skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Macam Macam Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Mereka Yang Baru Ingin Menjalankan Bisnis Online

Macam macam Bisnis Online Tanpa Modal untuk Mereka yang Baru ingin Menjalankan Bisnis Online

Macam macam Bisnis Online Tanpa Modal – Halo semuanya selamat datang di SUBMITCLimb, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang Macam-macam Bisnis Online Tanpa Modal untuk Para Pemula yang bisa Anda jalankan untuk menambah penghasilan sambil bekerja dari kantor.

Saya percaya dari hari ke hari semakin banyak sekali orang yang kesulitan mencari pekerjaan meskipun mereka sekolah sampai perguruan tinggi. Kita melihat banyak sekali sarjana yang menganggur, bahkan bukan hanya sarjana saja yang menganggur, hampir semua orang kesulitan mencari pekerjaan, Ijazah yang mereka dapatkan tidak lagi bisa menjamin mereka bisa mendapatkan pekerjaan dan sukses, parahnya lagi banyak orang yang bekerja saat ini, tidak lagi bekerja sesuai dengan apa yang mereka pernah pelajari saat duduk dibangku perkuliahannya.

Di era yang semakin canggih ini sebetulnya kita semua semakin dipermudah dalam banyak hal sekaligus di persulit bagi yang tidak mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Untuk membantu mengurangi pengangguran sekaligus menambah penghasilan Anda saat ini, Anda bisa menjalankan BISNIS ONLINE dari rumah atau dari tempat yang Anda suka, asalkan Anda bisa terhubung dengan internet.

Saya percaya sekali dengan menjalankan salah satu dari model bisnis online ini bisa membantu Anda untuk menambah penghasilan Anda atau mungkin membantu Anda yang tadinya menjadi seorang employee menjadi seorang Businessman.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda apa saja sih model bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah nyaris tanpa modal?

Tapi sebelum Anda melanjutkan membaca jangan lupa untuk share, like, comment, follow dan subscribe semua akun social media yang kami miliki untuk menghargai apa yang sudah kami berikan untuk Anda secara gratis ini. Karena di luar sana untuk belajar dan mengikuti kursu online seperti ini Anda bisa membayar biaya kursus yang tidak sedikit.

Sebenarnya kalau Anda mau tahu ada banyak sekali macam-macam model bisnis online yang ada di dunia ini. Tetapi dari yang pernah saya pelajari dan ketahui ada beberapa macam model bisnis yang sangat mudah untuk Anda jalankan dari seorang employee menjadi seorang Businessman.

Dengan bantuan online, contohnya seperti marketplace ini sangat memudahkan Anda untuk masuk ke dalam pasar-pasar yang belum pernah ada dan yang belum pernah Anda jangkau, bahkan bisa menjangkau seluruh pelosok Indonesia dan jika Anda mau bisnis online bisa menjangkau seluruh orang yang ada di dunia ini.

Meskipun Anda tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bidang ini, selama Anda mau berpikir dan mempunyai kemauan yang keras, selama Anda terus berjuang dan selama Anda creative Saya sangat percaya Anda pasti bisa belajar dan menjalankan bisnis online.

Baik untuk mempersingkat waktu saya akan langsung menjelaskan kepada Anda tentang beberapa mcam model bisnis online yang bisa Anda jalankan secara online dari rumah Anda.

Saya juga ingin menjelaskan kepada Anda mengapa Anda harus mempunyai sebuah bisnis? Karena dengan bantuan bisnis yang Anda miliki, Anda bisa berharap untuk menghasilkan uang lebih cepat dan lebih banyak. Jadi kalau saat ini Anda seorang Employee dan Anda ingin mempunyai penghasilan yang agak tinggi (kekayaan) maka Anda harus mempunyai sebuah bisnis.

Mungkin ada yang ingin bertanya, bisnis apa yang bisa membuat saya cepat menghasilkan uang lebih banyak?

  • Anda harus mempunya keahlian (skill)
  • Bisnis yang Anda jalankan harus mudah untuk di naikkan kapasitasnya atau di Upscale
  • Bisnis Anda harus bisa bergantung kepada sistem (bisa di automatisasi) jadi bisnis yang Anda jalankan nantinya harus bisa jalan sendiri tanpa campur tangan atau minim campur tangan.

Baik berikut ini adalah macam-macam bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah:

  1. Menjual Jasa / Layanan Anda
  2. Menjual produk (bisa di jual ke marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya)
  3. Menjual Information Product (E-book, Tutorial, Template dan lain sebagainya)
  4. Membuat software atau Apps
  5. Affiliate Products
  6. Membuat membership
  7. Menjadi Ads Publisher (bagi beberapa orang ini bukan sebuah bisnis, tapi buat saya ini juga bisnis karena bisa membantu kita menghasilkan income.

Nah saya akan mulai menjelaskan satu persatu secara singkat tentang macam-macam bisnis online yang sudah saya sebutkan di atas.

1. Menjual Jasa atau Layanan kepada Orang Lain Secara online

Jika Anda seorang yang mempunyai keahlian, Anda bisa mencoba untuk menjual keahlian Anda secara online di marketplce, website pribadi atau website lainnya. Sebagai contoh:

  • Anda seorang yang mempunyai keahlian dibidang seni lukis Anda bisa menjual jasa Anda kepada kafe – kafe yang membutuhkan lukisan di tembok, atau menjual keahlian Anda kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan ilustrasi untuk kemasan mereka atau event mereka.
  • Jika Anda bisa bermain Gitar atau Bass, Anda bisa menjadi seorang gitaris atau main di kafe-kafe
  • Atau Anda seorang Master of Ceremony (MC)
  • Fotografer
  • Desainer grafis
  • Penterjemah
  • Akunting

Nah semua keahlian itu bisa Anda jual kepada orang. kalau dulu saat orang menjual sesuatu atau membutuhkan sesuatu biasanya lewat telepon dan juga dari mulut ke mulut, sedangkan sekarang dilakukan dengan cara-cara yang berbeda, yaitu dengan cara online menggunakan bantuan Internet.

Pemasaran termudahnya biasanya bisa lewat:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Upwork
  4. Fiverr
  5. Sribulancer
  6. Freelancer.com
  7. Fastwork
  8. Etsy
  9. Shutterstock
  10. Projects.co.id dan masih banyak yang lainnya

Contoh Pertama. Sebagai contoh di sini saya akan menunjukkan salah satu Marketplace yang bernama UpWork. Ini adalah tempat berkumpulnya para penjual jasa dari segala bangsa. Jika Anda mempunyai keahlian yang spesifik, misalnya kalau kita lihat di Upwork ada begitu banyak macam bidang pekerjaan yang mungkin salah satunya adalah keahlian yang Anda miliki.

  • Translation
  • Accounting & Consulting
  • Admin Support
  • Data Science & Analytics
  • Design & Creative
  • Sales & Marketing
  • Writing
  • Customer Service
  • Web, Mobile & Software Dev
  • IT & Networking
  • dll
UpWork untuk Freelancer

Contoh selanjutnya misalnya Fastwork. Anda juga bisa menjual atau memasarkan apa yang menjadi keahlian Anda. Apapun keahlian yang Anda miliki Anda bisa memasarkan dan menjual jasa Anda di marketplace seperti ini dari rumah Anda. Ini akan membantu Anda lebih dikenal dan mudah untuk memasarkannya.

 
Fastwork

Contohnya selanjutnya adalah Fiverr. Ini adalah sebuah website marketplace yang paling terkenal di dunia. Dulu mereka mempunyai tawaran jasa serba $5, sekarang kita bisa mengatur harga yang kita mau. Anda bisa melihat langsung di website Fiverr untuk jenis-jenis pekerjaan yang ada di sana. Jujur hampir semua pekerjaan ada di sana, mulai dari penterjemah, akunting, desain grafis dan lain sebagainya. Saya yakin dari kita semua pasti mempunyai skill. Jadi Anda bisa bergabung dan mulai memasarkan jasa Anda ke web-web seperti ini. Sekali lagi apapun bisa Anda jual dan banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan jasa Anda, tetapi Anda sendiri mungkin belum menyadarinya.

Fiverr untuk freelancer

Memang model bisnis seperti ini mempunyai hal yang baik dan mempunyai hal yang buruknya juga. Anda bisa melihat apa saja sih hal baik dan buruk dari model bisnis seperti ini?

Sisi Postif Menawarkan Bisnis Jasa

  • Mudah untuk memulai dan menjalankannya
  • Bisa dari hobby atau keahlian Anda (skill Anda)
  • Tanpa modal tetapi bukan berarti 100% tanpa modal
  • Anda bisa melakukannya sambil bekerja dari kantor Anda tanpa harus keluar dari kantor Anda
  • Jangkauannya sangat luas (seluruh Indonesia bahkan sampai seluruh Dunia)

Sisi Negatif Menawarkan Bisnis Jasa

  • Pesaingnya sangat banyak mengingat untuk memulainya sangat mudah
  • Rate atau per jamnya mungkin sangat kecil (untungnya sekarang kita bisa membuat harga sesuai dengan yang kita inginkan, kalau dulu tidak bisa
  • Jasa yang seperti ini sangat sulit untuk dinaikkan atau sulit untuk di Upscale. Sebagai contoh saya adalah seorang desainer grafis atau seorang Fotografer, di hari sabtu dan minggu saya misalnya mendapatkan job 1 sampai 2 wedding atau dua klien sekaligus Anda mungkin masih bisa menanganinya. Tapi kalau seandainya Anda kebanjiran order Anda tidak mungkin bisa melayaninya, saya yakin Anda hanya bisa mengambil 1 atau 2 wedding saja, kalaupun Anda mau ambil semua Anda pasti akan lempar pekerjaan itu ke teman atau orang lain yang sudah Anda kenal untuk menanganinya di sini Anda akan berbagi komisi dengan teman Anda, komisi yang akan Anda dapatkan mungkin akan jauh lebih sedikit dari teman Anda yang mengerjakan weddingnya.

Tips

Memang dari apa yang sudah kita lihat bersama, rupanya ada bisnis yang memang sangat sulit untuk di Upscale dan ada bisnis yang mudah untuk di Upscale. Meskipun sulit untuk di Upscale tetapi bukan berarti tidak bisa lakukan, ada tips sederhana untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Sulit di Naikkan: Jasa atau layanan yang kita lakukan sendiri. Seperti Desainer grafis atau seorang Fotografer yang tadi kita bahas memang sulit untuk di upscale, tetapi Anda bisa mencoba mengajarkan orang lain atau mendidik orang lain atau mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda menangani semua klien Anda.

Mudah untuk di Naikkan: Ini adalah Jasa atau layanan yang bersifat konkret. Contohnya seperti ini, katakanlah Anda seorang membuka Jasa cetak atau Anda seorang akunting. Anda bisa membesarkan Jasa atau keahlian ini dengan menggunakan Jasa orang lain yang mempunyai mesin cetak atau yang mempunyai keahlian yang sama. Dan sudah dipastikan nanti hasilnya akan sama.

Nah jadi itu adalah beberapa macam jenis bisnis online yang bisa Anda kerjakan dari rumah tanpa perlu mengeluarkan modal yang sangat banyak. Meskipun banyak orang yang bilang bisnis tanpa modal, sebenarnya bukan memaksudkan benar-benar tidak membutuhkan modal, karena Anda masih harus mempunyai peralatan untuk menunjang bisnis yang bisa di jalankan secara online ini seperti yang saya jelaskan di artikel apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan bisnis online.

Meskipun di artikel ini saya juga membahas tentang Macam-macam Bisnis Online Tanpa Modal untuk Para Pemula yang bisa di Upscale, sebenarnya pembahasan ini lebih ber-fokus kepada jenis-jenis bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah untuk menambah penghasilan Anda setiap bulannya sekaligus jika memang Anda bisa mengembangkannya dengan baik, bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis (pekerjaan) utama untuk menunjang kehidupan Anda sehari-hari.

Kita masih akan melanjutkan pembahasan selanjutnya tentang menjalankan bisnis online dengan Menjual produk Fisik di artikel selanjutnya.

Jika Anda suka dengan artikel Macam macam Bisnis Online Tanpa Modal ini dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top