skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Mengatasi Mata Lelah Karena Menatap Layar Komputer

Mengatasi Mata Lelah Karena Menatap Layar Komputer

Mengatasi Mata Lelah Karena Menatap Layar Komputer dan Laptop Saat Kerja. Hampir semua Orang bekerja dan menggunakan komputer, entah itu seorang desainer grafis, fotografer, pekerja kantoran, Ibu rumah tangga, Internet Marketing atau pedagang sayur. Saya sendiri hampir setiap hari menggunakan komputer dan HP untuk bekerja secara online.

Menatap Laptop atau komputer dalam waktu 2 – 3 jam bahkan lebih itu sudah biasa dan ini merupakan tuntutan yang harus dilakukan di pekerjaan saya dan saya rasa di jaman yang sudah modern ini dimana komputer bisa dibeli dengan harga yang terjangkau banyak orang mengalami hal yang saya sebutkan di atas, Mata Lelah Setelah Menatap Layar Komputer. Apakah Anda juga termasuk diantaranya?

Tetapi Apa itu definisi Mata Lelah?

Menurut para pakar kesehatan Mata Lelah adalah sebuah kondisi di mana mata Anda sangat lelah akibat digunakan secara terus menerus (intens) contohnya seperti digunakan untuk membaca dalam waktu yang lama, mengendarai sebuah mobil dan bekerja di depan laptop atau komputer

Mata Lelah atau yang dikenal juga dengan Computer Vision Syndrome dalam dunia medis, biasanya ini hanya maslaah pada kelelahan mata, pegal dan sakit, ini sebetulnya bukan masalah yang sangat serius pada penglihatan Anda dan siapapun bisa mengalami kondisi seperti ini tidak terpatok pada usia.

Tanda Mata Anda Lelah

Sebelaum mata mengalami kelelahan biasanya kita akan mengalami beberapa gejala, apa saja itu?

  • Mata suka perih
  • Mata Gatal
  • Berair dan dalam kasus tertentu ada yang kering
  • Sakit Kepala
  • Leher pegel atau terasa nyeri (Bahu & punggung)
  • Konsentrasi berkurang (tidak semua akan mengalami hal ini)
  • Beberapa orang seperti sulit membuka mata

Mungkin ada beberapa gejala lain yang belum kami sebutkan diatas. Ingat bila Anda merasa bahwa ini bukan kelelahan mata biasa silahkan konsultasikan dengan dokter yang menurut Anda terbaik seperti gejala dibawah ini:

Anda harus segera menghubungi Dokter jika mengalami hal ini:

  • Pandangan mata kadang buram
  • Pandangan mata ganda
  • Ada perubahan pada penglihatan dari biasanya
  • Gejala yang disebutkan tidak kunjung hilang selama beberapa bulan setelah melakukan perawatan.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Jika kita pernah mengalami kecapean mata, tidak usah khawatir terlalu berlebihan, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana dibawah ini:

1# Mengatur Pencahayaan Layar Monitor

Langkah terbaik dan yang paling dasar yang harus dilakukan adalah dengan mengatur pencahayaan layar komputer atau monitor Anda. Kalau jaman dulu waktu komputer masih pakai DOS ada yang namanya filter untuk layar monitor, sekarang kayaknya sulit ditemukan dan jarang ada yang jual karena orang sudah jarang menggunakan anti radiasi monitor lagi.

 

2# Mengatur Posisi Monitor

Beberapa orang ada yang menganjurkan kalau merubah posisi monitor sdikit dibawah mata 50-70 cm dari muka kita ini bagus (*kebenarannya belum tentu pasti) Alasannya dengan posisi seperti itu mata dan juga leher kita tidak perlu susah untuk melihat ke layar komputer kita dan juga tidak terlalu capek. Pastikan juga posisi duduk Anda juga baik agar tidak mengalami nyeri punggung, Anda bisa mengatasi nyeri punggung dengan melakukan pencegahan seperti gambar yang ada di dalam Artikel Apa Penyebab Skoliosis.

3# Istirahat Sejenak

Kalau kita bekerja di kantor jika jam kerja sudah lewat tetapi mata kita lelah kemudian ingin istirahat sejenak untuk membuat mata kita santai pasti akan dipikir kita malas kerja dan menghabiskan banyak waktu ini yang kadang di alami oleh teman-teman yang bekerja di kantor. Ketika mata kita lelah karena terus memandang komputer usahakan setiap 20 menit untuk mengistirahatkan mata dengan memandang ke arah lain, arah dekat, arah jauh dan melihat sekeliling ruangan atau jika ada taman bisa melihat sekeliling taman. Jangan lupa untuk berkedip agar mata Anda tetap lembab. Bisa juga menggunakan obat tetes mata untuk membuat mata kita tetap lembab.

4# Jaga Keindahan dan Kenyamanan Ruang Kerja

Ruangan kerja kita sebaiknya dibuat senyaman mungkin dan yang paling penting adalah memberi penarangan kamar yang cukup. Usahakan untuk menghindari cahaya lampu yang gelap saat bekerja dan hindari juga pantulan cahaya di layar komputer karena ini akan sangat mengganggu mata. Selain mengatur pencahayaan gunakan juga kursi yang baik yang empuk dan ketinggian bisa diatur dan memiliki sandaran kepada untuk beristirahat.

5# Mengatur Cahaya Monitor (komputer)

Monitor komputer bisa kita atur sedemikian rupa sesuai dengan kenyamanan mata kita masing-masing, karena setiap orang berbeda-beda tingkat nyaman untuk kecerahan dan kenyamanan monitor di mata. Usahakan untuk tidak menggunakan cahaya yang terlalu terang. Jika Anda memiliki dana yang cukup belilah monitor yang bagus yang bisa dilihat dari samping kiri, kanan, atas dan bawah. Monitor seperti ini biasanya harganya cukup mahal sedikit dibanding monitor biasa untuk mengetik.

mengatasi mata lelah

Jadi itu adalah penjelasan singkat kami tentang Mengatasi Mata Lelah Karena Menatap Layar Komputer dan Laptop. Pada umumnya mata lelah bukan merupakah hal yang sangat serius sekali. Jika Anda mengalami mata lelah yang di sertai dengan rasa sakit kepala, tidak nyaman yang mungkin tidak seperti biasanya coba segera pergi ke dokter mata untuk memeriksa mata Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top