skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Masalah Yang Sering Terjadi Saat Booking Hotel Dan Cara Mengatasinya

Masalah yang sering terjadi Saat Booking Hotel dan Cara Mengatasinya

Masalah yang sering terjadi Saat Booking Hotel – Pergi berlibur pasti sangat menyenangkan apalagi menginap di hotel yang bersih dan nyaman. Saat tiba di tempat tujuan berlibur, rasa capek setelah perjalanan panjang, kita tentu ingin segera beristirahat di tempat tidur yang bersih dan nyaman untuk bisa mengembalikan tenaga.

Kita semua tentu tidak ingin mendapatkan masalah saat sudah melakukan pemesanan kamar hotel, tetapi masalah seperti ini biasanya sering terjadi dan mau tidak mau kita harus menghadapinya dan sebisa mungkin untuk mengatasinya. Masalah yang sering terjadi adalah pemesanan Anda tidak terdaftar, double booking atau kamar yang Anda pesan penuh semua. Pasti kejadian seperti ini akan sangat menyebalkan, membuat kesal dan seringkali membuat kita marah dengan pihak hotel.

Jangan buru-buru marah dengan pihak hotel, cobalah untuk berbicara dengan tenang dan jangan terlalu panik meskipun memang masalah seperti ini akan selalu membuat orang menjadi seperti itu. Itu adalah hal yang wajar jika Anda mengalami masalah seperti itu. Cobalah untuk tetap tenang dan memikirkan dengan baik siapa yang melakukan kesalahan ini, pihak hotel, Booking Online atau Anda sendiri yang melakukan kesalahan saat melakukan reservasi hotel.

Agar bisa menghindari kesalahan saat melakukan booking kamar hotel, cobalah Anda melakukan beberapa tips ini untuk mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi ini.

Double Booking

Masalah yang sering terjadi saat Anda melakukan pemesanan kamar hotel atau tiket pesawat adalah double booking. Mungkin saat ini terjadi hal yang akan Anda lakukan adalah menyalahkan pihak hotel atau maskapai penerbangan. Satu pesan yang ingin saya sampaikan, jangan sampai marah-marah seperti orang gila kepada para pekerja hotel dan maskapai, mereka sama seperti Anda yang bekerja di kantor. Biasanya saat Anda melakukan pembayaran online, hal yang paling sering terjadi kalau Anda mengalami masalah double booking adalah koneksi internet yang Anda gunakan tidak stabil pada saat melakukan proses pembayaran.

Membayar tiket pesawat atau kamar hotel double memang sangat membuat panik dan pusing kepala. Jujur saya yang namanya uang pasti kita akan berpikir dua kali kalau sampai hal itu terjadi sama kita. meskipun kita panik usahakan untuk tidak panik, cobalah untuk menghubungi pihak maskapai atau hotel atau travel agent Anda dengan memberitahu mereka kalau Anda sudah membayar double, pastikan Anda menyertakan bukti pembayaran Anda. Mereka akan mencoba mengecek ke dalam sistem mereka, jika memang nanti mereka menemukan bukti Anda melakukan dua pembayaran, biasanya mereka akan mengembalikan dana Anda. * Setahu saya sangat sulit untuk menghubungi pihak tempat kita membeli tiket atau kamar hotel yang kita beli secara online, meskipun susah cobalah untuk menghubungi mereka dan meminta solusi dari masalah itu.

Pesanan Anda tidak Terdaftar

Masalah yang satu ini juga paling sering di almi oleh banyak orang yang membeli dan memesan tiket pesawat atau kamar hotel, “pesanan tidak terdaftar”. Biasanya kita akan kaget kalau pesanan yang kita pesan belum terdaftar, padahal kita sudah melakukan pesanan sesuai dengan yang di minta.

Masalah ini bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama adalah pihak Travel Agent Anda mungkin adalah orang yang tidak bisa dipercaya, sehingga mereka tidak melakukan pemesanan sesuai dengan yang Anda minta.

Masalah yang ke dua di sebabkan oleh kesalahan sistem dari maskapai penerbangan atau hotel atau travel agent. Dan penyebab yang ketiga yang bisa timbul karena nama atau data diri yang di daftarkan berbeda dengan data diri asli Anda.

Untuk masalah yang terjadi di nomor dua dan tiga pemecahannya sangat mudah. Anda hanya perlu memberitahu mereka apa yang terjadi dan berikan bukti kartu identitas diri Anda, berikan juga bukti hasil pembayaran yang sudah Anda lakukan untuk membeli tiket yang sudah Anda terima.

Jadi setelah Anda membaca artikel yang saya buat ini. lain waktu cobalah untuk membeli dan memesan tiket atau kamar hotel dari tempat yang bisa dipercaya, karena di zaman yang serba sulit ini dan kasih kebanyakan orang sudah menghilang penting untuk berhati-hati dan waspada, bahkan perusahaan yang besarpun seringkali juga bisa melakukan tindakan yang bisa merugikan konsumen mereka.

Over-booked (Kamar Habis atau Kursi Habis)

Kejadian ini pasti tidak akan menyenangkan kita, tetapi hal seperti ini bisa saja terjadi dan mau tidak mau kita harus segera menyelesaikannya. Sebenarnya masalah ini bukan diakibatkan kerena kesalahan Anda, ini murni kesalahan mereka. Jika Anda sedang tidak terburu-buru terbang hal ini bisa menjadi sangat menyenangkan dan menguntungkan Anda.

Biasanya hal ini terjadi pada saat musim liburan tiba dan akhirnya menyebabkan over-booked. Sekali lagi saya ingatkan ini murni kesalahan dari pihak mereka jadi Anda tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan. Jadi untuk menghindari hal seperti ini usahan untuk selalu datang lebih awal supaya Anda bisa check-in di hotel atau di bandara. Jika seandainya masalah seperti ini tetap terjadi, biasanya pihak hotel atau maskapai akan memberikan tawaran untuk penerbangan berikutnya atau memberikan fasilitas tambahan atau upgrade kamar dan hal lain yang bisa mereka berikan.

 

Kesalahan Menetapkan Tanggal Departure dan Arrival Saat Berlibur di Luar Negeri

Memang liburan atau pergi-pergi di dalam negeri kemungkinan besar masalah yang seperti ini jarang akan kita alami. Biasanya hal seperi ini sering dialami oleh mereka yang sedang berlibur di luar negeri. Banyak yang akhirnya salah memperhitungkan berapa jauh jarak yang akan mereka tempuh dengan pesawat atau kereta api. Jadi saat Anda pergi keluar negeri pastikan untuk memperhitungkan jarak tempuhnya dan kapan perkiraan akan sampai sehingga Anda bisa membuat jadwal check in dan check out yang benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Beda halnya kalau uang Anda sudah tidak memiliki seri lagi maka tidak masalah mau telat atau terjadi masalah, karena semuanya bisa Anda selesaikan dengan uang yang tidak ada serinya lagi (bacanya orang kaya). Jadi pastikan untuk mengetahui dengan tepat kapan pesawat akan tiba dan pergi, buat berjaga-jaga mundurkan 1 sampai dua jam siapa tahu pesawat yang akan Anda gunakan mengalami keterlambatan jam terbang. Sebelum Anda benar-benar berangkat pastikan untuk memeriksa kembali semua jadwal termasuk jadwal booking kamar hotel agar semuanya bisa berjalan dengan baik tanpa ada masalah.

Gunakan Kartu Kredit Jika Punya.

Katanya sih jika kita mempunyai kartu kredit sebaiknya kita gunakan kartu kredit saat booking hotel. Selain mempunyai banyak keunggulan, kartu kredit biasanya menawarkan banyak diskon, menginap gratis dan cash back dan juga keuntungan lain yang tidak bisa diberikan oleh debit card dan cash, seperti perlindungan dari penipuan saat melakukan transaksi dan juga refund seandainya saja terjadi kesalahan pembayaran.

Hal yang mungkin jarang banyak diketahui oleh traveler adalah kebanyakan hotel menginginkan incidental deposit jika Anda menggunakan debit card agar mereka bisa terlindungi dan terhindar dari overdraft fee jika jumlah uang yang Anda miliki tidak memiliki cukup dana. Jadi siapkan kartu kredit saat Anda pergi berlibur, karena ini akan sangat membantu Anda.

Tidak Membaca Reviews

Membaca sebuah ulasan (review) dari pengguna lain bisa sangat membantu kita untuk memutuskan apakah kita akan menggunakan / membelinya. Review atau ulasan ini biasanya diberikan oleh mereka yang sudah pernah menggunakan dan menginap di hotel itu. Sayangnya kebanyakan orang di Indonesia kurang begitu suka membaca hal-hal seperti ini, mereka lebih senang melihat foto-foto yang keren dan juga fitur-fitur dari hotel saja. Padahal apa yang terlihat di foto belum tentu sesuai dengan service yang mereka berikan.

Tidak Membandingkan Harga Dengan Hotel Lain

Biasanya saat melihat ada diskon atau promo, kebanyakan dari kita akan langsung senang dan kemungkinan besar terburu-buru untuk melakukan reservasi. Sebenarnya bisa saya katakan itu adalah sebuah tindakan yang mungkin kurang tepat. Hal yang baik adalah dengan cara membandingkan harga terlebih dahulu dengan hotel-hotel yang lainnya.

Sebenarnya ada begitu banyak hotel dengan fasilitas yang sama dengan hotel yang sedang memberikan promo itu. Jika kita mau sedikit bersabar dan melakukan riset kita bisa membandingkan harga untuk mendapatkan hotel yang bagus dan harga yang terbaik. Saat melakukan riset untuk membandingkan harga coba gunakan cara yang ada di dalam artikel yang pernah saya tulis ini “Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dengan menggunakan VPN”.

Itu adalah beberapa masalah yang sering terjadi saat booking hotel, semoga setelah membaca artikel ini, saat Anda akan melakukan pemesanan tiket atau kamar hotel dikemudian hari bisa lebih teliti sehingga masalah – masalah seperti ini bisa kita kurangi.

Jika Anda suka dengan artikel Masalah yang sering terjadi Saat Booking Hotel dan juga video tutorial yang kami buat, Bantu kami share artikel ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top