skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Memilih Kacamata Anti Radiasi Komputer Terbaik

Memilih Kacamata Anti Radiasi Komputer Terbaik

Memilih Kacamata Anti Radiasi Komputer Terbaik

Pernahkah Anda mendengar tentang Kacamata Anti Radiasi Komputer? Bagi kebanyakan orang mungkin sudah sering mendengar dan tahu tentang kacamata anti radiasi. Bagi beberapa orang bisa jadi mereka belum pernah mendengar dan belum tahu fungsi dari kacamata ini.

Buat Anda yang bekerja di kantor menggunakan komputer pasti ada waktunya meraskan kelelahan di bagian mata atau tiba-tiba kepala Anda sering pusing, bahasa kerennya adalah Digital eye strain. Memang gejala seperti ini bisa saja tidak di rasakan oleh beberapa orang, tetapi seraya waktunya tiba Anda pasti juga akan kebagian terkena mata lelah karena memandang layar monitor terus-menerus. Baca juga Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Menatap Layar Komputer.

Saya secara pribadi baru mengalaminya beberapa bulan ini. Saya berpikir mungkin mata saya sudah mulai minus, akhirnya saya pergi ke dokter umum menggunakan BPJS (Nyobain pake BPJS lagi karena pernah di tolak pakai BPJS).

Dokter di klinik kecil kemudian merujuk saya ke dokter khusus mata di rumah sakit yang lebih besar. Setelah mendapatkan surat rujukan malam itu juga saya langsung menuju rumah sakit itu. Setelah di periksa oleh dokter, mata saya tidak ada masalah dan Dokter yang memeriksa saya hanya memberikan saya obat tetes mata.

Mengapa saya pergi ke rumah sakit? Karena sewaktu saya bekerja di depan komputer dalam beberapa jam saja kepala saya langsung pusing. Lama kelamaan pusingnya bisa sampai mual dan mau muntah juga. Ini pasti ada yang salah dengan mata saya pikir saya. Ternyata setelah ke dokter tidak ada masalah.

Solusi untuk mengatasi apa yang saya alami mungkin dengan menggunakan kacamata Anti radiasi. Akhirnya saya kemudian mencoba mencaritahu apa itu kacamata anti radiasi dan fungsinya. Karena saya secara pribadi belum pernah menggunakan kacamata jenis ini dan baru tahu juga ada kacamata Anti radiasi.

Mungkin buat Anda yang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami bisa juga mencaritahu tentang kacamata yang satu ini mulai dari mengapa harus menggunakan kacamata anti radiasi, cara kerjanya, harga kacamatanya dan juga keunggulan dan kelemahan dari kacamata anti radiasi ini.

Apa itu Kacamata Anti Radiasi?

Kacamata anti radiasi adalah adalah sebuah kacamata dengan lensa yang dirancang khusus untuk menangkal sinar radiasi yang biasanya dipancarkan oleh layar TV, Monitor, HP, Sinar matahari/UV dan juga Tablet.

Jadi ketika Anda menggunakan kacamata ini di depan komputer, lensa dari kacamata ini akan mengurangi cahaya yang memantul dari depan kaca, bahakan untuk beberapa kacamata Anti radiasi yang bagus sinarnya sama sekali tidak tembus ke belakang kacamata. Cahaya yang terlalu silau inilah yang menjadi penyebab mata cepat lelah.

Apakah Bermanfaat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi?

Menurut kami sendiri setelah mencoba menggunakan kacamata anti radiasi memang sangat membantu untuk mencegah dari efek berlama-lama melihat layar monitor komputer, pusing di kepala menjadi berkurang dan menghilang. Bagi mereka yang belum terkena efek dari berlama-lama di depan komputer kacamata ini menurut saya juga sangat membantu dan saya sarankan Anda untuk memiliki satu jika memang Anda adalah orang yang sering bekerja di depan komputer.

Buat mereka yang memang memiliki masalah dengan penglihatan mata seperti mata merah, mata kering, penglihatan buram, mata lelah dan beberapa masalah mata yang lain dan Anda harus bekerja di depan komputer dengan waktu yang lebih lama, kacamata Anti radiasi ini sangat cocok untuk digunakan.

Menurut Sumber yang kami baca dari sebuah artikel di Lifehacker yang menurut kami sangat penting dan menarik, di sana ada sebuah informasi dari seorang Dokter spesialis mata Dr. Jeffrey Anshel tentang efektif atau tidaknya dari menggunakan kacamata ini sebenarnya bergantung dari pemakainya.

Jika Anda memang tidak memiliki masalah soal mata, maka saat menggunakan kacamata ini mungkin tidak akan terasa pengaruhnya. Namun jika Anda mengalami masalah seperti yang saya alami maka Anda akan melihat ada perubahan jika menggunakan kacamata anti radiasi ini.

Yang perlu menjadi perhatian jika Anda menggunakan kacamata anti radiasi ini setelah mata Anda sakit atau merasa pusing, biasanya reaksi dari kacamata ini tidak bisa langsung dirasakan secara total. Dari pengalaman yang saya alami seperti itu. Saya harus berhenti bekerja selama 1 minggu, dan di minggu ke dua saya harus bekerja satu jam dan satu jam kemudian istirahat, kemudian bekerja lagi satu jam dan istirahat satu jam, begitu seterusnya salam minggu ke dua.

Setelah masuk minggu ke tiga saya mulai memperpanjang jam kerja saya seperti biasa hanya saja sekarang setiap 20 menit saya mengistirahatkan mata saya untuk melihat ke luar jendela atau melihat ke sekeliling. saya juga lebih sering bekedip untuk tujuan melembabkan mata saya.

Saran saya sebelum Anda membeli dan menggunakan kacamata anti radiasi silahkan periksakan mata Anda terlebih dahulu ke dokter khusus mata, konsultasikan ke Dokter tentang gejala yang Anda alami. Biasanya sih untuk kenyamanan Anda bekerja di depan komputer dalam waktu yang lebih lama, dokter mata akan memberikan resep kacamata yang mungkin sesuai dengan kebutuhan penglihatan Anda.

Efek Akibat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi (Kelemahan)

Apa efek menggunakan kacamata Anti radiasi? Pasti beberapa dari antara kita akan menanyakan pertanyaan ini jika ada yang berencana untuk membeli kacamata anti radiasi tanpa konsultasi terlebih dahulu ke dokter mata.

  • Efek atau tidaknya seperti yang sudah saya singgung di awal artikel, ini bergantung dari orang yang menggunakan dan juga kacamata anti radiasi yang di beli. Buat yang tidak memiliki masalah dengan mata lelah kacamata ini mungkin tidak begitu dirasakan manfaatnya meskipun pada kenyataannya kacamata ini memberikan manfaat dengan menahan cahaya yang terlalu banyak terlihat oleh mata.
  • Buat yang sudah mempunyai masalah dengan penglihatan mereka seperti minus jika anda sembarangan menggunakan kacamata maka bisa mengganggu penglihatan, jadi buat Anda yang sudah minus sebaiknya menggunakan lensa minus dengan menambahkan anti radiasi mata lensa Anda. Bisa juga membeli lensa minus baru dengan menambahkan anti radiasi yang khusus akan Anda gunakan saat Anda bekerja di depan komputer.
  • Buat yang memiliki masalah dengan Digital eye strain baik itu setelah menggunakan ataupun sebelum menggunakan perangkat digital seperti komputer dengan menggunakan kacamata anti radiasi pasti bisa membantu menghilangkan masalah itu. Perlu diketahui juga kacamata anti radiasi biasanya membantu penglihatan menjadi lebih jelas.
  • Kacamata Anti Radiasi Mudah Kotor. Kelemahan dari kacamata Anti radiasi adalah kacamata ini mudah kotor karena lapisan anti refleksi pada lensanya akan membuat lensa kacamata terlihat sangat jernih. Nah kejernihan lensa ini mengakibatkan kacamata anti radiasi lebih cepat terlihat kotor.

Jangan asal beli kacamata anti radiasi.

Saat akan membeli kacamata Anti radiasai sebaiknya jangan asal membeli kacamata. Karena beberapa kacamata anti radiasi mungkin tidak akan bekerja dengan baik atau malah sama sekali tidak memberikan perlindungan anti radiasi karena cuma dilapisi warna biru saja pada lensanya (barang palsu). Jadi pastikan untuk membeli kacamata yang benar-benar untuk anti aradiasi dan yang telah diuji mampu menghadang radiasi.

 

Saya sendiri melihat ada begitu banyak toko online yang menjual kacamata anti radiasi. Dari desain dan juga harganya sangat menggiurkan untuk dibeli. Yang perlu Anda lakukan sebelum membeli adalah menanyakan keaslian dari lensa kacamata itu sendiri, apakah memang lensanya anti radiasi benaran atau tidak, karena kalau tidak kacamata ini tidak ada bedanya dengan kacamata biasa yang tidak bisa memberikan efek perlindungan apa-apa.

Kacamata Anti radiasi biasanya memiliki warna yang bening atau terlihat tidak berwarna. Namun dari waktu ke waktu lensa anti radiasi juga mengalami perkembangan warna. Beberapa warna lensa anti radiasi yang saya tahu seperti photogrey, ini akan berwarna bening jika Anda berada di dalam sebuah ruangan dan lensa ini akan berubah warna saat Anda ke luar ruangan menjadi warna abu-abu.

Selain warna itu ada juga yang memiliki warna ungu, hijau, biru dan beberapa warna lain. Apakah harganya sama untuk setiap warna? Tentu saja berbeda-beda.

Sebagai informasi tambahan, seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang, hampir semua layar komputer sudah menggunakan penangkal untuk sinar radiasi yang sangat ketat sekali. Jadi beberapa pakar bahkan Dokter banyak yang menanyakan manfaat dari menggunakan kacamata anti radiasi di zaman sekarang ini?

Meskipun begitu, menurut saya sangat penting untuk menggunakan kacamata anti radiasi. Karena memang kacamata ini bisa melindungi kita dari bahaya sinar layar monitor dan digital eye strain.

Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Biasa

Menurut saya agak sedikit sulit jika kita ingin membedakan kacamata yang lensanya sudah memiliki anti radiasi atau tidak dengan melihatnya secara langsung tanpa bantuan sebuah alat.

Tetapi satu cara yang baru-baru ini saya coba tanpa menggunakan alat adalah mencobanya pada malam hari di mana saat ruangan menggunakan lampu penerangan, jika ruangan Anda gelap dan menggunakan lampu pada siang hari, Anda masih bisa mencoba cara ini.

Mengetes Kacamata Anti radiasi dengan laser

Cara Pertama. Coba ada letakkan kacamata Anda di bawah dengan lensa menghadap ke lampu. lihat pada lensa kacamata Anda apakah lampu ruangan terlihat sama atau berbeda warna menjadi hijau atau warna lainnya? Jika lampu ruangan terlihat sama tidak berubah itu menandakan lensa itu bukan lunsa anti radiasi. Karena dari lensa kacamata yang saya punya jika saya lihat lampu dari lensa, lampu itu terlihat berwarna hijau.

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetesnya menggunakan laser atau senter pengetes anti radiasi. Silahkan tembakkan lensa anti radiasi Anda dengan senter pengetes, jika tidak tembus maka lensa itu memiliki anti radiasi.

Cara ke tiga yang paling tepat dan di sarankan adalah Anda pergi ke optik dan menanyakan kepada mereka apakah lensa kacamata Anda memiliki lensa yang sudah di lengkapi dengan anti radiasi atau tidak.

mengetes anti radiasi dengan alat khusus

Kelebihan Kacamata Anti Radiasi

Setelah saya membahas tentang kelemahan dari kacamata anti radiasi, sekarang saya akan membahas tentang kelebihan dari kacamata anti radiasi. Berikut ini beberapa kelebihan dari kacamata ini yang bisa saya jelaskan kepada Anda:

  • Tidak Memiliki Efek Samping. Banyak orang mengira menggunakan kacamata anti radiasi bisa menimbulkan efek samping tertentu. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan rupanya kacamata anti radiasi sebenarnya tidak memiliki efek samping sama sekali. Mengapa bisa demikian? Karena jika Anda membeli kacamata anti radiasi yang sangat berkualitas biasanya memiliki lapisan ion yang sangat bagus dan canggih sehingga bisa menghadang radiasi elektromagnetik. Tentunya ada harga untuk kacamata yang berkualitas.
  • Mengatasi Masalah Digital eye strain. Lapisan pada lensa kacamata anti radiasi yang bagus bisa membuat kacamata mampu menghadang dan menyerap gelombang mikro dengan frekuensi yang sangat rendah. Sehingga kacamata ini mampu menghilangkan gejala digital eye strain yang sering terjadi contohnya seperti sakit kepala, mual, mata kering, berair dan kadang ada yang sampai demam.
  • Mampu Membuat Penglihatan Menjadi Lebih Jelas. Karena kacamata anti radiasi memiliki fungsi yang canggih dan bisa menghadang dan juga menyerap sinar yang berlebihan. Sehingga kacamata ini bisa membantu penglihatan untuk para penggunanya menjadi lebih jelas.
  • Direkomendasikan untuk orang yang bekerja di depan komputer, TV dan video game. Kacamata ini memang secara khusus di rancang untuk membantu orang-orang yang bekerja terlalu lama di depan komputer, buat orang yang suka menonton TV dan buat orang yang senang main game. Karena kacamata anti radiasi mampu mencegah menghadang sinar bernahaya ke mata anda.

Ya jadi itulah cara Memilih Kacamata Anti Radiasi Komputer Terbaik. Kita tidak bisa membeli kacamata anti radiasai begitu saja, karena sulit untuk membedakan mana yang menggunakan lensa anti radiasi mana yang tidak. Jika Anda ingin membeli kacamata secara online dengan merk yang mungkin kurang begitu terkenal dan pemilik toko yang Anda juga masih ragu kejujurannya sebaiknya tanyakan kepada pemilik toko, Apakah dia sudah pernah melakukan pengetesan sendiri atau hanya menjual saja dan belum pernah melakukan pengetesan.

Jika memang dia ragu sebaiknya jangan membeli kacamata anti radiasi itu meskipun harganya murah karena sayang uangnya. Belilah kacamata yang memiliki merk yang sudah dikenal jika Anda ingin membelinya secara online dan Anda malas untuk bertanya kepada pemilik toko online, karena sudah pasti barangnya asli meskipun kadang suka ada yang versi bajakannya juga.

Jika Anda sudah menggunakan lensa anti radiasi, cobalah juga untuk melakukan istirahat mata secara berkala. Saya biasanya setiap 20 menit suka melihat ke arah lain selama 20 detik atau melihat ke sekeliling saya. Karena ini akan sangat membantu menjaga kesehatan mata orang-orang yang bekerja di depan komputer terlalu lama seperti saya.

Semoga apa yang saya jelaskan di dalam artikel ini tentang Memilih Kacamata Anti Radiasi Komputer Terbaik bisa bermanfaat buat Anda yang membaca artikel ini. Jika artikel ini di rasa bermanfaat bantu kami untuk membagikan artikel ini dengan menekan tombol share ke akun sosial media yang Anda miliki, agar semakin banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top