skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Meja Lipat Karakter

Meja Lipat Karakter

Dengan memiliki daya pengamatan pasar yang tepat Mardiono yang katanya tidak mengenyam pendidikan tinggi berhasil merintis usaha baru. Uniknya adalah usaha yang dirintisnya ini adalah usaha membuat meja lipat karakter. Alasannya sangat sederhana mengapa dia tiba – tiba mempunyai ide membuat usaha meja lipat karakter. Ia ingin membangkitkan semangat belajar anak – anak sekolah. Luar biasa ya… di sana ribut – ribut soal politik dan agama yang ini rakyat kecil hidup damai memikirkan pendidikan anak – anak untuk masa depan kita dan Negeri ini. (Woii kalian belajar dari Bapak ini)

Dan yang tambah membuat unik meja lipat ini bentuknya tidak seperti meja belajar yang sudah ada pada umumnya. Lalu kayak apa bentuk meja lipat yang dibuat oleh Pak Mardiono ini? Meja Lipat Karakter yang dibuat oleh Pak Mardiono bentuknya mengikuti bentuk dari karakternya seperti Hello Kitty, Pockemon, Spiderman dan lain – lain.

Meskipun awalnya dia mengaku gaptek dalam bidang teknologi online, tidak mengerti apa apa, Pak Mardiono akhirnya mampu mendulang kesuksesan dengan mengikuti perkembangan teknologi online melalui pasar digital.

Usaha Awal Mardiono

Mardiono pada awalnya membuka Jasa Pembuatan sampul ijazah untuk wisuda, selama 16 tahun dia menekuni bisnis itu ia mengatakan bahwa bisnis itu belum benar – benar memberikannya hasil yang selama ini dia inginkan. Karena bisnis yang dia tekuni itu adalah bisnis musiman, jadi uangnya juga musiman. Lucu juga ya…

Putar Otak Ciptakan Bisnis Baru

Dari pendapatan yang tidak menentu itu ia kemudian memutar otak, kira – kira produk apa yang akan selalu dicari dan digunakan oleh orang. Tahun 2014 Pak Mardiono terinspirasi dari temannya untuk membuka bisnis ini, hanya saja dia melakukan inovasi baru dengan melakukan perubahan membentuk meja lipat karakter sesuai dengan karakternya, karena selama ini meja lipat bentuknya yang kotak saja katanya…

Bemodal Rp 500 ribu Membangun bisnis Baru

Setelah mengumpulkan uang sejumlah Rp.500.000 Pak Mardiono mulai mencoba membangun usaha barunya ini, dia membeli papan multiplex dan beberapa bahan baku lainnya. Pak Mardiono bisa membuat 30 Meja Lipat Karakter yang bentuknya terbilang baru dan belum pernah ada saat itu. Ia yakin kalau bisnis baru ini akan berkembang. Maka untuk mencapai impian itu Pak Mardiono mulai memasarkan Meja Lipat Karakternya di beberapa event seperti car free day yang diadakan di kota solo. Katanya pada saat itu banyak orang yang tertarik dengan meja lipat karakter buatannya. Namun rupanya hasil penjualannya tidak terlalu banyak. Mungkin sekitar 10 meja karakter saja yang laku terjual.

 

Bisnis Online Mewujudkan Impiannya.

Karena sedih dengan hasil penjualan yang tidak sesuai dengan impiannya selama 3 bulan, Putra Pak Mardiono mencoba membantu sang Ayah dengan memperkenalkannya pada bisnis online (pemasaran online) Putranya menjelaskan kepada sang Ayah bahwa ada peluang untuk menjual Meja Lipat Karakternya melalui fasilitas online gratis.

Tidak menunggu lama, Pak Mardiono langsung mencoba saran dari sang anak untuk menjual prodknya melalui pasar online.

Apa hasilnya setelah itu?

Dalam waktu beberapa minggu saja ada pesanan yang masuk untuk produk Meja Lipat Karakternya begitu banyak, bukan hanya orang – orang yang membeli satuan, tetapi ada banyak orang yang menjadi reseller dari produk pak Mardiono ini. Inilah yang juga membantu membuat bisnis barunya ini menjadi besar.

Bisnis Menjadi Besar tetapi Kendala Baru Muncul

Dalam beberapa minggu saja pesanan Pak Mardiono menjadi banyak dan dari hari ke hari jumlahnya terus meningkat, katanya. Meskipun dia senang dengan hal itu sayangnya itu menjadi masalah baru bagi usahanya.

 

Kendala baru apa yang muncul?

 

Pak Mardiono tidak bisa memenuhi permintaan pesanan dari orang – orang yang memesan meja lipat karakternya. Karena Pak Mardiono dalam sehari hanya bisa memproduksi sekitar 70 meja lipat. Iya mengatakan meja ini tidak dibuat dengan mesin, semuanya kami buat sendiri (handmade) kebayang bukan kesulitan apa yang akan di alami Pak Mardiono saat membuat meja karakter ini.

Pemasaran Online telah membantu Pak Mardiono mampu menjual ratusan produk meja lipat karakternya dalam 1 hari. Dari kisah ini kita semua menjadi lebih yakin bahwa pemasaran melalui media online adalah langkah yang sangat murah dan ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top