skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Memahami Search Intent Untuk Menentukan Nilai Sebuah Keyword

Memahami Search Intent untuk menentukan Nilai sebuah keyword

Di artikel sebelumnya kita sudah sampai di pembahasan tentang Cara Menentukan Sebuah Niche Website untuk blog yang akan kita buat. Sekarang kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya tentang Memahami Search Intent untuk menentukan nilai sebuah keyword.

Kita akan sedikit mengulang saja, dari pelajaran sebelumnya kita sudah tahu mengapa riset keyword itu sangat penting.

  1. Untuk mendapatkan pengunjung website
  2. Untuk membantu meningkatkan penjualan dan
  3. Untuk mendapatkan penghasilan.

Jadi TANPA riset keyword Anda dan saya tidak mungkin berhasil untuk mencapai ketiga tujuan itu. Sayang bukan kalau kita sudah capek-capek membuat artikel tetapi setelah jadi malah tidak ada yang membacanya atau tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Apalagi untuk sebuah website yang masih baru dan pondasi SEO-nya belum begitu kuat, maka Anda perlu mencari kata kunci yang tingkat persaingannya masih rendah supaya sewaktu kita optimasi artikel yang kita buat itu bisa memiliki harapan untuk berada dihalaman pertama mesin pencari Google dengan cepat.

Tetapi hanya membuat artikel yang bagus dan menarik saja tentu tidak cukup untuk bisa membuat website Anda bisa berada di halaman pertama, jika itu bisa berada di halaman pertama, pasti tidak akan bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama karena masih ada tahapan selanjutnya yang harus kita lakukan setelah kita membuat artikel. Tapi itu akan kita pelajari nanti.

Macam-macam Keyword

Mungkin dulu kita menganggap kalau keyword itu hanya sebuah keyword dan semua keyword itu sama semua…

Padahal tidak semua keyword itu mempunyai arti (tujuan) dan nilai yang sama.

Masih ingat pelajaran sebelumnya tentang website yang mempunyai pengunjung yang banyak tetapi tingkat pendapatannya sangat sedikit? Kalau lupa silahkan kalian baca kembali artikel sebelumnya di halaman ini.

Memang ada keyword yang sangat banyak di cari oleh orang di mesin pencari, tetapi keyword itu tidak bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda jika tujuan utama Anda adalah untuk mendapatkan uang, tetapi kalau tujuan utamanya memang hanya untuk membagikan informasi secara gratis tentu tidak menjadi masalah.

Serach Intent

Di dalam panduan kali ini Anda akan mempelajari tentang macam-macam keyword berdasarkan search intent.

Apa sih search intent itu? Search inten ini artinya sebuah tujuan dari pencarian yang dilakukan orang di mesin pencari ketika Dia mengetikkan kata kunci (keyword) di mesin pencari.

Saat kita akan memilih salah satu keyword yang ingin digunakan, sebaiknya Anda mempertimbangkan faktor search intent agar setiap artikel yang akan Anda buat nantinya bisa sesuai dengan yang kita harapkan dan tepat sasaran.

Jenis-jenis keyword berdasarkan Search Intent

1. Informational keyword

Informational keyword merupakan keyword atau kata kunci yang biasanya digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi tentang sesuatu hal yang sangat dia butuhkan pada saat itu, biasanya bisa dimulai dengan kata-kata seperti: cara, Siapa, tips, bagaimana dan lain-lain. Sebagai contoh untuk informational keyword adalah:

  • Cara mendownload video
  • Cara memasanga dasi
  • Tempat Wisata di Bali

Maka kita harus membuat konten yang berupa sebuah informasi kepada para pembaca blog kita.

Menurut saya informational keyword adalah sebuah keyword yang paling sering di cari oleh orang dan volumenya juga sangat tinggi jika kita bandingkan dengan search intent yang lainnya. Makannya kita tidak heran bukan kalau kita sering melihat website yang berisi informasi di internet.

Saat Anda menggunakan keyword yang seperti ini juga harus memperhatikan hal-hal yang bisa merugikan Anda.

Google adalah sebuah mesin pencari yang semakin canggih, semakin membuat nyaman dan mempermudah para pengguna mereka dengan fitur-fitur baru, salah satunya adalah fitur quick answer box.

Saya sebenarnya sih setuju dengan pemikiran tim Google untuk semakin mempermudah tapi di satu sisi hal ini juga bisa merugikan saya sebagai publisher Google, karena orang-orang yang tadinya sering mengunjungi sebuah website akhirnya tidak bisa atau tepatnya mungkin tidak perlu lagi mengunjungi website manapun untuk keyword tertentu.

Sebagai contoh misalnya Anda ingin mencari tahu tentang:

“$10 sama dengan berapa rupiah”

$10 sama dengan berapa rupiah

“how to make money online”

Contoh quick answer box

Itu adalah contoh quick answer box.

 

Dari contoh ini kita bisa lebih hati-hati saat ingin menggunakan salah satu keyword.

2. Navigational Keyword

Navigational keyword merupakan keyword atau kata kunci yang biasanya digunakan oleh orang untuk mengunjungi salah satu website tertentu yang sudah dikenal oleh orang, jadi bisa jadi website-website lain yang menggunakan keyword yang sama tidak akan mungkin dikunjungi. Sebagai contoh untuk Navigational keyword adalah:

  • “Beachwalk Bali”
  • “Warrior forum Special Offers”
  • “Facebook Ads”
  • “Mandiri Online”
  • “Klik BCA”

Orang-orang yang biasanya mengetikkan keyword seperti itu sudah bisa kita pastikan adalah orang-orang yang memang sudah tahu tetapi ingin langsung mengunjungi website resminya, jadi Google hanya dijadikan sebagai alat bantu untuk menunjukkan saja.

Ini adalah jenis keyword yang sebisa mungkin harus kita hindari.

3. Commercial Investigation Keyword

Commercial Investigation Keyword adalah keyword atau kata kunci yang biasanya digunakan oleh orang yang sudah tahu dan tertarik akan sesuatu hal tetapi mereka masih belum begitu berniat untuk melakukan pembelian.

Bisa saya bilang mereka adalah orang yang RAGU – RAGU tapi MAU. Jadi biasanya tipe orang dan keyword yang seperti ini adalah orang-orang yang masih harus diyakinkan kalau memang itu adalah produk yang tepat untuk mereka. Misalnya saja mereka masih membutuhkan informasi tentang harga yang lebih murah, spesifikasi, lokasi penjual, cara pengembalian kalau ada masalah, apakah ada kupon diskon apa tidak.

Contoh untuk Commercial Investigation Keyword adalah:

  • Laptop HP untuk Editing Video
  • Laptop HP Gaming
  • Harga Laptop HP Gaming
  • Harga Kamera Sony A7 III

Keyword keyword seperti ini sangat bagus untuk bisa menghasilkan pembelian meskipun orang yang menggunakan jenis keyword seperti ini belum benar-benar langsung membeli tetapi peluang untuk membeli sudah ada, dia hanya perlu diyakinkan sedikit lagi.

Nah kalau Anda mempunyai produk atau jasa yang mungkin ingin ditawarkan, coba cari keyword-keyword Commercial Investigation yang masih berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Buat Anda yang yang menjalankan bisnis Google AdSense juga bisa menggunakan keyword – keyword seperti ini digabung dengan jasa atau produk yang ingin Anda jual.

Langkah selanjutnya adalah tinggal membuat artikel yang berkualitas dan memberikan manfaat.

4. Buying Keyword

Commercial atau Transactional keyword adalah keyword atau kata kunci yang biasanya digunakan oleh orang yang sudah ingin membeli suatu produk atau jasa yang sebelumnya sudah dia riset.

Jenis keyword ini yang biasanya juga saya gunakan untuk beberapa website affiliate saya. orang yang menggunakan keyword jenis ini sudah pasti ingin langsung membeli tetapi ingin membeli di website yang mana atau mencari tempat untuk membelinya?

Sebagai contoh dari buying keyword ini adalah:

  • Beli laptop HP Omen 15
  • Jual Laptop HP Omen
  • Buy Sony A7 III
  • Sony A7 III

Kalau Anda mempunyai website yang menawarkan produk atau jasa apapun itu maka keyword-keyword seperti ini harus ada di dalam website Anda.

Biasanya keyword seperti ini volume pencariannya sangat sedikit tetapi untuk tingkat konversi sangat-sangat tinggi sekali jika ingin kita bandingkan dengan jenis keyword lainnya.

Ya, jadi itu adalah beberapa jenis keyword berdasarkan Search Intent yang juga harus Anda pahami saat akan melakukan riset keyword. Saya kira panduannya sampai di sini dulu tentang Memahami Search Intent untuk menentukan nilai sebuah keyword, kita masih akan melanjutkan pembahasan kita di video selanjutnya.

Ini adalah Artikel Berseri Panduan Terlegkap tentang Kursus Google AdSense Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Memahami Search Intent untuk menentukan nilai sebuah keyword ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top