skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Menentukan Target Pasar Di Kampanye Influencer Marketing

Menentukan Target Pasar di Kampanye Influencer Marketing

Menentukan Target Pasar di Kampanye Influencer Marketing – Generasi ini selalu berubah-ubah, dan setiap generasi mempunyai cara pandang dan karakter yang sangat unik. Perbedaan itu terlihat jelas mulai dari selera musik, fashion, hobi mereka, atau pilihan karir mereka. Dengan mengetahui perbedaan – perbedaan itu, bisa membantu kita menentukan target pasar seperti apa yang cocok untuk bisnis kita sekaligus influencer seperti apa yang cocok Anda gunakan untuk menarik perhatian calon konsumen Anda.

Baca Artikel sebelumnya: Makro vs mikro influencer: Siapa yang cocok untuk brand Anda

Menetapkan Tujuan Influencer Marketing

Sebagai informasi generasi milenial saja mempunyai lebih dari 80 juta orang di AS. Generasi ini mempunyai rentang usia mulai dari 18 sampai 35 tahun. Itu baru di AS saja, belum termasuk di Indonesia dan negara-negara lain. Tentu saja mereka yang mempunyai usia 21 tahun mempunyai daya tarik yang berbeda dengan mereka yang berusia 31 tahun. Jadi dari sini, bagaimana Anda bisa membuat upaya atau strategi influencer marketing untuk menarik banyak orang?

Di artikel kali ini, saya akan membagi kelompok konsumen yang kita incar menjadi enam milenial mikro markets. Setiap mikro demografis akan memberikan insight tentang cara menyusun pesan yang tepat, kreatif dan influencer yang cocok untuk menarik setiap niche group tertentu. Jadi, mari kita pelajari bersama.

Menentukan Target Pasar di Kampanye Influencer Marketing

Pertama – Mikro pertama saya sebut dengan kelompok mahasiswa. Orang-orang yang termasuk dalam mikro pertama ini mempunyai usia sekitar 18 sampai 23 tahun. Kemlompok ini biasanya terdiri dari para pelajar, mahasiswa, pekerja magang, karyawan yang baru bekerja dan orang-orang yang senang mengunjungi festival atau event-event tertentu.

Jika Anda ingin menggunakan influencer, maka influencer yang cocok untuk mentarget pasar untuk mikro yang pertama ini adalah influencer yang masih muda, mudah terhubung, dan mempunyai channel YouTube, Instagram dan Snapchat.

Kedua – Mikro Market kedua saya sebut dengan kelompok boomerang babies. Orang-orang yang termasuk dalam mikro yang kedua ini mempunyai usia sekitar 23 sampai dengan 26 tahun. Sayangnya, kelompok ini kalau saya perhatikan adalah banyak orang-orang yang baru saja lulus kuliah dan mereka beberapa dari mereka banyak yang masih harus tinggal dengan orang tua mereka karena alasan biaya hidup yang terlalu tinggi. Jadi mereka belum bisa punya rumah sendiri, atau belum bisa membayar biaya sewa rumah. Sedangkan untuk di Indonesia memang orang-orang yang kuliah dan baru lulus kuliah masih tinggal di rumah orang tua. Setelah mereka menikah, biasanya mereka akan keluar dan mencari rumah sendiri.

Kelompok orang – orang ini sangat aktf dan biasanya senang membahas tentang pengalaman-pengalaman dan juga informasi terbaru. Influencer yang cocok dan bisa dipercaya oleh mereka biasanya yang ada di Twitter, YouTube, Instagram dan Snapchat, dan mereka biasanya hanya ingin mengetahui tentang pendapat mereka atau mencari tahu informasi soal teknologi terkini, fashion, makeup tren atau mungkin travel destination.

Ketiga – Mikro Market yang ketiga saya sebut dengan kelompok milenial hustlers. Orang-orang yang dikelompok mikro market mempunyai usia 26 sampai 29 tahun. Mereka sudah lulus kuliah dan sudah memasuki dunia kerja dan beberapa dari mereka ada yang merintis karir dan beberapa sudah cukup baik di dunia kerja. Atau beberapa dari mereka ada yang memulai bisnis mereka sendiri.

 

Orang-orang ini adalah kelompok multi talenta yang mampu menghasilkan uang dari berbagai keterampilan mereka. Kelompok penipu milenial ini haus akan informasi. Influencer yang cocok untuk mereka biasanya yang ada di Linkedin, YouTube, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan tips tentang how to, video pembelajaran, saran karir dan panduan keungan.

Keempat – Mikro Market yang keempat adalah Ibu milenial dan Ayah milenial. Mereka mempunyai usia antara 29 sampai dengan 32 tahun. Di kelompok ini, orang-orang di kelompok milenial ini rata-rata sudah mempunyai anak pertama. Mengingat mereka sudah mempunyai anak dan umur yang bertambah, generasi milenial di kelompok ini mempunyai pemikiran yang berbeda dengan kelompok yang sudah saya sebutkan di atas.

Sebagai Ayah dan Ibu milenial, nilai, kebutuhan, pendapatan dan juga pola pikirnya juga sangat berbeda sekali. Mereka lebih senang untuk tinggal di rumah berkumpul dengan anak-anak dan keluarga mereka.

Kelima – Mikro Market ke lima adalah milenial. Orang-orang ini mempunyai usia 35 sampai dengan 38 tahun. Gaya hidup mereka sangat berbeda dan mereka sangat paham sosial media, mereka butuh berkomunikasi dan biasanya selalu terlibat dalam dunia online. Mereka sangat terbuka dengan segala perubahan dan mereka juga mempunyai perilaku pembelian yang cukup tinggi.

Mereka juga sangat aktif di Linkedin, Facebook, Twitter dan Pinterest, dan biasanya tidak begitu aktif di Instagram dan Snapchat.

Penting sekali untuk mengetahui masing-masing kelompok ini agar Anda bisa memutuskan yang terbaik. Banyak keputusan Ibu-ibu milenial dipengaruhi dengan membaca review dari sebuah website, ulasan dan juga testimoni untuk menemukan sebuah brand atau layann tertentu.

Maka penting sekali untuk mencari influencer yang tergabung dalam komunitas blogger, Facebook, Instagram dan juga Pinterest. Jika Anda bisa menemukan salah satu blogger atau influencer yang tepat, hasilnya bisa sangat luar biasa.

Setiap Mikro Market dalam generasi milenial secara keseluruhan masing-masing mempunyai budaya, pola pikir, tingkat pendapatan dan juga prioritas yang berbeda-beda. Dengan memahami masing-masing mikro market ini, akan membantu Anda untuk bisa menyesuaikan dan memilih influencer mana yang cocok untuk menyampaikan pesan kepada target market Anda. Perlu Anda ingat juga, meskipun influencer marketing digunakan untuk mentarget konsumen milenial, ini bukan berarti tidak bisa digunakan untuk menarik dan mentarget generasi yang lain.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Menentukan Target Pasar yang cocok untuk Bisnis Anda ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top