skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Ibu Martha Tilaar – Pengusaha Kosmetik Wanita Yang Sukses

Ibu Martha Tilaar – Pengusaha Kosmetik Wanita Yang Sukses

Nama Saya Martha Handana

Martha Tilaar. Hampir semua wanita Indonesia pasti mengenal dan bahkan mungkin tekah menggunakan produk kosmetik dari Sariayu Martha Tilaar. Ya Martha Tilaar telah menjadi brand kosmetik di Indonesia. Tidak hanya itu saja Martha Tilaar telah menjadi ikon kosmetik Indonesia yang sudah dikenal oleh Dunia. Siapa orang dibalik produk kecantikan ini? Dibalik kesuksesan produk sariayu ada nama sang pendirinya, dialah Ibu Martha Tilaar tokok kunci dibalik perusahaan besar itu.

Berdasarkan data dari wikipedia Martha Tilaar lahir dengan nama “Martha Handana” di desa Gombong, kebumen, Jawa tengah. Ia mendirikan perusahaan di bidang kosmetik dan jamu dagang Sariayu. Ibu Marthamenikah dengan H.A.R Tilaar. Dari pernikahannya menghasilkan empat orang anak. Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, Kilala Tilaar.

Bersama dengan kalbe Farma Ibu Martha bekerjasama membuat sebuah perusahaan kosmetik dan jamu Martina Berto. Ia juga memiliki usaha lain di sentolo Yogyakarta yang diberi nama Prama Pratiwi Martha Gallery, selain itu Ibu Martha Tilaar juga memiliki kampung Jamu Organik di daerah Cikarang Bekasi. Di kota kelahirannya Ibu Martha mendirikan Roemah Martha Tilaar, ini adalah rumah Ibu Martha saat ia kecil, bentuk rumah ini sudah tidak seperti dulu, kini ditata ala museum.

Di kenal sebagai Wanita Yang Pantang Menyerah

Sejak kecil ibu Martha dikenal sebagai wanita yang pantang menyerah, pada waktu orang – orang mengatakan apa yang tidak mungkin, Ia selalu memiliki keyakinan untuk mencoba sesuatu. Menurutnya, jangan melihat apa yang menjadi hambatan didepan kita, tetapi bagaimana kita bisa memecahkan masalah yang akan kita hadapi itu. Ketika suaminya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri Ibu Martha Tilaar mengambil kursus kecantikan dan ia berhasil lulus dari sebuah Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS.

Setelah lulus dari Akademi kecantikan Ibu Martha langsung membuka praktek salon kecantikan di Amerika. Ia mulai membuat selebaran sederhana dan milai mempromosikan jasa layanan salonnya itu. Ia sangat tekun bahkan tidak malu – malu, ia masuk ke kampus, mendatangi rumah mantan dosennya untuk mendandani istri mantan dosennya. Selain itu Ibu Martha Tilaar juga mempromosikan jasanya kepada mahasiswa yang ada di sana dan juga kepada Ibu – ibu yang suaminya bertugas di Amerika pada waktu itu.

Ketika Ia kembali ke Indonesia Ibu Martha membuka salon kecantikan sederhana di garasi milik Ayahnya pada tahun 1970. Tidak hanya puas sampai di situ Ibu Martha terus mengembangkan usahanya dengan membagikan selebaran – selebaran ke lingkungan sekitar rumah, setiap pelanggan dia ajak bercakap – cakap sehingga terjadi kedekatan emosional. Nah dengan kedekatan seperti ini membuat para pengunjung menjadi betah dan selalu kembali lagi ke salonnya.. Tahun 1972 Ibu Martha  membuka salon ke dua di Jalan Anggun No. 3 Cipete kabyoran baru, Jakarta Selatan, nah di sinilah Ibu Martha Tilaar mulai menggunakan merek dagang baru “Sariayu Martha Tilaar”.

 

Sejarah Berdirinya Martha Berto

Martha Tilaar Group didirikan oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun 1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan kecil di rumah orangtuanya yang terletak di Jalan kusuma Atmajaya No. 47 Menteng, Jakarta Pusat. Untuk detail perkembangan Martha Tilaar dari waktu ke waktu Anda bisa membaca perkembangannya dibawah ini, data ini kami dapat dari situs resmi Martha Tilaar Group

 
  • Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
  • Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR. Martha, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai.
  • Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR. Martha bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady.
  • Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu modern.
  • Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya sendiri di kawasan industri Pulogadung.
  • Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan pabrik keduanya di Pulogadung.
  • Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
  • Tahun 1988-1990. PT Martina Berto melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
  • Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
  • Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
  • Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen Martha Tilaar Group.
  • Tahun 2000. PT Martina Berto mendapatkan sertifikat ISO 14001.
  • Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics (PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
  • Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia 40 tahun.
  • Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina Berto Tbk.
  • Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact Lead PBB di Davos, Switzerland.
  • Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
  • Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori Green Leadership.
  • Tahun 2013. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Corporate Image Award 2013
  • Tahun 2015. Martha Tilaar Group memasuki usia 45 tahun.
  • Tahun 2015. PT Martina Berto Tbk mendapatkan 1st Outstanding Corporate Innovation Award 2015.
  • Tahun 2016. Dr. (H.C.) Martha Tilaar menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah Republik Indonesia.
  • Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Sustainable Business Award 2016.
  • Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Anugerah Abyudaya 2016.
  • Tahun 2016. Martha Tilaar Group mendapatkan Family Business Award 2016 : “Building Family Reputation”.

Itu adalah sekilas tentang Martha Tilaar, Meskipun Ibu Martha kini telah sukses mengembangkan usahanya dan menjadi wanita yang sangat sukses dengan pendapatan yang sangat besar, hal itu tidak lantas membuat Ibu Martha lupa diri. Ibu Martha memberikan kontribusi dengan memberdayakan wanita – wanita Indonesia agar mereka bisa lebih kreatif dan bisa mandiri.

Satu pesan yang mungkin bisa kita pelajari dari Ibu Martha adalah fokuslah pada satu bidang yang akan kita jalani dan jangan pernah menyerah untuk menggapai satu bidang yang sedang kita tekuni itu. Tidak ada yang tidak mungkin, jika kita yakin dan terus berusaha setiap harinya maka suatu saat kita akan sampai juga dengan apa yang kita harapkan itu.  Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi saya dan kita semua. Silahkan tonton video di bawah ini, video wawancara dengan Ibu Martha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top