skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Manfaat Riset Kata Kunci Untuk Blog Publisher Google AdSense

Manfaat Riset Kata Kunci untuk blog publisher Google AdSense

Di artikel sebelumnya kita sudah sama-sama belajar tentang cara kerja Google Adsense dan juga batasan-batasannya. Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Riset Kata Kunci untuk blog publisher Google AdSense dan Cara Riset Kata Kunci terlebih dahulu. Mengapa saya tidak langsung masuk ke dalam pembahasan tentang pendaftaran Google AdSense seperti yang diajarkan oleh orang-orang lain?

Jawabannya sangat sederhana…

Apa yang akan dilihat dan mau dijadikan dasar oleh tim Google untuk menerima pendaftaran Anda sebagai Publisher di Google AdSense, jika website Anda belum ada atau belum jadi?

Ini yang sering saya perhatikan dibeberapa video pengajaran yang ada di internet, kebanyakan dari video panduan yang ada di internet menempatkan bagian ini ke bagian belakang setelah materi pendaftaran ke Google AdSense, padahal tahapan dan urutan dalam sebuah pelajaran menurut saya tidak boleh kita lewati karena nanti akan membuat bingung dan menjadi kurang tepat bagi si pelajar. Itulah mengapa kita akan membahas lebih dulu tentang Manfaat Riset Kata Kunci sebelum kita mendaftar Google AdSense.

Bagi semua orang yang ingin membuat website dan yang ingin membuat sebuah artikel hal utama yang harus mereka lakukan adalah melakukan riset keyword atau yang juga dikenal dengan riset kata kunci.

Percaya atau tidak ada begitu banyak cara yang diajarkan untuk melakukan riset kata kunci dan semua itu akhirnya membuat bingung banyak orang yang masih baru atau yang ingin memulai atau mereka-mereka yang masih sangat awam dengan SEO.

Melalui artikel ini saya akan memberitahu kepada Anda tentang dasar-dasar riset keyword secara umum yang bisa digunakan untuk semua macam model bisnis meskipun tidak selalu begitu. Dasar-dasar riset keyword ini, nantinya bisa membantu Anda untuk lebih mudah memahami cara riset kata kunci yang lebih mendalam untuk semua bisnis termasuk untuk mengikuti program Google AdSense.

Sebenarnya Saya mempunyai panduan khusus Tentang riset Keyword yang bisa Anda pelajari nanti setelah Anda mempelajari keseluruhan dari materi Google AdSense ini. karena saya yakin sudah banyak yang tidak sabar untuk segera membuat website dan bisa sesegera mungkin mendaftar Google AdSense.

Apa itu Kata Kunci atau Keyword?

Hal pertama buat para pemula adalah memahami kata atau istilah ini “Keyword”. Apaan sih keyword itu? Keyword atau kata kunci adalah sebuah istilah untuk kata-kata atau frase yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari topik tertentu di mesin pencari (serach engine) seperti Bing, Google dan Yahoo.

Apa Tujuan dari Riset Kata Kunci?

Lalu apa sih sebenarnya tujuan dari riset kata kunci itu? Sudah pasti ada tujuan dan juga manfaatnya. Tujuan utama dari riset keyword adalah untuk mencari topik apa saja yang sedang ramai dan yang paling banyak di cari oleh orang-orang di search engine Google yang berhubungan dengan blog atau website atau artikel yang akan Anda buat.

Dengan melakukan riset keyword Anda bisa mengetahui beberapa hal ini:

  • Menemukan keyword-keyword yang potensial, untuk mendatangkan pengunjung website (visitor) atau calon klien website Anda.
  • Menemukan kata kunci yang langsung berhubungan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan atau tema dari blog yang Anda buat.
  • Bisa mengetahui jumlah visitor untuk keyword tertentu.
  • Membantu mengetahui jumlah persaingan untuk keyword tertentu.
  • Membantu mengetahui keyword mana saja yang akan di jadikan keyword utama Anda.

Manfaat Melakukan Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci memang tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika kita ingin menggunakan tool pihak ketiga seperti Traffic Travis, SEO Powersuite, SEMrush, MOZ, Ahrefs, LongTailPro, Market Samurai, Keyword Tool io, KW Finder dan lain sebagainya.

Semua keyword tool yang saya sebutkan di atas mempunyai fungsi yang hampir sama tetapi memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Silahkan mengunjungi masing-masing website dari SEO tool pihak ketiga yang saya sebutkan di atas untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Meskipun membutuhkan waktu dan biaya untuk melakukan riset keyword, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat jika melakukan riset kata kunci. Buat beberapa orang, menggunakan tool berbayar seperti yang saya sebutkan di atas mungkin menjadi sebuah kendala. Meskipun ada kendala, bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Masih ada beberapa tool gratis dan Freemium yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda melakukan riset keyword basic tetapi bisa menghasilkan juga. Nanti kita akan membahas tool apa saja yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword.

Lalu apa saja manfaat Riset Kata Kunci?

1 Mencari Ide Artikel yang akan di Buat

Semua topik yang kita buat memang penting dan bagus untuk pengetahuan, tetapi tidak semua topik bisa menghasilkan pendapatan yang baik. Perbedaannya di sana. Makannya banyak orang yang masih baru dalam membuat web blog entah untuk pribadi atau tujuan bisnis, asal membuat artikel agar web blog mereka mempunyai banyak artikel. Kemudian mengeluh kok web blog saya sepi ya, kok pendapatan saya tidak besar ya? Nanti mau buat artikel apa lagi ya?

 

Dengan melakukan riset keyword Anda bisa menemukan ide-ide baru untuk topik artikel yang akan Anda buat. Jadi Anda bisa dengan mudah untuk menulis artikel selanjutnya dengan tema baru kapan saja tanpa kehabisan ide.

2 Sitem Kerja yang Terstruktur

Saat kita melakukan riset keyword, kita akan menemukan keyword-keyword yang berhubungan dengan topik utama yang kita angkat. Keyword-keyowrd ini nantinya akan kita susun berdasarkan prioritas dan tingkat persaingannya.

  • Keyword yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah artikelnya akan kita buat lebih dahulu
  • Mengelompokkan keyword mana saja yang mempunyai persaingan tinggi dan jumlah pencarian yang tinggi dan akan kita kerjakan belakangan.
  • Bisa membantu Anda menemukan apa saja yang akan di bahas dalam satu artikel.

3 Menjadi Trend Setter

Bagian ini yang paling banyak diinginkan oleh setiap pemilik website. Siapa sih yang tidak ingin website mereka menjadi website yang lebih dahulu membahas tentang topik tertentu. Kalau sudah begitu website itu BIASANYA akan lebih mudah untuk merangking dan mendapatkan jumlah visitor yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Prinsip Dari Riset Kata Kunci

Menurut saya melakukan riset keyword adalah Menemukan keyword yang bisa menjawab apa yang diinginkan atau pertanyaan orang (pengunjung).

Untuk lebih memudahkan Anda bisa saya katakan saat kita membuat sebuah konten sebenarnya konten yang kita buat itu untuk membantu orang-orang menemukan jawaban atas masalah mereka di blog kita dengan mencarinya di Search engine (mesin pencari)

Kita akan memberikan apa yang menjadi permintaan mereka.

Mungkin ada yang ingin bertanya mengapa berfokus pada hal ini?

Pada tahap ini, kita akan segera membuat sebuah web blog atau bahasa yang paling populer adalah membuat sebuah website yang baru untuk mengikuti sebuah program Google AdSense (Bisa di terapkan untuk bisnis lain juga).

Sebelum membuat sebuah website dan setelah website sudah jadi kita akan terus melakukan yang namanya Riset keyword. Apalagi jika website itu adalah sebuah website yang masih baru, maka pemiliknya perlu membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang tepat sasaran. Salah satu cara yang paling dasar adalah melakukan riset kata kunci yang akan kita pelajari ini untuk menemukan kata kunci yang potensial.

Tetapi ada perbedaan untuk website yang sudah besar dan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak, mereka bisa bebas membuat konten tentang apapun, karena sudah pasti konten mereka ada yang membaca dan kemungkinan besar juga akan lebih mudah untuk merangking, karena mereka sudah mempunyai jumlah pengunjung yang banyak dan tetap. Baik,  saya rasa panduannya sampai di sini dulu, kita akan melanjutkan pembahasan kita di artikel selanjutnya.

Ini adalah Artikel Berseri Panduan Terlegkap tentang Belajar Google AdSense Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Manfaat Riset Kata Kunci ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca juga artikel kami yang lain:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top