skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Mengapa Membuat Produk Digital Dan Menjualnya Secara Online

Mengapa Membuat Produk digital dan Menjualnya secara Online

Sebagai orang yang bekerja secara online, saya selalu melihat dan memperhatikan berbagai jenis produk yang banyak dijual oleh orang secara online. Yang paling banyak mereka membuat toko online kemudian menjual produk digital atau produk fisik.

Mungkin ada yang bertanya mengapa harus menjual produk? Bukannya menjual Layanan atau Jasa seperti yang banyak dilakukan oleh orang? Contohnya dokter, bengkel, tukang bangunan, arsitek dan lain sebagainya.

Ini memang keputusan masing-masing orang mau jualan produk dalam bentuk fisik atau jasa. Tetapi sejak bisnis online semakin berkembang dan banyak diminati, banyak orang yang telah membuktikan kalau membuat sebua produk akan lebih unggul ketimbang menjual sebuah jasa.

Kenapa bisa demikian?

Ini disebabkan karena sebuah produk digital tidak selalu membutuhkan biaya produksi untuk bisa menjual dalam jumlah yang tertentu.

Kalau produk fisik Anda harus selalu membuat lagi jika stok produknya sudah habis. Sedangkan produk digital Anda hanya perlu membuat sekali saja, kemudian bisa menjual produk itu kepada sebanyak mungkin orang yang ingin membeli produk digital Anda.

Jadi bisa saya katakan produk yang Anda buat sekali itu bisa digandakan dan di jual berkali-kali sampai tidak terhingga.

Menarik bukan?

Menjual produk fisik, entah itu buatan tangan dari seorang desainer, atau dibuat oleh orang lain dan dijual, bisa terus berubah dan sangat memakan waktu. Selain itu ada kerumitan dalam masalah pengiriman, international customer, pajak, undang-undang, importing, manajemen inventaris dan masih banyak yang lainnya lagi.

Sebagai perbandingan produk-produk digital biasanya sangat mudah untuk di distribusikan, secara signifikan lebih berkelanjutan, bisa direplikasi secara tidak terbatas seperti yang sudah saya sebutkan di atas dan seringkali sangat mudah dibuat, meskipun tidak semua begitu. Hanya dengan sedikit perangkat saja, hampir setiap orang mampu membuat produk digital yang layak untuk dibagikan dan juga dijual. Tidak ada bahan fisik, tidak menggunakan pabrik apalagi membutuhkan staf yang banyak, Anda sendiri bisa melakukannya. Anda hanya butuh sebuah komputer, passion, semangat dan waktu.

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya, ‘jenis produk digital apa ya yang dapat saya buat?’ saya akan coba membalas pertanyaan Anda itu dengan pertanyaan lagi, ‘jenis produk apa yang ingin Anda buat dan jual?’

Jika Anda memiliki sesuatu yang bisa dibagikan, Anda bisa mengubahnya menjadi produk digital. Anda bisa berbagi pengetahuan, bakat, opini, atau passion Anda, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang menghasilkan uang untuk sepanjang waktu.

Dalam artikel kali ini yang saya beri judul “Mengapa Membuat Produk digital dan Menjualnya secara Online” saya dan Anda akan sama – sama belajar mengenal beberapa macam dan bentuk produk digital yang biasanya mudah untuk dibuat oleh siapa saja bahkan sekarang ini juga.

Sebelum belajar siapkan hal ini:

Jangan langsung terburu-buru untuk segera masuk dalam pembuatan produk digital, ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan dan persiapkan agar Anda memiliki produk yang tepat, bisa dijual dan menghasilkan:

  1. Cari Kemampuan/skill Anda dan ubah menjadi sebuah produk
  2. Tentukan Target pasar Anda, cari dimana mereka sering kumpul, cari masalah yang sedang di alami
  3. Berikan sebuah solusi untuk masalah mereka
  4. Buat website penjualan
  5. Membuat produk digital

Anda mungkin melihat saya menyusun daftar membuat produknya ada di langkah ke lima bukan di langkah pertama, kira-kira menurut Anda kenapa?

Silahkan berikan jawaban Anda di kolom komentar yang ada di bawah artikel.

Jawaban saya dari pertanyaan di atas adalah ini di karenakan sebuah produk yang akan dibuat sudah pasti selalu membutuhkan yang namanya waktu dan juga usaha dan seringkali juga membutuhkan uang.

Coba bayangkan seandainya saja Anda membuat sebuah produk langsung dari poin pertama tanpa harus mengetahui poin-poin lain yang saya sebutkan di atas, kira-kira apa yang akan terjadi dengan bisnis yang akan Anda jalankan dan bangun itu?

PASTI AKAN GAGAL bukan?

Oleh karena itu kita harus melakukan riset dan mempersiapkan semua potensi yang ada di pasar.

Dalam pembuatan produk digital ada 3 hal yang Anda tentukan

  1. Bentuk produk digital
  2. Harga produk digital
  3. Mengubah produ biasa menjadi luar biasa

Kita akan membahas satu-satu dari tiga hal yang saya sebutkan di atas

1# Bentuk produk digital yang akan dibuat

Menentukan sebuah produk memang gampang-gampang susah.

Tetapi sebenarnya ada begitu banyak produk digital yang bisa Anda buat, dari yang paling gampang sekali sampai yang paling sulit. Kita akan memulai dari produk yang paling mudah dulu saja agar Anda dan saya bisa langsung membuat dan segera menghasilkan dari bisnis online.

Sebenarnya ada banyak sekali produk yang bisa kita ubag menjadi produk digital, beberapa daftar diantaranya adalah:

1 eBook

eBook adalah salah satu produk digital yang sampai hari ini masih menjadi produk yang populer untuk dijual secara online. Karena sederhana, membutuhkan waktu yang sedikit, hanya perlu menulis dan menambahkan sedikit gambar saja. eBook sangat mudah untuk dipasarkan melalui marketplace besar atau toko online buatan Anda sendiri. eBook juga mudah untuk dikonsumsi oleh pelanggan Anda, mereka hanya perlu sebuah komputer, tablet atau mobile phone mereka.

Keuntungan membuat sebuah eBook adalah Anda bisa berbagi apapun yang Anda ketahui, Anda sukai dalam bentuk teks. Anda bisa mendidik, memberi saran (advise) atau mengkurasi konten yang Anda buat dengan e-Book kemudian menjualnya melalui situs web Anda sendiri.

2 Software

Industri perangkat lunak (software) tumbuh dengan pesat. Ini juga memberi peluang yang besar. Seseorang yang bisa pemrograman bisa membuat produk yang bermanfaat untuk orang banyak, baik itu membuat software untuk desktop, aplikasi berbasis web, template situs web, aplikasi seluler, video game atau apapun yang memerlukan kode-kode pemrograman.

Apakah Anda memeiliki pengalaman dan keahlian untuk membuat sebuah aplikasi, plugin, themes, website atau apapun itu Anda bisa mengubah kode menjadi uang tunai setiap bulannya.

3 Video

Video sangat populer dan efektif untuk menyampaikan informasi secara online. Konten video bisa bersifat mendidik, informatif atau menghibur. Video juga lebih menarik ketimbang sebuah teks dan dapat dengan mudah untuk dibagikan dan ditonton. Banyak orang menyukai video dan banyak orang rela untuk membayar untuk mendapatkan video.

Jika Anda seorang pembicara untuk publik atau orang yang senang berbagi, video bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang secara online.

 

4 Audio & Musik

Audio adalah media yang sangat powerful untuk mengkomunikasisakan suatu pesan dan ada banyak jenis produk audio digital. Orang-orang rela membayar untuk audio yang mungkin membuat mereka terhibur, menenangkan mereka, memberi tahu mereka dan juga menginspirasi mereka dan membantu mereka untuk mencapai sasaran bisnis. Produk audio bisa meliputi:

  • Recorder lectures
  • Audiobooks
  • Sampel musik
  • Pelajaran bahasa asing
  • Relaxing background noises
  • Lagu populer Versi karoke
  • Reusable sound effects
  • Full lyrical
  • Instrumental music tracks

5 Fotografi

High quality, foto premium yang berkualitas tinggi adalah salah satu produk yang digital yang sangat banyak di cari oleh orang-orang di seluruh dunia. Konsumen terbesar yang membutuhkan foto adalah blogger, pemilik website dan hampir semua online yang menggunakan internet membutuhkan foto.

Memang meskipun foto banyak dibutuhkan di satu sisi juga banyak pihak-pihak yang membuat foto yang kita buat menjadi tidak ada harganya sama sekali dengan cara mencuri gambar contohnya seperti cara mendapatkan gambar dari Shutterstock – salah satu penyedia foto terbesar di dunia, banyak orang sudah bisa mendapatkan foto dengan cara yang beragam secara gratis.

Selain itu stok fotografi telah mencapai titik di mana beberapa foto bisa dijual dengan harga yang mungkin sangat jauh dari penghargaan (beberapa foto malah dikasih gratis) Memang tidak semua foto akan seperti itu banyak juga fotografer yang tetap bisa mendapatkan harga yang wajar.

Sebuah website adalah bagian yang paling penting untuk menempatkan portfolio seorang fotografer untuk menampilkan karya-karya mereka untuk meningkatkan profil Anda. Dengan harga yang kompetitif dan hasil jepretan yang bagus Anda bisa menjual foto melalui situs web yang Anda miliki.

6 Graphics & Digital art

Ada keuntungan buat mereka yang pernah sekolah di dunia desain dan seniman. Desainer grafis dan senimah digital bisa membuat atau menciptakan berbagai macam produk yang unik dan berharga untuk orang lain. Misalnya seperti logo, PSD templates, icon packs dan PowerPoint themes sampai original artwork, ya memang desainer bisa menerapkan keahlian mereka dengan berbagai macam produk digital yang hampir semua dibutuhkan oleh orang, dan semuanya menjual atau bisa dijual.

Desainer Grafis bisa membuat dan menjual card design, patern, brushes, backgrounds, UI asset dan masih banyak karya desain lain yang bisa dibuat. Jadi jika Anda bisa membuat karya seni secara digital ada baiknya menjualnya secara online (Pastikan untuk membuat lisensinya dengan benar)

7 Kursus Online

e-Learning adalah industri yang sangat kaya dengan inovasi dan tumbuh dengan cepat. Banyak sekali lembaga pendidikan mulai melakukan cara-cara yang baru di era modern dan digital ini. Konten yang hanya tersedia dalam bentuk buku kini juga tersedia dalam bentuk digital untuk pembelajaran banyak orang. Materi pembelajaran yang sudah ada bisa dijual dengan beberapa cara yang berbeda.

  • Kursus yang medianya bisa di download
  • Koleksi kursus yang bisa di download
  • Kursus membership / subscription

8 Font

Font adalah salah satu produk yang sangat bagus untuk dijual. Font bisa di buat dan selalu akan digunakan untuk di website atau untuk digunakan dalam penerapan desain. Banyak orang yang selalu membutuhkan font baru untuk mereka gunakan.

Nah dari semua yang saya sebutkan di atas kita bisa membuat bahan isinya sama dan yang mungkin membedakan kemungkinan cara menyajikan materinya, dan harganya juga bisa jadi sangat berbeda.

2# Harga Produk digital

Harga, harga produk yang mau Anda jual dan pasang bisa beragam. Hal ini bisa dipengaruhi karena banyak faktor:

  1. Daya beli masyarakat dari suatu daerah atau negara
  2. Cara menyajikan produk digital
  3. Topik Produk digital
  4. Jenis produknya atau bidangnya mau apa Kesehatan, online bisnis aai lainya?

Sebagai contoh katakan Anda membuat ebook tentang cara membuat logo dengan menggunakan CorelDraw, kalau Anda jual di pasar luar negeri mungkin harganya bisa sampai $50 (Rp.500.000) tapi kalau Anda jual produk itu di indonesia mungkin akan jauh lebih murah, bisa Rp.150.000.

Biasanya harga ebook jauh lebih murah dari pada harga sebuah panduan dalam bentuk video.

Apakah ada patokan untuk menjual produk digital?

Tentu saja ada…

Jika anda membuat produk pertama, pastikan untuk tidak membuat harga murah ($5-$20) dan jangan juga membuat produk-produk yang harganya terlalu mahal.

3# Mengubah produk biasa menjadi luar biasa

Produk yang biasa dirubah menjadi produk yang luar biasa. Ini sulit sekaligus mungkin untuk dilakukan oleh siapa saja.

Bagaimana caranya dan apa yang harus kita rubah?

Yang harus kita rubag adalah cara pandang orang lain ketika melihat produk Anda.

Anda pasti tahu Apple.

Harga semua produk Apple sangat mahal dan seringkali membuat saya berfikir ini harga sangat tidak masuk akal.

Tetapi kenapa mereka bisa membuat produk mereka menjadi semahal itu?

Di sinilah seni dan kehebatan Apple dalam membuat atau mengubah produk biasa menjadi luar biasa. Biasanya smartphone dan komputer yang kita gunakan sering rusak, kena virus dan lain sebagainya.

Jadi dari situ banyak orang-orang yang butuh kerja cepat dan tidak suka membuang waktu untuk mengurusi kerusakan mereka akan memilih untuk menggunakan produk-produk Apple karena terkenal mudah dan tidak pernah terkena serangan virus.

Karena mempunyai posisi yang sangat menguntungkan Apple menjadi sebuah produk yang eksklusif dan mereka juga berani memasang harga yang cukup tinggi.

Anda juga bisa membuat produk Anda seperti Apple.

Sekarang Anda sudah bisa membuat dan menjual produk digital yang Anda buat sendiri setelah membaca artikel Mengapa Membuat Produk digital dan Menjualnya secara Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top