skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Mengajar Pengetahuan Alkitab Sejak Dini

Mengajar Pengetahuan Alkitab Sejak Dini

Pentingnya Mengajar Anak-anak Pengetahuan Alkitab Sejak Dini. Mengapa hal ini penting? Jika Anda cermati banyak orang termasuk di negara-negara lain Para Orang Tua selalu mengajarkan anak-anak mereka dengan banyak keterampilan bahkan ada yang sampai mengikutkan anak-anak mereka dengan kursus-kursus tambahan sepulang atau di luar jam sekolah untuk bekal kehidupan mereka di masa tua.

Beberapa keterampilan yang biasa diajarkan oleh para Orang Tua adalah memasak, mengambil air, menyapu ruangan rumah, bertani, mengumpulkan kayu, memancing ikan, belanja ke warung dan tawar-menawar di pasar. Ini memang pendidikan dasar dan pendidikan itu bisa membantu dan menunjang kehidupan mereka nantinya. Tapi tahukan Anda kalau banyak sekali orang tua mungkin termasuk Anda dan saya tidak mengajarkan pendidikan yang bisa membantu mereka memperoleh pengetahuan yang benar akan sang Pencipta Alam Semesta ini yang bisa membawa mereka kepada kehidupan yang Abadi.

Banyak para Orang Tua yang sibuk dan tidak punya banyak waktu luang untuk mengajar anak-anak mereka tentang jalan-jalan sang Pencipta. Coba perhatikan apa yang Alkitab katakan tentang perihal cara mengajar anak-anak Anda tentang jalan-jalan-Nya. “Engkau harus menanamkan semua itu dalam diri putramu [atau putrimu] dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan dan apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun (ulangan 6:7)

Menarik ya kalau kita lihat dari ayat yang tadi sudah kita baca, ayat itu membantu kita pentingnya mengajar anak dan memberikan pengajaran yang bisa Anda lakukan sendiri, dari ayat itu Anda juga dibantu untuk mengembangkan program pengajarannya:

  • Perhatikan kata Apabila engkau duduk di rumahmu”. Anda bisa mengajar anak-anak Anda Pengetahuan Alkitab dari rumah dan membahas secara rutin, bisa seminggu sekali. Awalnya memang sulit tapi jika kita lakukan secara rutin ini akan menjadi waktu yang sangat menyenangkan sekali. Kami dan istri melakukan hal ini dan berupaya keras untuk tetap melakukannya, mengingat kehidupan anak-anak sekarang ini makin bobrok.
  • Perhatikan kata “ Apabila engkau sedang dalam perjalanan”. Anda bisa memberikan pengajaran kepada Anak-anak Anda pada saat santai, berbicaralah hal – hal yang ringan dengan cara yang tiak resmi meskipun anak Anda masih balita. Kami dan istri selalu mendengarkan musik-musik instrumen dari Saksi-saksi Yehuwa selam 24 jam non stop selama dia dalam kandungan dan sampai dia lahir juga masih kami putarkan lagu-lagu itu, bahkan kalau kami sedang memberi makan (nyuapin) atau main di luar kami selalu berbicara tentang siapa yang menciptakan hewan, bunga dan hal yang bisa kita ajarkan di sekeliling kita.
  • Perhatikan kata “Apabila engkau berbaring”. Kita bisa mengajar anak-anak berdoa sebelum kita pergi tidur.
  • Perhatikan kata “Apabila engkau bangun”. Pagi hari kita bisa membantu mereka caranya mengucap sukur atas istirahat tadi malam dan bisa kita lanjutkan dengan membahas satu ayat setiap paginya. Saksi-saksi Yehuwa punya buku kecil dengan judul Menyelidiki kita Suci Setiap Hari. Saya dan istri membahas ayat- ayat di pagi hari menggunakan buku ini.

Sebagai Orang Tua Kristen yang baik, Anda pasti menginginkan anak Anda menjadi Anak yang baik saat dia dewasa dan juga menjadi Anak yang mengenal Kitab Suci, Ingat mengajar Anak mengenal Kita Suci bukan pada saat dia sudah dewasa, tetapi sejak balita kita sudah harus mengajarkannya tentang tokoh-tokoh dan juga kejadian yang ada di dalam Alkitab.

 

Saya dan istri sangat bersukur bisa mengenal dan bertemu dengan Saksi-saksi Yehuwa mereka banyak sekali menyediakan buku-buku, majalah dan juga video-video yang bisa dipakai semua Orang Tua untuk membantu anak-anak mereka mengenal dan belajar Alkitab. Salah satu buku yang saat ini sedang kami bacakan (ajarkan) kepada anak kami adalah buku “Belajarlah dari cerita cerita di Alkitab”. Menurut kami buku ini sangat bagus sekali, bahkan saking bagusnya kami membuatkannya dalam bentuk video untuk anak kami, di bawah ini adalah contoh video-video yang kami buat dari publikasi Saksi Yehuwa untuk kepentingan pribadi kami sekeluarga, kita sebenarnya juga bisa menonton video dan mendownload publikasi elektronik di situs resmi Saksi-saksi Yehuwa di WWW.JW.ORG. Buat Anda yang belum tahu siapa itu Saksi-saki Yehuwa bisa membaca di halaman website resmi Mereka “Mengenai Saksi-saksi Yehuwa”.

Ini contoh Video yang kami buat di Channel YouTube kami “Berita Utama Alkitab”. Ingat ya ini bukan video yang di buat oleh Organisasi Yehuwa ini video yang kami buat sendiri yang bahannya kami ambil dari publikasi Saksi-saksi Yehuwa:

Jika Anda ingin menonton video-video yang kami buat untuk mengajar Anak kami mengenal Alkitab silahkan subscribe channel YouTube Berita Utama Alkitab agar setiap kami mengupload video-video baru Anda mendapat notifikasi pemberitahuannya.

Mengapa saya membuatkan video itu? Alasan pertama untuk latihan pembacaan kami dan alasan ke dua untuk membantu anak kami belajar Alkitab. Pelajaran dalam bentuk video menurut saya sangat bagus karena video mempunyai banyak kelebihan.

  1. Video bisa menggugah hati seseorang
  2. Video mampu menarik perhatian dan
  3. Video mampu meninggalkan kesan yang lama

Kami bersama istri selalu berupaya rutin membacakan buku cerita Alkitab, Alkitab dan publikasi lain yang diterbitkan oleh Organisasi Yehuwa kepada Anak kami meskipun saat artikel ini ditulis usianya baru 1 tahun 3 bulan. Dengan membiasakan membaca dengan suara keras dan menonton video bersama setiap hari atau seminggu sekali hal itu akan membantu dia pelafalan yang benar dan juga membantu dia memupuk kebiasaan membaca.

Sewaktu membacakan semua publikasi kami selalu berupaya antusias agar mereka bisa menirunya dikemudian hari. Jika nanti anak Anda meminta untuk membacakan cerita yang sama jangan menolaknya, bacakan dan turutilah apa yang diminta olehnya.

Kadang-kadang anak-anak tidak mau mendengarkan apa yang kita bacakan dan video-video yang kita putar, jika ini terjadi berhati-hatilah untuk tidak memaksa mereka mau membaca dan menonton video. Kita bisa mengajaknya membaca dan menonton video di hari lain. Jika kita tidak memaksa anak-anak kita, mereka akan sangat senang untuk menanti-natikan pembacaan berikutnya dan akhirnya tujuan kita untuk memberi mereka pelajaran dan menanamkan pengetahuan tentang Alkitab dan gemar membaca akan segera tercapai.

Kadang-kadang Saya dan Istri mengajak anak kami ke sebuah taman untuk menciptakana suasana yang bisa mendukung proses belajarnya. Di Taman itu kami bermain dan sambil membacakan buku atau menonton video, bahkan kadang-kadang kami juga memberitahunya tentang benda dan hewan yang ada di sekeliling adalah ciptaan Tuhan, bukan timbul dan ada dengan sendirinya. Suasana taman yang indah dan sejuk kadang bisa membuat hatinya senang dan nyaman.

Dengan Mengajar Anak-anak Pengetahuan Alkitab Sejak Dini, mereka akan terbantu untuk bisa membina dan mempertahankan hubungan yang baik dengan Sang Pencipta “Allah yang Benar”. Jangan lupa untuk berdoa memohon berkat kepada TUHAN (Yehuwa) seraya Anda berupaya menanamkan dalam diri anak Anda kesenangan membaca dan belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top