skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Kuliah Sambil Bekerja Apakah Memang Perlu?

Kuliah Sambil Bekerja Apakah Memang Perlu?

Banyak orang berpendapat pendidikan seseorang adalah faktor terpenting untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Sebetulnya seberapapun pendidikan yang kita butuhkan sepertinya tidak selalu cukup.

Oleh karena itu, banyak orang yang lulus dari lulusan sekolah menengah tidak langsung bekerja. Banyak diantara mereka yang kembali sekolah untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi. Ini disebabkan karena, imbalan yang akan mereka dapatkan akan lebih tinggi dan sangat menggiurkan. Berdasarkan laporan The New York Times yang mengutip kata-kata dari laporan Economic Policy Institute “Para pekerja pria yang hanya mempunyai ijazah sekolah menengah mempunyai penurunan nilai upah yang di dapat sebesar 7,4 persen sejak tahun 1979 sampai ke tahun 1987. Sebaliknya seorang pria yang memiliki ijazah perguruan tinggi upahnya meningkat menjadi 7 persen’.

Semakin Tinggi Pendidikan Semakin Tinggi Upah yang di terima

Tetapi untuk bisa meraih gelar perguruan tinggi tidaklah mudah. Kamu perlu mengeluarkan banyak sekali uang. Apalagi di zaman sekarang ini, saya merasa sekolah untuk anak TK saja sudah sangat mahal apalagi sekolah di perguruna tinggi.

Dunia ini mengajarkan “Semakin tinggi gelar yang kamu raih akan semakin tinggi pula uang yang akan kamu dapatkan”.

Karena sering mendengar hal-hal seperti itu, akhirnya banyak membuat orang untuk berupaya meraih gelar sarjana dengan cara yang keras. Beberepa dari antara mereka yang kurang beruntung akan meraih gelar sarjana sambil bekerja – Kuliah sambil bekerja.

Kuliah sambil bekerja tentu tidak mudah. Saya saja merasakan pekerjaan di tempat kerja sudah sangat menyita waktu dan membuat stress, apalagi harus ditambah dengan pekerjaan kuliah?

Meskipun sulit berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda butuhkan untuk menjalani kuliah sambil bekerja.

Sekarang ini banyak sekali Universitas yang mempunyai program kuliah kelas karyawan. Kuliah-kuliah seperti ini, saat ini banyak sekali diminati oleh banyak orang. bahkan saat ini banyak sekali kuliah dengan metode blended learning, kuliah yang menggabungkan kuliah online dan kuliah konvensional. Kuliah ini juga dikenal dengan kuliah jarak jauh (PJJ) telah banyak sekali membantu para karyawan yang ingin mencapai gelar sarjana sambil bekerja. Mereka hanya perlu hadir ke kampus mereka setiap akhir pekan saja. Menarik ya.

Bisa saya katakan ini mirip dengan kuliah online, hanya saja ada perbedaan, kalau kuliah online tidak perlu tatap muka, kalau kuliah ini masih perlu tatap muka. Siswa yang mengikuti kuliah ini bisa mengakses materi kuliah mereka melalui dasboard yang sudah di sediakan dan bisa di akses secara online. Di sana mereka bisa mengunduh materi kuliah dan mempelajari materi kuliah biasanya dalam bentuk video dan materi pendukung yang sudah di sediakan.

Dan dalam satu semester, para siswa biasanya juga akan ada jadwal kuliah dalam bentuk live session di mana semua siswa bisa mengikuti layanan conference call untuk melakukan kuliah dan juga diskusi dengan semua siswa dan dosen yang mengajar di masaing-masing mata kuliah.

Cara Membagi Waktu Kuliah Sambil Bekerja

Kalau zaman dulu mungkin agak sedikit sulit untuk membagi waktu kuliah sambil bekerja. Seiring dengan kemajuan teknolgi dan zaman kuliah sambil bekerja jauh lebih memungkinkan dan lebih mudah. Meskipun pada penerapannya tetap akan ada waktu yang harus dikorbankan untuk salah satunya. Berikut ini tips sederhana saya cara membagi waktu Kuliah Sambil Bekerja:

1# Beritahu Perusahaann Bahwa Kamu Sedang Kuliah untuk Mengambil Gelar sarjana

Kuliah dan bekerja sama – sama penting. Buat Anda yang yang memang sudah berkeluarga bekerja adalah hal yang paling utama untuk bisa menghasilkan untuk mencukupkan kebutuhan keluarga. Untuk yang memang masih lajang, kuliah mungkin adalah hal utama yang harus di utamakan. Di sini saya tidak akan terlalu berfokus menjelaskan kepada hal itu, yang mau saya tekankan kepada Anda adalah jika Anda mau Kuliah sambil bekerja, cobalah memberitahu kepada pihak perusahaan bahwa kamu sedang mengikuti kuliah untuk meningkatkan skil dan gelar sarjana di sebuah perguruan tinggi.

Mengapa saya menyarankan ini kepada Anda? Karena dengan memberitahukan hal ini kepada perusahaan dimana kamu bekerja, siapa tahu pihak perusahaan akan membantu kamu untuk memberikan kelonggaran waktu jika memang dalam waktu-waktu tertentu kamu perlu menyesuaiakn waktu kerja dengan jadwal kuliah.

Selain itu kamu juga bisa memberitahu pihak kampus seperti dosen kalau kamu kuliah sambil bekerja. Sehingga pihak kampus atau dosen juga bisa membantu kamu di waktu-waktu tertenu jika memang ada kebutuhan untuk menyesuaikan waktu kuliah dengan kerja.

2# Jangan Menunda Tugas Kuliah dan Pekerjaan Kantor

Bekerja sambil kuliah biasanya akan menguras tenaga dan pikiran. Banyak orang yang melakukan kesalahan saat mereka bekerja sambil kuliah, apa itu? MENUNDA WAKTU.

 

Jika kalian menunda waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kantor dan kampus ini bisa membawa dampak yang lebih parah lagi. Anda akan kewalahan dan pekerjaan Anda bisa akan semakin bertambah banyak dan hasilnya juga tidak akan maksimal.

Jadi saran saya jangan pernah menunda waktu untuk mengerjakan pekerjaan kantor dan kuliah. Jika kamu lelah di malam hari untuk mengerjakan tugas-tugas kampus atau kantor, cobalah bangun lebih pagi untuk mengerjakan semua tugas itu.

3# Fokus

Tidak mudah bekerja sambil kuliah. Ini pengalaman saya, biasanya kalau kita bekerja sambil kuliah yang yang sering dan mungkin akan terjadi adalah kita akan memikirkan tugas kuliah saat bekerja atau sebaliknya. Jika ini yang terjadi usahakan untuk tetap fokus pada apa yang sedang kamu lakukan waktu itu. Jika kamu sedang bekerja, coblah fokus pada pekerjaan kamu, lupakan masalah kampus. Dengan melakukan hal ini kamu tidak akan mengganggu jam kerja dan pekerjaan kantormu akan jauh lebih cepat selesai jika kamu fokus.

4# Jaga Kesehatan

Bekerja sambil Kuliah bisa jadi memiliki jadwal yang padat sekali. Seringkali Anda akan merasa lelah setelah melakukan kegiatan kerja dan kuliah. Ini wajar, semoga tidak sampai jatuh sakit. Meskipun sibuk Anda harus membagi waktu untuk berolahraga setiap pagi atau sore hari atau di hari sabtu atau minggu. Pastikan juga menyantap makanan yang sehat, jangan jajan sembarangan dan selalu konsumsi air putih agar cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi. Dan pastikan kamu juga harus istirahat yang cukup.

5# Bekerja sebagai Freelancer

Selain bekerja full time di sebuah perusahaan Anda juga bisa bekerja sebagai freelancer di bidang yang Anda kuasai atau sukai. Anda bisa bekerja secara online dengan mencari pekerjaan secara online. Atau Anda juga bisa bekerja di sebuah kantor di hari dan jam-jam tertentu saat mereka membutuhkannya. Ini akan membantu kamu bisa kuliah dan tetap mendapatkan penghasilan.

Ya jadi itu adalah beberapa tips sederhana dari saya caranya kamu bisa membagi waktu Kuliah Sambil Bekerja. Memang tidak mudah pada awalnya, jika kamu disiplin dan bisa fokus tips yang saya berikan di atas akan sangat mudah untuk dilakukan.

Pendidikan Tidak Selalu Menjadi Peluang Untuk Mendapatkan Pekerjaan.

Saya akan sedikit menambahkan wawasan Anda tentang satu fakta yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. meskipun Pendidikan adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan upah yang jauh lebih baik, tetapi itu tidak selalu demikian.

Meskipun anda adalah seorang lulusan dari sebuah perguruan tinggi ternama, banyak orang seperti Anda harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan pekerjaan di dunia yang semakin buruk ini. Bahkan banyak orang yang mempunyai gelar sarjana tinggi tidak kebal terhadap PHK.

Coba Anda perhatikan teman-teman sekolah Anda di perguruan tinggi yang satu kampus dengan Anda. Apakah semuanya mendapatkan pekerjaan seperti yang mereka inginkan? Atau mayoritas dari teman-teman Anda yang lulus bersama Anda belum bisa mendapatkan pekerjaan?

Memang meskipun meraih gelar sarjana di sebuah perguruan tinggi ada banyak manfaat dan keuntungannya, tapi itu bukan satu-satunya cara yang ampuh dan kebal untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik.

Banyak Orang Sukses yang tidak pernah Kuliah

Satu fakta yang akan menambah pengetahuan Anda. Tahukah Anda ada begitu banyak orang hebat yang berhasil bekerja di sebuah perusahaan besar atau membangun usahanya tanpa kuliah. Selain itu ada begitu banyak pekerjaan di dunia ini yang tidak membutuhkan gelar sarjana.

Pernahkan Anda melihat sebuah perusahaan yang mempekerjakan karyawan di posisi yang jauh lebih tinggi dari orang-orang yang memperoleh gelar sarjana? Sekarang ini banyak perusahaan yang hanya membutuhkan orang-orang yang mampu dan sanggup bekerja dengan baik di perusahaan mereka. Banyak pemilik perusahaan sudah mempunyai pola pikri yang jauh lebih modern, jika Anda menemukan orang yang seperti itu, anda bisa mengajar mereka keterampilan tertentu dalam waktu yang singkat sambil bekerja.

Pelajari Lebih Lanjut:

Setiap Orang Bisa Sukses, Termasuk Anda.

Tips Agar betah di tempat kerja.

Bisnis Online Modal Kecil Terpercaya yang bisa di jalankan Dari Rumah.

Pekerjaan Apa yang Cocok Untuk Saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top