Product, Software atau Apps, Affiliate Products, Membership dan Ads Publisher.

Sisa model bisnis yang baru saja saya sebutkan ini bisa membantu Anda untuk menambah passive income meskipun Anda sedang tidur ataupun berlibur.

Nah ke 5 model bisnis yang terakhir yang akan kita bahas ini kira-kira seperti ini:

  • Tidak mempunyai bentuk fisik yang akan kita kirim ke customer atau Intangible Products Sebuah produk yang tidak ada bentuk fisiknya.
  • Sedikit modal (Hosting, Domain, Plugin dll)
  • Membutuhkan keahlian tertentu yang cukup tinggi (tidak semua orang bisa masuk ke model bisnis ini, karena paling tidak Anda harus bisa bahasa inggris, bisa membuat sebuah website, SEO, Social Media, cara mendatangkan traffic dll) Memang semua itu bisa kita pelajari tetapi tidak akan mudah dan membutuhkan waktu. Khususnya buat Anda yang belum pernah terjun dan mengerti tentang hal ini penghalangnya cukup tinggi dan penghalang itu harus Anda lewati.
  • Di kombinasikan dari semua model bisnis ini.

Information Product

Information Product biasanya seperti E-book, Tutorial, Panduan, template dan lain sebagainya. Jadi bisa kita katakan ini adalah segala hal yang bisa Anda jual kepada customer berupa sebua product informasi kepada orang lain.

Contohnya:

 
  1. E-book (berupa tulisan)
  2. Tutorial (bisanya berupa video dan ada juga dalam bentuk tulisan dan gambar)
  3. Template
menjual digital produk

Dua macam product itu bisa Anda buat dan kemudian Anda jual kepada orang lain lewat internet. Lalu cara menjualnya bagaimana?

Biasanya cara menjual menggunakan 2 metode yang paling banyak digunakan:

  1. Menggunakan marketplace. Nah ada begitu banyak marketplace di mana Anda bisa bergabung untuk menjual tutorial yang Anda buat. Salah satu contohnya misalnya di Udemy, Coursera, teachable dll.
  2. Membuat Website sendiri (menjual sendiri)

Setelah memasukkan product Anda ke marketplace lalu apa langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan?

Anda hanya perlu menunggu pelanggan melihat product yang Anda jual dan membeli product yang Anda tawarkan itu entah melalui marketplace atau lewat website sendiri. Selain itu Anda juga memerlukan yang namanya untuk mendatangkan traffic atau pengunjung yang ingin membeli product Anda.

Untuk mendatangkan pengunjung ada beberapa macam cara:

  1. Beriklan di Google Ads
  2. Promosi di Intagram
  3. Beriklan di Facebook Ads
  4. SEO
  5. Dll

Menjual product Anda lewat Marketplace dan menggunakan website sendiri sama-sama mempunyai keuntungan dan juga kelemahan.

Keuntungan kalau Anda Mempunyai website sendiri biasanya kita sepenuhnya yang akan mengatur mau seperti apa metode pembayarannya, apakah mau lewat transfer, menggunakan kartu kredit, Paypal atau menggunakan semuanya agar nyaman untuk calon cutomer Anda.

Sedangkan kalau Anda menjual lewat Marketplace biasanya pembayarannya menggunakan kartu kredit atau menggunakan Paypal. Sudah pasti kalau ada orang Indonesia yang mau membeli product Anda mereka kurang suka dan kesulitan karena banyak yang tidak mempunyai kartu kredit, dan akhirnya tidak jadi membeli. Tapi Udemy ini adalah marketplace internasional jadi Anda tidak perlu takut kehilangan calon pelanggan yang tidak punya kartu kredit.

Ya, jadi itu adalah Cara Menjalankan Bisnis Online dengan Menjual Produk Informasi Digital. Semoga informasi ini bisa sedikit menambah pengetahuan Anda. Kita masih akan membahas mode bisnis yang lain yaitu “Membuat Software atau Apps” yang akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top