skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Menjalankan Bisnis Online Dengan Membuat Website Membership

Menjalankan Bisnis Online dengan Membuat Website Membership

Bisnis Online dengan Membuat Website Membership – Halo semuanya selamat datang di SUBMITCLimb, di kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan pembahasan saya tentang Menjalankan Bisnis Online dengan Membuat Website Membership yang bisa Anda jalankan untuk menambah penghasilan sambil bekerja dari kantor.

Ini adalah lanjutan dari pembahasan di artikel sebelumnya tentang Menjalankan Bisnis Online dengan Cara Menjadi Affiliate Marketing. Semoga sampai hari ini Anda masih tetap semangat untuk melanjutkan pelajaran Anda.

Ok kita lanjutkan saja pembahasan kita, tetapi sebelum saya membahasnya kita akan cari tahu dulu apa sih sebenarnya website membership itu?

Pengertian website Membership WordPress

Model bisnis yang satu ini berarti Anda dan saya harus membuat sebuah website membership sekaligus menyediakan konten-konten yang hanya bisa di akses oleh orang lain ketika mereka sudah melakukan pembayaran untuk menjadi anggotanya. Kalau mereka tidak membayar maka mereka tidak bisa meng-akses konten premium yang Anda jual.

Bisanya model bisnis seperti ini pembayarannya ditagih setiap bulan atau tahunan (langganan)

Mungkin ada yang bertanya bagaimana cara membuatnya, apakah mudah, atau apakah susah?

Saya akan menjawabnya, proses pembuatannya terbilang mudah, tapi tetap membutuhkan skill yang harus Anda pelajari dulu, karena tanpa pengetahuan dan skill Anda tidak mungkin bisa membangun bisnis Online dengan Membuat Website Membership ini.

Pengetahuan dan Skill Ini bisa kita umpamakan seperti sebuah petunjuak atau panduan. Mari kita bayangka, katakanlah saat ini Anda ingin pergi ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi, Anda juga tidak mempunyai peta dan menggunakan bantuan GPRS. Sudah di pastikan Anda akan nyasar ke dareah Antah Berantah jika Anda tetap nekad pergi ke daerah itu.

Untungnya, sekarang ini untuk membuat sebuah website itu sangat mudah sekali. Anda hanya perlu membeli hosting, domain dan template website untuk WordPress Anda sudah bisa membuat website sendiri hanya dalam beberapa jam atau hari.

Nanti saya akan mengajarkan bagaimana Anda bisa membuat sebuah website (web blog) dengan menggunakan WordPress.

Dengan membuat sebuah Web blog WordPress di tambah dengan ditambah beberapa plugin khusus Anda sudah bisa membangun website membership dan Anda bisa berharap menghasilkan ratusan bahkan mungkin bisa mencapai ribuan dolar untuk setiap tahunnya dari sebuah website membership jika konten yang Anda tawarkan memang benar-benar bagus dan bermanfaat.

Anda bisa membuat website membership dengan menggunakan WordPress, keunggulan WordPress adalah sudah mempunyai fitur bawaan untuk registrasi user. Cuma sayangnya fitur bawaan WordPress ini tidak bisa membatasi orang-orang yang bisa mengakses konten, maka Anda perlu menambahkan sebuah plugin yang akan membantu Anda dan saya untuk membuat website membership ini.

Plugin Membership WordPress

Anda bisa menggunakan beberapa plugin ini jika ingin membuat website membership, untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak dan lebih canggih Anda mungkin harus menggunakan plugin yang premium atau meng-upgrade ke versi berbayar. Tetapi jika yang versi gratis di rasa cukup untuk Anda maka silahkan teruskan untuk menggunakan versi yang gratisnya.

WishList Member (berbayar)

Mungkin orang Indonesia jarang yang menggunakan plugin Wishlist Member karena mereka tidak mempunya versi trial dan juga gratis. Ini adalah membership software yang menurut kami sangat bagus. Ini bisa terlihat dari Landingpage website mereka dan juga penjelasannya. Anda bisa membuat website WordPress apapun menjadi website membership untuk melindungi dan menjual konten premium Anda.

Cara menggunakannya juga cukup mudah Anda hanya perlu meng-intsall plugin Wishlist Member dan hanya hitungan beberapa menit saja anda sudah membuat website Anda menjadi website membership, Anda bisa melindungi konten dan hanya bisa di akses oleh para anggota atau member saja, pembayaran yang mudah, member management dan masih banyak fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

s2Member (gratis)

s2Member juga salah satu plugin membership untuk WordPress yang paling banyak digunakan dan bisa saya katakan sangat populer. Kerennya, selain mempunyai versi yang berbayar mereka mempunya versi gratis yang bisa Anda gunakan. Memang untuk versi gratisnya biasanya fitur-fitur yang Anda gunakan akan sangat dibatasi dan ini wajar. Cobalah untuk menggunakannya, jika Anda puas silahan menggunakan versi berbayar yang mereka punya.

Plugin ini punya fungsi yang sama seperti plugin-plugin lain pada umumnya seperti memberikan batasan akses ke postingan berdasarkan kategori yang Anda buat dan juga di halaman tertentu yang Anda miliki. Bahkan Anda juga bisa membatasi akses user ke file yang Anda upload untuk bisa mereka download dan gunakan.

Masih kurang? Plugin versi gratis mereka sudah dilengkapi dengan sebuah tool email campaign yang biasanya berfungsi untuk promosi dengan teknik email marketing dan tentunya dengan tampilan yang cukup menarik.

Meskipun ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari plugin s2Member, ada beberapa batasan fitur untuk Anda, misalnya untuk versi gratis yang Anda gunakan mereka hanya mengijinkan Anda untuk membuat hanya 4 level keanggotaan saja untuk website membership Anda, Anda juga tidak bisa mendapatkan fitur penjadwalan konten yang menurut saya pribadi fitur ini buat saya tidak begitu penting, untuk kupon diskon tidak ada. Untuk pembayarannya anda hanya bisa menggunakan Paypal saja, kalau Anda ingin menggunakan model pembayaran yang lain Anda harus mengupgrade ke versi premium.

Restrict Content (gratis)

Restrict Content juga salah satu plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat website membership, plugin ini adalah salah satu plugin terbaik yang cukup populer dan banyak penggemarnya. Karena dikembangkan oleh developer yang sama dengan yang membuat plugin Easy Digital Downloads makannya tidak heran kalau plugin ini langsung terkenal dan banyak yang menggunakannya.

Plugin Restrict Content terkenal akan kemudahan untuk digunakan. Anda juga bisa mengintegrasikan pembayaran dengan plugin ini, seperti misalnya Paypal, WooCommerce dan Braintree.

Membership & Content Restriction (gratis)

Membership & Content Restriction adalah salah satu plugin yang juga akan membantu Anda mempermudah membuat website membership Anda. Plugin ini terkenal serba bisa. Maksudnya apa ya? Saya juga awalnya bingung, maksudnya apa, kok serba bisa.

Rupanya dengan menggunakan plugin ini Anda dan saya bisa membatasi konten mana saya yang ingin dilindungi yang hanya bisa di akses oleh orang-orang yang sudah membayar biaya langganan. Anda juga bisa membuat beberapa paket berlangganan untuk keanggtaan di website Anda yang hanya bisa mengakses ke area tertentu saja. Cukup keren ya.

Plugin ini juga bisa terintegrasi dengan WooCommerce, jadi Anda bisa menyembunyikan file atau produk mana dari orang-orang yang belum menjadi member di website Anda. Keunggulan dari plugin ini adalah Anda bebas untuk membuat banyak pilihan layanan dan masing-masing dari layanan yang Anda buat tersebut punya kelebihan dan manfaat masing-masing. Anda bisa juga membuat pembayaran free trial untuk mereka yang ingin mencoba-coba.

Wp Members

Wp Members plugin alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membuat website membership anda. Plugin ini secara garis besar fungsinya sama dengan plugin-plugin yang lain yaitu untuk melindungi konten dan hanya bisa di akses oleh orang-orang yang sudah tergabung dan menjadi member di website Anda.

 

Plugin ini juga bisa membuat dan meletakkan formulir pendaftaran dedicated di tempat-tempat tertentu dari halaman website Anda. Dari semua fitur yang ada di plugin ini ada satu yang mungkin akan menarik perhatian Anda, yaitu teaser konten untuk membuat orang penasaran yang aksesnya dibatasi. Saya yakin ini adalah fitur yang bagus yang bisa membuat orang penasaran dan ingin bergabung.

Cuma untuk versi gratisnya plugin ini tidak bisa memasang atau mengaktifkan layanan berlangganan atau user subscription. Kabar bagusnya fungsi dari fitur ini hanya bisa diaktifkan dengan menggunakan Add-ons.

Ultimate Member

Semua plugin yang sudah saya tunjukkan berfokus dengan registrasi dan layanan yang harus berlangganan (orang yang ingin melihat konten Anda). Plugin ini mempunyai fitur untuk para membernya untuk bisa mengedit bagian profil user. Buat saya sih fitur ini tidak terlalu penting-penting sekali.

Mungkin bagi beberapa orang fitur ini bisa membantu membuat member mereka mau berlama-lama di websitenya untuk menaikkan engagement.

Simple Membership

Simple Membership ini mungkin punya kesamaan dengan plugin Membership & Content Restriction. Plugin ini bisa membantu Anda membuat banyak paket dan model keanggotaan dan pembayarannya menggunakan Paypal.

Mungkin fitur yang saya suka dari plugin ini adalah mempunyai metode pembayaran one-time payment. Ini akan membantu Anda yang tidak ingin membuat website membership dengan metode pembayaran subscription (berlangganan)

Members

Members plugin juga merupakan plugin membership terbaik gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat website membership pertama Anda. Fungsinya masih sama seperti plugin-plugin yang lain. Cuma memang ada yang berbeda dengan plugin yang satu ini. Anda bisa membuat permission untuk setiap user yang tergabung di website Anda.

Memang sih kalau kita lihat plugin-plugin pada umumnya bisanya mereka hanya menetapkan single role ke semua member mereka. Katakanlah role Anda adalah Administrator, ini berarti user Anda bisa melakukan apa saja untuk website Anda itu. Sedangkan Regular user mungkin di beri role Subscribers – Maka Anda yang di beri role ini tidak bisa melakukan sesuka karena akses Anda di batasi. Nah plugin ini akan membantu Anda untuk menunjuk salah satu orang menjadi admin atau lainnya.

Plugin ini mampu memberikan batasan konten dan hanya bisa di akses oleh beberapa orang saja yang sudah menjadi member Anda. Bahkan ada halaman tertentu meskipun mereka sudah menjadi member kalau belum Anda beri hak akses maka mereka tidak bisa mengakses konten Anda.

Contoh Website Membership WordPress

Setelah membuat website dan menginstall plugin yang dibutuhkan langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mengisi konten-konten premium yang hanya bisa di akses oleh para member Anda. Jika Anda bingung bagaimana untuk menyajikan konten premiumnya Anda bisa melihat contoh dari beberapa website yang akan saya sebutkan ini.

1. SmartInsights. Website ini mempunyai konten-konten premium yang hanya bisa di lihat dan di akses oleh para member-nya yang sudah membayar biaya mulai dari $59 untuk setiap bulannya.

2. WPSites. Website ini adalah website membership yang konten premiumnya bisa Anda akses semua asalkan Anda mau membayar biaya sebesar $37 untuk setiap bulannya dan serunya Anda juga bisa melakukan tanya jawab. Sebetulnya biaya itu sangat murah menurut saya dan karena semua materinya bisa di akses semua kita bisa mendownload semua materi yang ada di websitenya dan mempelajarinya secara offline. Untuk mendownloadnya Anda bisa menggunakan bantuan software IDM (internet download manager), buat anda yang ingin mendapatkan program ini secara gratis bisa membaca artikel yang pernah saya tulis dengan judul Software Download Manager Terbaru, lima kali lebih cepat.

3. WP Apprentice. Website ini adalah website membership juga di mana Anda bisa mengakses video panduan yang ada di sana sesuai paket-paket yang sudah di tentukan. Harga yang mereka berikan juga beragam dan enaknya Anda tidak perlu berlangganan atau membayar bulanan. Karena Anda bisa mengakses materinya selama hidup Anda dan selama website ini masih online. Harga yang diberikan mulai dari $39 sampai $99.

4. WP101. Website yang satu ini adalah salah satu website membership untuk panduan WordPress terbaik yang pernah ada. Anda bisa melihat di website ini mereka mempunyai biaya langganan dan biaya seumur hidup yang di tawarkan kepada para calon pelanggan mereka. Buat saya ini sangat menarik dan pasti membantu orang-orang untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan dan juga kebutuhan mereka. Mulai dari $18 per tahun yang hanya bisa mengakses sekitar 34 video saja. Harga paket $39 pertahun member mereka bisa mengakses semua materi dan video yang ada dan yang lebih menarik lagi mereka mempunyai pilihan untuk sekali bayar yang bisa mengakses semua materi dan kalau ada update mereka bisa mendapatkan update, paket ini di bandrol dengan harga $79 untuk sekali bayar.

Jadi itu adalah beberapa contoh website-website yang menghasilkan uang dengan membuat Website membership dengan menggunakan WordPress. Sebetulnya masih baegitu banyak plugin dan contoh-contoh website lain yang bisa Anda gunakan, karena keterbatasan waktu jadi saya hanya menunjukkan beberapa saja.

Semoga apa yang saya bahas tentang Menjalankan Bisnis Online dengan Membuat Website Membership meskipun singkat, semoga penjelasan ini bisa membuka wawasan Anda tentang bisnis yang satu ini. Memang untuk membangun bisnis model ini membutuhkan waktu dan kerja keras. Buat Anda yang mungkin tidak mempunyai latar belakang di bidang ini juga akan mendapatkan rintangan-rintangan yang harus di lewati, tapi saya yakin seraya Anda terus belajar dan tidak pantang menyerah pasti bisa juga.

Kita masih akan melanjutkan pembahasan kita yang terakhir dari seri artikel yang saya buat ini tentang model bisnis yang lain yaitu Menjadi Ads Publisher di Google AdSense, sebelu kita masuk ke materi kursus utama dari topik yang akan kita bahas.

Bagi beberapa orang model bisnis ini bukan sebuah bisnis, tapi buat saya ini juga termasuk sebuah bisnis karena bisa membantu kita menghasilkan income, malah passive income. Materi inilah nantinya yang akan menjadi materi utama yang akan saya bagikan kepada Anda semua yang ingin Belajar tentang cara menghasilkan uang dari Google AdSense.

Jika Anda suka dengan artikel Menjalankan Bisnis Online dengan Membuat Website Membership dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top