skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Keyword Tool Gratis Terbaik Tahun Ini

Keyword Tool Gratis Terbaik Tahun Ini

Keyword Tool Gratis Terbaik Tahun Ini. Sebagai Seorang Pebisnis Online atau sebagai Internet Marketer riset keyword (Riset kata Kunci) adalah salah satu hal yang paling penting yang harus Anda lakukan terutama jika Anda ingin melakukan pemasaran konten – content marketing.

Namun untuk melakukan riset keyword kita membutuhkan bantuan sebuah alat (tool) untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan riset keyword. Ada begitu banyak tool yang bisa kita gunakan diluar sana, saya baru-baru ini melakukan riset rutin yang selalu saya lakukan satu tahun satu – dua kali untuk melihat apakah ada tool riset keyword yang baru atau tidak.

Baru-baru ini juga salah satu tool keyword riset terbaik yang selalu digunakan – Google keyword Planner – telah memiliki banyak perubahan.

Seperti yang dikatakan Google di postingan komunitas mereka:

“Advertisers with lower monthly spend may see a limited data view in the Keyword Planner. For example, you may see values such as 0, 1-100, 100-1K, 1K-10K, 10K-100K, 100K-1M, 1M+ in the average monthly searches column.

In addition, other advertisers may trigger the limited data view by reaching a limit on the number of searches for search volume data.

These changes will ensure that AdWords advertisers are able to get the data they need to optimize their accounts.”

Kemungkinan juga Google membuat perubahan untuk ini juga:

  1. Menghasilkan lebih banyak uang (Cara yang sah – mereka memiliki tool yang sangat berguna)
  2. Menghindari pengguna Gratis dari penyalahgunaan sistem yang mereka buat (kemungkinan ini adalah masalah yang sangat serius)

Memang kita tidak tahu alasan apa yang membuat Google melakukan banyak perubahan pada keyword tool mereka, yang pasti ini memberikan efek kepada semua pelaku SEO termasuk saya secara pribadi. Ada yang mengatakan mereka lebih suka Google Keyword Planner yang lama tetapi ada juga yang bilang lebih suka yang sekarang.

Jika Anda tanya saya…

maka saya akan jawab saya lebih suka Google Keyword Planner yang sebelumnya karena ada banyak data berharga untuk pengiklan secara GRATIS.

Coba lihat perbedaannya, ada beberapa perbedaan dari screenshot yang diambil oleh Barry Schwartz untuk artikel yang mengambil tema tentang SEO di website seroundtable.

Sebelum Google melakukan Perubahan:

google keyword planner data lama

Keterangan gambar:

Ini adalah salah satu alasan kenapa Google Keyword Planner adalah tool terbaik waktu itu. Coba lihat dari semua data yang di tampilkan di gambar, Anda bisa mendapatkan semua data itu – GRATIS!

Tetapi yang baik dan GRATIS di internet biasanya tidak bertahan lama… dan pasti akan berakhir.

Berikut ini Hasil Pencarian Google Keyword Planner 2016:

google keyword planner angka baru

Keterangan gambar:

Seperti yang Anda lihat pada gambar, ada perubahan dan perbedaan yang sangat besar pada waktu tahun 2016 setelah Google melakukan update pada keyword tool mereka.

Contohnya untuk kategori 1-10.000 pencarian perbulan Angka ini mungkin tidak terlalu berguna untuk Anda lagi.

Mengapa demikian?

Karena Anda perlu mengetahui lebih banyak angka yang bisa membantu Anda mengetahui apakah keyword itu bagus atau tidak untuk kita gunakan dalam pemasaran konten – content marketing.

Menggunakan keyword tool tambahan yang ada di Internet pasti akan menghabiskan banyak sekali uang untuk setiap bulannya hanya untuk menemukan satu kata kunci yang mungkin tidak mudah untuk ditemukan hanya dengan sekali pencarian.

Berikut ini hasil pencarian Google Keyword Planner 2018

google keyword planner angka baru update

Keterangan Gambar:

Perhatikan Angka-angka baru yang kembali muncul di Google Keyword Planner tahun 2018. Dengan adanya angka itu kita mungkin sedikit terbantu untuk riset kata kunci Anda.

Untuk berjaga jaga kalau sewaktu-waktu Google melakukan perubahan kembali Anda bisa menemukan alternatif Keyword Tool Gratis dan juga premium yang paling terbaik, saya mencoba untuk mengelompokkan beberapa keyword tool gratis yang paling baik dan banyak digunakan oleh pelaku SEO dan pebisnis online di dalam artikel ini.

Jika Anda takut untuk mengeluarkan sedikit uang, teruslah membaca artikel ini sampai habis saya juga menyarankan Anda untuk membaca artikel yang pernah saya buat sebelumnya dengan judul “Alternatif Keyword Tool Gratis Untuk Riset Keyword.”

Kenapa Riset Keyword itu Sangat Penting

Jika Anda seorang Internet marketer yang sudah berpengalaman silahkan skip bagian yang akan saya bahas ini dan silahkan langsung menuju ke rekomendasi kami dibagian bawah. Juga: teruslah ikuti postingan terbaru kami berikutnya, karena artikel ini akan kami buat berseri, di mana Anda bisa mengetahui dan menemukan di mana tool riset keyword terbaik, yang Gratis dan juga yang murah.

Jika Anda bertanya “Mengapa riset kata kunci itu sangat penting dan berada di urutan pertama?” Anda sedang mengunjungi halaman yang tepat.

Riset kata kunci memungkinkan Anda untuk membuat konten-konten yang SEO friendly dan ditampilkan dihalaman depan mesin pencari Google agar dapat dilihat dan di baca oleh orang lain. Riset keyword juga membantu Anda mengetahui apa yang sebenarnya orang lain cari dan inginkan.

Saudara Saya pernah menulis tentang “Teknik Marketing Ampuh untuk Meningkatkan Bisnis Anda.” Anda bisa belajar mengapa SEO dan CRO itu sangat penting di Artikel yang dia buat itu. Selain itu Anda juga bisa Konsultasi Gratis apakah SEO dan CRO sudah diterapkan pada website Anda dengan benar atau belum? Klik disini untuk mengklaim konsultasi Gratis Anda.

Jika Anda berhasil melakukan riset keyword dan menemukan keyword terbaik, Anda bisa merasakan senang yang luar biasa dan terhindar dari perasaan galau seperti seorang blogger yang menulis tentang sesuatu tetapi tidak pernah ada yang membaca…

Saat Mencari Keyword Saya dan Saudara Saya biasanya mencari keyword yang mengandung ke tiga hal ini:

  • Memiliki buying intent yang cukup tinggi
  • Jumlah pencariannya perbulan yang cukup banyak
  • Persaingan di mesin pencari masih masuk akal

Jadi saat Anda melakukan riset keyword pastikan keyword unggulan yang Anda cari mengandung ke tiga hal dasar yang saya sebutkan di atas jika Anda ingin mendatangkan pembelian dari Internet.

Anda Harus Mengalahkan Persaingan Kompetisi!

Halaman pertama Google akan mendapatkan 92% dari semua traffic untuk frasa pencarian yang diberikan. Itu sangat banyak…. dan urutan 4 teratas mendapatkan 2/3 dari keseluruhan traffic.

Itu berarti Anda ingin segera melakuka optimasi begitu mendapatkan kata kunci yang mungkin menurut Anda memiliki peluang yang realistis dan bisa mendapatkan peringkat di hlaaman pertama, halaman depan mesin pencari Google. Itu jika Anda mampu dan bisa.

Tetapi untuk mengetahui informasi itu, Anda harus memiliki sebuah tool yang handal!

TERUSLAH MEMBACA! jika Anda ingin benar-benar serius untuk bisa mencapai tujuan Anda untuk merasakan dan mendapatkan kebebasan finasial dan Anda benar-benar ingin mendapatkan hasil dari upaya yang sudah Anda lakukan selama ini.

Alternatif Terbaik Google Keyword Planner SEMRush

Mungkin sudah banyak yang tahu tool yang satu ini, jika Anda belum tahu Anda bisa menggunakan SEMRush sebagai laternatif yang paling baik untuk Google Keyword Planner.

Kenapa? Karena Semrush memberikan data yang paling baik menurut saya.

Semrush Keyword Analytics 1

Semrush Organic search result

Semrush akan membantu Anda dalam memberikan beberapa data penting ini:

  • Related keywords
  • Organic search results
  • Ad copy for the keyword you typed in
  • Search volume
  • Phrase match keywords
  • Paid CPC

Tidak hanya itu saja Semrush juga bisa membantu Anda melihat siapa saja pesaing Anda dan Anda juga bisa menemukan data-data tentang kata kunci apa saja yang digunakan oleh website pesaing Anda dan keyword mana saja yang merangking. Berapa jumlah backlink yang mereka buat untuk website mereka, volume pencarian bulanan mereka dan masih banyak data lainnya.

Semrush Domain Overview

Semrush Domain Overview backlink

Sayangnya meskipun tool ini bisa digunakan secara gratis oleh kita, tapi tidak benar-benar gratis. Anda hanya bisa menggunakan Semrush untuk 10 pencarian gratis saja setelah itu Anda diharuskan untuk update ke paket Pro. Tetapi jika Anda tidak ingin update Anda harus menunggu untuk bisa menggunakan 10 pencarian lagi ke esokan harinya.

10 pencarian perhari jumlah itu sangat sedikit tetapi data yang diberikan sangat luas – maka Semrush layak untuk Anda gunakan sebagai tool alternatif gratis Google keyword Planner.

Tool Bagus Yang Benar-benar Gratis: SEO Book Keyword Tool

SEO Book

Anda mungkin malas untuk mengeluarkan uang untuk menggunakan tool premium, menggunakan trik khusus agar dapat menggunakannya atau cara lain. SEO Book Keyword Tool bisa Anda gunakan.

Hanya saja saat kita menggunakan tool ini untuk pencarian lokal Indonesia sedikit kurang bagus, karena tool ini menggunakan setingan default US dan UK. Itu saja!

Dalam hal ini, SEO Book Keyword tool adalah pilihan tepat untuk Anda. Dia akan memberikan banyak data yang Anda cari, diantaranya seperti:

  • UK Data
  • US Data
  • Daily searches
  • Google + Bing + Yahoo searches
  • CPC for paid ads

Hebatnya lagi SEO Book memberikan data ini tidak hanya untuk frasa yang tepat dengan yang Anda cari tapi juga untuk frasa related keyword. Data ini lebih berharga ketimbang hanya memberikan keyword suggestions seperti banyak tool gratis yang bisa Anda temukan di Internet dan yang akan kami sebutkan dibwah ini.

Memang Anda tidak akan mendapatkan info sebanyak yang dengan menggunakan tool ini seperti (salinan iklan BPK) selain itu tidak ada analisis persaingan, tetapi secara keseluruhan SEO Book keyword tool cukup berguna untuk kita gunakan meskipun website ini terlihat tua dan tidak begitu menarik tampilan landing pagenya.

Freemium, Penggunaan Terbatas dan Akun Gratis

Tool yang akan saya sebutkan di bawah ini sangat berguna daripada Keyword Tool Suggestion gratis yang bisa Anda lihat di bawah ini:

Tetapi, untuk additional utilitynya akan dikenakan biaya, seperti:

  • Harus membayar uang setelah melakukan beberapa pencarian yang sudah ditentukan.
  • Anda tidak bisa melihat semua data jika menggunakan free member.
  • Anda diwajibkan mendaftar untuk bisa menggunakan tool ini. (Free account)

Sebenarnya semua tool ini diberikan secara gratis untuk membuat orang mencoba dan melihat keampuhan dari tool yang mereka buat dengan beberapa batasan yang sudah saya sebutkan di atas. Meskipun demikina selalu saja ada cara untuk tetap bisa menggunakan tool ini untuk riset keyword tanpa harus membayar, yaitu Anda bisa menggunakan VPN untuk mengganti-ganti IP Anda jika batasan pencarian perhari Anda sudah habis.

Tool Berbayar Murah dan Bagus: KW Finder

KWFinder keyword

 
  • Search volume result – Ya
  • Any restrictions – Ya
  • Free seraches – Ya

Sewaktu pertama menggunakan KW Finder saya sangat suka dengan tampilan website dan penempatan data yang di tampilkan. Semua informasi yang diberikan sangat relevan bahkan keywors phrase yang dimunculkan juga mudah dilihat karena ditampilkan dalam satu layar.

Jika Anda ingin menggunakan versi berbayarnya Anda akan dikenakan $49 perbulan untuk 100 kali pencarian dalam sehari, tapi jangan lupa pencarian gratis adalah pilihan kita! Jadi jika Anda sudah menghasilkan dan ingin berinvestasi harga yang diberikan KW Finder jauh lebih murah dibandingkan Ahrefs, SEM Rush atau Moz.

Menurut saya KW Finder adalah yang tercepat memberikan data!

Anda bisa mendapatkan dengan cepat untuk mengetahui keyword difficulty yang perlu Anda tahu, kata kunci yang relevan juga disertakan dalam satu layar sehingga Anda bisa dengan cepat untuk membuat konten SEO untuk website Anda.

Pilihan Lain Freemium: Keyword Revealer

keywordrevealer - how to make money

  • Search volume results – Ya
  • Free seraches – Ya
  • Any restriction – Anda harus bergabung dengan free account – tetapi mereka akan memberikan Anda 3 pencarian saja perharinya.

Landing page websitenya lumayan bagus menurut saya, tetapi jika di suruh memilih saya akan lebih suka tampilan dari KW Finder.

Keyword Revealer saingan yang kuat di pertarungan keyword tool arena – harganya cukup murah.

Jika Anda merasa kurang cukup dengan pencarian gratis yang dibatasi hanya sampai 3 kali pencarian Anda bisa upgrade untuk mendapatkan 15 kali pencarian dalam sehari dengan membayar 10 dolar perbulan. Itu harga yang sangat menarik jika Anda memang memiliki budget.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan akses ke fitur “Keyword difficulty” fitur ini akan menunjukkan kepada Anda berapa tinggi tingkat persaingan keyword yang Anda akan target. Ini akan membantu Anda dengan cepat untuk membuat konten yang sesuai dengan target dan kemampuan SEO Anda.

keywordrevealer - KEYWORD DIFFICULTY

Moz Explorer: Simpel – Clean.

  • Search volume results – Ya
  • Free seraches – Ya
  • Any restriction – hanya 2 kali pencarian gratis perhari.

MOZ Keyword research n difficulty

Kita hanya diberikan 2 pencarian perhari, jumlah ini sangat-sangat sedikit sekali. Tetapi Tool Moz ini sangat mudah untuk Anda gunakan, karena di tata dengan baik. Untuk pilihan yang berbayar Tool ini sangat mahal sekali. Jika Anda memiliki anggaran yang cukup banyak saya sarankan Anda untuk menggunakan tool ini agar pekerjaan Anda semakin dipermudah.

SERPS: Cukup Bagus, Tetapi Jika dibandingkan yang lain ini kurang

serps keyword tool lama

  • Search volume results – Ya
  • Free seraches – Ya
  • Any restriction – beberapa pencarian, setelah itu Anda harus tekan F5 (refresh) halaman dan Anda bisa menggunakan pencarian kembali.

Jika kita bicara dan membandingkan dengan tool yang lain maka bisa saya katakan SERPS masih kurang cocok buat saya, mungkin bagi Anda ini cocok. Silahkan cek langsung di SERPS website.

INFO: Belakangan situs ini tidak mau mencari kata kunci yang kita cari. Saya tidak tahu kenapa apakah ini hanya terjadi di komputer saya saja atau di tempat Anda juga. Jika tool ini berfungsi di tempat Anda silahkan beritahu kami melalui kolom komentar.

Keyword Generating Tool Gratis.

Tool ini benar-benar Gratis – Tetapi Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar.

Anda mungkin bingung dengan apa yang saya katakan diatas, jangan salah paham dulu. Anda bisa menggunakan tool yang sangat berguna ini untuk mendapatkan ide keyword yang mau kita gunakan. Tetapi tanpa ada data seperti jumlah angka search volume untuk kata kunci yang Anda cari ini akan sulit bagi Anda untuk menemukan “keyword Permata” yang masih tersembunyi di dalam tanah, jadi Anda mungkin membutuhkan yang namanya “Google Keyword Planner” atau “Keywords everywhere” Anda bisa pilih salah satu untuk menggabungkan menggunakan tool ini sehingga Anda bisa mendaptkan angka search volumenya.

Untuk digunakan mencari ide keyword dasar, Gratis, Cepat dan Mudah untuk digunakan.

Answer The Public: Unik Spin Keyword Research

Answer The Public Keyword Tool -Visualisation

Saat pertama mengunjungi dan menggunakan Answer The Public saya agak bingung, diaman toolnya? Mungkin Anda juga sama seperti saya. tampilan depan cukup bagus hanya saja sedikit membingungkan saya pada awalnya untuk mencari keyword.

Setelah mencoba dan menggunakannya saya suka dengan hasil pencarian yang diberikan yang menggunakan pendekatan kata seperti: “Who, When, What, How, Which” cobalah sendiri sekarang, Anda akan suka untuk menggunakannya.

Pada dasarnya, ini tool yang bagus untuk generating keyword ideas

Answer The Public Keyword tool Data

Uber Suggest – Yang Biasa Menjadi Luar Biasa

Ubersuggest keyword tool

Dulu Uber Suggest adalah website sendiri, sekarang digabung di websitenya Neil Patel. Saya tidak mengatakan ini tool yang sangat penting, tetapi bisa Anda gunakan untuk riset keyword.

Dan ini GRATIS!

Keyword Shitter: Sederhana dan Gratis!

Keyword Shitter

Terlepas dari namanya yang sedikit aneh menurut saya. Keyword Shitter memiliki keunggulan dalam melakukan apa yang Anda inginkan dan bayangkan. Keyword Tool ini akan memberikan data yang terkait dengan keyword yang ingin Anda gunakan.

Anda bisa menggunakan alat gratis ini hanya untuk mendapatkan beberapa frasa yang bisa Anda gunakan untuk keperluan konten website dan lainnya.

Keyword Tool.io: Sejuta Umat Pakai ini

Keyword Tool io make money online

Buat saya tool ini sangat menyebalkan, tetapi hampir banyak orang menggunakan tool yang satu ini. Versi gratis KeywordTool.io tidak terlalu banyak berguna menurut saya. menurut saya mereka secara agresif mendorong Anda untuk melakukan upgrade untuk melihat search volume dan data lain.

Saya bukan penggemar tool yang satu ini.

SEO Chat Tool: Baik digunakan untuk Niche Research

Keyword Suggest Tool

SEO Chat Keyword tool

SEO Chat meskipun tampilan websitenya menurut saya kurang bagus dan saya tidak suka berlama-lama di sana. Keyword Suggest Tool mereka membuat saya untuk datang dan menggunakannya untuk riset kata kunci. Tool ini akan membantu pekerjaan kita menjadi lebih mudah untuk men-generate seed keyword dan mendapatkan free CPC dan juga informasi tentang search volume keyword.

Jika saat ini Anda sedang melakukan riset untuk bisnis online Anda (mencari niche) saya pikir ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan di website ini.

SEO Chat Keyword tool bulk 3

Ingat di sini sebenarnya ada dua tool yang berbeda: suggestion tool (lihat gambar di atas) dan tool related keyword (ditampilkan di bawah)

Saat menggunkan kedua tool ini, pastikan untuk lihat ke level 3 untuk mendapatkan hasil yang paling berguna.

SEO Chat Related keywords tool

Soolve: Luas, Tetapi data kata kunci Dangkal

Soovle keyword tool

Hal unik yang akan Anda dapatkan dari tool yang satu ini adalah Soovle akan memberikan kepada Anda hasil pencarian yang berbeda sekaligus, ini termasuk:

  • Wikipedia
  • com
  • YouTube
  • Yahoo!
  • Bing
  • Amazon

Kalau Anda lihat langsung di website mereka, ada kekurangan yang sangat dasar, mereka tidak memiliki informasi volume dari hasil pencarian mereka… jadi ini menurut saya ini tool yang sangat basic sekali untuk kita gunakan. Namun jika Anda mengklik salah satu kata kunci yang ditampilkan Anda akan dibawa langsung ke SERP (halaman hasil pencarian mesin pencari) untuk frasi itu. Ini fitur lebih mereka.

Yang Mana Alternatif Keyword Tool Gratis Untuk Google Keyword Planner yang Harus Anda Gunakan?

Jika Anda tidak bermasalah untuk menggunakan VPN dan me-refresh halaman browser Anda (atau hanya ingin menggunakan 10 pencarian kata kunci dalam 1 hari) SEMrush adalah Tool yang mungkin cocok untuk Anda gunakan.

Tetapi jika Anda ingin mencari dan menggunakan yang benar-benar gratis, SEO Book yang terbaik untuk Anda gunakan.

Jika Anda mempunyai sedikit anggaran dan ingin menggunakan pilihan yang berbayar murah, KW Finder adalah yang paling cocok untuk Anda gunakan.

Teruslah mengikuti artikel terbaru kami di artikel berseri ini, dimana Anda akan menemukan tool pencari kata kunci terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top