skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Pentingnya Membangun Hubungan Dengan Customer Properti – 03

Pentingnya Membangun Hubungan dengan Customer Properti – 03

Bisnis apapun itu mau jualan properti, jualan produk online, Buka warung di pasar, Bengkel, Cuci mobil dan lain sebagainya, perlu Membangun Hubungan dengan Customer atau pelanggannya. CRM atau kepanjangan dari Customer Relationship Management adalah tentang cara Anda mengelola dengan setiap orang yang sudah menjadi pelanggan atau yang baru akan menjadi pelanggan Anda untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas dalam menjalankan bisnis properti.

Karena hal ini bisa meningkatkan kepercayaan sekaligus loyalitas, maka Anda perlu membuat perencanaan dan meningkatkan cara Anda dalam mengelola atau menjalin hubungan dengan setiap pelanggan. Jika Anda tidak tahu caranya membangun hubungan dengan customer Anda, bisa jadi pelanggan Anda akan pindah ke penjual lain.

Baca Artikel Sebelumnya: Pentingnya Cara Follow Up Customer Properti dengan benar

Memang kesuksesan dalam menjual sebuah properti bukan hanya soal menjalin hubungan dengan calon pembeli Anda saja, tetapi juga bergantung dari sisi produk atau properti yang Anda jual itu. Jika properti yang di jual mempunyai desain dan kualitas yang tidak baik, mungkin orang tidak ingin membeli properti Anda atau menjadi ragu-ragu.

Keuntungan Menjalin Hubungan dengan Customer Properti

Selain hal di atas yang sudah saya sebutkan, ada beberapa manfaat lain jika Anda menjalin hubungan dengan semua calon customer Anda

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Meningkatkan jumlah relasi
  • Menjaga pelanggan agar tetap kembali dan menggunakan Anda
  • Promosi dengan metde word of mouth (mulut ke mulut) bisa terjadi
  • Meningkatkan profitabilitas

Pentingnya Memahami Kebutuhan Customer Anda

Memahami dan mengetahaui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh setiap calon pelanggan Anda, bisa membantu Anda untuk menemukan pelanggan yang pada akhirnya mau membeli properti dari Anda. selain itu, perusahaan yang baik, bisanya akan selalu berusaha untuk memahami setiap pelanggannya.

Tetapi untuk memahami apa yang menjadi keinginan pelanggan memang tidaklah mudah menurut saya. saya secara pribadi mengakui hal itu.

Lalu, Apa saja yang bisa membantu Anda untuk memahami kebutuhan para pelanggan Anda?

1. Mencoba mencari tahu Profil pelanggan Anda atau Siapa sih Pelanggan Anda ini

Sebagai seorang pemasar properti baik, Anda harus mencaritahu siapa yang menjadi pelanggan Anda ini? Memahami dengan detail mulai dari jenis orang, demografi dan juga psikografis mereka merupakan sebuah kunci.

Ketika Anda sedang membangun profil pelanggan, coba Anda tanyakan kepada diri sendiri dengan sebanyak mungkin pertanyaan yang bisa Anda temukan yang berhubungan dengan produk dan pelanggan Anda.

  • Apakah mereka pria atau wanita?
  • Apakah mereka punya pekerjaan yang cukup baik?
  • Apakah mereka mempunyai anak?
  • Apakah saat ini mereka sudah mempunyai rumah sendiri atau belum?
  • Kendaraan seperti apa yang mereka gunakan?
  • Dan pertanyaan lain yang bisa Anda dapatkan dan relevan dengan produk dan pelanggan Anda

Contohnya seperti ini?

  • Seorang Ibu muda, sudah menikah, keturunan China Bali, punya rumah sendiri di Uluwatu dan menghasilkan uang sekitar 150 Juta setiap tahunnya.
  • Pasangan baru, muda dan tinggal di Jakarta Selatan, Bintaro.
  • Seorang freelancer, sudah punya anak satu di Bali, penghasilan sekitar 120 juta setiap tahunnya.

2. Melakukan riset pasar sekaligus mencari tahu apa yang pelanggan Anda inginkan

Mencoba mencari tahu apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan adalah bagian penting dan mungkin yang paling penting.

Caranya sangat mudah, Anda bisa menanyakan langsung kepada mereka apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Mungkin mereka ingin punya tempat tinggal yang lingkungannya bersih, aman, tenang dan sehat. Pada saat bertanya jangan menunjukkan kesan Anda orang yang judes, kesal dan tidak ramah. Karena saya sering melihat agen properti yang seperti itu.

 

Dengarkan apa yang menjadi kebutuhan calon customer Anda saat dia berbicara dengan Anda. Orang yang mendengarkan dia dengan tulus bisa membuat orang yang berbicara merasa di hargai.

Pada saat customer Anda berbicara, pastikan Anda tidak memotong percakapan. Ini bisa membuat di merasa aneh dan kesal.

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, Anda bisa melakukan riset pasar dengan menggunakan bantuan internet. Pelajari di Sini caranya riset pasar dari bisnis online.

3. Menjalin hubungan dengan membuat konten website

Menjalin hubungan dengan calon pelanggan bisa dilakukan dengan cara membuat konten – konten yang mereka sukai dan butuhkan. Jika ini dilakukan dengan benar, bisa meningkatkan like, share, retweet, subscribe dan mungkin di suatu saat bisa mendatangkan penjualan.

4. Prioritaskan Pada Masalah Customer

Apa saja yang kita-kira menjadi permasalahan customer Anda. Sebelumnya Kita sudah tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang menjadi kebutuhan mereka, selanjutnya kita pelru mencari tahu apa yang menjadi kendala mereka saat ini. Apa saja yang menjadi kesulitan atau keberatan mereka dengan produk yang kita tawarkan.

Setelah kita mengetahuinya, kita bisa memberikan beberapa solusi misalnya memberikan pilihan produk atau hal lainnya yang mungkin cocok dan bisa memecahkan masalah mereka.

5. Perlakukan setiap customer dengan sopan dan ramah

Bagi beberapa agen properti ada yang mengangap calon customer hanya sebagai orang yang membeli barang saat itu saja. Setelah itu, selesai urusan kita.

Kemudian yang ke dua, kalau ada yang tanya-tanya kemudian dia tidak jadi jangan lantas kesal atau terkesan memaksa orang.

Dan yang ke tiga jangan pernah menghubungi atau menanyakan kepada mereka lebih dari dua kali, jika awalnya terlihat tertarik tetapi belum memberikan jawaban dengan cepat. Bagaimana Pak, apakah jadi mau beli propertinya, bagaimana Pak, kapan mau kasih uang DP dan lain-lain. Ini akan membuat mereka menjadi tidak nyaman dengan Anda, dan sudah pasti di masa yang akan datang dia tidak ingin berurusan dengan Anda lagi. Saya punya pengalaman dengan itu dan sampai sekarang saya masih kesal dengan hal itu dan sudah benar-benar menjauhi agen properti seperti mereka.

Ya, jadi kira-kira itu saja tips dari saya tentang cara membangun hubungan dengan customer properti Anda. Tips ini memang tidak benar-benar selalu memberikan manfaat sepenuhnya kepada Anda, tetapi setidaknya dengan beberapa cara sederhana ini kita bisa lebih tahu, lebih profesional dan menghargai setiap calon customer dengan lebaih baik.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Pentingnya Membangun Hubungan dengan Customer Properti ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top