skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Manfaatkan Sosial Media Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Manfaatkan Sosial Media Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Manfaatkan Sosial Media Untuk Mengembangkan Bisnis Online. Kemajuan jaman yang semakin modern sedikit banyak telah mengubah kebiasaan orang di seluruh dunia tanpa terkecuali negara kita. Kita perlu berterima kasih kepada orang-orang yang telah menghabiskan waktu mereka untuk membuat kemajuan teknologi. Kalau dulu penyebaran informasi sangat lambat dan sulit untuk diketahui banyak orang, sekarang penyebaran informasi jauh lebih cepat, hanya butuh beberapa detik saja melalui media internet.

Pertama kali saya menggunakan internet waktu itu teman-teman kuliah saya banyak yang belum bisa menggunakan Internet, saya masih ingat sekali saya mengajarkan beberapa teman saya caranya membuat email caranya mengirim email. Menurut saya waktu itu sepertinya pengguna Internet di Indonesia masih sangat sedikit, kenapa saya bisa mengatakan seperti itu? Karena teman kuliah saya saja banyak yang baru mengenal internet dan masih banyak yang belum bisa bagaimana caranya membuat email dan chatting.

Sekarang ini pengguna internet di Indonesia sudah sangat banyak dan Indonesia masuk dalam daftar pengguna sosial media tertinggi di dunia termasuk penggunaan facebook. Ini membuktikan kedepannya pemasaran secara digital lebih efektif dan akan semakin lebih banyak.

Media sosial itu sangat banyak bukan hanya Facebook dan Twitter. Sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia selain Facebook dan Twitter adalah Google+ Linkedian, Pinterest dan Instagram. Sebetulnya masih banyak sosial media yang mungkin tidak digunakan oleh orang Indonesia. Anda bisa melihat daftar sosial media di sini.

Gunakan Sosial Media Dengan Bijaksana.

Alat apapaun yang kita gunakan entah itu pisau, motor, Gunting dan lainnya bisa memberikan manfaat bagi manusia dan juga bisa membawa bahaya bagi manusia. Begitu juga dengan sosial media yang ada di Internet dan yang kitagunakan. Memang sosial media pada awalnya di rancang untuk menjalin hubungan atau berkomunikasi dengan banyak dari segala penjuru dunia.

Selain berguna sosial media juga bisa membawa dampak buruk bagi penggunanya jika salah gunakan. Perkembangan dunia dan penggunaan sosial media sudah mulai berkembang dan bergeser dari tujuan awal. Sekarang sosial media sudah banyak digunakan untuk membantu memperkenalkan sebuah produk dan memasarkan produk.

Kehadiran Sosial media memang membawa banyak perubahan besar dalam kehidupan manusia. Satu sisi bisa membawa manfaat bagi si pengguna satu sisi juga bisa membawa dampak buruk bagi penggunanya.

Banyak orang menganggap bahwa mereka bisa menjalin hubungan atau bersahabat dengan orang lain tanpa harus bertemu langsung dengan orang itu. Percakapan yang dulu harus dilakukan untuk bertemu dan berkenalan denga orang lain kini tergantikan dengan adanya teknologi, mereka hanya perlu berkirim pesan lewat elektronik singkat. Bahkan banyak buku dan hasil riset yang mengatakan sekarang ini, banyak orang lebih suka mengobrol lewat teknologi ketimbang mereka harus mengobrol langsung. Bahkan parahnya lagi anak-anak sekolah sekarang juga lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan sebuah komputer atau tablet dan jarang bergaul seperti waktu saya kecil dulu, sering main layangan bersama, main gundu bersama, madi di sungai bersama, wah pokoknya seru deh kalau jaman dulu itu.

Meskipun seringkali teknologi seolah-olah membuat kita lebih akrab dengan orang lain walau jarak memisahkan, perlu Anda ketahui sebenarnya itu tidak demikian. Memang SMS, WhatsApp dan Media sosial lain mungkin bisa membuat kita lebih dekat dengan orang lain itu Memang benar sekali, tetapi ini bisa terjadi kalau kita benar-benar pernah ketemu dan kenal dengan orang itu di dunia Nyata. Sebenarnya media sosial hanya sebuah jembatan yang membangun antara kamu dan orang lain yang kamu kenal, itu tidak benar-benar membuat kalian semakin dekat.

Apa yang bisa kita pelajari dari sini? Jawabannya sangat sederhana. Media sosial kini semakin berkembang dari tujuan awal dibuat yang hanya untuk sekedar bersosial dengan teman lama kini menjadi platform yang sempurna untuk membantu Anda berinteraksi jarak jauh dengan para calon customer Anda. Jadi media sosial bisa membantu Anda promosi dan meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.

Jika Anda ingin menggunakan media sosial untuk menjadi salah satu strategi pemasaran Anda. Maka Anda harus juga sudah siap dan memperhatikan hal ini:

  • Bisa online setiap hari, bukan kalau ada pulsa internet
  • Menjawab pertanyaan dari para calon pelanggan tanpa pakai lama
  • Ramah, Sopan dan Hargai pelanggan sebagai Raja.
  • Jika ada yang komplen segera tangani dan jangan sungkan untuk meminta maaf.

Semua hal yang saya sebutkan di atas itu sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakan Internet khususnya sosial media untuk Mengembangkan Bisnis Online Anda. Jika Anda tidak melakukan salah satu dari keempat hal yang saya sebutkan di atas ini bisa memberikan kesan buruk pada bisnis Anda.

Manfaatkan Sosial Media Untuk Meningkatkan Bisnis Anda Secara Online.

Bagi yang belum tahu dan baru akan memulai bisnis online sebaiknya jangan pernah anti pati dengan media sosial. Meskipun memang seringkali sosial media memberi dampak buruk, kita jangan sampai tidak menggunakan sosial media sama sekali. Karena sosial media bisa membantu memasarkan produk dan meningkatkan penghasilan Anda. Banyak orang yang telah menggunakan sosial media untuk meningkatkan bisnis online mereka.

Membantu Memperluas Pasar dan Jaringan

Saya yakin Anda yang menggunakan internet khususnya sosial media, sering mendapatkan info-info terbaru bukan? Entah itu politik atau berita apapun. Dengan memanfatkan dan menggunakan sosial media sebagai salah satu strategi pemasaran Anda, ini akan membantu produk atau jasa Anda semakin lebih dilihat oleh orang banyak.

Jadi bisa saya katakan Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan bisnis Anda menjadi terus berkembang setiap harinya sekaligus menjalin kominikasi dengan para pelanggan Anda.

Membantu Membuat Orang Tahu Produk Anda

Dengan bantuan sosial media Anda akan memberitahu banyak orang tentang bisnis dan produk yang Anda jalankan dan jual melalui konten yang anda buat untuk tujuan mengedukasi. Misalnya Anda ingin jualan online tanpa modal dengan menjalankan bisnis dropship. Ketika Anda mengalami kebingungan Anda akan mencari konten atau video-video tentang bisnis dropship yang akan membantu Anda mengetahui lebih dalam tentang hal itu. Kemudian Anda menemukan artikel yang ada di website SUBMITClimb.com dan di Channel YouTube SUBMITClimb yang membantu Anda akhirnya mengerti tentang bisnis dropship. Nah konten perlu Anda buat untuk membantu cutsomer Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan membuat mereka akhirnya merasa konten yang Anda buat bermanfaat buat mereka dan akhirnya meningkatkan penjualan juga nantinya secara tidak langsung.

Membantu Meningkatkan Visibilitas

Buat Anda yang anti dengan sosial media, dengan menggunakan sosial media Anda bisa memberitahu calon customer dan pelanggan tentang apa yang Anda jual lagi dan produk baru apa yang baru. Harganya murah, bisa Anda lakukan dari mana saja dan kapan saja Anda mau.

Membantu Mengetahui Keinginan dan Keluhan Pengguna.

Dengan membuat dan menggunakan media sosial Anda akan menciptakan tempat bagi para pelanggan Anda untuk bertanya sekaligus menerima keluhan mereka tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikan tanggapan sesegera mungkin setiap ada keluhan atau permintaan apapaun. Respon yang baik dan ramah akan Semakin meningkatkan follower dan jika follower sudah banyak ini akan memungkinkan Anda untuk mudah mempromosikan produk baru atau promo karena Anda tidak perlu mencari pembeli dari nol dan sudah pasti jangkauannya akan semakin luas dan cepat.

 

Cara Terbaik Menggunakan Sosial Media Untuk Promosi.

Siapapun diantara kita bisa menggunakan sosial media tanpa harus diajarkan, memang ada beberapa orang tertentu yang memang butuh untuk belajar cara membuat dan menggunakan akun sosial media. Meskipun terbilang mudah ada perbedaan jika Anda ingin menggunakan sosial media untuk strategi pemasaran secara online.

Coba Anda cari tahu terlebih dahulu tentang hal ini sebelum benar-benar menggunakan sosial media untuk strategi pemasaran Anda:

  • Apa saja tujuan Anda membangun bisnis?
  • Targer apa saja yang ingin Anda raih untuk bisnis itu?
  • Apa saja pesan yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan Anda?
  • Siapa orang yang ingin Anda target?
  • Bagaimana para calon pelanggan Anda menggunakan Internet

Tips Menggunakan Sosial Media untuk Strategi Pemasaran:

  • Membuat Perencanaan. Dengan membuat perencanaan di awal ini akan membantu kita tetap berada di jalan baik dan tidak membuang energi, hal ini penting sekali untuk Anda lakukan. Untuk melakukan hal itu Anda perlu melakukan riset kata kunci, Pelajari Cara Riset Kata Kunci di sini!
  • Buat Konten Bermanfaat. Buatlah konten-konten yang menarik untuk pengunjung, berikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh mereka, misalnya tips and trik. Agar postingan atau konten yang Anda buat di sosial media Anda pastikan Anda secara bergantian menampilkan konten dalam bentuk teks, gambar, video atau lainnya.
  • Membuat Konten Blog. Banyak sekali perusahaan atau pebisnis yang memiliki website tidak mempunyai halaman News atau blog. Beberapa ada yang memiliki tetapi tidak menggunakan blog itu dengan sebaik-baiknya, malah ada yang sama sekali tidak memposting artikel sama sekali dalam waktu yang cukup lama. Bagi saya blog bisa kita manfaatkan untuk menyampaikan informasi lebih panjang dan terperinci tentang hal-hal yang berhubungan dengan produk atau bisnis yang sedang kita pasarkan, dengan memanfaatkan blog dan berbagi informasi dengan pelanggan tetap maupun calon pelanggan Anda ini bisa sangat baik untuk membantu meningkatkan pemasaran produk Anda.
  • Sertakan Referensi. Saat Anda membuat konten di halaman timeline sosial media atau blog Anda, pastikan untuk menyertakan sumber yang bisa dipercaya jika memang ada, banyak orang yang pelit untuk melakukan hal ini. Padahal jika Anda menyertakan sumber link yang bisa dipercaya dan memang bermanfaat hal ini bisa membantu menarik orang lain untuk setia dengan akun sosial media Anda dan juga website Anda.
  • Ukur Perkembangan Pengunjung. Setelah menggunakan dan melakukan semua hal di atas Anda juga perlu memantau perkembangan dari strategi pemasaran yang Anda jalankan dengan menggunakan Google Analytics. Kenapa Google Analytics? Karena ini akan membantu Anda menunjukkan grafik perkembangan dan pengunjung melalui media yang Anda gunakan.

Cara Menggunakan dan Menjalan Sosial Media untuk Strategi Pemasaran

Sosial media jika kita gunakan dengan bijak ini akan sangat membantu kita. Kami akan mencoba menjelaskan beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan untuk Strategi pemasaran

Facebook.

Facebook banyak digunakan di Indonesia dan di seluruh dunia. Hampir semua orang menggunakan Facebook. Untuk bisa menggunakan facebook sebagai bagian dari Strategi pemasaran Anda tidak bisa menggunakan akun facebook pribadi, karena akun facebook pribadi dibatasi jumlah pertemanannya. Anda perlu menggunakan dan membuat Facebook Page, untuk membuatnya Gratis sama seperti membuat akun facebook pribadi (profile) Anda. Semua orang bisa follow dan like aku Facebook page Anda tanpa ada pembatasan. Di Facebook page Anda juga bisa memposting artikel, gambar dan juga video-video yang berhubungan dengan produk atau bisnis Anda.

Google+

Google+ juga bisa digunakan untuk Strategi pemasaran, Untuk bisa memiliki Google+ Anda harus terlebih dahulu membuat email Gmail kemudian baru Anda bisa membuat akun Google+. Sama seperti facebook akun Google+ juga ada akun pribadi dan untuk akun bisnis, Anda bisa membuat kduanya secara gratis. Di Google+ Anda bisa memposting artikel, berbagi foto, link dan juga tentunya Video. Hebatnya lagi di Google+ ini Anda bisa mengelompokkan orang-orang ke kelompok tertentu yang ingin Anda bagi dan share tentang info baru dari produk atau jasa Anda.

Pinterest

Pinterest salah sau platform media sosial yang bisa digunakan untuk mendatangkan trafic (masih bagian dalam Strategi pemasaran) bagi beberapa orang cukup sulit untuk menggunakan platform yang satu ini. Untuk Anda yang ingin tahu cara menggunakan Pinterest bisa coba lihat di Channel SUBMITClimbhelp.

Twitter

Meskipun terbilang sulit untuk mengikuti postingan twitter yang terlalu cepat media sosial yang satu ini juga bisa membantu memasarkan produk atau jasa kita. Untuk bisa menambah followers cobalah untuk memfollow akun yang sejenis dan rajin update juga. Ini bertujuan untuk membantu memancing followers. Jika ada promo atau produk baru silahkan tweet hal itu dengan cara yang menarik dan kreatif. Pastikan untuk melakukan retweet jika ada customer yang memberikan testimoni. Meskipun terbilang informasi yang ditampilkan di twitter cepat pastikan Anda untuk juga aktif dan berinteraksi.

Linkedin

Linkedin merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk pemasaran secara digital. Di dalam Linkedin ada grup grup sesuai dengan bidang tertentu, Anda bisa mencoba bergabung di sana melakukan diskusi dengan orang-orang di sana. Salah satu cara yang sering saya gunakan adalah dengan membuat postingan artikel tertentu kemudian dalam postingan itu ada link yang akan mengarah ke website kita. Ini bertujuan untuk mendatangkan calon pembeli dan pembaca setia halaman blog atau website Anda.

YouTube

Dengan menonton video kita akan lebih mudah untuk mengingat apa yang di sampaikan dalam sebuah video. Oleh karena itu dengan menggunakan Video dan menguploanya ke YouTube ini akan membantu mempromosikan produk dan jasa Anda kepada banyak orang. Saran saya coba buat konten-konten video yang menarik dan kreatif. Saya biasanya membuat video yang bersifat Instruktif. Contohnya How to… Bagaimana Cara menghapus latar belakang gambar. Dengan membuat konten-konten bermanfaat seperti itu ini akan membantu kita untuk meningkatkan hasil pencarian video kita di Google. Selain itu konten-konten seperti itu akan membuat orang lain merasa senang untuk like dan subscribe channel Anda. Tetapi jangan lupa juga untuk menggunakan kata kunci yang tepat dari setiap video yang akan Anda buat.

Saya sangat berharap setelah Anda membaca artikel ini Anda bisa mendapatkan sedikit informasi tambahan untuk Manfaatkan Sosial Media Untuk Mengembangkan Bisnis Online. Semua yang saya jelaskan di atas tidak akan membawa pengaru kepada bisnis Anda jika Anda tidak memiliki followers, oleh karena itu sangat penting untuk menerapkan semua yang saya jelaskan di atas dan berupaya untuk terus mendapatkan follower nyata dari hari ke harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top