skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mengapa Anda Membutuhkan Influencer Marketing

Mengapa Anda membutuhkan Influencer Marketing

Mengapa Anda membutuhkan Influencer Marketing – Sesuai dengan namanya Influencer Marketing mempunyai kekuatan untuk memberikan pengaruh kepada banyak orang (followersnya). Influencer ini bisa public figure, blogger, YouTuber, selebgram, Selebritis dan orang-orang yang dianggap penting di dalam sebuah komunitas tertentu.

Seseorang bisa dikatakan influencer kalau dia mempunyai banyak follower di akun media sosial yang di kelolanya. Tetapi tidak harus seperti itu juga karena ada influencer yang tidak mempunyai banyak follower tetapi masih bisa memberikan pengaruh kepada orang lain. Ya, kekuatan seorang influencer memang pada pengaruh yang dia berikan.

Baca artikel sebelumnya: Apa itu Influencer Marketing dan Mengapa Penting di era milenial?

Kalau dulu hanya Stasiun TV dan website Review saja yang digunakan untuk mencari dan menemukan produk-produk yang di rekomendasikan. Tetapi sekarang, tidak demikian lagi.

Waktu sudah berubah. Influencer kini telah menjadi salah satu sumber untuk mencari informasi sebuah produk yang di rekomendasikan dan yang paling banyak digunakan.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Better Business Bureau dan Nielsen, menemukan bahwa lebih dari separuh pengguna internet yang ada di AS mengatakan, mereka lebih sering menggunakan rating tertinggi dari sebah website yang mengulas produk tertentu secara online untuk membantu menginformasikan keputusan dalam pembelian.

Apa yang bisa kita pelajari dari sini?

Jadi dari sini kita bisa melihat kalau sebuah review sangat memberikan pengaruh seseorang dalam pembelian, terutama untuk startup dan juga bisnis baru yang ingin membangun kredibilitas brand dan juga SEO mereka.

Apa saja Manfaat Influencer Marketing bagi Bisnis Anda?

Menggunakan Influencer marketing tidak hanya soal untuk mendapatkan review yang bagus. Ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari influencer marketing.

1. Meningkatkan Brand Awerness

Influencer marketing membantu Anda meningkatkan brand awerness di komunitas yang baru.

2. Menyampaikan pesan secara Natural

Influencer bisa membantu menyampaikan pesan tentang keberadaan produk Anda dengan cara yang natural dan relevan kepada audiens mereka.

3. Produk Menjadi Pusat Perhatian

Influencer marketing membuat produk Anda menjadi pusat perhatian banyak orang. Produk yang masih baru dan belum terkenal bisa langsung banyak di kenal dan di tahu oleh banyak orang dengan menggunakan stratgei influencer marketing.

Jujur saya bukan orang yang suka mengikuti trend banyak orang apalagi memfollow selebgram atau YouTuber tertentu. Cukup tahu sekilas saja, sudah cukup bagi saya. Mungkin banyak dari antara Anda yang sudah tahu sosok Bude Sumiyati yang akun Twittrnya dan Instagramnya cukup berkembang dan menjadi populer.

Mungkin karena sosok orangnya yang sedikit lucu, hal ini yang membuat Netflix Korea menggunakannnya untuk mempromosikan produk. Kalau Anda lihat sendiri di akun twitter Netflix Korea, video khusus Bude Sumiyati sudah di tonton oleh banyak orang lebih dar 300 kali.

Apa yang bisa kita pelajari dari contoh ini?

Dari sini kita bisa belajar kalau influencer marketing mampu membuat sebuah produk yang tidak di kenal menjadi di kenal banyak orang. selain itu, Anda tidak harus menggunakan influencer kaum selebriti atau premium saat akan mempromosikan produk Anda kepada banyak orang. jika memang itu cukup unik dan ingin mencapai sasaran tertentu, Anda bisa menggunakan influencer mikro yang cocok dan lebih pas.

4. Calon Konsumen Cenderung Menjadi lebih Percaya

Konsumen menjadi lebih percaya dengan produk Anda. Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, jika Anda melakukan promosi secara konvensional, biasanya akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Selain itu cara-cara lama mungkin kurang begitu memberi pengaruh yang besar seperti dulu lagi sebelum era smartphone seperti sekarang ini.

Ketika Anda menggunakan orang-orang yang mempunyai follower lebih banyak atau public figure, orang-orang menjadi lebih percaya daripada Anda menggunakan strategi secara konvensional.

Berdasarkan riset, hampir 53% lebih konsumen wanita membeli suatu produk setelah mereka melihat postingan dari para influencer tertentu.

 

5. Membangun Kedekatan dengan calon konsumen

Menggunakan kekuatan dari para influencer sudah terbukti lebih membangun kedekatan dengan setiap calon konsumen dengan brand atau produk Anda.

Salah satu cara yang paling bagus adalah dengan menggunakan beberapa public figure yang memang suka dan mau menggunakan produk atau jasa Anda.

Meskipun influencer premium mempunyai daya jangku yang lebih luas, menurut saya, influencer premium tidak selalu bisa menjamin Anda dalam pemasaran yang sukses. Karena biasanya mereka hanya senang melihat atau menonton saja dan bahkan banyak follower palsu yang ingin mengikutinya.

Dan kebanyakan influencer mikro biasanya akan mencoba untuk menggunakan produk tertentu sebelum dia benar-benar membuat postingan di akun sosial media mereka untuk di rekomendasikan. Contohnya saja seperti saya. Biasanya saya tidak asal merekomendasikan tentang suatu produk jika saya tidak benar-benar mencobanya sendiri. Karena sangat berbahaya sekali jika sampai saya menyampaikan sesuatu yang ternyata tidak benar atau menyesatkan banyak orang.

Selain itu biasanya followernya lebih engaging, karena mereka menyampaikan dengan cara yang benar dan nyata. Dengan influencer yang seperti inilah Anda bisa membangun sebuah kedekatan calon konsumen baru dan produk Anda.

Selain itu, dengan media sosial, komunikasinya bisa dilakukan secara dua arah dan hal ini pasti sangat bagus bagi calon konsumen atau followernya untuk menanyakan atau mengkonfirmasi apakah produknya memang benar-benar bagus dan benar-benar mereka rekomendasikan? Jadi sangat berbeda dengan strategi beriklan atau strategi marketing secara konvensional.

6. Mampu Meningkatkan Penjualan

Dengan bantuan para influencer sebuah produk memiliki kemungkinan untuk di lihat dan di kenal oleh banyak orang. Semakin di kenal maka akan semakin mungkin terjadi penjualan.

Sebagai contoh istri Pangeran Harry, Meghan Markle. Di sebuah acara yang di adakan di Buckingham Palace sekitar tahun 2019. Meghan mengenakan gaun brokat emas yang membuatnya terlihat anggun dan cantik. Apa yang tejadi setelah itu? Dalam waktu 24 jam saja, terjadi sebuah lonjakan permintaan baju brokat lebih dari 500%!

Hal seperti inilah yang sekarang di manfaatkan oleh banyak pemilik bisnis untuk mendongkrak penjualan dan memperkenalkan produk baru mereka.

Setelah influencer membuat postingan entah itu berupa foto, video atau blog atas nama mereka sendiri dan membagikannya kepada audiens mereka, brand Anda akan terekpos, ke audiens setia mereka yang mempunyai sudut pandang yang sama dan yang lebih penting adalah biasanya apa yang mereka katakan akan mudah masuk dan di percaya.

Anda juga bisa memanfaatkan program affiliasi untuk para influencer. Program affiliasi ini akan memberikan kompensasi dari setiap pendaftaran atau pembelian yang datang dari komunitas mereka.

Dan tautan affiliasi ini bisa membantu Anda untuk melacak link mana saja yang paling banyak terlibat, mendapat klik, download, penjualan dan ROI secara keseluruhan. Percaya atau tidak kaum milenial dan Gen-Z sangat-sangat dipengaruhi oleh teman-teman mereka. Dengan memanfaatkan dan menggunakan influencer, Anda mampu menjangkau dan melibatkan konsumen Anda secara organik.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Mengapa Anda membutuhkan Influencer Marketing ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top