skip to Main Content
Menghasilkan Uang Dari YouTube Bagian Pertama

Menghasilkan Uang Dari YouTube Bagian Pertama

Harus Membuat Video

Untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube sudah pasti kita diharuskan memiliki video yang kita upload ke YouTube. Silahkan bagi Anda yang belum membaca bagian awal baca dulu artikel pembuka “Cara Mendapatkan Uang dari Youtube” Mungkin banyak yang akan mengatakan seperti ini ketika kita berbicara membuat video:

  1. Saya tidak bisa menggunakan kamera
  2. Saya tidak bisa mengedit video
  3. Saya sulit sekali untuk mencari ide video
  4. Dll

Jika itu yang menjadi alasan dan kendala kalian saya ingin katakan bahwa kita bisa mengatasi hal itu, karena untuk menghasilkan uang dari YouTube kita tidak membutuhkan video yang hasil rekamannya seperti stasiun TV atau Sinetron yang ada di TV, kita juga tidak akan shooting video seperti kita mau membuat Film layar lebar. (jika Anda ingin membuat video serius seperti itu juga boleh, malah itu akan lebih baik untuk menarik pengunjung)

Anda bisa membuat video menggunakan HP, Camera Saku Anda atau merekan Layar Monitor Anda menggunakan program seperti, CamStudio, Camtasia, Movavi, Bandicam, Wondershare Filmora dan masih banyak lagi yang lainnya.

Video

Jika kita berbicara mengenai video ini berarti kita sedang berbicara mengenai gambar yang bergerak. Jadi video adalah sekumpulan gambar bergerak yang digerakkan dengan kecepatan tinggi yang kemudian menjadi gambar bergerak atau yang kita sebut dengan Video. Kata Video sendiri berasal dari bahasa latin yang mengartikan “Saya Lihat”.

Kita bisa melihat video pada Televisi, HP, Bioskp dan Internet. Selain dibuat dari sekumpulan gambar bergerak video juga bisa dibuat dari beberapa gambar yang kita satukan kemudian kita gerakkan dengan menggunakan software seperti Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, atau menggunakan program pembuat video lainnya bahkan Nero juga bisa kita gunakan untuk membuat video.

Contoh video yang dibuat dari beberapa gambar yang digerakkan adalah:

  1. Film kartun. Film Kartun sering kita tonton sejak kecil, Saat kita menonton film kartun kita sebenarnya sedang melihat sekumpulan gambar yang digerakkan dengan kecepatan tinggi.
  2. Video SlideShow. Video Slideshow banyak kita lihat pada video-video prewedding (selain Video prewedding video lain juga ada) pada video ini ada beberapa foto yang disusun berdasarkan urutan tertentu kemudian digerakkan atau dikasih motion (animasi) menjadi sebuah video yang Indah dan bercerita.

Jadi untuk membuat video, kita tidak usah repot merekam video jika dana kita terbatas atau karena alasan lain Kita bisa menggunakan cara ini untuk membuat video dan masih bisa menghasilkan uang dari YouTube.

Contohnya adalah video yang ada di channel SUBMITClimb, Hampir semua video yang saya buat di channel itu tidak saya rekam menggunakan kamera video, saya merekamnya menggunakan software perekam layar monitor komputer. Itu adalah salah satu cara yang saya gunakan untuk membuat video, Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube yang saya gunakan.

Google Adsense – YouTube Adsense

Karena kita ingin menghasilkan uang dari YouTube (Google Adsense), khususnya YouTube Adsense maka kita harus membangun stasiun TV pribadi kita dulu. Tidak usah kaget ketika Anda membaca tulisan kita akan membangun stasiun TV ya, karena kita tidak akan membangun Stasiun TV beneran yang membutuhkan dana besar. Kita akan membangun stasiun TV (channel TV) kita di YouTube.

Kalau kita lihat televisi di televisi ada begitu banyak saluran TV, ada SCTV, TVRI, Indosiar, TPI, TV One, Bali TV, TVRI, History, Discovery dan lain lain. Di YouTube juga sama seperti itu, kita nantinya juga bisa membuat saluran-saluran TV seperti itu. Coba sekarang Anda membuka YouTube jika Anda perhatikan setiap video yang Anda klik nama channelnya berbeda beda, kalau Anda klik video dari SUBMITClimb maka itu adalah channel video submitclimb, tapi kalau Anda buka video buatan istri saya maka Anda membuka channel istri saya dan hebatnya di YouTube ada ribuan channel video yang bisa Anda tonton, karena setiap orang bisa membuat saluran channelnya sendiri secara Gratis.

Bagaimana Mendapatkan Uang Dari YouTube?

Setiap channel YouTube bisa memuat ribuan video yang bisa kita upload secara gratis, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya internet untuk menguploadnya. Nah dari mana kita mendapatkan uang dari setiap video yang akan dan sudah kita upload ini?

Masih ingat jamannya kita pertama kali menonton film si Doel Anak Betawai, Knight Rider dan MacGyver? Ketika kita Lagi asik – asik nonton tiba-tiba ada iklan yang muncul di tengah-tengah film. Saat iklan itu muncul kita sebagai penonton apakah akan disuruh membayar ketika melihat acara TV itu?

Tidak khan…?

Apakah kita di suruh membayar ketika kita menonton film atau iklan yang sedang diputar itu?

Tidak juga khaan?

Dari mana stasiun TV mendapatkan uang untuk membiaya karyawan dan siaran televisinya? Jawabannya adalah dari setiap iklan yang dipasang di stasiun televisi mereka. (mahal banget lho bayar iklan di TV)

Nah di YouTube Adsense juga sama, kita akan mendapatkan uang dari YouTube ketika ada penonton yang menonton video kita, saat penonton sedang menonton video kita yang ada di YouTube nanti akan ada iklan yang muncul di video kita. Kita akan mendapatkan uang (komisi) dari iklan itu. (tetapi dapat komisinya tidak sebesar pasang iklan di TV)

Kita Tidak Perlu Mencari Pengiklan untuk Video Kita

Di YouTube Adsense kita tidak akan mencari orang-orang yang mau memasang iklan di video kita (channel kita) kita tidak perlu sampai melakukan hal seperti itu. Kita hanya perlu fokus dalam membuat video-video yang bagus, yang menarik penonton, Karena kita akan bekerjasam dengan perusahaan Google, pihak Google Adsense (pihak ketiga) yang akan membantu kita  sebagai publisher dengan seorang advertiser. Bisa saya katakan Google adalah seorang makelar iklan.

Jadi nanti si Advertiser akan memasang iklan di Google Adsense dengan biaya Rp.1.500 per viewnya (ini hanya sebagai contoh saja). Kita sudah memiliki video di YouTube dan sudah menjadi Publisher (harus mendaftar terlebih dahulu). Ketika ada orang yang menonton video yang kita upload ke YouTube kita akan mendapatkan komisi dari setiap iklan yang di tonton oleh orang. Berapa besar komisinya? Sudah pasti dibawah Rp.1.500, pihak advertiser membayar Rp.1.500 untuk biaya iklannya ke Google dan  pihak Google Adsense nantinya akan membayar kita sekian persen. Jadi saya kira sekarang, setelah Anda membaca penjelasan saya ini Anda sudah bisa lebih memahami bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari YouTube Adsense.

AdMob – Blogger – YouTube

Kenapa dalam panduan (artikel) ini saya ingin memfokuskan Anda kepada YouTube Adsense? Sebenarnya tidak ada alasannya, saya hanya ingin berbagi informasi saja kepada Anda semua. Kebetulan kita semua senang membuka YouTube jadi mengapa tidak kita manfaatkan saja YouTube menjadi sumber penghasilan tambahan atau malah menjadi sumber penghasilan utama kita seperti saya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara kita bisa menghasilkan uang dari Internet, dalam Adsense ada beberapa cara kita bisa mendapatkan penghasilan pasif income dengan menjadi publisher YouTube Adsense.

Blogger. Seperti yang sedang Anda lakukan sekarang ini adalah Anda sedang mengunjungi website pribadi milik saya dan membaca artikel ini. Di dalam website ini ada beberapa iklan dari Google Adsense yang saya tempatkan dan tampil di setiap artikel yang saya buat, saya mendapatkan penghasilan dari situ juga (blogger) jika Anda mau Anda juga bisa menjadi blogger seperti saya ini (ingat saya masih sangat newbie bukan master). Jadi pekerjaan kita setiap hari nantinya adalah menulis dan mempublish artikel ke website kita. (Traffic website harus tinggi kalau mau ada penghasilan).

AdMob. Admob ini adalah sebuah aplikasi yang biasa kita lihat pada HP kita. Contohnya WhatsApp, Line, Instagram dll. Biasanya ada beberapa aplikasi yang suka menampilkan iklan di aplikasinya bukan? Nah mereka mendapat uang dari iklan yang tayang itu.

YouTube. Anda akan bekerja membuat video. Setiap video yang Anda upload akan dipasangi iklan Google Adsense. Anda akan mendapatkan komisi dari Adsense nantinya.

Jika Anda mampu menguasai semuanya Anda bisa melakukan semua itu untuk menghasilkan uang dari Adsense. Saya secara pribadi hanya menguasai dua saja, yaitu Blogger dan juga YouTube. Saya sebenarnya lebih suka dengan YouTube karena saya tidak perlu harus melakukan SEO seperti saya melakukan SEO untuk website AdSense saya.

Jadi dengan mengikuti program YouTube Adsense kita tidak perlu lagi belajar lebih dalam tentang

  • SEO (bukan berarti kita tidak menerapkan SEO, kita akan tetap menggunakan SEO yang lebih sederhana)
  • Tidak perlu membuat backlink (link building)
  • Traffic lebih banyak dan mudah.
  • Kita hanya fokus membuat video saja
  • Tidak harus membeli Hosting dan Domain. Karena kita akan menggunakan hosting YouTube (Akun YouTube Hosted)

Untuk menjadi YouTube Adsense kita harus mengikuti semua peraturan yang berlaku, baik itu peraturan dari YouTube Sendiri dan juga dari Adsense. Oleh karena itu saya sangat menganjurkan Anda untuk membaca semua peraturan itu. Percayalah Anda tidak akan pernah rugi untuk membacanya – Akun Anda akan aman dan bisa jadi terhindar dari bahaya di banned Google.

Kunci Sukses di Adsense

Dalam berbisnis di Google Adsense kita harus menghindari yang namanya:

  1. Plagiat – menghindari konten – konten yang berhak cipta
  2. Membaca Peraturan Google Adsense
  3. Tetap Semangat, Jangan Pernah Menyerah kalau kena banned.
  4. Teruslah rutin membuat konten-konten baru.

Saya kira sampai di sini dulu pembahasan tentang Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Bagian Pertama, kita akan lanjutkan pembahasan Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube bagian kedua di artikel selanjutnya, jika artikel ini di rasa sangat bermanfaat buat Anda, mohon bantu share ke akun sosial media kalian, agar saya selalu semangat dalam membuat konten-konten bermutu yang baru sehingga Anda dan orang lain yang sedang mencari informasi seperti ini bisa belajar tanpa harus mengikuti kursus berbayar.

Back To Top