skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Menjalankan Bisnis Dengan Menjadi Content Creator YouTube

Menjalankan Bisnis dengan Menjadi Content Creator YouTube

Halo semuanya selamat datang di SUBMITCLimb, Saya ingin menambahkan satu video pengantar lagi untuk macam-macam bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah. Kemarin saya kelupaan untuk memasukkan model bisnis yang satu ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan pembahasan saya dari artikel saya yang sebelumnya yang membahas tentang, “Menjalankan Bisnis Online dengan Menjadi Ads Publisher Google AdSense.” Di pembahasan kali ini, kita akan membahas topik tentang, Menjalankan Bisnis dengan Menjadi Content Creator YouTube atau banyak orang mengenalnya dengan menjadi YouTuber.

Banyak Orang Salah Kaprah Tentang YouTube

Saya sebenarnya agak takut untuk menyebutkan kata “Menjadi YouTuber” karena ini bisa mengartikan sesuatu yang agak tidak di sukai oleh beberapa orang (mempunyai konotasi buruk), misalnya:

  1. Bisa mengartikan sesuatu yang negatif (buruk)
  2. Mengartikan orang yang membuat video YouTube seolah-olah ingin menjadi terkenal (Artis)
  3. Mungkin juga bisa membuat orang lain beranggapan kalau orang yang membuat video YouTube adalah orang – orang yang kurang kerjaan atau tidak tahu malu.

Kalau boleh jujur, sebenarnya banyak orang yang salah kaprah mengartikan tentang YouTube, mohon maaf kalau saya salah bicara atau mungkin menyinggung Anda. Ketika ada orang yang membuat video dan menguploadnya ke YouTube, banyak orang mempunyai pendapat atau mengartikan, orang yang membuat video tersebut menjadi sesuatu yang buruk seperti yang sudah saya katakan tadi. Salah kaprah ini terjadi karena di sebabkan oleh beberapa orang (terutama orang Indonesia) yang menyalahgunakan YouTube, sehingga orang-orang lain mengartikan YouTube menjadi sesuatu yang buruk atau mempunyai makna yang kurang baik. Saya sebenarnya kurang setuju dan sangat menyesalkan tentang hal itu.

Coba bayangkan hal ini, Katakanlah Anda seorang pembuat Pisau dapur. Pisau yang Anda buat dan jual, pasti akan membantu orang-orang untuk mempermudah pekerjaan mereka. Bisa membantu mereka untuk memotong sayuran, memotong bawang, memotong buah atau digunakan untuk hal lain yang berguna. Tiba-tiba pisau dapur yang Anda buat dan jual itu, digunakan oleh orang lain untuk melakukan tindak kejahatan, menodong atau mungkin sampai membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain.

Apakah karena hal itu, lantas kita bisa mengatakan semua pisau dapur itu berbahaya? Apakah kita kemudian tidak perlu membeli dan menggunakan pisau dapur lagi? Saya yakin, pasti Anda tidak akan mempunyai pikiran seperti itu bukan?

Pisau, jika di gunakan dengan tepat maka akan memberikan banyak manfaat buat banyak orang.

Nah, YouTube juga sama seperti itu. Jika digunakan dan di manfaat dengan baik, YouTube bisa membantu Anda menghasilkan uang dari iklan yang tampil di setiap video yang Anda buat, sekaligus memasarkan dan menjual produk atau Jasa yang ingin Anda tawarkan kepada orang lain.

YouTube Memberi Peluang Besar kepada Anda

YouTube adalah salah satu platform berbagi video yang paling banyak ditonton orang di dunia. Dari sini, YouTube memberikan peluang yang besar dan luar biasa untuk membantu Anda menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di setiap video yang Anda buat, dan sekaligus memasarkan produk atau Jasa yang ingin Anda jual atau tawarkan kepada orang lain.

Sayang sekali bukan, kalau hanya gara-gara beberapa orang yang tidak bertanggung jawab tadi yang membuat konten negatif, semua creator YouTube akhirnya harus dipukul rata dengan mendapatkan STEMPEL kurang baik? Apalagi kalau hal itu sampai membuat Anda tidak berani untuk membuat channel YouTube. Menurut saya ini sangat sayang sekali.

Mereka yang Memanfaatkan YouTube Menuai Hasilnya

Sekarang saya akan memberikan beberapa contoh channel yang di kelola oleh orang-orang yang memanfaatkan YouTube. Dari contoh-contoh yang saya berikan ini, semoga bisa membantu Anda memahami manfaat dan peluang besar yang diberikan YouTube kepada Anda dan saya, untuk bisa menghasilkan uang dan memasarkan Jasa atau produk lewat video yang kita buat.

1. Daniel Walter Scott

Daniel Scott adalah pemilik channel “Bring Your Own Laptop & instructorHQ”. Coba kita perhatikan di dalam channelnya ini. Dia membangun channel YouTube ini menurut Anda, kira-kira tujuan utamanya untuk apa?

  • Apakah dia hanya iseng?
  • Apakah dia membuat video karena kurang kerjaan? (mengisi waktu kosong).
  • Apakah dia ingin menjadi seorang yang terkenal?
  • Atau dia sedang memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan uang dan mempromosikan produk dan Jasanya?

Silahkan nanti, berikan komentar Anda di kolom komentar ya. Kalau menurut saya, dia membangun channel ini karena dia sedang memanfaat YouTube untuk mempromosikan produknya (dalam bentuk kursus onlined) dan sekaligus mendapatkan uang dari mengikuti program Google AdSense yang diikutinya. Daniel ini bukan seorang yang kekurangan atau orang yang tidak punya pekerjaan. Dia punya pekerjaan dan dia adalah seorang Designer yang cukup terkenal. Jika Daniel Scott saja memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan produk atau jasa dan menghasilkan uang dari setiap video yang dia buat, mengapa Anda tidak memanfaatkan YouTube juga?

2. FunToys Collector Disney Toys Review

Dari contoh pertama mungkin Anda masih ragu dan mengatakan, susah juga ya membuat tema channel YouTube. Selain itu Anda juga mungkin akan mengatakan, saya malu kalau harus membuat video dengan menampilkan wajah saya. Nah jika itu adalah masalah Anda, contoh yang kedua ini pasti akan menambah ide Anda, bahwa membuat video dan menghasilkan uang dari YouTube tidak sesulit dan serumit yang kita bayangkan.

Kalau kita lihat dari channel FunToys Collector ini, Dia tidak menampilkan wajahnya di depan kamera. Selain itu, sepertinya dia juga tidak terlalu banyak menggunakan peralatan yang rumit sekali, mungkin hanya dengan bermodalkan kamera HP saja, Anda sudah bisa membuat video seperti itu. Coba lihat jumlah subcribernya, cukup banyak bukan?

Dari situ kita bisa melihat bahwa membuat konten sederhana seperti itu, Anda sudah bisa membuat dan mengelola sebuah channel YouTube. Mungkin awal-awal kita akan berpikir, Apa nanti ada yang nonton, apa bisa menarik perhatian banyak orang?

Pertanyaan dan kekhawatiran seperti itu menurut saya sangat wajar. Tetapi, kekhawtiran seperti itu jangan sampai terlalu dipikirkan dan membuat Anda untuk diam di tempat atau tidak melakukan apa-apa. Yang perlu dan harus Anda lakukan adalah mulai membuat video dan menguploadnya ke YouTube secara rutin. Apakah ada penontonnya atau tidak jangan dipusingkan, terus saja buat video dan upload secara rutin.

Kalau kita lihat dari contoh channel FunToys Collector ini. Dari jumlah yang menonton dan subscribersnya, kita bisa melihat selain anak-anak orang tua pasti juga ingin tahu bentuk fisik dari mainan yang akan di belinya nanti. Dengan bantuan review sederhana seperti ini, banyak orang tua dan juga anak-anak yang terbantu dan mendapatkan manfaat, meskipun terlihat sederhana saja? Awal-awal mungkin dia juga punya kekhawatiran dan pertanyaan yang sama seperti Anda, apa nanti ada yang nonton? Sukurnya dia mengambil langkah yang tepat untuk membuat video dan mengupload. Coba bayangkan kalau dia sampai tidak jadi membuat video dan menguploadnya ke YouTube pada waktu itu, mungkin dia tidak bisa menikmati penghasilan dari YouTube seperti sekarang ini.

 

Apa yang Anda Dapatkan Dari YouTube?

Apa yang akan Anda dapatkan dari YouTube? Ini bergantung dari tujuan Anda di awal untuk membuat video. Apakah Anda ingin menggunakan YouTube sebagai alat pemasaran (marketing) atau untuk menghasilkan uang dengan me-monetisasi atau untuk keduanya?

Saya ingin memberitahu, YouTube ada, sebenarnya tujuan utamanya untuk menghasilkan uang dari monetisasi, meskipun bisa untuk tujuan lain sesuai dengan keinginan Anda salah satunya adalah sebagai alat pemasaran.

Bagaimana Cara Saya Menghasilkan Uang dari YouTube AdSense?

Menghasilkan uang secara rutin $30 sampai $100/ Bulan itu sangat mungkin, bahkan untuk menghasilkan lebih dari itu juga bisa, ini bergantung dari kerja keras Anda.

Bagaimana kalau saya masih baru dan belum tahu apa-apa? Tentu saja bisa, Anda bisa mengikuti program Google AdSense dan menghasilkan uang dari YouTube. Kenapa saya yakin Anda PASTI BISA?          

Coba sekarang kita ingat-ingat kembali sewaktu kita semua belum bisa membaca dan menulis. Awalnya kita semua tidak bisa membaca dan menulis, tetapi seraya terus belajar, kita semua akhirnya bisa menulis dan membaca. Nah untuk mempelajari YouTube dan menghasilkan uang dari YouTube sangat mudah, kuncinya hanya mau, semangat, fokus dan ulet.

Untuk bisa menghasilkan pasive income dari YouTube, tentu Anda harus membuat video dan menguuploadnya ke channel YouTube milik Anda secara rutin. Video yang Anda buat tidak harus bagus, peralatan yang Anda gunakan juga tidak harus mahal dan menggunakan kamera yang mahal. Editing video juga tidak harus rumit-rumit dan di edit sekeren-kerennya. Percayalah, mereka yang besar di YouTube, kebanyakan tidak mengedit video mereka seperti yang Anda pikirkan.

Dari satu channel yang Anda kelola, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif income setiap bulannya. Memang untuk bisa menghasilkan uang secara pasif income dari YouTube kita harus bekerja keras di awal saja, kemudian setelah itu kita bisa menikmati hasilnya setiap bulan tanpa harus bekerja keras lagi.

Berapa Pendapatan yang akan Anda dapatkan dari YouTube?

Penghasilan Anda dari AdSense bisa berbeda-beda setiap hari dan bulannya, ini berdasarkan dari CPM Anda (Pengukuran dalam Iklan per Seribu Penonton atau “cost per-1000 impression” atau “cost per mille”). Yang mana ini bergantung dari si pengiklan yang membayar untuk setiap 100 view (tampilan iklannya).

Nah jumlah yang di bayar sangat beragam antara negara yang satu dengan negara yang lain, antara iklan yang satu dengan iklan yang lainnya, biasanya berkisar dari $0,10 hingga $10, dan dalam beberapa iklan yang lain mungkin bisa lebih dari jumlah itu, tetapi yang paling umum biasanya antara $0,25 sampai $4 dan angka ini yang biasanya dipakai sebagai perhitungan pendapatan YouTube AdSense. Yah, bisa saya katakan hanya di pakai sebagai patokan kasar atau perkiraan saja. Untuk hasil yang lebih akurat masing-masing dari kita harus melihat langsung dari dalam akun YouTube kita.

Apa yang Mempengaruhi CPM YouTube Anda?

Tarif CPM Anda sangat bervariasi dan biasanya berdasarkan kategori channel itu berasal, usia channel dan juga beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhinya. Sebagai gambaran dan juga informasi buat remaja-remaja yang suka membuat video PRANKS sudah pasti akan mendapatkan CPM lebih rendah daripada video yang mereview tentang sebuah produk (video Review) atau video tentang saran bisnis.

Selain itu, menampilkan video kepada orang-orang di Inggris sudah pasti akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi daripada menampilkan video kepada orang-orang di negara India.

IntinyaSemakin banyak orang-orang yang bersedia membayar untuk beriklan di video yang Anda buat, semakin tinggi penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Berapa lama saya bisa mulai menghasilkan uang dari YouTube?

Ini adalah bagian yang paling di sukai oleh banyak orang, mendapatkan uang. Bisa mengikuti YouTube partner program Anda harus memenuhi syarat mereka terlebih dahulu yaitu 4000 Jam tayang dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 subscriber. Berat juga ya syaratnya?

Grow with YouTube

Iya memang berat searang syaratnya. Kalau dulu, awal-awal saya main YouTube. Begitu kita buat channel baru dan upload video tidak berapa lama kita sudah bisa di terima dan langsung bisa menampilkan iklan dan menghasilkan uang. Belakangan sejak YouTube di salah gunakan oleh banyak orang, YouTube memperketat syarat mereka untuk bisa mengikuti program YouTube AdSense mereka. Tujuannya sudah jelas untuk menyaring orang-orang yang benar-benar serius dalam membuat konten dan bekerja.

Tetapi jangan bersedih dulu, selama channel Anda belum di approve Anda bisa mendapatkan uang dengan cara yang lain, misalnya menjual produk atau jasa Anda sendiri dan ketika AdSense Anda di terima Anda bisa mendapatkan penghasilan dari ke duanya.

Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah jangan terbebani dengan jumlah view dan subscribers karena penghasilan yang sebenarnya, tidak berpengaruh dari hal itu sepenuhnya. Saya sudah melihat sendiri, seorang content creator yang sukses (YouTuber) bisa menghasilkan uang hanya dengan mempunyai beberapa ratus subscriber saja. PercayalahMetrik yang paling penting adalah keterlibatan (engagement). Jika audiens Anda benar-benar suka dengan apa yang Anda lakukan dan menganggapnya berharga, akan ada banyak cara untuk bisa mengangkannya.

Jika Anda suka dengan artikel Menjalankan Bisnis dengan Menjadi Content Creator YouTube dan juga video tutorial yang kami buat, Silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top