skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mengapa Bisnis Dropshipping Gagal – Bagaimana Cara Menghindarinya

Mengapa Bisnis Dropshipping Gagal – Bagaimana Cara Menghindarinya

Mengapa Bisnis Dropshipping Gagal

Tingkat keberhasilan dalam bisnis dropshipping: Apa yang melatarbelakangi seseorang bisa sukses di bisnis dropshipping?

Pertanyaan seperti ini sering sekali ditanyakan oleh orang-orang, termasuk saya sendiri. “Bagaimana Anda bisa menjamin bahwa orang yang belajar bisnis dropship bisa berhasil?

Saya dan juga siapapun orangnya tidak ada yang bisa menjamin seseorang akan sukses jika menjalankan bisnis ini, termasuk bisnis yang lainnya. Dan Anda seharusnya juga tidak bisa mempercayai siapapun yang mengatakan Anda pasti akan sukses jika menjalan bisnis ini (termasuk bisnis lain yang bukan bisnis dropshipping).

Tidak ada panduan yang benar-benar akan membuat seseorang bisa berhasil menjalankan bisnis, apapun bisnisnya. Seharusnya yang menjadi pertanyaan adalah:

“apa yang membuat seseorang “GAGAL” saat menjalankan binis dropshipping?”.

Melalui artikel kali ini saya akan memberitahu kepada banyak orang bahwa tidak ada yang bisa menjamin seseorang bisa berhasil saat menjalankan sebuah bisnis (apapun bisnisnya). Melalui artikel ini juga, saya akan membahas beberapa alasan utama mengapa beberapa orang bisa gagal saat mereka menjalankan bisnis dropshipping, dan bagaimana Anda dan saya bisa menghindarinya. Percaya atau tidak jika Anda adalah termasuk orang yang ada dalam daftar kategori ini, sudah pasti Anda akan gagal saat menjalankan bisnis dropship.

Mengapa Bisnis dropshipping Gagal?

Sebagai catatan sebelum saya mulai membahas mengenai beberapa alasan mengapa seseorang bisa gagal saat menjalankan bisnis dropshipping… Postingan blog ini bukan untuk mereka yang sering berpikir saya gagal dan sudah pernah mencobanya dengan menggunakan akun Shopify gratis atau dengan WordPress dan tidak pernah melakukan apa-apa dari teori yang pernah saya pelajari.

Jadi panduan ini bukan untuk mereka yang hanya sekedar membaca saja tetapi tidak pernah melakukan sesuai dengan panduan yang pernah di pelajari.

Panduan ini khusus saya buat untuk membantu orang-orang yang serius aktif dan sudah membangun toko online mereka tetapi tidak mendapatkan hasil apa-apa dari bisnis dropshipping sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Ini adalah beberapa alasan yang bisa saya simpulkan dari beberapa orang yang sering bertanya di forum-forum dan grup-grup Facebook.

  • Salah memilih niche.
  • Anda tidak bisa menemukan Supplier yang TEPAT.
  • Website yang terlihat tidak profesional.
  • Tidak mempunyai customer service yang baik.
  • Salah mindset

1# Alasan Pertama Salah Memilih niche

salah memilih niche

Jadi alasan yang bisa saya beritahu adalah kemungkinan besar mengapa bisnis dropshipping yang kita jalankan gaagal adalah karena kita menjual jenis produk yang salah.

Ada beberapa karakteristik yang membuat niche itu bagus untuk di dropship. Berikut ini adalah beberapa hal buruk yang harus kita hindari saat memilih produk:

Produk Terbatas

Yang saya maksud dengan produk terbatas atau produk terlarang bukan mengartikan produk yang membahayakan dan benar-benar dilarang semua negara atau ilegal. Produk yang saya maksud adalah produk yang mungkin legal untuk dijual secara online di beberapa negara tertentu, tetapi dilarang di negara tertentu atau mungkin Anda tidak bisa membuat dan menjalankan iklan.

Bahkan iklan di Google dan Facebook Ads kemungkinan juga melarang untuk memasang iklan dari produk-produk yang dilarang.

Jadi jika Anda memasarkan produk-produk yang memiliki batasan seperti itu bisa jadi Anda tidak bisa memasarkan produk dengan maksimal.

Sebagai contoh adalah produk dari CBD oil. Anda tahu memang produk ini terbuat dari tumbuhan “ganja” biasanya bisa digunakan untuk pengobatan tertentu.

Banyak orang ingin dropship produk itu karena alasan tertentu. Jika anda memaksa untuk memasarkan produk itu silahkan saja. Coba tebak apa yang akan terjadi? Anda kemungkinan besar tidak bisa memasang iklan di Google Ads dan juga Facebook ads. Jadi sebisa mungkin hindari menjual produk-produk yang memiliki batasan (pelarangan).

Produk yang berhakcipta (Copyright Products)

Ini adalah satu hal lain yang bisa membuat banyak orang gagal dalam menjalankan bisnis dropship. Saya kira ini sudah banyak sekali diajarkan oleh orang-orang di internet. Bisa jadi karena alasan tertentu beberapa orang nekat untuk memasarkan produk yang memiliki hak cipta, mereka mungkin berpikir mereka bisa mengakali produk-produk seperti ini untuk dijual.

Ya produk-produk yang memiliki hak cipta tidak bisa kita jual tanpa adanya ijin resmi dari pemilik atau perusahaan resminya. Katakanlah Anda ingin menjual produk yang berbau Game of Thrones, seperti sweater dan bantal, jujur saya katakan, Anda tidak berhak untuk menjual produk-produk itu meskipun Anda membuatnya sendiri. Sayangnya banyak orang masih tidak menghargai karya cipta orang lain dan demi meraup keuntungan diri sendiri banyak yang akhirnya nekas untuk menjual produk-produk yang memiliki hak cipta.

Percayalah Anda akan gagal jika nekat untuk menjual barang-barang yang memiliki hak cipta yang tidak diizinkan untuk Anda jual.

Jadi, beberapa alasan mengapa orang gagal sejak awal memulai dengan niche yang mereka pilih. Diatas adalah contoh alasan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang.

2# Alasan kedua adalah Anda tidak menemukan Supplier yang Tepat

Sekarang mari kita bahas alasan lain mengapa banyak orang gagal adalah jika mereka memilih supplier yang buruk atau supplier yang kurang tepat.

Katakanlah Anda ingin menjual barang “Senter Tahan Air”. Anda kemudian mencoba mencari barang dengan harga yang murah dan menjualnya dengan harga yang tinggi.

Bayangkan, Anda menjual produk “Senter Tahan Air” di website Anda. Dan supplier Anda adalah orang yang menjual produk “Senter Tahan Air” di ebay dan amazon dengan harga murah.

Bisa jadi Anda akan gagal. Mengapa demikian?

Karena sebenarnya Anda tidak benar-benar menemukan supplier yang tepat. Anda memilihnya hanya karena dia menjual barang yang jauh lebih murah dan menemukan supplier secara acak. Menurut saya ini kurang tepat dan tidak bisa kita jadikan supplier untuk jangka panjang. Ini adalah salah satu alasan mengapa bisnis dropshipping kadang gagal.

Apakah Dropshipping dari China Bagus?

Ini adalah terlihat seperti sesuatu yang bertentangan dengan apa yang saya ajarkan dan juga orang lain ajarkan. Banyak orang termasuk saya sendiri mengajarkan bisnis dropshipping dari china. Betul jika Anda menggunakan supplier dari china untuk dikirim ke negara lain dimana harus membutuhkan waktu selama tiga sampai empat minggu, bisa jadi orang akan bingung dan mereasa kecewa, apalagi jika di saat mereka menerima paket terdapat tulisan dengan bahasa asing di atasnya.

Ingat saya tidak mengatakan bisnis dengan mengambil barang dari Cina 100% tidak bagus. Maksudnya adalah Anda salah jika tidak memberitahu pelanggan Anda bahwa barang yang Anda kirim akan membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 minggu lamanya untuk sampai di kota mereka. Jadi alasan yang terbesar orang gagal menjalankan bisnis dropship adalah ketika mereka memilih supplier dari cina dengan pilihan pengiriman yang lama tanpa memberitahukan kepada pelanggan di website mereka sebelum mereka benar-benar akan membeli.

Selain itu coba bayangkan hal ini. Katakanlah Anda memilih supplier yang berlokasi di Cina. Jika seseorang membeli barang dan dia harus menunggu selama 3-4 minggu, cobak tebak, apa yang ada dalam pikiran mereka? Apakah mereka senang? Kecuali jika memang barang yang mereka beli itu benar-benar layak untuk ditunggu selama itu.

Banyak review negatif tentang dropship barang dari Cina selama beberapa tahun terakhir ini dan ini bukan masalah yang hanya dibicarakan di Indonesia saja tetapi seluruh dunia juga sedang membahas masalah yang sama.

Jadi bisa saya katakan memilih supplier dari Cina dan mengirim barang langsung ke alamat pelanggan Anda yang ada di Negara lain tanpa memberitahu kepada pelanggan tentang lamanya proses pengiriman barang untuk sampai ke kota mereka, menurut saya bukan ide bagus.

Saya secara pribadi setuju saja jika kita memiliki produk-produk yang dibuat di Cina untuk di jual. Saya secara pribadi juga melakukan hal yang sama, tetapi jauh lebih bagus jika Anda bisa menempatkan barang-barang itu di gudang yang kemungkinan lebih dekat dengan para pelanggan Anda.

Jika hal ini bisa Anda lakukan kemungkinan besar barang-barang itu akan sampai jauh lebih cepat ketimbang langsung dikirim dari Cina ke negara pelanggan Anda.

Dalam kasus tertentu saya juga melakukan pengiriman barang langsung dari Cina ke negara lain. Tentu saja di website yang saya buat saya memberitahu calon pelanggan saya bahwa barang akan dikirim dari luar negeri dan akan tiba 3-4 minggu. Dan beberapa barang yang saya jual kebanyakan memang barang-barang yang layak untuk mereka tunggu meskipun lama, pelajari di sini.

Mengapa memilih gudang yang lebih dekat? Karena barang yang sampai mudah kita kemas ulang dan di kirim ke pelanggan kita. beberapa perusahaan besar kadang langsung mengirim barang dari Cina dan setelah sampai di Indonesia, paket yang mereka terima mereka kemas ulang setelah itu mereka kirim ke pelanggan mereka.

Hubungan yang tidak Baik dengan Supplier.

Hal lain yang membuat seseorang gagal dalam menjalankan bisnis dropship adalah supplier yang kurang baik.

Sebagai contoh produk Senter Tahan Air yang sebutkan sebagai contoh di atas. Jika Anda ingin menjual Senter Tahan Air ini dan menemukan supplier dari Amerika, itu sangat bagus. Dan kemudian Anda mulai menjual barang itu.

Tetapi kemudian Anda mulai menyadari bahwa satu atau dua supplier baru Anda memiliki layanan yang tidak baik.  (Dalam contoh ini Anda adalah sebagai pelanggan)

 

Kemungkinan supplier ini tidak mau menanggapi email dari Anda atau mungkin yang lebih parahnya mereka mengirim pesanan Anda sedikit lebih lambat. Atau dalam beberapa kasus mereka bisa jadi mengirim ke alamat yang salah secara berulang-ulang atau ada beberapa supplier yang meminta biaya tambahan untuk dropshipping.

Itu adalah beberapa hal yang bisa merugikan Anda jika Anda menemukan supplier yang seperti itu. Sudah pasti Anda akan mengalami kerugian besar jika terus bekerja sama dengan supplier yang seperti itu.

Di dalam channel SUBMITClimb saya membuat beberapa video tentang hal ini. Jadi pastikan untuk subscribe channel submitclimb agar tidak ketinggalan video-video terbaru dari kami.

Sekali lagi saya katakan menggunakan supplier yang tidak baik harus Anda waspadai jika Anda ingin terus bisa menjalankan bisnis dropshipping Internasional.

3# Alasan ketiga website yang tidak profesional

Sekarang kita masuk ke alasan yang ke tiga, seseorang bisa gagal dalam menjalankan bisnis dropshipping adalah tampilan website mereka terlihat kurang meyakinkan. Saya sering sekali melihat orang-orang yang mudah sekali percaya dan mau membeli sesuatu dari mentor-mentor yang mengajarkan dropshipping dengan membuat website yang tampilan landing pagenya tidak berkualitas.

Ini adalah kesalahan PALING AWAL menurut saya. jika saat Anda belajar saja sudah salah bagaimana mau diterapkan untuk bisa sukses dan berkembang? Dan parahnya masalah ini tidak banyak yang mau memberitahu dengan sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya.

Apakah para mentor ini hanya ingin menghasilkan uang saja atau bagaimana ya, heran saya?

Jujur, Saya sering sekali kasihan melihat orang-orang yang mudah percaya ini. Mungkin karena mereka juga sedang ingin sukses jadi kadang mereka akhirnya salah memilih pengajar dan tempat belajar.

Ingat, jika website Anda terlihat tidak profesional sudah pasti Anda akan gagal.

Website yang tampilannya tidak meyakinkan, sudah dipastikan tidak akan bisa menghasilkan penjualan yang tinggi.

Maksud saya begini, jika website dropshipping anda terlihat biasa-biasa saja dan dibuat hanya beberapa jam saja, tanpa memperhatikan, desain dan copywriting yang baik Anda patut was-was.

Coba bayangkan jika ada seseorang yang membeli dan mereka bingung dengan keterangan yang ada di website Anda, bingung dengan proses checkout yang kaku atau malah tidak ada no telepon atau alamat yang bisa dihubungi, ini bisa menimbulkan keragu-karguan dan membahayakan bisnis Anda.

Salah satu bagian terbesar dalam menjalankan bisnis online termasuk bisnis dropshipping adalah dapat dipercaya. Jika Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan website Anda juga terlihat meyakinkan dan bisa dipercaya maka pengunjung akan tertarik dan cenderung mau membeli dari website Anda. Ada banyak cara untuk melakukan hal ini.

4# Alasan ke Empat adalah tidak memiliki Layanan Pelanggan yang Baik

Saat awal saya membangun bisnis online, saya melakukannya semua sendiri tanpa bantuan orang lain. Percaya atau tidak bisnisnya masih bisa berjalan meskipun saya membalas semua pertanyaan sekaligus hal-hal yang harus saya kerjakan lebih lama dan lebih lambat.

Belakangan saya mulai berpikir, ini tidak mungkin bisa saya lakukan seorang diri. Saya harus memiliki pegawai atau orang yang bisa membantu pekerjaan saya. jadi saya mulai mencoba memperbaiki di bagian layanan pelanggan untuk beberapa website utama yang saya kelola. (tidak semua website yang saya miliki menggunakan layanan pelanggan)

Agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis dropshipping, Anda harus bisa membangun sistemnya di tempat yang benar dan mencari beberapa orang untuk membantu pekerjaan Anda. (ini untuk bisnis yang sudah berkembang)

Percayalah layanan pelanggan adalah kunci untuk meningkatkan bisnis yang semakin berkembang dan membuat penjualan semakin meningkat. Orang-orang tidak ingin membeli dari Anda jika Anda tidak memiliki layanan pelanggan yang cukup baik. Mereka tidak mungkin mau merekomendasikan Anda kepada orang lain.

“Jika bisnis dropshipping Anda mulai menghasilkan dan penjualannya besar, pastikan untuk memiliki layanan pelanggan yang cukup baik”

Memang ketika bisnis kita masih kecil, kita mungkin bisa menangani semuanya sendiri, tetapi setelah bisnis itu semakin besar pastikan untuk untuk segera membentuk layanan pelanggan.

Layanan pelanggan ini akan sangat membantu mengembangkan bisnis Anda, bisa membantu orang lebih percaya kepada Anda. Jika ada email yang masuk mereka bisa mendapatkan balasan secepatnya. Jika ada telepon yang masuk mereka bisa menjawab pertanyaan mereka saat itu juga. Anda juga bisa menjawab pertanyaan pelanggan melalui aplikasi chat yang di instal di website Anda.

5# Alasan ke Lima Mindset Yang Salah

Sekali berhasil tetap berhasil.

Alasan selanjutnya yang mungkin bisa membuat orang gagal dalam menjalankan bisnis dropshipping adalah kebanyakan dari mereka merasa sedang berada di puncak.

Katakanlah, Anda sudah melakukan semua dengan benar, niche yang bagus, supplier yang tepat, traffic yang bagus, website yang profesional, punya pelanggan pokoknya semua berjalan dengan baik.

Jika Anda tidak mempunyai mindset yang benar bisa jadi Anda akan gagal. Ingat produk yang kita promosikan sekarang, mungkin tidak selamanya akan menghasilkan, jadi Anda harus terus mempunyai pola pikir untuk terus mengembangkan bisnis.

Banyak orang yang merasa bisnis dropship tidak akan bertumbuh dan bertahan lama, bisnis ini akan mengalami penurunan dalam waktu beberapa tahun dan mungkin bulan. Karena produk yang di jual pasti akan mengalami Penurunan (sepi pembeli). Karena alasan ini beberapa orang akhirnya tidak lagi menjalan bisnis dropship dan mulai berhenti ketika produk yang mereka pasarkan mulai turun penjualannya.

Tahukah Anda banyak para pengusaha yang menjalankan bisnis dropship, ketika mereka sudah menghasilkan keuntungan $10.000/bulan atau lebih dari produk yang mereka pasarkan, di titik ini mereka merasa mereka sudah berhasil dan mereka nyaman dengan hasil itu.

Apa yang mereka dapatkan memang melebihi apa yang mereka dapatkan selama mereka bekerja dari kantor. Sekarang mungkin dari antara mereka ada yang pergi jalan-jalan keluar negeri, foto sana dan foto sini, beli mobil baru dan lain sebagainya untuk menikmati hasil.

Ini yang saya perhatikan dari banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis ini di awal mereka membangunnya.

Memang menikmati dari hasil kerja keras kita tidak salah, tetapi apa untungya pergi berlibur dan membeli barang-barang baru yang bukan menjadi kebutuhan mereka hanya untuk dipamerkan di medis sosial?

Tidak ada bukan?

Mereka pikir mereka suda berhasil, sekali berhasil tetap berhasil!

Ya, menghasilkan $10.000/bulan itu memang angka yang sangat luar biasa. Tetapi jika mindset Anda salah maka Anda akan gagal.

Ingat, semua produk yang Anda pasarkan tidak akan selamanya laku dan laris dipasaran. Ada kalanya produk itu sudah tidak diminati lagi oleh orang. jika sudah begitu maka penghasilan Anda akan mengalami penurunan, dari $10.000 menjadi sembilan, kemudian turun lagi menjadi tujuh kemudian turun lagi menjadi enam dan seterusnya.

Jika Anda tidak membuatnya menjadi berkembang maka bisnis Anda akan gagal.

Bagaimana cara menghindari supaya Anda tidak gagal?

Jangan hamburkan apa yang sudah Anda dapatkan untuk hal-hal yang tidak ada untungnya. Apalagi jika keberhasilan Anda baru tahun pertama atau kedua. Sisihkan sebagian yang Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis Anda bukan untuk berlibur atau membeli barang elektronik mewah.

Gunakan tabungan Anda Entah membangun bisnis baru, atau mengikuti kursus-kursus cara mengembangkan bisnis itu atau kursus lainnya atau bahkan menambah tim kerja untuk mengembangkan dan membantu bisnis yang Anda jalankan.

Sering kali kita lupa untuk melakukan hal itu bukan?

Yang lebih dahulu ada dalam pikiran kita adalah berlibur dan membeli barang-barang mewah untuk dipamerkan ke media sosial kalau kita sudah bisa membeli barang mahal.

Ingat semua itu sia-sia. Sisihkan uang Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda harus punya pola pikir seperti itu dan Anda harus terus mengembalikan uang ke dalam bisnis Anda untuk berjaga-jaga jika bisnis yang Anda jalankan mengalami penurunan. Pola pikir seperti ini juga harus diterapkan saat Anda telah mencapai apa yang menjadi tujuan Anda. Meskipun Anda merasa sudah berada di puncak ingatlah bisnis tidak akan selamanya seperti itu.

Jika Anda tidak terus memiliki pola pikir untuk bertumbuh, menyisihkan uang yang di dapat Anda akan mengalami kegagalan.

Jadi itulah beberapa alasan Utama Mengapa Bisnis Dropshipping Gagal dijalankan oleh sebgaian orang. jika boleh saya ulang untuk membantu mengingat kembali apa yang sudah kita bahas di artikel ini tentang mengapa Bisnis Dropshipping Gagal dijalankan oleh sebgaian orang di sebabkan oleh beberapa faktor ini:

  • Salah memilih niche.
  • Anda tidak bisa menemukan Supplier yang TEPAT.
  • Website yang terlihat tidak profesional.
  • Tidak mempunyai customer service yang baik.
  • Salah mindset

Jika artikel tentang Mengapa Bisnis Dropshipping Gagal yang saya buat ini dirasa bermanfaat untuk Anda, mohon beritahu saya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Jujur saya ingin mendengar pendapat Anda tentang apa yang saya bagikan hari ini.

Pelajari Lebih Lanjut:

Jangan pernah dropship barang ini di Aliexpress. Beberapa daftar barang Aliexpress yang buruk untuk di dropship.

Peluang Bisnis Online dengan Dropshipping Internasional. Anda bisa memasarkan produk-produk secara Internasional, tanpa harus stok barang.

Cara Menemukan produk Terlaris untuk Toko Online Anda. Panduan cara mencari produk yang kalau kita jual sudah pasti ada pembelinya dan laku di pasaran.

Tutorial Cara Belanja Barang di Aliexpress. Panduan yang biasanya hanya Anda temukan di kursus berbayar kini bisa Anda pelajari secara cuma-cuma di sini.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top