skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Membuka Usaha Warung Kopi – Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Membuka Usaha Warung Kopi – Apa saja Yang harus dipersiapkan

Membuka Usaha Warung Kopi adalah salah satu impian banyak orang. Ini dibuktikan dengan meningkatkanya warung kopi baru yang didirikan. Suka atau tidak suka minum kopi, popularitas kopi memang tidak bisa disangkal-sangkal lagi. Berbagai macam warung kopi didirikan hanya untuk menarik keuntungan dan penikmat kopi, mulai dari warung kopi Modern, warung kopi tradisional, warung kopi sachet sampai warung kopi yang harganya mahal buatan seorang barista, semua menjadi pasar yang empuk untuk para penikmat dan pecinta kopi. Beberapa orang yang setiap harinya harus minum kopi minimal 1 kali sehari akhirnya juga mempunyai mimpi untuk membuka warung kopi sendiri.

Memulai membuat kedai kopi bisa jadi akan mengeluarkan modal yang sangat besar. Beberapa orang memperkirakan untuk membuka satu kedai kopi membutuhkan puluhan juta atau ratusan juta bahkan biasanya lebih dari itu. Estimasi dana yang harus disiapkan ini seringkali membuat banyak orang takut untuk membuka usaha kedai kopi.

Tapi tahukah Anda untuk memulai sebuah bisnis kedai kopi tidak harus selalu memiliki dan dimulai dengan menggunakan dana yang besar. Banyak orang yang sukses membangun usaha Kedai kopi mulainya hanya dengan modal yang sangat kecil sekali – relatif sedikit.

Mengapa Tertarik Membuka Warung Kopi

Mengapa mereka tertarik untuk membuka Usaha Coffe shop sendiri? Warung kopi adalah lahan subur untuk membangun bisnis yang bisa mendatangkan uang asalkan Anda tahu cara mengelola, mengembangkan dan juga mendatangkan penikmat kopi yang setia.

Ya selama Anda mempunyai modal, keahlian dan juga niat membangun usaha warung kopi sendiri bisa di wujudkan. Tetapi apa saja sih yang perlu Anda siapkan untuk memulai membuka usaha warung kopi ini, Apakah hanya memiliki modal, tempat dan pegawai saja sudah cukup?

Bisnis coffe shop memiliki banyak sekali aspek-aspek yang harus diperhatikan dengan serius karena kalau tidak Anda akan sia-sia mengeluarkan uang, bisa jadi usaha coffe shop yang Anda bangun hanya bisa berjalan dalam beberapa tahun atau mungkin bahkan hanya beberapa bulan saja. Tentu Anda tidak ingin seperti itu bukan?

Anda juga harus ingat bisnis kopi shop itu pekerjaannya seperti ini:

  • Menyeduh kopi
  • Melayani
  • Dibayar untuk melakukan hal di atas.

Jadi pada dasarnya pekerjaan dalam bisnis kedai kopi seperti itu, tetapi bisa saja nantinya akan menjadi lebih rumit seperti yang sedang Anda bayankan saat ini, tetapi pada dasarnya seperti itu.

Anda hanya perlu beberapa hal dasar: air, kopi, mungkin beberapa jenis kopi dan mesin pembuat kopi (Bisa macam-macam). Anda pasti sering membuat kopi sendiri setiap hari di rumah, tepatnya di dapur kita dengan mudah dan bahkan dengan peralatan yang sederhana.

Yang ingin saya sampaikan dari kata-kata itu adalah bisnis warung kopi tidak harus selalu di mulai dari hal yang rumit, mahal atau sebuah impian yang tidak mungkin bisa di capai.

Mari bersama-sama kita belajar hal-hal penting apa saja yang harus kita persiapkan sebelum benar-benar memulai Usaha Coffe shop atau Membuka Warung Kopi, karena sekedar bisa membuat atau menyeduh kopi saja bukan berarti Anda sudah bisa dan akan sukses membuka bisnis warung kopi meskipun tempatnya sangat strategis.

# Pertama. Siapa Target Konsumen Anda.

Ini adalah hal pertama yang menurut kami harus dipikirkan lebih dahulu sebelum membuka ushaa kopi. Banyak orang yang ketika membangun sebuah usaha sukanya asal membangun usaha, yang penting modal ada, bangun usaha tetapi tidak menentukan siapa target konsumen yang mau mereka bidik dan beberapa hal penting lain yang akan kita bahas juga di sini nantinya. Dan akhirnya setelah baru berjalan beberapa bulan atau tahun usaha warung kopi mereka sudah tutup. Jadi pastikan kamu sudah memikirkan dengan baik siapa sih mereka ini, apakah orang kantoran, mahasiswa, penduduk setempat atau siapa?

# Kedua. Dimana Lokasi Coffe Shop.

Pemilihan lokasi sebenarnya berhubungan dengan target konsumen kita dan juga bisa menentukan perkembangan bisnis kita meskipun tidak selalu semua akan seperti itu. Pastikan lokasi yang Anda pilih mudah dijangkau dan tempatnya tidak mudah terjadi longsor atau membahayakan orang lain jika terjadi gempa atau hujan yang lebat.

Biasanya banyak orang akan memilih tempat yang dekat dengan jalan raya utama atau di pinggir jalan, dekat dengan pusat kota, kawasan kampus, perkantoran dan juga tempat perbelanjaan. Selain itu Kebersihan sekitar lokasi (tempat) juga harus di jaga dan diperhatikan, keindahan lokasi akan menjadi poin lebih jika memang Anda bisa mendapatkannya.

PENGALAMAN PRIBADI: Biasanya Saya selalu mencari tempat makan atau coffe shop yang nyaman, tidak berisik, jauh dari tempat nongkrong para begundal dan tempatnya memiliki desain yang unik atau bagus pasti akan membuat saya nyaman dan betah untuk datang kembali dan berlama – lama di sana. Bagus yang saya maksud di sini tidak selalu memaksudkan gedung yang keren dan dibangun dengan biaya mahal, ini bisa mengartikan kedai sederhana dengan tempat yang unik dan punya ciri khas.

# Ketiga. Menentukan Konsep Warung Kopi.

Hampir semua kafe bahkan warung kecil sekalipun sekarang ini mempunyai konsep yang matang. Jadi sebelum Anda membuka usaha coffe shop sebaiknya duduk bersama dan pikirkan konsep apa sih yang akan diterapkan untuk coffe shop yang akan saya bangun ini. Kami rasa jika Anda sudah menetapkan target pasar untuk membuat konsepnya akan jauh lebih mudah.

# Keempat. Pikirkan Desain dan Interior Kedai Kopi.

Setelah konsep matang, selanjutnya adalah Anda harus mulai memikirkan desain kedai kopi Anda termasuk juga mendesain interior warung kopi yang sesuai dengan konsep yang sudah Anda buat. Bentuk warung kopi tidak harus mewah, ini bisa dibuat sesuai tema dan dana yang Anda anggarkan. Yang terpenting adalah buat tempat itu senyaman mungkin agar pelanggan-pelanggan Anda mau datang dan menikmati kopi plus makanan yang ada di warung kopi Anda.

# Kelima. Memilih Penyedia Kopi Berkualitas.

Pastikan untuk mencari dan memilih penyedia kopi yang bisa di percaya dan punya kopi yang terbaik. Karena biasanya para penikmat kopi tahu mana kopi yang terbaik dan tidak. Setelah menemukan penyedia jenis-jenis kopi yang baik dan terpercaya kita akan masuk ke tahap selanjutnya. Ingat saat ada produsen yang menawarkan harga yang lebih murah jangan terburu-buru untuk mengambil darinya, coba dipertimbangkan lagi mengenai kualitas, ongkos kirim kopi dan beberapa hal lain.

# Keenam. Modal.

Meskipun Anda bisa membuka bisnis kopi dengan dana yang minim. Anda juga perlu memikirkan dengan matang-matang soal dana ini apalagi jika Anda ingin mendirikan bisnis ini bersama keluarga, teman atau dengan investor. Buatlah perjanjian sebelum Anda benar-benar menjalankan bisnis ini. Jangan sampai Anda tidak membuat surat perjanjian, agar tidak terjadi hal-hal yang bisa menimbulkan pertengkaran di kemudian harinya.

Yang namanya baru mendirikan sebuah usaha bisa jadi di tahun-tahun pertama Anda tidak akan menghasilkan uang atau keuntungan. Hal ini harus sudah Anda pahami, merugi pada awal membangun sebuah bisnis rintisan adalah hal yang biasa. Jadi pastikan Anda tahu hal ini, bersabar dan harus memiliki tabungan yang bisa dibilang cukup untuk biaya operasioanl selama tahun-tahun awal bisnis di mulai.

# Ketujuh. Pemasaran.

Punya lokasi yang tidak strategis dan strategis menurut saya belum cukup untuk membuat kedai warung kopi Anda di tahu oleh banyak orang. Untuk membantu melancarkan usaha warung kopi Anda, diperlukan strategi pemasaran yang tepat misalnya seperti memberikan fasilitas wifi, buku bacaan, TV, nonton bareng di acara siaran langsung tertentu, menyebarkan brosur, bonus dll. Saya pernah mendapatkan voucher makan gratis di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di jimbaran Bali, Samasta. Sewaktu mereka opening selama beberapa hari semua orang di undang untuk datang, mereka bisa makan dan mencoba makanan yang ada di sana secara gratis dengan menukar kupon yang mereka dapatkan saat masuk ke dalam lokasi.

Strategi pemasaran seperti ini memang terkesan kita akan merugi, tetapi sebetulnya tidak kalau menurut saya. Kenapa? Karena tujuan awal untuk memperkenalkan usaha yang baru berdiri di tempat itu sudah tercapai, orang-orang tahu apa saja yang ada di sana dan yang dijual.

 

Menggunakan sosial media untuk tujuan promosi meskipun gratis mampu memberikan dampak yang bagus dan efektif. Banyak orang menganggap sosial media tidak bagus untuk digunakan karena akan menghabiskan banyak waktu. Menurut saya jika digunakan dengan bijaksana sosial media mampu mencapai tujuan untuk memperkenalkan bahkan bisa untuk jualan juga. Pelajari Cara Kursus Facebook Ads Gratis di sini!

# Kedelapan. Pilih Nama Brand & Buat Logo.

Ini adalah hal yang penting sekali. Warung kopi Anda bisa dikenal jika memiliki nama. Banyak orang sering melakukan kesalahan di sini. Meskipun nama warung kopi mungkin terkesan tidak terlalu penting, ada baiknya Anda harus hati-hati saat memilih dan menggunakan sebuah nama untuk warung kopi Anda. Sebagai contoh teman saya yang sama-sama tinggal di bali membuka sebuah kedai kopi. Dia menggunakan nama “Biji Kopi” untuk warung kopi yang akan dia didirkan. Ini tebakan saya, saat dia memilih nama itu untuk warung kopi mereka saya sangat yakin sekali mereka tidak mengecek terlebih dahulu nama itu di Internet, apakah sudah ada yang menggunakan nama itu atau tidak. Nah saran saya sebaiknya Anda mengecek nama yang Anda pilih dengan menggunakan bantuan Aplikasi berbasis web ini namecheckr dan knowem. Masukkan nama yang Anda akan gunakan untuk warung kopi Anda di kolom pencarian kemudian klik search. Silahkan periksa apakah nama website, akun sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook dll untuk warung kopi Anda sudah di pakai orang atau belum. Jika sudah ada yang menggunakan silahkan coba menggunakan nama yang lain yang lebih unik dan belum pernah ada yang menggunakannya. Coba bayangkan jika usaha warung kopi ini nantinya sampai besar, terkenal dan nama yang Anda gunakan sama atau mirip-mirip dengan nama warung kopi orang lain?

# Kesembilan. Pelayanan

Dalam semua usaha apapun pelayanan adalah hal yang sangat penting. Jika kopi kita enak, lokasi kita strategis, tempatnya nyaman tetapi jika pelayanan yang diberikan kurang baik ini juga bisa mempengaruhi perkembangan bisnis.

Usaha Kedai Kopi dengan dana terbatas

Memulai Bisnis Warung Kopi Dengan Dana Terbatas itu mungkin. 

Pembahasan di atas mungkin terdengar membutuhkan modal yang besar, sebenarnya tidak juga, memulai bisnis Warung Kopi dengan dana yang terbatas itu mungkin, saya akan menunjukkan beberapa ide dari pengusaha kopi yang sudah Anda untuk membantu Anda dalam membangun usaha warung kopi yang murah (dana yang terbatas) dengan mempertimbangkan beberapa hal ini:

STRATEGI PERTAMA: MENUMPANG (MEMBONCENG) DI BISNIS YANG SUDAH ADA

Kita bisa membangun Coffe Shop (Kedai Kopi) dengan menjalin hubungan simbiotik di mana ke dua bisnis (bisnis kopi Anda dan bisnis lain) dapat saling membantu dan menghasilkan dorongan yang dibutuhkan oleh ke dua bisnis untuk mendatangkan pelanggan dan pendapatan kedua bisnis.

Manfaat Menumpang (Membonceng) di Bisnis yang sudah ada:

Harga Sewa Rendah – Dengan memanfaatkan ruangan yang ada yang tidak digunakan oleh pemilik bisnis yang sudah menjalankan bisnisnya, Anda bisa menanyakan kepada pemilik bisnis apakah ruangan di sebelah bisa di sewa, jika bisa Anda bisa menegosiasikan harga sewa yang lebih rendah ketimbang hars menyewa tanpa membonceng di bisnis yang sudah ada.

Mendatangkan Pelanggan – Pelanggan dari bisnis yang sudah berjalan saat mereka belanja akan melihat jika di sana telah dibangun sebuah Kedai Kopi. Suatu saat jika mereka ingin minum kopi dan menikmati makanan, mereka sudah tahu kalau di situ ada kedai kopi Anda.

Berikut ini beberapa Ide untuk membuka Kedai Kopi dengan Modal Kecil

Bisnis Kopi dan Toko Buku Bekas (Perpustakaan)

Selain toko buku yang menjual buku-buku baru ada juga toko buku yang menjual buku-buku bekas. Memang toko buku bekas di Indonesia tidak seperti toko buku bekas di luar Negeri. Dengan membangun kedai kopi di samping (didekat) toko-toko buku bekas mungkin bisa menjadi hal yang dipertimbangkan untuk bisa mendatangkan pelanggan. Jika memungkinkan cobalah untuk membuka di perpustakaan jika bisa. Biasanya orang akan suka sekali membaca buku sambil minum segelas kopi hangat. Jika memang diijinkan Anda bisa mencobanya dan menegosiasikan harga sewanya.

Kedai Kopi dan Galeri Seni.

Memiliki bisnis kopi di samping atau di dalam Galeri Seni apalagi jika kopi yang sudah di seduh itu bisa di bawa ke dalam sebuah galeri sambil menikmati pameran menurut saya bisa menguntungkan. Menurut saya ide seperti ini sangat masuk akal. Sambil mengelilingi ruang pameran pengunjung bisa membawa secangkir kopi atau sambil duduk-duduk. Menyediakan secangkir kopi yang nikmat juga bisa memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan.

  • Coba buat daftar di mana ada Galeri Seni di dekat Area Anda
  • Kunjungi galeri itu dan lihat apakah lokasinya cocok dan apakah galeri di sana sudah menyajikan kopi jika belum tanya apakah bisa membuka kedai kopi di sana (Bersifat permanent atau hanya saat pameran diadakan saja)
  • Bicara dengan pemiliknya – pertimbangkan berbagai macam opsi pembayaran, Anda bisa mebuka stand kopi terbuka saat pameran berlangsung dan menagih pembayaran saat pameran selesai.

Bisnis Kopi dan Toko Musik

Memang jaman sekarang itu kalau mau dengerin musik tinggal pilih saja. Mau beli apa download tanpa bayar atau beli DVD di toko. Tetapi bagi beberapa orang pergi ke toko musik untuk membeli dan mendengarkan musik mempunyai kenikmatan dan pengalaman tersendiri. Apalagi jika si pemilik toko (staf) mau di ajak diskusi soal musik saat kita ingin membeli salah satu musik. Pengalaman seperti inilah yang tidak bisa di dapatkan jika Anda membeli musik secara online.

Hal yang sama juga terjadi dengan kopi. Mungkin bisa saja orang memesan kopi secara online dan kopi diantar ke rumah mereka. Memang menggabungkan toko musik dan dan bisnis kopi mungkin sedikit aneh, tapi apa salahnya kita mencoba membuka usaha warung kopi di sebelah toko musik atau mungkin di dalam toko musik dengan space yang kecil saja.

  • Kunjungi toko musik yang ada di daerah Anda.
  • Perhatikan apakah Anda suka ruangan toko musik itu dan apakah Anda menyukai jika membuka toko kopi di sana.
  • Perhatikan apakah ada area yang cukup untuk menempatkan warung kopi Anda di sana.
  • Dekati pemilik bisnis dan ajukan keinginan Anda kepadanya, jika mereka tertarik dengan membagi sedikit ruangan untuk Anda sewa.

Bisnis Kopi dan Stand Surat Kabar

Sebuah Stand majalah dan surat kabar sering dikunjungi oleh pelanggan dan orang yang mencoba membeli majalah travel atau peta. Memang kalau di Indonesia mungkin jarang sekali Stand surat kabar yang memiliki tempat yang bagus seperti di luar. Kebanyakan yang memiliki tempat yang lumayan besar dan bagus adalah toko buku.

Kebanyakan majalah dan juga surat kabar berlangganan rumah berjuang keras untuk tetap bisa bertahan di era serba digital sekarang ini. Cobalah untuk menempatkan stand kopi Anda dekat mereka, Anda bisa meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru dan memberikan pengalaman yang mungkin jauh lebih besar.

  • Coba cari kios surat kabar atau toko buku yang mungkin cocok untuk Anda
  • Traffic sangat penting. Coba pertimbangkan taffic pejalan kaki dan kendaraan yang lewat sana.
  • Pertimbangkan ruang yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan Kedai kopi Anda.
  • Hubungi pemilik dan tanyakan apakah mereka tertarik.
  • Kembangkan dan coba tulis rencana bisnis kedai kopi Anda.

Bisnis Kopi dan Salon Rambut

Apakah Anda sering pergi ke salon dan melihat setengah lusin orang duduk menunggu untuk mendapat gilirian menata rambut mereka? Apa yang bisa Anda manfaatkan dari hal ini?

Mengapa hal ini tidak Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan kopi Anda kepada pelanggan? Anda bukan hanya akan benar-benar mengubah suasana salon rambut itu, tetapi Anda juga mendapat akses ke aliran orang-orang dan pelanggan yang menginginkan kopi saat mereka menunggu sambil minum kopi.

Anda bukan hanya melayani pelanggan salon rambut saja, tetapi Anda juga mendapatkan orang-orang yang lewat untuk menjadi pelanggan Anda.

  • Coba cari salon rambut di dekat tempat tinggal Anda
  • Jika Anda menemukan yang cocok dan Anda suka, pertimbangkan traffic di daerah itu juga.
  • Perhatikan juga undang-undang kesehatan apakah hal itu melanggar peratiran departemen kesehatan atau tidak.
  • Hubungi pemilik bisnis dan tanyakan apakah bisa Anda mendapatkan ruang untuk sewa tempat di sana.
  • Tulis rencana bisnis kedai kopi Anda dan kirimkan proposal bisnis kepada mereka.

Ok saya rasa sudah cukup jelas pembahasan dari kami tentang membuka Usaha Warung Kopi apa saja yang harus dipersiapkan dan dipikirkan termasuk ide membangun bisnis kopi dengan dana yang terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top