skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mengapa VPN Penting

Mengapa VPN Penting

Mengapa VPN Penting – Dari hari ke hari kita bisa melihat ada begitu banyak peningkatan pengguna internet di luar sana dan pengguna internet ini terus bertambah dari hari ke harinya. Saya membutikannya sendiri, contohnya saja ketika saya pergi ke pasar tradisional saya melihat para pedagang sudah mulai memegang handphone mereka dan mulai berselancar di internet, ada yang sekedar melihat YouTube, Instagram, Facebook atau membaca informasi yang ada di internet di sebuah website tertentu.

Karena terus mengalami peningkatan maka tidaklah mengherankan kalau orang-orang mulai memiliki rasa takut akan ancaman tindak kejahatan di dunia internet. Menggunakan internet banking untuk keperluan pribadi atau keperluan bisnis, atau ingin berbagi file secara online kepada orang lain kita semua tentu ingin memastikan semuanya berjalan dengan baik, sampai ke tangan yang tepat dan terlindungi dan yang paling penting adalah tidak jatuh ke tangan orang yang salah.

Tingginya tindak kejahatan online membuat banyak orang mencari-cari pilihan untuk bisa mendapatkan layanan keamanan yang paling baik dengan harga yang bisa dijangkau saat menggunakan internet.

Banyak orang menggunakan VPN (Virtual Private System) sebagai layanan keamanan perlindungan yang aman saat mereka berselancar di internet. VPN menjadi sebuah solusi untuk perlindungan saat menggunakan internet dikarenakan VPN menggunakan end to end Encryption, NAT Firewal, Maleware protection dan VPN terbaik untuk memastikan setiap kegiatan yang mereka lakukan secara online berjalan dengan aman dan tidak terpengaruh oleh Ancaman internet apapun yang ada di luar sana. Nanti kami akan membahas tentang ancaman apa saja itu di artikel ini.

Apa itu VPN?

Sebelum saya menlanjutkan lebih dalam ke bagian yang paling penting dari artikel ini, pertama-tama mari coba kita berbicara tentang apa itu VPN? VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah perluasaan sebuah jaringan pribadi yang berada di jaringan publik internet yang kita gunakan saat berselancar di internet.

Mungkin banyak yang masih bingung dengan penjelasan yang dibuat dalam bentuk tulisan seperti ini. Jadi kalau boleh saya sederhanakan dengan kata-kata saya, tujuan VPN adalah membuat sebuah koneksi pribadi diantara banyak orang yang menggunakan internet dan perangkat di internet. Sebagai akibatnya, ini akan menimbulkan jaringan internet di dalam internet dan ini sangat aman dalam taraf tertentu (saya tidak ingin mengatakan benar-benar sangat aman).

Tentang VPN

Perlu Anda ketahui bahwa ada begitu banyak penyedia layanan VPN di Internet, dan banyak dari antara mereka yang menawarkan penggunaan VPN secara gratis dan sebagian lagi tidak memberikan layanan secara gratis, tetapi biasanya yang gratis tidak menggunakan teknologi yang terkini. Jadi sebelum Anda menggunakan layanan VPN ada baiknya Anda dan saya untuk mencaritahu lebih banyak tentang informasi ini baru setelah itu Anda menggunakan layanan VPN Premium seperti CASVPN, NordVPN, atau ExpressVPN dan masih banyak yang lain. Semua VPN yang saya sebutkan itu memberikan fitur-fitur yang menurut saya sangat menarik dan membuat yang menggunakan VPN itu merasa aman.

Maleware Protection: VPN dilengkapi dengan perlindungan serangan dari Maleware yang bisa menditeksi perangkat lunak yang bisa membahayakan keamanan jaringan data di komputer kita melalui servernya dan menghilangkannya sehingga mereka tidak bisa mencapai sistem atau perangkat yang Anda gunakan. Menurut saya ini adalah sebuah jawaban dan juga solusi lengkap yang kita butuhkan untuk melindungi diri dari serangan Maleware yang hidup dan ada di dunia internet.

Encryption: Manfaat terbesar dari penggunaan VPN adalah teknologi enkripsi-nya. Jadi saat kita menggunakan komputer kita yang terhubung dengan internet semua data yang keluar akan di enkripsi secara penuh sehingga semua data yang keluar akan tetap aman. Banyak perusahaan-perusahaan di Amerika yang menggunakan VPN karena biasanya mereka mempunyai data-data yang sangat rahasia jadi meskipun mereka menggunakan internet data mereka tetap aman. Selain itu kampus-kampus dan juga sekolah-sekolah sudah banyak yang mulai menggunakan VPN sehingga guru dan juga murid-murid bisa membagikan file secara online dengan aman. Bahkan beberapa perusahaan layanan VPN ada yang menggunakan enkripsi sekelas militer dan juga enkripsi AES 256 bit. Ini adalah salah satu teknologi terbaik yang tersedia saat ini.

Internet Censoreship Workaround: Ingat setiap negara mempunyai kebijakan dan kebebasan yang berbeda-beda, biasanya ini bergantung dari pemimpin yang memimpin pada saat itu. Jadi ada negara tertentu yang memperbolehkan warganya melihat atau mengakses situs tertentu. Biasanya peraturan seperti ini dibuat untuk membatasi kebebasan individu atau pilihan yang bisa diambil oleh setiap orang (individu). Mereka membatasi situs atau aplikasi apapun yang mereka anggap bisa membahayakan pemerintahan yang sedang memerintah pada saat itu. Tetapi dengan bantuan sebuah VPN Anda bisa menaklukkan dunia internet yang dibatasi oleh pemerintah karena VPN bisa membantu menghilangkan sensor konten yang dianggap berbahaya oleh mereka sehingga Anda bisa mengakses film atau situs apapun yang Anda inginkan tanpa harus kesulitan.

Publick Wifi Security: VPN menggunakan End-to-End encryption technology dengan perlindungan untuk melawan Maleware dan NAT firewall sehingga Anda bisa menggunakan fasilitas Wi-fi publik dengan aman.

Fast Speed VPN Servers: VPN Server memberikan kecepatan browsing dan download tanpa putus jika koneksi internet yang Anda gunakan stabil, ini akan membantu meningkatkan pengalaman online Anda.

Best VPN Protocols: Protokol yang digunakan oleh VPN sangat aman, contohnya seperti OPENVPN (TCP & UDP), L2TP over IPsec, PPTP, IKEv1, IKEv2 dan Open Connect (SSL VPN), ini semua bertujuan untuk melindungi koneksi dan juga perangkat yang Anda gunakan saat online.

Multi Device Protection: Biasanya VPN ini menawarkan layanan VPN untuk bisa digunakan di beberapa perangkat sekaligus, misalnya digunakan di komputer, Windows, Mac, iPhone, tablet atau perangkat lainnya yang Anda miliki. Jadi hanya dengan mempunyai satu akun VPN di layanan tertentu Anda bisa menggunakannya untuk semuanya.

Ada begitu banyak pilihan untuk bisa menggunakan VPN yang bagus untuk diri sendiri dan sesuai dengan kebutuhan yang akan kita gunakan. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas ada beberapa VPN premium yang pernah saya gunakan seperti CASVPN, NordVPN, dan ExpressVPN yang menggunakan enkripsi 256-bit atau teknik enkripsi ganda yang setara dengan Military Grade Security yang membuat VPN ini menjadi lebih aman dan aman dan tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan ini juga Ad-Blocker yang akan sekaligus membantu meningkatkan pengalaman pengguna Anda.

Sejarah Munculnya VPN

Selama Internet ada, dan penggunanya mulai bertambah banyak, telah ada kebutuhan untuk keamaanan saat berselancar di internet dan keamanan data pribadi. Sejarah tentang VPN – Virtual Private Network sudah dimulai sejak tahun 1996. Ini dimulai ketika seorang karyawan dari sebuah perusahaan Microsoft mengembangkan sebuah protokol tuneling peer-to-peer atau yang dikenal juga dengan PPTP. Jadi VPN ini menciptakan sebuah teknologi agar koneksi antara internet dan komputer bisa jauh lebih aman.

Ketika internet mulai dikenal dan banyak digunakan, permintaan untuk sistem keamanan komputer dan koneksi yang lebih aman dan canggih semakin menjadi lebih tinggi. Maka muncullah sebuah Anti-Virus dan beberapa software lain yang berhubungan dengan hal itu, tujuannya agar kerusakan pengguna internet bisa dicegah. Tetapi yang benar-benar sangat dibutuhkan orang agar keamanan komputer dan koneksi mereka benar-benar aman, disitulah VPN hadir dan digunakan.

Kalau kita umpamakan seperti sebuah jalan, VPN ini adalah sebuah jalan pribadi. Dalam dunia internet VPN adalah sebuah koneksi pribadi. Secara luas ini mencangkup beberapa protokol yang berbeda. Kehebatan utama VPN ini adalah mampu menghubungkan koneksi internet dari jarak jauh ke sebuah jaringan milik pribadi melalui koneksi internet publik. Jika Anda bingung Anda bisa menonton penjelasan yang sudah pernah saya buat dalam video yang ada di bawah ini:

Cara Menggunakan VPN

Awal-awal VPN ada memang sengaja digunakan untuk bisnis. Namun kerena meningkatnya pelanggaran keamanan yang cukup tinggi khususnya pada awal-awal tahun 200an, para pengguna internet sadar bahwa resiko terbesar saat menggunakan internet bukan terjadi hanya kepada para perusahaan saja, orang-orang yang terhubung dengan internet juga mengalami resiko serangan dan tindak kejahatan online. Maka sejak itu banyak yang mencari-cari cara bagaimana supaya mereka bisa lebih aman saat online.

Belakangan, VPN mulai banyak digunakan untuk membantu keamanan seseorang saat menggunakan internet, tujuannya untuk mencegah Malware masuk ke dalam komputer dan peretasan komputer, selain itu, juga untuk memastikan privasi dan keamanan digital. Saat kita menggunakan VPN para pengintai akan mengira kita menggunakan IP Address dari suatu negara tertentu atau bisa saya katakan VPN ini menyembunyikan lokasi asli kita.

Ancaman dan Solusi

VPN memang mempunyai harga yang berbeda-beda tetapi masih dalam tingkat yang wajar. VPN juga merupakan bisnis yang sangat bagus, karena yang membutuhkan VPN juga sangat banyak. Tetapi sebelumnya kita semua harus memahami cara kerja sebuah VPN dan bagaimana VPN bisa bermanfaat buat Anda dan saya.

 
  • Keamanan dalam sebuah sistem. Untuk melindungi sistem di komputer kita ada dua tahap perlindungan yang akan kita perlukan. Pertama pada tingkat sistem antivirus yang ada di dalam komputer kita, firewall dan malware software akan memastikan sistem kita benar-benar bisa melawan virus yang setiap waktu mencoba untuk memasuki sistem di dalam komputer Anda, contohnya lewat USB atau hardisk external yang sudah terinfeksi virus. Bisa juga saat Anda berbagi file lewat blue tooth atau lewat internet. Ini akan sangat membantu komputer Anda tetap aman dan mendapat serangan dari dunia luar dan dalam.
  • Keamanan Saat Menggunakan Internet. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Anti virus dibuat untuk menjaga atau melindungi sebuah komputer dari dalam sistem, sedangkan VPN dibuat untuk tujuan mengamankan data-data yang ada di dalam komputer Anda saat Anda menggunakan internet setiap harinya. Di dunia internet ada banyak ancaman dan juga tindak kejahatan yang dilakukan lewat internet dan ini juga termasuk melalui sebuah situs website tertentu, Aplikasi atau lainnya yang kita kunjungi. Saat Anda mengirim data dari satu komputer ke komputer (server) lain VPN kita tentu ingin memastikan semua data yang kirim aman.

Sekarang kita sudah sama-sama mengetahui tentang bagaimana sebuah VPN bekerja, sekarang kita akan memastikan apa saja yang bisa dirusak dalam perangkat kita jika kita mendapatkan serangan dari dunia luar?

1# Maleware Protection

Maleware ini adalah sebuah kode-kode di dalam perangkat lunak yang sangat berbahaya untuk sebuah komputer yang digunakan, ini bisa membahayakan data-data pribadi yang ada di dalam komputer seperti gambar, video, alamat rumah, Password, nomor kartu kredit atau data penting lainnya yang ada di dalam komputer kita. Di dunia internet ada banyak jenis-jenis Maleware contohnya seperti Adware, virus Ransomeware, spy eye, Trojan horse. VPN ini seperti sebuah terowongan perlindungan yang akan menjaga Anda dari serangan dunia luar.

Macam-macam Maleware

  • Virus: Virus biasanya masuk dengan dikirim dalam sebuah file yang terlihat sangat bersih, atau pada saat Anda mengunduh sesuatu dari internet dan Anda tidak mengetahui kalau virus ini sudah masuk dan mulai merusak sistem dan data yang ada di dalam komputer Anda.
  • Trojans: Trojan bisa masuk dan merusak sistem komputer dengan menyamar. Jadi Trojan ini akan menyamar menjadi sebuah software yang Anda gunakan sehari-hari, jadi setelah Anda mengunduh dan mulai menginstall-nya ke dalam komputer Trojan baru bisa bekerja dan mulai menyerang protokol keamanan komputer. Ini adalah cara yang paling banyak digunakan dan yang paling populer untuk para hacker.
  • Spyware: Seperti julukan namanya, Spyware ini akan mengawasai semua aktifitas yang kita lakukan saat kita terhubung dengan internet. Kalau Anda offline mereka tidak bisa mengawasai Anda, jadi hal ini harus juga dipahami oleh setiap orang. Mereka akan mengawasi semua kegiatan Anda termasuk internet banking yang Anda lakukan. Setelah mereka mendapatkan apa yang mereka cari dan butuhkan, mereka akan melakukan tindakan selanjutnya yaitu mengunci semua data Anda. Biasanya setelah itu mereka akan meminta sebuah uang tebusan untuk mengembalikan data-data yang sudah mereka dapatkan.
  • Worms: Worm diambil dari sebuah bahasa inggris yang mengartikan cacing. Worm ini berbeda dari bebarapa hal yang sudah saya sebutkan di atas, Worm mempunyai sifat untuk membuat gangguan-gangguan di dalam komputer yang kita gunakan. Worm ini adalah sebuah program yang sangat kecil dan ringan tapi punya kemampuan yang cukup membuat kita kesal juga., karena Worm akan berjalan di dalam sistem komputer yang kita gunakan, awalnya kecil tapi lama kelamaan Worm bisa mengembangkan dirinya sendiri. Biasanya efek yang ditimbulkan oleh Worm adalah membuat komputer kita berjalan lambat dan akan terus melambat meskipun kita tidak menggunakan program-program yang berat.

2# Pemantauan Online Traffic

Institusi pemerintah, hackers, ISP bisa memantau kegiatan Anda saat online. Ini bukan sebuah karangan atau hanya menakut-nakuti, mereka benar-benar bisa memantau semua aktifitas yang Anda lakukan saat Anda terinfeksi dan online. Baru-baru ini pemerintah Perancis mengeluarkan sebuah undang-undang di mana telah memilih institusi tertentu untuk memantau apa yang sedang dilakukan oleh Anda di Internet. Menurut saya situasi ini sangat tidak membuat nyaman pengguna internet. Di sinilah kita membutuhkan sebuah VPN yang akan membantu Anda dan saya untuk benar-benar menyembunyikan identitas kita mulai dari IP dan juga Lokasi keberadaan kita dan mengenkrispi data Anda saat Anda berselancar di Internet. Kebijakan-kebijakan baru seperti ini membuat VPN benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan, mengingat kebijakan internet yang menurut saya melumpuhkan hak dan kebebasan kita berinternet di beberapa negara.

  • Menggunakan VPN di USA. Mungkin akan ada banyak pertanyaan mengapa saya menyarankan untuk menggunakan VPN Amerika? Alasannya, di Amerika, mereka telah mengubah peraturan FCC mereka sekitar tahun 2017. Seharusnya ISP mendapatkan persetujuan dari setiap pengguna internet, apakah mereka boleh memberikan browsing history atau aktivitas online Anda kepada pihak ketiga atau tidak? Tetapi ISP sudah tidak mengikuti peraturan ini, mereka terbukti menjual browsing history pengguna kepada kepada pihak lain tanpa meminta persetujuan dari pengguna. Jika hal ini menurut Anda melanggar privasi pribadi Anda. Maka coba untuk menggunakan layanan ISP yang menjamin keamanan privasi Anda. Caranya adalah dengan menggunakan layanan VPN Premium yang terpercaya contohnya seperti CASVPN atau Jasa Penyedia VPN Premium lainnya.
  • Menggunakan VPN di Australia. Pada tahun 2012, pemerintah Australia membuat sebuah kebijakan baru yang mewajibkan sedikitnya dua tahun terakhir ISP dan juga semua perusahaan Telekomunikasi harus menyimpan data online aktivitas Anda. Jadi semua kegiatan online yang Anda lakukan dari perangkat handphone atau desktop Anda atau mungkin sistem yang lain, history selama dua tahun terakhir akan tetap Anda (Tersimpan).
  • Menggunakan VPN di Prancis. Mengapa Anda harus menggunakan VPN di Prancis? Sekitar tahun 2013, pemerintah Prancis mengesahkan sebuah undang-undang yang memungkinkan Intelijen Prancis dan juga para pejabat pemerintah untuk memata-matai internet traffic setiap warganya dan juga termasuk orang-orang yang mengunjungi Prancis.
  • Menggunakan VPN di Canada. Di Canada juga tidak berbeda dengan negara-negara lain. Melalui RUU Legislatif seperti C-11 dan C-51, yang memungkinkan otoritas pemerintah setempat untuk memantai semua online traffic setiap warganya dan juga para turis yang datang ke Canada.
  • Menggunakan VPN di German. Tidak berbeda dengan negara-negara lain Jerman juga membunuh kebebasan pengguna, karena pengadilan federal di negara itu telah mengizinkan perusahaan intelijen untuk mengawasi semua kegiatan / aktifitas internet sebagai bagian dari kepentingan dan juga keamanan negara.

3# Sensor Internet

VPN bukan hanya digunakan untuk hal-hal yang saya sebutkan di atas itu. Ini juga akan membantu Anda dengan bebas melakukan kegiatan online Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan kebebasan berbicara dan Privasi pribadi Anda. Selain itu VPN juga akan membantu membuka blokir konten-konten yang mendapat batasan atau tidak diizinkan di suatu negara untuk di akses. Anda bisa dengan sangat mudah mengakses semuanya tanpa ada hambatan

Ya, itulah yang bisa saya share kepada Anda tentang Mengapa Anda perlu Menggunakan VPN. Dari apa yang sudah saya jelaskan ini Anda bisa menilai dan memutuskan sendiri apakah VPN layak untuk digunakan atau tidak?

Yang peling terpenting saat kita akan menggunakan Internet, entah itu untuk keperluan pribadi atau keperluan lainnya, Anda harus mengutamakan keselamatan dan juga keamanan data Anda. Kebanyakan VPN sangat mudah untuk digunakan karena memang tidak memerlukan hal-hal yang sangat ribet, seperti untuk setting ini dan itu, cukup install software atau aplikasinya, pilih negara mana yang ingin kita gunakan IP Adressnya lalu Anda sudah online yang seolah-olah Anda berada di sebuah negara tertentu.

Memang kendala yang sering di hadapi adalah uang, menggunakan VPN Preium kita diharuskan membayar biaya dengan jumlah tertentu untuk bisa menggunakannya. Ada yang bulanan ada yang tahunan.

Sedangkan untuk negara-negara lain yang membatasi sejumlah konten tertentu diblokir oleh pemerintah setempat atau oleh pemilik situs web, VPN adalah solusi untuk bisa mengaksesny, dengan VPN Anda bisa menonton sepak bola di Indonesia, Amerika atau negara lainnya kapanpun kita mau. Anda bisa melewati firewall cina dengan menggunakan VPN yang mempunyai kualitas yang bagus. Jadi saya sangat menyarankan kepada Anda untuk menggunakan VPN dan mulai terlindungi sejak hari ini.

Kita tahu ada begitu banyak VPN gratis di luar sana yang bisa kita gunakan. Kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan VPN gartis. Bukan berarti semua VPN gratis tidak bagus dan tidak aman untuk kita gunakan. Kebanyakan dari VPN yang gratis tidak cukup aman memberikan fitur-fitur perlindungan yang akan kita butuhkan dan biasanya mempunyai server yang cukup lemah.

Jika Anda ingin menggunakan VPN yang gratis cobalah untuk memilih yang paling baik diantara semua VPN gratis. Saya biasanya menggunakan versi gratis dari VPN yang berbayar, karena biasanya VPN gratis dari VPN premium ini diberikan untuk memberikan pengalaman pengguna, saya sih biasanya menyebutnya seperti coba dulu produknya, kalau suka silahkan gunakan yang versi yang berbayar.

Jika Anda suka dengan artikel Mengapa VPN Penting dan juga video tutorial yang kami buat, Bantu kami share artikel ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top