skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Kursus Online Marketing Gratis Dan Belajar Digital Marketing

Kursus Online Marketing Gratis dan Belajar Digital Marketing

Kursus Online Marketing Gratis dan Belajar Digital Marketing. Kita sekarang hidup di dunia yang serba mudah dimana pengetahuan dan belajar bisa kita dapatkan hanya dengan beberap klik mouse, mulai belajar tentang pengetahuan apapun bahkan berbagi apapun dari yang kita ketahui.

Keterampilan Digital Marketing di kehidupan sekarang ini menurut saya sangat penting tidak hanya bagi orang-orang yang khusus bekerja di bidang ini tetapi juga penting untuk seorang pengusaha atau pebisnis (entrepreneurs).

Jika Anda membangun sebuah bisnis baru Anda perlu memiliki pengetahuan tentang Digital Marketing, meskipun Anda mempunyai tim khusus yang menangani hal ini setidaknya Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang Digital Marketing, bahkan mereka yang sukses dalam membangun bisnis di jaman modern atau jaman NOW mereka memiliki pengetahuan dasar tentang hal ini. Jadi bukan menyerahkan sepenuhnya kepada tim pemasaran yang handal, mereka wajib memiliki pemahan yang baik tentang Digital marketing agar mereka bisa mengawasi setiap pekerjaan yang dilakukan oleh tim pemasaran mereka.

Memang pemasaran dengan cara konvensional sudah tidak begitu terlalu penting lagi, kita harus juga menggabungkan dengan gaya marketing digital. Sudah pasti perusahaan akan tertinggal jauh dengan perusahaan lain yang selalu mengembangkan gaya pemasaran mereka dengan perkembangan jaman sekarang. Cepat atau lambat perusahaan itu akan kalah dan tergilas oleh pesaing mereka dan akhirnya harus tutup. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Pemasaran Digital Marketing sebetulnya tidak menakutkan dan menyeramkan, malah pengetahuan ini menurut saya mudah untuk dipelajari. Memang untuk belajar membutuhkan waktu dan upaya dari diri kita. Jika Anda bisa menggunakan internet, bisa menggunakan akun sosial media, email dan bisa membuka dan menonton video itu adalah bekal untuk Anda belajar Digital Marketing. *menurut versi saya secara pribadi.

Digital marketing adalah sebuah cara untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dengan menggunakan bantuan internet, media digital, media sosial dan juga website untuk mengumpulkan para calong pelanggan yang berpotensi melihat produk atau jasa yang ditawarkan kemudian akhirnya membeli produk atau jasa yang di tawarkan.

Bentuk iklan digital marketing itu bisa dibagi menjadi dalam empat jenis:

  1. Audio
  2. Video
  3. Image dan
  4. Text

Keuntungan Belajar Online Marketing dan Digital Marketing

Tentu saja ada begitu banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Digital Marketing:

  • Meningkatkan penjualan
  • Membuat brand Anda bisa dikenal pelanggan
  • Meningkatkan kunjungan ke website Anda dan juga ke
  • Media Sosial Anda

Saat belajar digital marketing Anda akan mengenal beberapa kata atau singkatan-singkatan baru yang digunakan dalam digital marketing seperti SMM, SMO, SEO, SEM dan sekaligus belajar untuk membuat website atau blog sendiri meskipun Anda tidak bisa coding dan ilmu desain grafis.

Dari Mana Mulai Belajar Digital Marketing?

Belajar dari Internet. Anda semua bisa memulai dari mencai informasi baik itu dalam bentuk artikel maupun video tentang Pemasaran digital di Internet, contohnya seperti cara membuat website berbasis CMS WordPress (website sederhana), belajar SEO, Cara menggunakan media sosial dan juga hal lainnya. Memang untuk mencarinya juga membutuhkan waktu untuk memilih mana yang baik dan mana yang tidak. Kenapa saya menyarankan Anda juga mencari sendiri di internet? Karena kalau Anda ingin terjun dalam Online Marketing dan Belajar Digital Marketing Anda harus bisa melakukan hal ini secara sendiri karena kalau Anda tidak bisa maka sudah dipastikan Anda juga tidak bisa melakukan digital marketing dan suskes dalam online marketing.

Mengikuti Kursus Bisnis Online Berbayar. Memang kita perlu guru juga untuk belajar tentang hal ini, karena dulu saya juga belajar dari seorang guru yang baik. Jadi jika kalian memiliki dana lebih sebaiknya ikutilah kursus-kursus berbayar yang bisa membantu Anda lebih sistematis dan terarah untuk belajarnya. Salah satunya seperti Kursus di SB1M, Anda juga bisa melihat daftar tempat kursus yang bisa Anda ikuti di dalam halaman khusus yang saya buat ini. Klik di Sini!

Ingat jangan pelit mengeluarkan uang untuk mengikuti kursus-kursus dan seminar-seminar yang diadakan untuk meningkatkan keahlian Anda. Ini adalah sebuah investasi dan ini adalah cara TERBAIK yang harus Anda lakukan untuk bisa sukses di bisnis online dan Belajar Digital Marketing. Di halaman itu saya juga memberikan beberapa daftar kursus online dan pelajaran lain yang bisa Anda ikuti dan pelajari secara GRATIS. Ini adalah pemberian dari saya secara pribadi, sebetulnya ini melanggar peraturan tetapi untuk kemajuan dan berbagi pengetahuan maka saya mau memberikan beberapa materi PREMIUM secara gratis kepada Anda. Mohon untuk tidak memperdebatkan masalah ini.

Selain itu saya juga ingin memberikan beberapa tips untuk mengikuti Kursus Online Marketing Gratis dan Belajar Digital Marketing. Saya berharap Anda mengikuti apa yang saya katakan ini:

  • Carilah Mentor yang baik untuk dijadikan pengajar yang bisa membimbing Anda setiap waktu selama proses belajar dan sampai Anda bisa dan menguasai dasar-dasarnya. Biasanya pelajaran tentang ilmu ini paling lama satu bulan itupun biasanya dalam bentuk video yang dipelajari secara online. Meskipun ada yang tatap muka juga tetapi kebanyakan secara online.
  • Belajar dari Video Tutorial. Hampir semua pelajaran tentang Bisnis Online dan Digital Marketing belajarnya dari video tutorial. Jadi selain dalam bentuk buku digital (PDF) Anda juga belajar dari video. Sukur-sukur ada yang pertemuan langsung untuk satu – beberapa hari.
  • Catat Semua Pelajaran di Buku. Era digital telah membuat banyak orang meninggalkan buku dan pulpen untuk mencatat. Tahukah Anda kalau catatan yang paling aman itu dalam bentuk tulisan di buku bukan tulisan dalam bentuk digital yang di simpan dalam komputer atau cloud. Catat semua hal penting agar pelajaran Anda terarah dan Anda mudah untuk mengingat pokok-pokok pentingnya.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa daftar tempat Kursus Online Marketing Gratis dan Belajar Digital Marketing Gratis dalam bahasa inggris. Apakah tidak ada dalam bahasa Indonesia? Karena saya tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. Ada tetapi dalam artikel ini saya ingin berbaginya dari materi yang berbahasa Inggris karena kebanyakan materi-materi yang gratisan itu dalam bentuk bahasa inggris.

Selain itu Anda bisa belajar menggunakan Google Translate atau menginstall ImTranslator Add-on di Mozilla atau Extension ImTranslator di Chrome. Dengan menggunakan software itu Anda bisa belajar semua panduan dalam bahasa Inggris dengan menterjemahkan ke bahasa Indonesia. Cara menggunakannya bisa Anda pelajari di Video ini. Klik Di Sini Untuk menonton!

Di bawah ini adalah daftar kursus online marketing gratis terkenal dan menjadi favorit banyak orang, sebagian besar semua pelajaran yang ada di sini bisa Anda pelajari secara Gratis atau hampir semua Gratis. Mari kita lihat apa saja itu:

WordStream’s PPC University

PPC University. Bisa saya katakan PPC University WordSteam adalah one-stop shop untuk belajar semua seluk beluk tentang PPC. Jika Anda mengunjungi halaman website itu Anda bisa melihat sendiri betapa mudahnya kita untuk belajar. Karena di sana semua materi sudah sangat lengkap dan terorganisasi sekali, sehingga para pemula dan pengguna PPC tingkat lanjut bisa dengan mudah untuk belajar. Selain itu, PPC 101 tersedia materi Kursus Online Marketing untuk bisa di download.

Google Online Marketing Challenge

Google Online Marketing Challenge. Selama 8 tahun terakhir lebih dari 100.000 orang dari banyak negara telah bergabung dan berpartisipasi dalam tantangan Pemasaran Online Google. Ini adalah Kursus Online Gratis yang bisa Anda ikuti dengan beberapa materi seperti: Pengantar Digital Marketing, Search Engine Marketing, Search Advertising, display advertising, mobile, sicial, analytics dan video. Google Online Marketing Challenge telah menjadi salah satu kursus online marketing yang lebih komprehensif bagi para pemula. Dan uniknya lagi Google memberikan kepada Anda pembelanjaan sebesar $250 untuk menggunakan AdWords busget untuk digunakan selama kurang lebih tiga minggu untuk menjalankan kampanye iklan online untuk bisnis atau untuk not for profit.

 

Jika Anda mencari kursus online Digital Marketing gratis dengan praktek langsung Anda bisa mencoba menggunakan Google Online Marketing Challenge dan ini adalah pilihan yang paling bagus menurut saya.

Constant Contract Social Media Quickstarter

Constant Contract Social Media Quickstarter adalah koleksi panduan online marketing dari Constant Contact yang akan membantu Anda mempelajari pemasaran media sosial dalam waktu yang relatif singkat. Kalau Anda lihat di dalam website mereka panduannya sangat tersusun rapih dan mudah untuk dibaca dan dipelajari. Pemula yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang hal ini bisa belajar dengan cepat. Di dalam kursus ini Anda bisa belajar cara mengintegrasi anatara pemasaran digital dengan email dan media sosial yang Anda gunakan secara maksimal dan tentunya akan memberi dampak yang luar biasa. Sekilas tentang kursus di sini Anda akan belajar caranya menggunakan sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, Google +, YouTube, Linkedian dan Blogging untuk mendukung pemasaran jasa atau produk secara digital.

HubSpot: Inbound Digital Marketing Course Plus Official Certification

Inbound Digital Marketing Course Plus Official Certification. Hubspot Academy memberikan kepada Anda kursus Online Gratis Tentang Digital Marketing yang komprehensif. Ada 12 kelas gratis yang bisa Anda ikuti untuk belajar dari HusSpot untuk membantu Anda menguasai Inbound marketing. Anda bisa belajar tentang blogging, SEO, keyword strategy, social media, email marketing, call to action dan masih banyak lainnya yang bisa Anda cek sendiri di sana. Anda juga bisa mengikuti ujian dari pelajaran ini dan mendapatkan nilai dari HubSpot.

Udemy com

Udemy

Udemy menawarkan banyak sekali pilihan hampir (10.000+) kursus online yang ada di sini mulai dari parenting, cooking, app building dan juga yang tidak ketinggalan marketing! Memang tidak semua kursus gratis tetapi beberapa Kursus internet marketing yang kami cantumkan di bawah ini 100% Gratis pada saat kami share artikel ini pertama (bisa berubah sewaktu-waktu)

Saran saya silahkan buat akun gratis di sana karena seringkali udemy memberikan panduan kursus gratis, jadi begitu ada yang gratisan Anda bisa langsung belajar tanpa harus membuat akun lagi. Saya juga memiliki beberapa daftar materi gratis yang saya dapatkan di Udemy yang saya share di sini. Jika beberapa materi yang saya cantumkan di bawah ini sudah tidak lagi gratis silahkan email atau hubungi saya jika Anda ingin mendapatkan materinya siapa tahu saya punya materinya.

  • Advanced SEO: Tactics & Strategy. Panduan ini dibuat oleh Tim MOZ, saya rasa sudah tidak diragukan lagi jika mereka yang membuat panduan tentang hal ini, ada 7 video yang bisa Anda pelajari ini tentang SEO expertise untuk pemula dan expert. Memiliki rating bintang lima.
  • Content Marketing for B2B Enterprises. Panduan yang solid dan sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin belajar tentang content marketing untuk B2B lead generation.
  • Social Media Online Marketing Courses. Ingin belajar tentang Social Media marketing? Anda bisa lihat Sixty Academy di Udemy. Mereka menawarkan beberapa materi yang bisa di akses secara gartis tentang social media marketing seperti Facebook, Linkedin, YouTube, Instagram, Twitter dan juga Google+ (bahkan ini mungkin cocok jika Anda berada di industri kreatif seperti craft marketing)

Tidak Cukup Dengan Yang GRATIS

Jika Anda membutuhkan materi yang premium yang lebih lengkap dan memiliki dana yang lebih sebaiknya jangan ragu untuk berinvestasi ilmu dan mengupdate pengetahuan Anda dalam hal apapun. Sebenarnya yang versi GRATIS-pun sudah lengkap karena biasanya Udemy memberikan semacam gratisan materi tertentu untuk meningkatkan jumlah pelajar di kelas itu plus membiarkan orang lain menilai sebagus apa materi yang ada di kelas itu (saya telah mengelompokkan materi GRATIS Udemy di halaman ini). Udemy juga menyediakan kelas berbayar yang lebih komprehensif, ini lebih baik dan tepat jika Anda ingin serius mempelajari Digital Marketing dan menjadi Marketing master.

lynda

Lynda (Membership Berbayar)

Lynda sangat terkenal sebagai salah satu tempat untuk belajar dalam bentuk video secara online. Terbaik dari website-website yang lain. Pelajarannya mulai dari Adobe Photoshop, CAD Software. Lynda memang sangat terkenal di Internet, memiliki banyak sekali video tutorial dengan pengajar profesional dan terbaik. Mereka juga memiliki materi khusus untuk Online Marketing, AdWords. Facebook dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di Lynda Anda diharuskan menjadi Anggota (membership) untuk akun keanggotaan di sini menurut saya cukup mahal jika dibandingkan dengan di Udemy, membership udemy dipatok dengan harga $25/month atau Anda bisa memilih $375/year. Ada juga membership untuk kelompok atau perusahaan sehingga pekerja dari kantor bisa masuk dan belajar di Lynda.

Mahal atau lumayan harganya? Biayanya sama seperti kita sekolah atau kuliah ya. Jika kalian tahu untuk belajar sesuatu itu perlu mengeluarkan uang dan kadang memberatkan kita apakah kalian sekarang akan menghargai jika ada orang yang memberikan materi gratis tanpa harus mengeluarkan uang dengan follow, subscribe atau share konten dan video mereka?

Jadi itu adalah beberapa Tempat Kursus Online Marketing Gratis dan Belajar Digital Marketing yang bisa Anda ikuti. Untuk di Indonesia sendiri sebenarnya ada hanya saja saya belum menemukan dan belum pernah mengikuti. Jika Anda memiliki daftar kursus online marketing, bisnis online atau hal lainnya yang ingin Anda bagikan silahkan share kepada kami semua melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top