skip to Main Content
Membuat Sitemap Yang Ramah Dengan Search Engine

Membuat Sitemap yang Ramah dengan Search Engine

Membuat Sitemap yang Ramah dengan Search Engine

Sitemap – sitemap biasanya tidak terlihat dan dimunculkan pada halaman website oleh para pemilik web. Saya sendiri kurang tahu alasan mereka kenapa tidak mengaktifkan dan membuat sitemap? Banyak orang biasanya tidak terlalu memperhatikan pentingnya sitemap dalam optimasi, dari perspektif crawler dan perspektif spider.

Kebanyakan orang bahkan tidak mengetahui Apa itu sitemap?

Oleh karena itu ijinkan saya menjelaskan kepada Anda apa sebenarnya sitemap itu.

Salah satu hal yang perlu kita semua ketahui adalah untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung sebuah website atau blog, kita harus membuat peta situs untuk website yang kita miliki. Peta situs atau yang juga di sebut dengan sitemap ini bisa disamakan seperti sebuah navigasi bagi pengunjung website kita.

Pada penggunaan sehari – hari, saya akan mengatakan bahwa sitemap ini adalah daftar dari keseluruhan link pada situs Anda pada satu halaman, Post, page dan lain lain.

Secara teknis, sitemap dibuat untuk memberikan akses pada seluruh matrix pada situs Anda dengan browsing ke situs secara keseluruhan. Saat Anda memiliki sitemap, Anda tidak perlu khawatir tentang apakah semua halaman telah terhubung satu dengan link yang lain atau tidak, mengapa? karena sitemap akan mengurus hal tersebut.

Sitemap dilihat secara berurutan dalam optimisasi mesin pencari. Seperti yang telah didiskusikan di awal, hal ini memberikan keseluruhan matrix suatu situs dalam satu halaman.

Artinya saat spider Mesin Pencari datang pada website Anda, ia tidak perlu berkerja keras untuk menemukan semua halaman-halaman. Contohnya dapat lebih relevan dengan situs – situs yang memiliki ribuan halaman dalam website. Sitemap akan membantu spider dalam menelusuri setiap dan semua halaman dengan mudah tidak peduli seberapa besar websitenya dan pemilik website dapat berhenti kuatir jika semua halaman ditelusuri oleh spider mesin pencari.

Manfaat Bagi Anda Jika Membuat Sitemap

  1. Membantu situs – situs dengan jumlah halaman yang sangat banyak untuk dapat ditelusuri dengan mudah oleh spider Search Engine. Hal ini juga membantu untuk menelusuri dengan dalam halaman – halaman ter-link yang mana crawler mungkin harus bekerja dengan keras untuk menemukannya.
  2. Distribusi halaman – halaman secara benar sangatlah penting pada Ranking Halaman atau Page Rank Google. Jika Anda menghubungkan setiap dan semua halaman dari situs Anda satu sama lain, dapat mempengaruhi Page Rank dari halaman – halaman penting. Anda tidak ingin halaman seperti halaman “tentang kami”, yang hanya didesain untuk pengunjung untuk dihubungkan ke setiap dan semua halaman. Aksi seperti itu akan mempengaruhi Page Rank dari halaman – halaman penting. Jadi, Anda dapat menghubungkannya dari sitemap dan hanya halaman dengan level tinggi atau halaman penting yang terhubung dengannya.

Ingatlah pembuatan sitemap akan membantu Anda dalam strategi pemasaran Online Anda di Search Engine.

Saran untuk Membuat Sitemap yang Baik

  1. Pastikan bahwa sitemap terhubung hanya dari halaman utama Anda dan tidak dari halaman manapun, hubungkan hanya ke halaman utama yang akan menyebarkan Page Rank secara cepat kepada semua halaman pada website Anda.
  2. Jika situs Anda memiliki lebih dari 30 halaman, batasi jumlah halaman yang didaftarkan pada sitemap Anda untuk mencapai nilai maksimum 30. SE atau Search Engine dapat melihatnya sebagai link farm. Bahkan dari sudut pAndang pengunjungpun, akan sangat tidak mudah untuk membaca sitemap yang sangat besar, pastikan bahwa Anda memiliki tombol “berikutnya” di website Anda.

Google telah datang dengan solusi untuk situs – situs besar yaitu Sitemap Technology. Sitemap technology diciptakan untuk mendaftarkan situs-situs dengan lebih cepat (http://www.google.com/webmasters/sitemaps/docs/en/about.html). Jika sitemap Anda dibuat dengan menggunakan format XML dan menggunakan petunjuk Google, situs Anda akan diindex dengan lebih cepat.

Untuk mendaftarkan Sitemap Anda menggunakan permintaan HTTP, terbitkan permintaan Anda pada URL berikut ini: www.google.com/webmasters/sitemaps/

Selalu unggah file sitemap.xml Anda pada root directory di server Anda yaitu dimana Anda memiliki halaman utama Anda. Kemudian beritahukan Google Sitemaps tentang file XML Anda.

Membuat Sitemap Tidak Sulit

Bagi para pengguna WordPress untuk membuat sitemap website tidak sulit, caranya sangat mudah karena kita hanya menggunakan plugin yang menyediakan sitemap, dan penyedia plugin ini sudah sangat banyak dan sering digunakan oleh para webmaster. Salah satu plugin yang sering saya gunakan adalah Google XML Sitemaps By Arne Brachhold.

Ada 2 cara intalasi sebuah plugins, yang pertama melalui halaman Admin dan yang kedua melalui menu upload, sebenarnya ke dua cara ini sama saja tidak jauh beda.

Cara Install Melalui Halaman Admin

Cara instalasi plugin ini sama seperti cara menginstall plugin yang lain, kita bisa menginstal plugin ini melalui halaman admin WordPress kita.

  • login ke halaman admin wordPress, kemudian klik menu “Plugins”“Add New” kemudian kita akan di arahkan ke halaman install plugin”.

wordpress seo add new

  • Masukkan nama plugin yang akan kita cari atau install kemudian klik “Search Plugins” kemudian..

google xml sitemaps Search Plugins

  • Anda akan di hadapkan pada hasil pencarian, pilih plugin yang sesuai dengan yang kita cari.

google xml sitemaps pilih plugin

  • Kemudian klik “Install Now” yang berada pada bagian bawah plugin yang akan kita install untuk melakukan instalasi plugin yang kita inginkan.

google xml sitemaps install Now

  • Klik “Activate Plugin”, selesai. Anda tidak perlu setting hal lain, karena plugin ini akan secara otomatis membuat sitemap untuk Anda.

google xml sitemaps activate plugin

Video Cara Setting dan Install Google XML Sitemaps

Namun jika Anda ingin mengikuti langkah – langkah dari video yang ada di bawah ini silahkan saja, video ini bukan saya yang buat, kebetulan video ini saya temukan di Youtube dan setelah saya melihat video ini menurut saya video ini mungkin bisa bermanfaat buat Anda juga. Silahkan tonton video ini untuk menambah pengetahuan Anda.

# Mohon maaf videonya di private sama yang punya, saya coba buatkan dulu.

Cara Install Melalui Menu Upload

Cara ke dua ini hampir sama dengan cara pertama di atas hanya saja dalam langkah ini kita perlu mendownload terlebih dahulu plugin yang akan kita install. Dan WordPress sudah menyediakan puluhan plugin di url mereka, silahkan kunjungi halaman ini: http://wordpress.org/extend/plugins/

Di sana Anda bisa mendownload semua plugin yang ada secara gratis, memang ada keuntungan dengan cara mendownload plugin ini.

Apa keuntungannya mendownload PLUGINS….?

Misalnya plugin yang biasa kita install ini update ke versi terbaru dengan settingan yang sangat RUMIT dan MEMBINGUNGKAN kita, maka cara termudah agar kita tidak bingung mengikuti cara setting di versi terbaru plugin itu adalah dengan menginstall plugin versi sebelumnya (yang sudah kita download dan simpan di komputer) melalui menu upload ini kemudian setelah kita install dan setting kita tinggal lakukan Update, sudah BERES. Cuma begitu saja kita tidak perlu di pusingkan dengan settingan terbaru itu, dan setelah kita update ke versi terbaru kita bisa belajar dari settingan terbaru yang sudah kita update tadi, Enak dan mengungtungkan kita bukan?

Baik mari kita mulai cara menginstall plugin melalui menu Upload ini.

  1. login ke halaman admin wordPress, kemudian klik menu “Plugins” – “Upload” seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah.

google xml sitemaps upload plugin

  1. kemudian kita akan pilih plugin yang sudah kita download (zip file) di komputer kita, klik “Choose File” untuk memilih plugin yang akan kita Upload kemudian klik “Open””.
  2. Kemudian klik “Install Now” untuk melanjutkan proses intalasi, Jika tidak ada kendala pada saat proses instalasi maka setelah proses intalasi selesai akan muncul pesan “Plugin installed successfully”. Kemudian klik link “Activate Plugin”
  3. Selesai, Anda tidak perlu merubah settingan apapun di plugin itu. Jika Anda ingin merubah silahkan lihat video yang ada di atas.

Jika Sudah Menginstall SEO By Yoast

Anda tidak perlu menginstall plugin Google XML Sitemaps By Arne Brachhold jika Anda menggunakan plugin Plugin WordPress SEO By Yoast di WordPress Anda, karena plugin ini sudah memiliki kelebihan dalam membantu SEO di situs Anda, yang perlu Anda lakukan adalah tinggal mengaktifkan fungsi sitemap website Anda.

Silahkan cari menu dengan nama “XML Sitemap” kemudian klik (centang) pada bagian kotak seperti terlihat pada gambar.

XML Sitemap Yoast Enabled

Setelah Anda mengaktifkan sitemap, maka tidak berapa lama sitemap Anda bisa langsung diakses oleh para pengunjung situs Anda.

Ingatlah bahwa sitemap hanya mengindex situs dengan lebih cepat dan tidak memberikan garansi ranking pada Google atau Search Engine lainnya, dilain pihak ini adalah hal yang sangat penting.

Back To Top