skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Memilih Mikrofon Terbaik Untuk Komputer

Memilih Mikrofon Terbaik Untuk Komputer

Bingung Saat Memilih Mikrofon Untuk Komputer.

Bingung juga ya sewaktu kita mau memilih Mikrofon Untuk Komputer dan Laptop yang bagus dan yang sudah banyak di Gunakan oleh orang. Karena kalau kita cari di Google dengan kata kunci mikrofon untuk komputer atau mikrofon untuk laptop pasti yang muncul kebanyakan artikel yang berisi link yang ujung-ujungnya jualan ke website tertentu.

Entah Anda menggunakan Komputer PC atau Mac kita pasti kadang-kadang membutuhkan namanya mikrofon. Untuk mereka yang sering membuat video tutorial, YouTuber dan Pengisi Suara pasti sangat membutuhkan alat yang satu ini.

Memilih mikrofon untuk komputer memang susah – susah gampang dan juga bergantung dari budget, model mikrofon apa dan mau kita gunakan untuk apa mikrofon itu. Saya secara pribadi memiliki pilihan mikrofon yang mungkin bisa Anda gunakan untuk semua kebutuhan “Blue Yeti USB Microphone”. Kami tahu banyak orang yang memiliki kebutuhan mikrofon yang berbeda-beda  dan kemungkinan Anda menginginkan mikrofon yang jau lebih baik dari model ini. Saya akan sedikit memberi review singkat dan juga perbandingan dari beberapa mikrofon yang terbaik dan bisa digunakan untuk komputer.

Beberapa Faktor Saat memilih Mikrofon Untuk Komputer.

  • Anggaran Anda – Mikrofon Komputer sebetulnya tidak terlalu mahal, dan harga dipasaran mikrofon yang dibandrol dengan harga yang terjangkau dengan mikrofon yang memiliki harga yang agak tinggi menurut saya mikrofon yang dijual dengan harga yang terjangkau kualitasnya tidaklah terlalu jelek. Faktor pertama yang akan menjadi penentu adalah microfon seperti apa yang akan Anda pilih. Jadi jika Anda ingin menabung untuk menginvestasikan mikrofon yang baik untuk keperluan kerja Anda silahkan memilih yang terbaik untuk Anda setelah Anda membaca artikel ini.
  • Jenis Mikrofon – Ada beberapa jenis mikrofon yang paling sering dipasang dan digunakan di komputer. Jenis mikrofon yang paling umum yang digunakan di komputer adalah USB, Standar 3,5 mm, dan juga beberapa mikrofon kondesor (low-end). Tipe mana yang paling cocok dan kamu suka? Kami mencoba menyebutkan beberapa pilihan mikrofon USB di dalam artikel ini sehingga nantinya bisa membantu Anda memilih mikrofon mana yang cocok dengan budget dan kebutuhan Anda.
  • Mac atau PC – Pada umumnya kedua jenis komputer dan sistem operasi kedua jenis komputer ini memiliki konektivitas yang sangat umum seperti port USB. Jadi cara pemasangannya terbilang cukup mudah meskipun teknologi terus bergerak maju. Jadi tidak masalah jenis komputer apa yang Anda gunakan Anda bisa menggunakan mikrofon yang sama.
  • Penggunaan Sesuai Kebutuhan Anda – Anda menggunakan mikrofon untuk apa? Beberapa orang banyak menggunakan mikrofon komputer untuk keperluan seperti Podcatsing, vlooging, game, obrolan skype, voice-overs, musik/vocal dan kegunaan lain. Memang beberapa kebutuhan yang kami sebutkan itu mungkin harus menggunakan mikrofon kondensor profesional tetapi dengan beberapa pilihan mikrofon yang akan kami sebutkan dibawah ini bisa membantu Anda untuk memilih dan menggunakan mikrofon untuk kebutuhan Anda yang lain.

Beberapa Pilihan Mikrofon terbaik untuk Komputer

Blue Yeti

mikrofon blue yeti

Pasti ketika membaca merk mikrofon ini ada yang ketawa, sama saya juga tertawa saat membaca merk mikrofn ini, dari namanya yang lucu dan review dari para penggunanya membuat saya akhirnya memutuskan untuk membeli mikrofon yang satu ini. Menurut saya Blue Yeti adalah salah satu mikrofon yang terbaik untuk komputer karena fleksibilitas dan juga suara audio yang sangat jernih. Mikrofon ini menurut saya sama bagusnya seperti mikrofon studio yang lain. Blue Yeti juga bisa dilipat, kita putar dan kita sesuaikan – pokoknya sangat serbaguna dan mudah beradaptasi. Harga mikrofon Blue Yeti sekitar Rp.2,5 Jutaan.

Audio Technica AT2020

mikrofon Audio Technica AT2020

Audio Technica AT2020 salah satu mikrofon yang juga saya miliki, dari hari ke hari review dari para pengguna banyak yang mengatakan mereka puas dengan mikrofon yang satu ini, hal pertama yang saya suka adalah dari desainnya yang sangat elok dan indah. Ini adalah pilihan utama yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mikrofon kerja di komputer Anda. Harga Mikrofon Audio Technica AT2020 kalau tidak salah sekitar Rp.1,3 Juta.

Samson Go Mic

mikrofon samson go mic

Samson Go Mic juga salah satu mikrofon untuk komputer yang bagus menurut kami. Anda tinggal plug and play saja, jadi Anda bisa langsung colok ke PC atau Mac Anda dan Anda sudah bisa langsung menggunakannya (Dengan asumsi komputer Anda memiliki kabel USB) Anda juga tidak perlu menggunakan driver apa – apa. Mikrofon ini bisa Anda gunakan untuk merekam vocal, musik dan podcast, skype dan penggunaan lainnya. 16-bit resolution dengan respons frekuensi 20Hz sampai 18 kHz memberikan beberapa fitur audio baik. Harga Mikrofon Samson Go Mic sekitar Rp.600.000an.

Razer Seiren Elite

mikrofon Razer Seiren Elite

Razer Seiren Elite juga salah satu mikrofon terbaik untuk laptop Anda, apalagi jika digunakan untuk bermain game. Kualitas audio bagus, konektivitas USB. Memiliki dudukan alas untuk mikrofon dan juga dilengkapi dengan shock mount yang bisa membantu meminimalkan kebisingan saat rekaman audio. Harga Mikrofon Razer Seiren Elite sekitar Rp.2,5 jutaan.

Focusrite Scarlett 2i2 Studio

 

Ini adalah mikrofon profesional yang dijual secara paket, kualitas suara atau Kejernihan suara yang dihasilkan juga sangat luar biasa tinggi. Harganya memang sedikit lebih mahal karena mereka menjual sekalian dengan headphone dan power supplay untuk membantu suara keluar lebih baik dan tinggi. Tapi percayalah mikrofon ini pasti akan Anda sukai, saya secara pribadi sangat suka external power yang sudah sekalian di dalam paket mikrofon ini. Harga Mikrofon ini sekitar Rp.3,6 jutaan.

Flouren BM-800

mikrofon Flouren BM-800

Flouren BM-800 juga masih mikrofon terbaik untuk komputer, harganya terbilang cukup murah dan menghasilkan kualitas yang bagus. Dilengkapi dengan shock mount untuk membantu Anda mengurangi kebisingan saat merekam suara. Harga Mikrofon Flouren BM-800 dibandrol sekitar Rp.400.000 an.

Tonor Mikrofon Kondensor SF666

mikrofon Tonor Mikrofon Kondensor SF666

 

Bagi Anda yang memiliki Anggaran ketat mikrofon yang satu ini menurut saya sangat bagus dan bisa digunakan untuk merekam audio. Penggunaannya juga sangat mudah tinggal plug and play saja. Harga Mikrofon ini dibandrol sekitar Rp.100.000 an.

Takstar TCM-370

mikrofon Takstar TCM-370

Takstar TCM-370 memiliki port input 3.5mm. kita bisa menggunakan mikrofon ini untuk PC, laptop bahkan untuk smartphone kita. Kualitas suaranya menurut saya tidak kalah jernih dengan mikrofon yang lain. Harga Mikrofon ini sekitar Rp.200.00 an.

Genius 01A

mikrofon Genius 01A

Salah satu mikrofon yang bisa Anda gunakan untuk keperluan kerja Anda dengan harga yang terjangkau adalah mikrofon ini. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Tinggal Anda colok Anda sudah bisa langsung menggunakan mikrofon ini tanpa harus menggunakan alat tambahan lain. Oh iya jika kualitas suara agak kurang bagus Anda bisa mengakali dengan membungkus tisu setebal mungkin di ujung mikrofon dengan menggunakan karet, jika Anda memiliki busa mik kecil Anda bisa menggunakan ini, tapi ketimbang menggunakan busa menurut saya suara akan lebih bagus jika menggunakan tisu. Harga Mikrofon ini sekitar Rp.120.00 an.

Mengenali Jenis Mikrofon dan Memasang Mikrofon Profesional

Diatas  adalah beberapa model mikrofon untuk komputer yang bisa Anda gunakan. Jika Anda menggunakan mikrofon kondensor Anda bisa langsung memasang dan menggunakannya di komputer Anda, tetapi mikrofon jenis ini akan jauh lebih bagus jika kita menggunakan alat tambahan seperti adaptor atau kabel konverter sebelum Anda colokkan ke komputer.

1 Perhatikan Jenis Jack yang ada di ujung Mikrofon profesional – Pada umumnya mikrofon yang memiliki kualitas bagus (musik lebih tinggi) seperti mikrofon kondensor dan mikrofon profesional memerlukan sebuah adapter atau kabel konverter untuk mengkonversi sebelum kabel mikrofon di colok ke komputer kita, kalau tidak menggunakan alat ini, bisa jadi hasil suara tidak maksimal (kecil, kresek-kresek dll) kalah dengan mikrofon biasa seperti Genius 01A, nanti bisa Anda buktikan sendiri.

  • Ambil mikrofon Anda dan lihat dibagian pantat atau ujung mikrofon Anda, jika Anda melihat segitiga garpu di ujung mikrofon itu adalah jenis mikrofon XLR. Dalam hal ini Anda memerlukan kabel yang bisa untuk mengkonversi jack XLR ke port 8 inchi.
  • Jika ujung Jack berukuran seperempat inchi, atau seukuran kabel gitar listrik, gunakanlah kabel tambahan atau adaptor yang akan mengkonversi ke USB atau bisa juga ke ukuran depan inchi.. setelah itu Anda bisa langsung menghubungkan ke port mikrofon.

ujung jack mikrofon profesional

2 Gunakan Pengonversi yang sesuai dengan mikrofon – Mikrofon profesional dan mikrofon biasa jika ingin dihubungkan (pasang) ke komputer biasanya ada yang harus menggunakan adaptor soundcard tertentu supaya bisa berfungsi dengan baik di komputer. Mikrofon biasa kadang ada yang harus menggunakan  adaptor tapi kebanyak tidak mengharuskan menggunakan adaptor, sedangkan untuk mikrofon profesional (kondensor) biasanya harus menggunakan Adaptor, Power Supplay (contoh Phantom power supply) atau Soundcard (Contoh Soundcard Focusrite Scarlett Solo 2nd Generation)Phantom power supply

Note: Jika suara yang dihasilkan terputus-putus belilah Mixing board yang port USB.

 

3 Sekarang Saatnya Menguji Mikrofon – Setelah Anda memasang mikrofon ke komputer sekarang saatnya Anda mulai mencoba mikrofon yang baru saja Anda beli untuk memastikan apakah suaranya sudah bagus, apakah semua pengaturannya juga sudah benar. Cara yang paling mudah untuk dan juga paling cepat untuk mencoba level suara dan memeriksa pengaturan mikrofon Anda adalah dengan menggunakan software yang sudah terinstal di komputer kita. Pastikan semua kabel sudah terpsang dengan baik. Setelah itu silahkan buka program untuk merekam suara atau video screen recorder, lalu silahkan mencoba-coba, apakah suara Anda masuk, Apakah suara Anda terdengar dengan jelas dan keras? Jika terlalu kecil coba atur level volumenya.

  • Windows – Anda bisa menggunakan program Sound Recorder. Pada Mac Anda bisa menggunakan Quictime dan GarageBand.
  • Jika Timbul Masalah – Silahkan melihat keterangan yang ada dibawah ini jika sinyal mikrofon Anda tidak ada atau suara Anda tidak terdengar sama sekali.

Mengatasi Masalah Umum Yang Sering Terjadi

Periksalah pengaturan audio Masuk. Jika Anda sudah memasang mikrofon dan setelah mencoba tidak terdengar suara, silahkan mengecek pengaturan audio di komputer Anda, pastikan Anda sudah memilih pilihan saluran mikrofon yang benar dan mengatur level audio yang sesuai.

  • Pengguna Mac – tidak ada driver yang harus Anda setel atau periksa, biasanya Anda hanya cukup membuka system settings, klik sound dan kemudian pastikan Anda memilih input. Dan pastikan juga mikrofon yang Anda pilih sudah di centang, bukan memilih mikrofon bawaan Mac.
  • Pengguna PC – Silahkan menuju contro panel, lalu cari pengaturan hardware and sound. Kemudian klik Nanti akan muncul pop up jendela baru. Di bagian atas, klik recording dan nanti Anda akan meilihat tab mikrofon. Jika Anda melihat bagian itu tidak berwarna hijau di sampingnya ini menandakan mikrofon yang Anda pasang belum di pilih, klik mikrofon kemudian klik properties, Silahkan mengubah pengaturan yang ada di bawah menjadi Use this Device. Dengan demikian mikrofon akan secara otomatis digunakan sewaktu Anda mencolok kabel mikrofon ke komputer Anda.

Atur Level Audio Yang Masuk – Langkah ini sangat penting kita lakukan agar saat merekam, audio yang masuk tidak terlalu kecil atau berdengung. Kebanyakan komputer memiliki pengaturan yang sama dan mungkin hanya sedikit perbedaan saja. Anda harus mengatur level yang sedikit lebih tinggi jika Anda membeli mikrofon yang lebih rendah. Atur perubahannya dan dengarkan ingat jangan sampai berlebiha.

  • Pengguna Mac untuk melakukan hal ini Anda bisa mengaturnya dari menu System setting, lihat di sound
  • Pengguna PC untuk melakukan hal ini Anda bisa mengaturnya dari menu Hardware and sound di dalam menu sound

Periksa Volume Speaker Komputer – Jika Anda menggunakan speaker external pastikan Anda sudah mengatur volumenya dengan benar, dan pastikan pengaturan volume di desktop juga harus sudah benar. Jika tidak maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendengar apa-apa.

Periksa Mikrofon – Pastikan Tombol Mikrofon dalam kondisi on, kabel terpasang dengan baik.

Periksa Pengaturan Program yang Anda gunakan – Program untuk Audio, video dan sejenis biasanya memiliki beberapa pengaturan yang berbeda-beda. Periksalah pengaturannya agar suara Anda terdengar dengan baik.

Restart Komputer Jika Diperlukan – Setelah Anda melakukan semua pengaturan di atas jika audio masih tidak terdengar juga cobalah untuk restart komputer Anda kadang-kadang hal ini diperlukan untuk mengenali mikrofon Anda.

Jika setelah Anda melakukan restart mikrofon masih belum nyala juga, cobalah gunakan mikrofon di komputer yang lain untuk mengetahui apakah komputer yang mengalami masalah atau mikrofon Anda yang memang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top