skip to Main Content
Favorit Tips Memilih Nama Domain Yang Baik

Favorit Tips Memilih Nama Domain Yang Baik

Biasanya kalau kita ingin membuat sebuah website pasti kita semua pernah atau sempat berpikir dan melakukan hal seperti ini:

“Pilih nama domain apa ya yang cocok..?”

“Eh kamu ada ide nggak, buat nama domain websiteku?”

Pasti pernahkan mengalami hal itu…?

Bisa jadi kita akan memikirkannya berjam-jam bahkan sampai berhari-hari..

Tidak mudah memang untuk memilih nama domain yang baik untuk website kita.

Saya sendiri pernah mengalaminya.

Tetapi tahukah Anda ada beberapa Tips populer yang sering dijadikan panduan oleh orang-orang diseluruh dunia, termasuk para praktisi SEO…. Tips ini bisa membantu Anda mengatasi masalah ini…

Apa itu?

Kumpulan Tips Memilih Nama Domain Yang Baik.

Silahkan terus membaca artikel ini agar anda bisa mengetahui cara memilih dan menentukan nama domain yang baik untuk website anda.

Nama Domain adalah identitas Brand Anda

Sebelum kita membuat website langkah awal yang harus juga kita pikirkan adalah “Memilih Nama Domain Yang Baik”. Penggunaan nama domain yang tepat menjadi sangat penting untuk kesuksesakan Anda. Karena jika Anda salah memilih nama domain, hal ini bisa merepotkan kita, meskipun nama domain bisa kita ganti nantinya tetapi ini bisa berakibat fatal atas bisnis Anda dan selain itu bisa sangat-sangat merepotkan kita.

Nama domain bisa disamakan dengan identitas brand (Bisnis) Anda. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memilih nama domain yang baik sebelum mulai membuat website. Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips cara memilih nama domain yang baik sebelum anda memulai membuat website.

Di dalam artikel ini kami juga senang untuk memberitahukan kepada Anda tolls apa saja yang Anda butuhkan dan bisa Anda gunakan untuk memilih nama domain bahkan mendaftarkan nama domain baru Anda (Gratis*)

Tips Populer Cara Memilih Nama Domain Yang Baik

Ketika ingin memulai untuk membuat website atau blog, memilih nama domain bisa jadi membuat stress  juga…

karena kita tidak ingin membuat kesalahan diawal dan menyesal dikemudian hari.

Banyak sekali orang-orang yang baru ingin mulai ngeblog atau membuat website biasanya tidak memikirkan hal ini, bahkan beberapa orang yang sudah lama kadang-kadang juga masih memakai nama domain yang menurut saya kurang begitu baik untuk jangka panjangnya…

Mengapa memilih nama domain yang baik ini sangat penting? Anda akan mengetahui jawabannya setelah Anda membaca keseluruhan dari artikel ini.

Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih nama domain yang baik yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli domain:

1. Pilih Domain Name Extension yang benar, “.com” masih yang Terbaik.

Kita semua tahu ada begitu banyak ekstensi nama domain baru yang tersedia baru-baru ini, namun nama domain dengan ekstensi seperti .com, .net, dan .org pasti tidak asing bagi kita bukan?

Coba bayangkan Anda menggunakan ekstensi seperti ini “.pizza”, “.photography”, “.ninja” dan bahkan ada juga ekstensi “.blog”. Jika Anda ingin menggunakan ekstensi itu boleh-boleh saja, tidak ada yang salah dalam hal ini.

Saya secara pribadi selalu menggunakan ekstensi “.com”.

Jika Tidak Tersedia bagaimana? Saya akan menggunakan ekstensi ke dua, “.net” dan yang ke tiga “.org”

Apa alasannya?

Cukup sederhana “Karena Mudah di ingat Orang”.

Seandainya saja nih website Anda adalah seperti ini “pram.photography” dan para pengguna atau klien Anda dengan tidak sengaja mengetikkan “pram.photography.com”

Apa yang akan terjadi….???

sudah dipastikan website yang akan dituju tidak akan bisa dibuka bukan?

Saya secara pribadi selalu saja mengetikkan “.com” untuk beberapa website yang sering saya tuju padahal website itu menggunakan ekstensi “.net”.

salah satu contoh adalah website ini: dalam sebulan saya bisa mengunjungi website ini sebanyak 4 kali themeforest.net untuk membeli wordpress theme dan plugins, ini adalah situs tempat menjual themes, plugins dan lain – lain, meskipun saya sering mengunjungi situs itu tetap saja saya kadang-kadang saya selalu salah mengetikkan nama website itu.

Selain itu kebanyakan handphone yang kita gunakan sekarang ini banyak menggunakan keyboard otomatis yang menggunakan tombol “.com”.

Menurut Penelitian dari Registrar Stats, hampir 75% domain yang digunakan menggunakan ekstensi “.com” dan yang kedua adalah “.net” dan yang ke tiga “.org”

75% domain yang digunakan menggunakan ekstensi .com

Saran Saya: Jadi penting sekali untuk memilih dan menggunakan ekstensi “.com” untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti yang saya jelaskan itu. Jika tidak tersedia cobalah menggunakan ekstensi “.net” atau “.org”. Oh iya, pastikan untuk menghindari ekstensi aneh seperti ini “.club”, “.space”, “.pizza” “.ninja” dan seterusnya.

2. Nama Domain Yang Baik Mengandung Kata Kunci

Penggunaan kata kunci pada nama domain yang kita gunakan memang memainkan peran penting. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan nama kunci di domain yang kita gunakan secara tidak langsung kita memberitahu mesin pencari tentang tema website kita.

Namun hal ini perlu diimbangi juga dengan pengisian konten yang berkualitas dan yang memberikan manfaat untuk para pembaca website Anda, sehingga dengan demikian penggunaan kata kunci dalam website Anda bisa membantu memberikan sinyal peringkat di Google.

Sekarang ini  memang sangat sulit untuk bisa menemukan dan menggunakan nama domain yang sesuai dengan keyword yang ingin kita target, karena hampir semua nama domain sudah banyak yang digunakan oleh Orang lain. Jika masih tersedia, pasti akan dijual dengan harga yang fantastis.

Contoh: misalnya Anda ingin menargetkan kata kunci “Photography” jadi kita bisa membeli domain yang mengandung keyword tersebut “www.lindaphotography.com

Penggunaan keyword dalam nama domain sampai sekarang masih jadi perdebatan, ada yang mengatakan penggunaan keyword di dalam nama domain sudah tidak berpengaruh lagi.

Pendapat ini bisa jadi ada benarnya juga, “tidak terlalu berpengaruh”,

tetapi penggunaan keyword di dalam nama domain juga tidak bisa diabaikan, sampai sekarang masih membawa pengaruh juga meskipun tidak terlalu besar (karena masih ada faktor lain dalam SEO).

Lalu kalau kita tidak menyisipkan keyword di dalam nama domain kita apakah bisa?

Sangat bisa…!

Apakah bisa merangking juga..??

B i s a…

Anda bisa mencari keywords dengan tools seperti: Google Keyword Planner, Keywordtool.io, atau Keyword Snatcher yang bisa Anda download Premium Softwarenya di sini: Alternatif Keyword Tool Gratis

3. Nama Domain Yang Baik, Singkat, mudah diingat dan diucapkan

Penggunaan kata kunci didalam nama domain memang penting namun harus diingat jangan menggunakan nama domain yang terlalu panjang juga karena lebih baik untuk memiliki dan menggunakan nama domain yang singkat sehingga..

…mudah untuk diingat dan juga mudah untuk diucapkan.

Nama Domain yang baik sebaiknya tidak lebih dari 15 karakter. Karena nama domain yang lebih dari 15 karakter biasanya sangat sulit untuk ditulis dan diingat bagi pengunjung website.

Belum lagi kalau terjadi kesalahan pengetikan nama domain, ini bisa saja terjadi jika nama domain kita terlalu panjang. Anda bisa kehilangan pengunjung jika hal ini terjadi.

Menurut penelitian dari sebuah majalah bagi entrepreneurs, Gaebler.com, website yang baik memiliki sekitar 6 karakter untuk nama domain mereka

website yang popular hanya 6 karakter

Source: Gaebler.com

 

Inilah alasannya mengapa kami sangat menganjurkan Anda untuk tetap menggunakan nama domain yang singat.

4. Nama Domain Yang Baik Unik

Nama Domain dari blog atau website Anda harus unik, sehingga hal ini bisa memudahkan pembca website Anda untuk membedakan antara nama domain Anda dengan nama domain orang lain. Langkah terbaik adalah  jika kita melakukan riset terlebih dahulu untuk niche yang ingin kita gunakan sebelum membeli domain.

Tujuannya apa?

Kita tidak ingin memilih dan menggunakan nama domain yang melanggar trademark yang akan mengakibatkan kerugian.

Anda bisa dituduh telah menyalin blogger lain,

Dan akhirnya Anda dituntut oleh mereka…

5. Hindari Menggunakan Tanda Hubung

Jangan pernah menggunakan nama domain dengan tanda hubung (-). Biasanya domain-domain yang menggunakan tanda hubung masuk atau banyak dikenali sebagai website spam.

Pasti kita tidak ingin memberi kesan yang buruk kepada para calon pengunjung website kita bukan?

Selain itu penggunaan tanda hubung (-) dalam nama domain rentan sekali dengan salah ketik.

Jika Anda benar-benar memaksa untuk menggunakan tanda penghubung dalam domain yang akan Anda gunakan hanya karena nama domain itu sudah tidak tersedia lagi, ini akan berakibat fatal, bayangkan seandainya calon pengunjung Anda lupa mengetikkan tanda penghubung bisa jadi dia akan menuju situs yang lain atau pesaing Anda.

6. Hindari Menggunakan Huruf yang dobel dalam nama domain.

Mengapa saya menyarankan Anda untuk menghindari penggunaan huruf yang dobel dalam nama domain Anda?

Penting untuk mengindahkan kata-kata ini…

Ini bisa mengakibatkan kesalahan pengetikan dan akhirnya kehilangan pengunjug (losing traffic). Sebagai contoh perhatikan nama domain ini “Presssetup.com”.

kita bisa saja salah ketik bukan?

Jadi penggunaan huruf yang dobel dalam nama domain rentan sekali dengan kesalahan pengetikan.

7. Periksa Ketersediaan Akun Socila Media dan Trademaks

Hal yang juga tidak kalah penting adalah memeriksa ketersediaan nama domain kita dan juga akun social medianya, serta periksa apakah merk dagang itu sudah digunakan oleh orang lain dan terdaftar agar kita terhindar dari masalah hukum dan tidak dituntut oleh pemiliknya.

Untuk membangun sebuah brand baru atau website baru, idealnya kita HARUS memiliki nama website yang sama dengan ketersediaan nama domain di akun social media juga.

Hal ini akan membantu mengingat para pengunjung website Anda dan mempermudah pengunjung website, penggemar dan juga pelanggan Anda untuk menemukan website Anda.

Penting untuk menghindari pelanggaran dan masalah hukum.

Jadi, bagaimana Anda bisa dengan cepat untuk mengecek ketersediaan nama domain Anda di akun social media?

Cukup mudah, kita bisa menggunakan tool seperti Knowen dan Namecheckr. Anda cukup mengetikkan nama domain Anda di sana dan tunggu beberapa saat tool itu akan memberikan hasil dari pencarian dan menunjukkannya kepada Anda jika semuanya tersedia.

8. Gunakan Domain Name Generator untuk mendapatkan ide

Pada poin kedelapan ini mungkin Anda sudah memiliki ide atau gambaran umum tentang nama domain yang akan Anda gunakan. Tetapi Anda ingin memastikan apakah domain Anda sudah digunakan oleh orang lain atau belum.

Mungkin nama domainya sudah digunakan oleh orang, dan Anda ingin menggunakan nama domain yang mirip-mirip dengan itu.

Anda bisa menggunakan domain name generator untuk mengeceknya dan anda bisa menemukan ide-ide lain dari nama domain yang akan anda gunakan (kombinasi dari nama domain yang Anda pilih).

Berikut ini adalah beberapa domain name generator favorit yang sering kami gunakan, silahkan Anda mencobanya:

Lean Domain Search
BustAname
Namemesh

9. Segera Amankan Domain Pilihan Anda.

Nama domain bisa terjual dengan sangat cepat, hanya beda beberapa detik saja nama domain incaran Anda bisa jatuh ketangan orang lain, saya pernah mengalaminya.

Jadi jangan pernah berpikir panjang untuk membeli atau meregister nama domain Jika Anda sudah yakin dengan domain itu, apalagi itu adalah nama bisnis Anda. Untuk membeli nama domain harganya sangat murah jadi jangan tunda lagi supaya Anda tidak menyesal.

Jika Anda kesulitan untuk membeli nama domain diluar negeri karena masalah kartu kredit atau Paypal segera hubungi kami sekarang juga, kami siap membantu Anda untuk mendapatkan domain baru Anda.

Tempat Terbaik Untuk Membeli Domain (Place to Register a Domain name)

Jika kita mau data satu persatu pasti ada begitu banyak list penyedia domain registrans di Internet. Sangat penting untuk memilih dengan hati-hati salah satu dari mereka, karena bisa jadi akan sulit untuk memindahkan domain Anda di kemudian hari.

Sebetulnya hampir sama seperti Web Hosting, harga untuk sebuah domain bisa sangat bervariasi harganya, mulai dari $9 hingga $24.

Berikut ini adalah beberapa tempat penyedia domain terpercaya yang banyak digunakan dan direkomendasikan oleh banyak Orang termasuk kami.

Domain Gratis jika Menggunakan Hosting kami.

Hampir semua Penyedia Web Hosting memberikan penawaran untuk pendaftaran domain gratis (Domain Gratis) jika kita berlangganan hosting di tempat mereka.

Jika Anda ingin memulai membuat website dan ingin irit, menerima tawaran ini adalah ide yang bagus, Anda mendapatkan domain secara gratis.

Namun kami biasanya menggunakan domain dan hosting yang berbeda, alasannya supaya kalau terjadi apa-apa saya masih punya nama domainnya.

Berkut ini adalah beberapa penyedia web hosting yang menawarkan domain gratis:

BlueHost – Salah satu penyedia web hosting tertua dan terbesar. “WordPress” secara resmi merekomendasikan mereka.

SiteGround – Salah satu penyedia Hosting yang paling populer dan memiliki rating (nilai) tertinggi. “WordPress” juga secara resmi merekomendasikan mereka sebagai penyedia web hosting terbaik.

iPage – Memiliki pengguna yang cukup banyak dan mereka adalah penyedia web hosting dengan anggaran yang sangat terjangkau $2.75/bulan dan Anda sudah mendapatkan domain gratis. Murah sekali ya…

NiagaHoster – Penyedia web hosting Indonesia ini juga terbilang handal. Mereka memberikan harga termurah Rp.15.000 / bulan (Pilih cPanel)

MasterWeb – Ini adalah web hosting indonesia no 1, layanan cepat dan mereka juga menawarkan digital marketing dengan menggunakan AdWords. (Pilih cPanel)

Idwebhost – Salah satu Web Hosting Indonesia murah. Sampai sejauh ini pelayanannya terbaik, bisa dibilang sangat profesional

MasterWeb – Banyak yang puas dengan penyedia web hosting asal Indonesia yang satu ini, support team yang cekatan dan pilihan harga yang disesuaikan kebutuhan kita.

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwa hampir semua penyedia web hosting menawarkan pendaftaran domain gratis (domain gratis) selama 1 tahun saja. Setelah melewati tahun pertama domain Anda harus diperpanjang atau diperbarui dan biasanya biaya untuk memperpanjang sebuah domain sekitar $12 – $14 per tahun (harga bisa jadi berbeda-beda tiap penyedia hosting dan bisa berubah sewaktu-waktu)

Banyak orang yang mengambil keuntungan dari domain gratis yang ditawarkan penyedia hosting ini hanya untuk tahun pertama saja, setelah mau masuk tahun ke dua mereka memindahkan domain mereka ke penyedia domain registrans lain yang memiliki harga lebih murah, sehingga mereka bisa irit beberapa dolar. (ide yang bagus juga)

Berikut ini adalah Penyedia Domain Registrars Terpercaya.

GoDaddy – adalah domain registrars terbesar di dunia. Kalau tidak salah mereka mengelola lebih dari 64 juta nama domain dari 14 juta pelanggannya (bisa jadi sekarang lebih dari itu)

Mereka sebenarnya juga menawarkan web hosting juga, jadi jika Anda menggunakan Hosting mereka Anda bisa mendapatkan domain gratis juga.

NameCheap – hampir semua domain yang kami miliki, kami register di namecheap, mereka adalah penyedia domain registrar yang populer, banyak tawaran menarik yang mereka berikan sehingga kita banyak mendapatkan keuntungan, salah satunya adalah free domain privacy.

Bonus Tip

Jika Anda ingin memulai sebuah blog atau personal website, mungkin pilihan yang terbaik adalah dengan menggunakan nama pribadi Anda.

Penggunaan nama pribadi di domain akan membantu Anda untuk lebih cepat dikenal, ini akan menjadi strategi yang baik “YourName.com”. Bisa membuat blog/website Anda menjadi lebih besar jika Anda mengisinya dengan artikel-artikel yang menarik. Anda pasti  bangga bisa memiliki nama domain sesuai dengan nama Anda.

Jika nama Anda terlalu panjang atau sulit untuk di tulis atau diucapkan, atau nama domain dengan nama Anda sudah digunakan oleh orang lain Anda bisa menggunakan nama panggilan Anda nama marga atau kombinasi dari nama Anda itu.

Penutup

Ya, kami rasa sudah semuanya kami tulis tentang Tips Memilih Nama Domain Yang Baik, kami berharap artikel ini benar-benar bermanfaat dan bisa membantu Anda bagaimana Memilih Nama Domain Yang Baik untuk blog atau website bisnis Anda.

Jika Anda suka dengan artikel ini, Anda bisa share kepada teman-teman atau saudara Anda, Pastikan juga untuk subscribe YouTube Channel kami untuk mendapatkan berita dan tutorial terbaru dalam bentuk video. Anda juga bisa menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Back To Top