skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Artikel ini adalah artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya “Pekerjaan Apa yang Cocok Untuk Saya”. Dalam artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang perlengkapa atau peralatan apa saja yang harus kita siapkan untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing. Kemudian software apa yang akan kita butuhkan untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing dan juga kebutuhan lainnya.

Sebenarnya Memulai Bisnis Affiliate Marketing sama dengan memulai bisnis pada umumnya, yang membedakan affiliate marketing dilakukan secara online meskipun kadang – kadang juga menggabungkan antara online dan offline. Affiliate Marketing adalah model bisnis yang berbasis penjualan dan dari hasil penjualan itu adalah komisi, bisnis ini membutuhkan beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum kita akan menjalankan bisnis internet ini. Peralatannya tidak terlalu banyak seperti bisnis pada umumnya, kita hanya memerlukan beberapa kebutuhan minimal yang perlu dan HARUS kita penuhi.

Perangkat Yang Kita Butuhkan untuk Memulai Bisnis Affiliate

1. Komputer Yang Bagus

Ya, komputer adalah perangkat utama yang harus kita siapkan dan miliki untuk memulai bisnis affiliate marketing ini, komputernya tidak harus canggih dan memiliki harga yang sangat mahal. Tetapi yang terpenting adalah komputer yang akan Anda gunakan tersebut harus memiliki spesifikasi untuk Grafis. (sudah pasti harganya agak lumayan)

2. Modem

Ini adalah hal terpenting lainnya yang harus kita miliki, kebayangkan mau bisnis online tetapi tidak punya koneksi internet, gimana bisa mau terjun ke bisnis ini kalau begituk. Ada banyak modem di indonesia walaupun hasilnya memang masih kurang bagus dengan yang diluar sono (kayak saya pernah pakai internet di luar negri aja) Anda bisa menggunakannya salah satu dari mereka, kalau bisa beli 2 modem untuk bisa menggunakan internet buat jaga – jaga kalau yang 1 koneksinya metong. Kalau kalian tanya saya pakai modem apa saya akan bilang saya pakai modemnya Smartfren dan juga XL untuk dirumah saya. Saya lebih sering pakai Smartfren dengan biaya langganann tiap bulannya Rp.150.000 (semoga Smartfren ngasih saya bonus GRATIS INTERNET SELAMANYA ketika baca brand mereka dimasukkan dalam artikel ini, saya akan masukkan logo smartfren selamanya di situs ini jika kalian memberikan saya Internet Gratis Selamanya)

3. Meja, Kursi Dan Ruang Kerja yang Nyaman dan VIP

Karena kita akan bekerja dari rumah, maka kita harus membuat ruang kerja kita nyaman dan membuat kita betah berlama lama di situ. Percayalah buat ruang kerja Anda seindah dan sebagus mungkin, jika perlu di ruangan itu ada perpustakaan mini, gitar, TV, Video Game dan meja untuk menikmati kopi sambil istirahat

4. Koneksi Internet

Setelah memiliki modem sudah pasti kita harus memiliki koneksi internet yang handal. Karena kalau layanan internet kita tidak handal, hal ini bisa mengganggu kerja kita. Anda bisa menggunakan Smartfren, XL dan juga Simpati.

5. Perusahaan Hosting

Nah hosting ini juga tidak kalah pentingnya, kita harus punya, Hosting adalah jasa pelayanan yang menyediakan tempat di internet supaya orang yang menyewa bisa menyimpan file-file website mereka. Secara sederhana hosting ini adalah yang membuat website kita bisa online dan bisa diakses oleh semua orang darimana saja. Beberapa layanan hosting yang bisa Anda gunakan adalah:

  1. HostGator
  2. HawkHost
  3. BlueHost
  4. NiagaHoster
  5. MasterWeb

Untuk informasi lebih lengkap tentang hosting Anda bisa membaca dan memilihnya di sini.

 

6. Website dengan Domain Pribadi

Website: Untuk bisa menjalankan dan Memulai Bisnis Affiliate Marketing, kita memang tidak harus memiliki sebuah website. Mengapa demikian? Ya karena semua website sudah disediakan oleh affiliate merchant kita tinggal mempromosikan produk mereka saja dengan gaya kita. Tetapi meskiipun mereka sudah memiliki website dengan konten yang sangat lengkap dan informatif sebaiknya kita harus mempunyai sebuah website pribadi!

 

Karena kita akan menempatkan link khusus kita yang akan mengidentifikasi bahwa orang yang membeli itu melalui link affiliasi kita. Nah link affiliasi ini yang akan merekam jejak atau yang membedakan antara marketer satu dengan marketer yang lainnya.

Domain: ini adalah alamat url website kita, contohnya adalah www.submitclimb.com, untuk membeli domain Anda bisa beli di:

  1. Namecheap
  2. GoDaddy
  3. NiagaHoster
  4. Masterweb

Saya ingin menjelaskan sedikit tentang website affiliate marketing, saya sarankan sebaiknya website yang nantinya akan Anda bangun ini sebaiknya sedikitnya memiliki 10 halaman (SEO CONTENT) contohnya seperti halaman Home, About Us, Privacy Policy, Disclaimers, sitemap dan halaman lainnya. Dan lebih bagus jika situs ini terus di update. Meskipun kebanyakan website money site jarang sekali di Update. Lain waktu kita akan membahas hal ini jika artikel sudah selesai saya tulis.

Kebutuhan Lain Yang Juga Tak Kalah Penting

Selain kebutuhan yang tadi sudah kita bahas diatas kita juga harus memenuhi kebutuhan lainnya, apa saja itu?

1. Kita Perlu Waktu

waktu-untuk-belajarKebanyakan dari kita biasanya susah sekali dengan yang namanya waktu, kadang ada saja alasan untuk tidak memiliki waktu? Untuk terjun dan Memulai Bisnis Affiliate Marketingkita harus mau menyediakan waktu untuk belajar, semakin banyak waktu yang kita curahkan semakin cepat kita memperloleh pengetahuan itu dan memahaminya. Namun sekedar memahami belum cukup, kita perlu yang namanya praktek dan praktek.

Buat Jadwal Yang teratur, ini penting sekali, misalnya dalam 1 hari itu kita mau pakai waktunya untuk apa saja? Misalnya pagi hari dari jam 8 – 11 menulis artikel jam 12 – 1 istirahat dst. Kemudian siapkan waktu 1 – 2 jam untuk belajar setiap harinya.

Saya tidak akan mengajarkan bagaimana caranya mengatur waktu karena setiap orang dari kita mempunyai manajemen waktu yang berbeda – beda. Dan setiap orang mempunyai kebiasaan dan cara bekerja yang tidak sama.

2. Modal

Sudah pasti semua bisnis harus memiliki modal, jadi meskipun Bisnis Affiliate Marketing adalah bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang relatif sedikit tetap kita harus menyiapkan modalnya. Modal ini akan kita gunakan untuk membeli komputer, modem, pulsa, domain, hosting, jasa seo dan masih banyak yang lainnya.

Jadi jangan biasakan gunakan yang gratisan meskipun itu disediakan, gunakan yang gratisan hanya untuk cadangan saja. Jadi dari penjelasan yang singkat ini kita bisa kita simpulkan bahwa kita harus menyiapakan dan meyediakan sejumlah investasi untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing ini.

Setelah Anda mengetahui semua hal yang harus Anda butuhkan untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing kini Anda tinggal menyiapkannya. Setelah semua sudah siap kita akan melakukan langkah selanjutnya. Apa saja itu, untuk singkatnya apa saja langkah selanjutnya adalah:

  1. Membuat kontent website
  2. Membuat Website Affiliate (Jika tidak bisa membuat website bisa gunakan jasa kami)
  3. Menempatkan link Affiliasi di website kita
  4. Mengoptimasi website kita agar ada pengunjung.

Semua hal di atas akan saya bahas satu persatu di artikel selanjutnya, jadi pastikan Anda terus mengunjungi website kami ini untuk mendapatkan informasi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top