skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Membuat Channel YouTube Gaming Yang Sukses

Membuat Channel YouTube Gaming yang Sukses

Panduan Untuk Membuat Channel YouTube Gaming yang Sukses. Sekarang ini menjadi seorang kreator YouTube yang khusus membahas mengenai game bisa dijadikan sebagai profesi yang bisa mendatangkan penghasilan secara online. Channel video game yang menghasilkan uang? Ya sebuah channel YouTube yang membahas tentang game bisa menghasilkan uang, tetapi di artikel ini kita akan kesampingkan dulu mengenai masalah penghasilan.

Kita akan berfokus dan menyoroti elemen-elemen utama yang akan kita butuhkan untuk memulai channel YouTube Gaming yang sukses dan hal itu mungkin. Jika seseorang menekuni karier sebagai kreator YouTube mungkin bisa saya katakan ini bukan sebuah karier yang jelek. Karena jika kita pandai membuat konten dan bisa memikat banyak penonton, channel yang Anda bangun juga bisa populer dan menjadi kreator YouTube juga bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan utama dan bukti orang-orang yang sudah sukses lebih dahulu menjadi kreator YouTube yang membahas tentang game sudah banyak sekali.

Jika Anda baru akan membangun Channel YouTube Gaming ini berarti Anda seperti seekor ikan kecil yang berada di tengah lautan. Sekarang ini jumlah konten video tentang gamming yang ada di YouTube sudah sangat besar sekali. Berikut ini Panduan Untuk Membuat Channel YouTube Gaming yang Sukses agar bisa bersaing dan menonjol diantara para YouTuber yang lain Anda akan membutuhkan tiga hal ini:

  • Kesabaran
  • Kreativitas
  • Konsisten
  • Tidak Malu (ini yang biasanya paling sulit)

Jika Anda siap dan berkomitmen untuk jangka yang panjang, maka ini adalah saat yang terbak dalam sejarah di kehidupan Anda untuk Memulai Channel YouTube Gaming yang Sukses.

Anda bisa mendapatkan inspirasi dari para YouTuber yang sudah sukses dengan menonton video-video mereka dalam pembuatan konten. Anda bisa belajar dari orang-orang seperti PewDiePie, Markiplier, Jacksepticeye, CinnamonToastKen, Ushi Gaming Channel, Orange Juice Gaming dan MiawAug

Hanya dengan bermain dan membuat video-video seperti itu mereka bisa menghasilkan uang secara online. Jika mereka bisa Anda juga pasti bisa. Apakah Anda tertarik untuk mencoba peruntungan menjadi kreator YouTube Gaming

1# Kesabaran dan Mempunyai Tujuan Besar

Berdasarkan informasi yang saya baca di Tubular Insights hampir 15% dari semua konten yang ada di website YouTube adalah video game. Jumlah ini buat saya sangat banyak sekali.

Selain itu mulai tahun 2018, YouTube telah merubah persyaratan untuk bisa mengikuti program AdSense, YouTube membuat persyaratan monetisasi baru yang menurut saya ini sangat memberatkan mereka yang baru akan memulai peruntungan di YouTube.

Karena untuk bisa mengaktifkan fitur monetisasi, Anda diharuskan untuk mempunyai sedikitnya 1000 subscriber dan 4000 jam waktu tonton selama 12 bulan terakhir. Jika tidak mencapai angka persyaratan yang ditetapkan itu maka Anda tidak bisa mengaktifkan fitur monetisasi.

YouTube melakukan perubahan persyaratan ini tentu memiliki alasan dan tujuan

  1. salah satu tujuan utamanya adalah memerangi orang-orang yang reupload video orang lain dan mengedit sedemikian rupa untuk tujuan memperoleh uang dengan cepat.
  2. Selain itu YouTube juga ingin memerangi pembuatan konten-konten yang kurang bermutu. Kalau Anda lihat YouTube, sekarang ini YouTube banyak sekali dipenuhi sampah video yang tidak berguna, saya tidak akan menyebutkan seperti apa konten-konten yang kurang berguna itu.

Meskipun demikian hal ini membawa kabar bagus bagi para kreator YouTube yang bekerja dengan keras dan benar-benar membuat konten-konten yang original untuk bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dan memiliki sedikit persaingan dari sebelumnya.

Jadi Jika Anda memiliki pikiran untuk bisa menghasilkan uang dari beberapa video saja, itu sangat mustahil. YouTube adalah situs yang menyenangkan untuk kita bisa mendapatkan informasi dan hiburan. Anda bisa melakukan cara yang sama untuk membangun sebuah channel baru. Saat Anda membangun sebuah channel buat itu menyenangkan dan seperti sebuah hiburan sama seperti Anda bermain game Anda sangat menikmati permainannya saat memainkan sebuah game karena menghibur Anda. Membuat dan membangun channel juga harus kita buat menyenangkan sambil menunggu persyaratan terpenuhi Anda harus terus membuat video dan menikmati prosesnya.

Menikmati proses selama membangun sebuah channel baru mungkin terdengar kurang menyenangkan saat ini mengingat persyaratan baru YouTube. Banyak orang yang tidak suka melewati proses selama pembangunan sebuah channel, mereka lebih senang untuk mencari jalan pintas dengan membeli channel yang sudah bisa di monetisasi atau malah ada yang sampai melakukan tindak kejahatan seperti melakukan Re-upload video orang lain. Jadi saat Anda baru membangun sebuah channel buat itu menyenangkan seperti saat Anda bermain game, buat itu seolah-olah Anda tidak sedang membangun sebuah channel dan jangan dulu memikirkan bagaimana cara mendapatkan subscriber dan jam tayang. Fokus saja untuk membuat video satu hari satu, jika dalam sehari Anda bisa membuat lebih dari satu video itu akan sangat bagus.

Jika Anda tidak menikmati proses pembuatan channel YouTube baru, ini akan membuat pembangunan channel semakin terasa lebih lama dan membosankan untuk bisa memenuhi syarat YouTube, 1.000 Subscriber dan 4.000 jam waktu tonton selama 12 bulan terakhir.

Mengapa saya mengatakan hal ini kepada Anda? Percaya atau tidak jika Anda tidak Mempunyai Tujuan Besar seperti yang sudah saya jelaskan di atas dan Anda hanya ingin berfokus tentang bagaimana cara mendatangkan subscriber dan mendapatkan uang dari YouTube, maka bisa saja suatu saat Anda akan menyerah karena belum berhasil mencapai syarat yang di minta oleh YouTube untuk mengaktifkan fitur monetisasi.

2# Kreatifitas – Berikan Value

Saat Anda ingin membangun sebuah channel baru dan ingin membuat konten YouTube Gamming yang bagus seperti YouTuber yang sudah lebih dulu terkenal, Anda mungkin bertanya bagaimana caranya supaya saya bisa membuat konten YouTube yang bagus?

Sangat sederhana kalau menurut saya jawabannya, Video yang Anda buat harus memiliki beberapa faktor ini:

  • Menghibur: Coba bicara saat Anda bermain game, berikan sensai dan juga emosi saat Anda bermain game. Boleh menggunakan guyonan kocak untuk menghibur di dalam video Anda. Tapi jangan gunakan kata-kata hewan dan pasar yang kotor seperti YouTuber Gamming lainnya ya saat berkomentar di video Anda.
  • Mendidik: Coba berikan nilai tambah dengan membagikan trik terbaru di game yang Anda mainnkan atau bisa juga kamu ceritakan tentang sejarah tentang game yang sedang kamu mainkan itu. Memang kita tidak bisa mengetahui alasan kenapa penonton menyukai video tertentu tetapi dengan melakukan hal itu siapa tahu channel kita bisa populer.
  • Menginspirasi: Coba ajak penonton kamu untuk mencoba memainkan game yang baru yang sedang kamu mainkan dan coba bermain dengan mereka. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada para penonton karena sudah menghabiskan waktu untuk menonton video-video Anda.

Itu adalah beberapa cara untuk memberi nilai lebih dari konten video yang kita buat untuk membuat orang mau melihat video kita dan menyukainya. Konten memang hal yang paling penting, jika Anda bisa membuat konten yang bagus dan bisa menarik penonton, tetapi jangan menjadi orang yang terlalu sempurna dalam membuat sebuah konten, jika Anda sudah membuat konten video dan menurut Anda sendiri sudah cukup bagus, dan Anda senang dengan video itu dan layak untuk di upload ke YouTube maka itu mengartikan video Anda sudah bagus untuk di upload.

Cara termudah dari pengalaman saya adalah membuat konten video tentang game dengan memulai dari topik-topik yang kita kuasai. Topik yang kita bahas bisa apa saja contohnya seperti game yang sering kita mainkan, komputer yang kita gunakan atau hal lain yang.

Bukankankah cara di atas sangat menyenangkan saat membuat sebuah video? Dengan menghibur kita bisa membuat orang senang dan bahagia, dengan mendidik kita berbagi ilmu pengetahuan yang mungkin bagi penonton itu baru dan membantu mereka. Jika kita mau berbagi dan melakukan hal-hal di atas saat membuat konten video apapun termasuk video tentang game, saya yakin channel yang Anda bangun juga akan di sukai dan sukses.

3# Konsisten – Upload Video Secara Rutin.

Jadikan YouTube Bagian dari Kehidupan rutin Anda. Apa maksudnya? Saat ini hampir semua orang termasuk remaja sangat menyukai internet untuk mencari informasi dan hiburan baru di internet khususnya di YouTube. Seseorang yang menyukai game akan selalu mencari konten-konten tentang video game di Internet.

Mereka akan coba mencari informasi baru seputar game di Internet. Jadi jika Anda berusaha untuk mengupload video secara rutin minimal 1 minggu 1 hari ini akan membantu penonton untuk melihat video terbaru Anda. Memang tidak ada patokan seberapa banyak kita harus mengupload video setiap harinya. Tetapi menurut saya jika kita konsisten dan sering membuat konten-konten baru harapan Anda akan terbuka.

Saya juga ingin kasih tahu sama Anda, biasanya pada awal-awal pembuatan video pasti akan menyenangkan, sama seperti kita membeli barang baru atau mendapatkan barang baru kita merasa sangat senang. Tetapi seiring waktu berlalu membuat video juga akan terasa membosankan dan Anda bisa kehabisan ide, oleh karena itu Anda harus memiliki kesabaran dan konsisten jika ingin membangun Channel YouTube Gamming yang sukses.

jangan malu jadi vlogger

4# Tidak Malu – Berani Ngomong

Menjadi seorang YouTuber itu tidak gampang apalagi harus bawa kamera sendiri jalan sambil ngomong di depan kamera, percaya atau nggak Anda bakalan menjadi pusat perhatian orang. Menurut saya ini yang paling sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu kalau kamu masih punya urat malu jangan coba-coba jadi YouTuber. Awalnya memang akan sedikit terasa aneh, karena kamu akan jalan-jalan sambil pegang tongsis dan berbicara di depan kamera, awal-nya saja sih biasanya kita akan malu, makannya Anda harus kuat selama beberapa hari, beberapa bulan dan kalau sudah 1 tahun Anda akan terbiasa alias tidak malu lagi. Untunya menjadi YouTuber yang membahas tentang game Anda tidak harus keluar rumah sambil memegang tongsis. Karena hampir semua YouTuber yang membahas tentang game, mereka bekerja dari depan komputer dan hal ini bisa dilakukan di rumah tau di ruangan tertutup.

Ingat jangan terlalu berlebihan saat kamu berbicara di depan kamera seperti YouTuber lain yang membahas tentang game. Jadilah diri Anda sendiri, Anda hanya perlu berani untuk berinteraksi dengan orang lain dari depan kamera Anda.

Itu adalah 4 hal utama yang harus Anda miliki untuk membangun sebuah channel YouTube Gamming baru agar bisa sukses. Dengan mempunyai ke empat hal itu Anda bisa berharap untuk membangun sebuah channel YouTube Gamming yang sukses. Selain ke empat hal yang sudah saya sebutkan di atas, Anda juga bisa menambah beberapa hal ini untuk membangun sebuah channel YouTube baru.

5# Buat Identitas Yang Mencirikan Gaya Anda

Membuat dan membangun channel Anda sama seperti kita membangun sebuah brand perusahaan. (menurut saya) Coba cari tahu apa yang membedakan Anda dari orang lain yang sudah lebih dahulu membangun channel YouTube di Internet. Cari tahu dan buat video yang memang itu adalah gaya Anda atau diri Anda sendiri. Jangan meniru atau menjadi orang lain. Biarkan orang lain kemudian menentukan mengapa mereka harus peduli dan melihat channel Anda.

Buat Video Original

Anda bisa melihat video-video orang lain dan mencari ide dari sana kemudian buat video yang di sesuaikan dengan gaya Anda sehingga itu menjadi unik. Anda tidak bisa meng-copy seluruh ide yang ada di video orang lain, karena public akan tahu dan bisa melihatnya, mereka bisa membedakan mana video yang original dan mana video tiruan.

Membuat konten video yang original ini bukan mengartikan Anda harus membuat video yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Bukan itu yang saya maksud.

Fokus pada aspek spesifik game

Anda pasti akan memainkan game yang sama dengan yang dimainkan oleh orang lain. Ini tentu sulit bagi Anda untuk mendatangkan penonton ke channel Anda jika konten yang video Anda kurang spesifik membahas tentang sesuatu.

Cobalah temukan satu atau dua hal yang secara spesifik, kemudian buat videonya dan beritahu penonton.

Cobal lihat salah satu YouTuber yang menurut saya dia berhasil menemukan satu trik yang konyol sewaktu dia bermain game.

Pikat Penonton dengan Sesuatu Hal Yang Lucu atau Menarik.

Usahakan setiap video yang Anda buat harus bisa menceritakan sebuah kisah. Tidak masalah apakah alur cerita itu memang benar-benar yang terjadi di dalam kehidupan nyata Anda atau orang lain yang penting Anda bisa tahu di mana klimaksnya video itu.

Klimaks adalah apa yang menjadi fokus dari video Anda.

Penonton Anda ingin tahu siapa yang menang.

Untuk mencapai hal itu coba buat cuplikan video yang bisa menarik audiens dan tempatkan hal itu di awal video Anda, cukup beberapa detik saja. Intinya Anda mau menyampaikan kepada penonton kalau video ini layak di tonton sampai habis dan mereka akan memperoleh manfaat.

6# Jenis Video Game

Ingat tidak ada aturan yang mengharuskan Anda untuk membuat dan bermain video game tertentu. Kalau saya, selama video game itu patut untuk dimainkan dan di tonton saya akan memainkan video game itu dan menguploadnya untuk publc (tidak mengandung kekerasan, pembunuhan dan hantu-hantu) Itu hal yang terpenting bagi saya (Standar buat Anda mungkin berbeda, karena banyak orang yang tidak masalah dengan hal itu – alias serba boleh)

7# Anggaran Untuk Peralatan Bermain Game

Ketika Anda mulai terjun dalam pembuatan YouTube Gamming, nanti Anda akan melihat banyak YouTuber yang sudah mapan yang akan menunjukkan peralatan apa saja yang mereka gunakan. Kita mungkin sangat tergoda untuk langsung membeli peralatan yang sama, tetapi kami sangat menyarankan Anda untuk memulai dengan peralatan yang cocok untuk memulai.

Berapa dana yang harus di siapkan untuk menjadi YouTuber? Beberapa orang mungkin akan mengatakan Anda bisa menyiapkan dana sekitar Rp.8.000.000 dan beberapa orang yang lain mengatakan mungkin Rp.40.000.000 saja sudah cukup. Mungkin bagi beberapa orang itu dana yang cukup besar untuk memulai.

Langkah yang terbaik menurut saya adalah coba tanyakan pada diri Anda, peralatan apa saja yang sudah Anda miliki saat ini yang berhubungan dengan pembuatan channel YouTube?

 

Apakah Anda ingin memulai tanpa apa-apa, atau Anda sudah memiliki beberapa peralatan dasar saat ini. Jika Anda sudah memiliki sebuah komputer yang bisa di gunakan untuk bermain game, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang sampai Rp.40.000.000 untuk membeli yang baru. Coba lihatlah peralatan apa saja yang sudah Anda miliki saat ini sebelum Anda membeli barang baru.

Inilah beberapa peralatan yang harus Anda siapkan untuk memulai:

  • Mikrofon (Perkiraan harga rata-rata Rp.1.000.000)
  • Webcam (Perkiraan harga rata-rata Rp.1.000.000)
  • Editing Software (Perkiraan harga rata-rata Rp.3.000.000 – Beberapa orang lebih suka menggunakan yang versi gratisnya)
  • Software perekam layar monitor (Perkiraan harga rata-rata $60 – $249 USD)
  • PC yang dapat merekam, mengedit, rendering, upload dll (Perkiraan harga rata-rata Rp.20.000.000)

Jika Anda ingin memulai sekarang maka yang Anda butuhkan hanyalah CPU dan GPU yang handal, Webcam, mikrofon dan software perekam layar monitor gratis seperti OBS dan Anda sudah bisa melakukan streaming.

Setelah Anda selesai membuat video jangan lupa untuk mempromosikan video yang sudah Anda buat tadi ke Facebook, Twitter, Kaskus, reddit dan ke media online lainnya, jangan lupa juga di dalam video yang Anda buat itu harus ada ajakan untuk Subscribe dan minta mereka untuk share atau membagikan konten yang Anda buat. Coba pikirkan hal ini, bagaimana penonton Anda akan menemukan video yang yang Anda buat. Apakah mereka akan menemukan channel Anda melalui mesin pencari? Jika jawabannya iya apa yang mereka cari? Karena ada banyak aspek dalam video game: seperti karakter, Stage dll.

Bahkan seorang YouTuber yang sangat terkenal PewDiePie memulai dengan peralatan dengan settingan yang basic sekali.

Saya tidak menyarankan Anda untuk langsung membeli peralatan yang bagus pada saat memulai membangun channel YouTube Anda, karena hal itu akan membuang tabungan Anda hanya untuk membeli peralatan yang Anda inginkan. Tetapi jika memang Anda mempunyai uang lebih silahkan membeli peralatan sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Sebenarnya ada cara untuk mengatasi pengeluaran yang besar di awal, Anda hanya perlu sedikit kreatif dan menyiasati saja.

Berikut ini beberapa software gratis

OBS: Software ini memungkinkan Anda untuk merekam layar monitor Anda saat bermain game dengan kualitas yang cukup baik. Cara settingnya juga sangat sederhana dan ini benar-benar gratis

Audacity: Software recording dan pengeditan audio ini sangat bagus sekali. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas audio Anda dengan menghilangkan kebisingan latar belakang atau menggabungkan klip. Software ini bisa Anda gunakan. Silahkan tonton video Cara Download dan Install Audacity.

GIMP: Jika Anda tidak ingin membeli software photoshop, Anda bisa menggunakan GIMP, karena software yang satu ini sama seperti photoshop dan bisa Anda gunakan dengan gratis. Sambil menunggu dana untuk membeli software Adobe Photoshop Anda bisa menggunakan GIMP. Baca juga Software Alternatif Selain Photoshop Yang Bisa Anda gunakan.

Lihat daftar software gratis lainnya Klik di sini! (Kami update setiap hari – Pastikan untuk Subscribe)

8# Optimasi Video Anda

Gaming adalah salah satu genre yang paling populer di YouTube. Jadi bagaimana video kecil Anda dan channel Anda yang masih baru bisa mudah di temukan di lautan konten yang sangat luas ini?

Jawabannya adalah dengan strategi pengoptimalan yang baik.

Tag dan Title

Saat ingin membuat konsep video selanjutnya, coba pertimbangkan apa yang pemirsa cari dan inginkan. Hal ini akan membantu Anda berfokus pada permintaan audiens yang belum tersentuh (atau lebih spesifik)

Untuk membantu Anda menemukan konten-konten yang mungkin diminati oleh para penonton Anda bisa menggunakan plugin yang bernama VidIQ untuk melihat skor kata kunci ketika mencari konten yang menurut Anda diminati oleh para penonton.

Sebagai contoh saya akan bermain Fortnite dan akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan vidIQ, misalnya kita mencari kata kunci Fortnite. Kalau kita lihat kata kunci ini sangat di cari oleh banyak orang, tetapi persaingannya juga sangat tinggi. Peluang untuk bisa menduduki peringkat snagat sulit karena skornya kita lihat 56/100

vidIQ Fortnite

Namun, jika Anda mencoba mencari sesuatu yang lain dengan berfokus pada aspek lain dari game yang Anda mainkan saat membuat video Anda bisa mencoba menambahkan kata kunci tambahan seperti ini, misalnya saya menambahkan kata “Strike” ke kata kunci pencarian yang saya gunakan sebelumnya “Fortnite.” Sekarang Kalau kita llihat skor kata kunci berubah menjadi 43/100, ini jauh lebih baik ketimbang saya hanya menggunakan kata kunci “Fortnite” saja.

vidIQ Fortnite strike

Anda sudah bisa melihat betapa bermanfaatnya menggunakan plugin seperti ini bukan? Plugin ini bisa membantu Anda menemukan kata kunci-kata kunci yang mempunyai jumlah pencarian banyak dan memiliki sedikit persaingan sekaligus membantu Anda untuk membuat Judul Video baru Anda yang lebih optimal dan juga menambahkan 5-15 daftar tag yang akan di tempatkan di video baru yang di upload ke YouTube.

Tips Untuk Membuat Judul dan Title:

  • Hindari menggunakan kata-kata yang membosankan seperti “Wow,” “Fun,” atau “Hebat” dll. Buat judul yang senatural mungkin dan tidak menipu pengunjung.
  • Setelah Anda menemukan judul yang tepat, coba periksa di mesin pencari apakah sudah ada yang menggunakan judul itu dan seberapa banyak tingkat persaingannya? Penggunaan judul secara umum dan memiliki tingkat persaingan yang berat akan membuat Anda lebih sulit untuk bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari.
  • Menggunakan judul yang berhubungan dengan game. Jika ada kata atau frase tertentu yang masih berhubungan dengan tokoh yang ada di game silahkan mencoba untuk menggunakan itu.
  • Buat judul yang membuat orang untuk mau mengklik video Anda tetapi jangan sampai menyesatkan atau menipu.

Buat Thumbnails Yang Menarik

Tidak perduli seberapa hebatnya video yang sudah Anda buat, jika gambar thumbnail video kurang menarik dan terkesan membosankan, kemungkinan tidak ada orang yang mau melihat video Anda. Dan jika ini terjadi Anda bisa kehilangan jumlah penonton yang melihat video Anda (Jumlah view)

Baca Juga Artikel Kami yang Lain:

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube
Cara Menambah Viewers YouTube Secara Bertahap

Apa yang membuat gambar thumbnail bagus dan menarik?

  1. Sebisa mungkin jangan menggunakan random images yang YouTube berikan ketika Anda mengupload video. (ini bukan berarti Anda tidak boleh munggunakannya)
  2. Ambil gambar foto wajah Anda yang ekspresif (Ini akan lebih di sukai) karena Anda adalah bintang di channel yang Anda buat.
  3. Jika Anda tidak ingin menggunakan foto diri Anda, buatlah karakter untuk diri sendiri yang bisa mewakili channel Anda atau bisa juga menggunakan karakter dari game yang Anda mainkan.
  4. Gunakan teks atau emojis yang bisa di baca. Jika Anda tidak memiliki software photoshop atau tidak memiliki keterampilan mendesain, Anda bisa coba menggunakan Canva, ini adalah salah satu alat yang bisa digunakan dengan mudah cukup drag and drop sehingga memudahkan Anda membuat thumbnail dengan sangat mudah. Anda juga bisa belajar di channel SUBMITClimbhelp tentang dasar-dasar photoshop. Klik di sini untuk mulai belajar (100% Gratis).

Interaksi dengan Gamer lain

Perlu diingat YouTube adalah salah satu platform media sosial.

Ini sebetulnya tentang menjadi bagian dari YouTube community jadi sebisa mungkin untuk melakukan komunikasi dengan pemirsa dan juga bisa berinteraksi dengan kreator lain, memang Anda kemungkinan besar tidak bisa berinteraksi dengan semua pembuat konten yang ada di Youtube dan mungkin bagi beberapa orang hal ini mungkin membuang waktu, tapi tahukah Anda jika Anda melakukan cara yang sederhana ini kemungkinan untuk bisa membangun channel yang sukses bisa terbuka, dan cara ini terbukti ampuh dan jarang sekali dilakukan oleh YouTuber yang masih baru dan yang sudah terkenal, berkomunikasi dengan memberikan komentar tentang video-video yang mereka buat. Dan kalau saya lihat pembuat konten yang sudah terkenal jarang sekali berkomentar di channel-channel orang lain, meraka hanya mau orang ingin melike, subscribe dan share video mereka tetapi mereka tidak melakuakn cara yang sama keapda orang lain. (Memang Anda tidak diharuskan melakukan hal ini)

Selain itu, keterlibatan penonton Anda untuk melakukan like dan berkomentar ini sudah terbukti memiliki efek secara tidak langsung ke peringkat video Anda di mesin pencari. Itulah mengapa sebisa mungkin ajak penonton Anda untuk mengomentari video, like dan juga melakukan share video Anda. Dan jika ada yang bertanya atau mengomentari video Anda jawab mereka seperti Anda sedang bercakap-cakap dengan orangnya secara langsung (Ini berarti Anda menghormati dan respek sama mereka)

9# Hindari Content Strike dan Demonetisasi

Alasan Fitur Monetisasi di Matikan.

Untuk bisa mengaktifkan fitur monetisasi video selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu para pembuat konten harus hati-hati saat membuat konten video karena hal ini akan mengakibatkan Anda tidak bisa lagi memonetisasi video-video Anda. Jika Anda ingin terus bisa menghasilkan uang dari YouTube, Anda harus mengetahui bahwa ada jenis-jenis konten yang membuat para pengiklan tidak mau dan mematikan iklan dan youTube mengetahuinya. Ini beberapa alasan yang membuat YouTube untuk mematikan fitur monetisasi di channel Anda.

  • Kekerasan atau gratuitous violence
  • Konten yang menyebar kebencian: mempromosikan diskriminasi, meremehkan atau menghinda orang lain baik itu individu atau kelompok orang (ras, etnis, kebangsaan, agama, kecacatan, usi, status veteran, orientasi seksual, identitas gender dll)
  • Hiburan dan lelucon yang tidak pantas
  • Konten yang merendahkan dan menghina: bahasa yang tidak sopan yang merendahkan dan juga menghina orang (individu atau kelompok)

Hindari Copyright Strike

Anda bisa menggunakan konten video game orang lain dan kemudian membuat sebuah video game baru dengan menggabungkan konten Anda dan konten video game yang Anda mainkan tanpa harus memperoleh izin dari orang yang membuat game.

Tetapi jika Anda menggunakannya melebihi batas penggunaan wajar, Anda bisa mendapatkan hukuman pelanggaran hak cipta.

Jika Anda mendapatkan tiga teguran dari Youtube dalam 90 hari berturut-turut akun dan video Anda akan dihapus dan Anda tidak akan diijinkan untuk membuat channel baru. (percayalah ini akan menyakitkan sekali)

Sebelum Anda mengupload video Anda ke Youtube, coba tanyakan ppada diri Anda sendiri tentang pertanyaan ini, jika salah satu dari pertanyaan-pertanyaan ini Anda jawab ya berarti Anda telah memenuhi standar penggunaan yang adil. (fair use standards)

  • Apakah konten video Anda mendidik dan kreatif?
  • Apakah ada konten Anda original?

Pro Tip:

  • Beli satu kalender untuk ditempatkan di ruang kerja Anda atau buku catatan kegiatan, Tandai hari kerja Anda ketika membuat konten Video YouTube di kalender dan buku catatan itu. Jadi ketika ada teman atau orang lain mengajak Anda untuk hangout atau pergi untuk makan malam atau kegiatan yang lain, Anda bisa melihat jadwal Anda saat membuat video dan beritahu mereka kalau Anda sudah memiliki rencana untuk hari itu.
  • Jangan memulai YouTube untuk tujuan mencari uang, meskipun kita butuh uang dan ingin mendapatkan uang dari YouTube nantinya, tetapi coba mulai dengan tujuan untuk meningkatkan skills dan memberi manfaat untuk orang lain yang menonton video-video Anda.
  • Cari yang paling spesial dalam diri Anda dan buat channel Anda berbeda yang tidak dimiliki oleh channel lain dan fokuslah di sana.
  • Memulai YouTube Game bisa mahal dan semurah yang Anda mau, jadi buat anggaran lebih dahulu sebelum Anda memulainya.
  • Pelajari caranya mengoptimasi sebuah video untuk membantu meningkatkan jumlah penonton dan menemukan konten video Anda.
  • Hindari konten yang melanggar hak cipta dan mengandung kekerasan dan mencuri konten orang lain tanpa memberi kredit kepada sang pembuat asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top