skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Kapan Harus Mendaftar Google AdSense – Persyaratan Kelayakan AdSense

Kapan Harus Mendaftar Google AdSense – Persyaratan kelayakan AdSense

Kapan Harus Mendaftar Google AdSense – Sebelum Anda benar-benar mengikuti program Google AdSense, menurut saya sangat penting sekali untuk memahami kondisi terbaik untuk memonetisasi website yang Anda miliki dengan program AdSense. Memang sangat mungkin untuk bisa mendapatkan penghasilan yang cukup hanya dengan mengikuti program Google Adsense, ada baiknya juga untuk menggunakan metode lain untuk menghasilkan uang dari website yang Anda miliki selain AdSense. Untuk Anda yang baru membaca artikel ini, Silahkan membaca artikel sebelumnya “Memahami apa itu Ad Networks Google AdSense.”

AdSense memang merupakan cara yang sangat ampuh dan juga efektif untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap website (web blog) yang Anda kelola dan sudah berkembang dengan pesat tetapi belum Anda monetisasi. Saat Google AdSense sudah ada di dalam website Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan beberapa pengaturan. Pengaturan yang akan Anda lakukan itu akan berguna untuk membantu meningkatkan penghasilan dari website tersebut.

AdSense Bisa Digunakan di website Jasa atau Produk.

Hal yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru ingin terjun dalam bisnis AdSense adalah Apakah Google AdSense bisa digunakan di website kita yang menjual Produk atau Jasa?

Jawabannya sangat bisa. AdSense bisa digunakan pada website yang menjual produk atau layanan. Sebagai contoh misalnya Anda sudah memiliki website yang menjual t-shirt. Walaupun Anda sudah menghasilkan ribuan dolar dari penjualan t-shirt, Anda masih bisa memiliki kesempatan untuk menambah penghasilan Anda dengan menampilkan iklan di website itu dengan mengikuti program Google AdSense hanya dengan melakukan sedikit pengaturan saja.

Selain itu, pada saat yang bersamaan, mungkin Anda memiliki blog lain yang membahas tentang buku-buku komik yang Anda buat sendiri dari hobi Anda. Mengerjakan hal apapun dari hobi kita pasti akan sangat menyenangkan, tetapi jika Anda menghasilkan uang dari hobi Anda untuk mengikuti program Google AdSense itu akan lebih baik lagi dan pasti akan menyenangkan.

Jika Anda mempunyai hobi tertentu mengapa Anda tidak mencoba membangun sebuah web blog dan mengikuti program Google AdSense sehingga Anda bisa menghasilkan uang dari apa yang Anda sukai itu? Karena Google AdSense hanya memerlukan sedikit pengaturan saja. Jadi saya sangat merekomendasikan Program Google AdSense ini kepada siapa saja yang mempunyai website dan ingin menghasilkan uang dari Internet.

AdSense tidak Mengikat dan Bisa dihilangkan dari website Anda Kapan Saja

Hal lain yang menurut kami sedikit lucu tapi pertanyaan ini juga menjadi fokus utama saya untuk menjawabnya. Ada beberapa orang yang mempunyai kekhawatiran kalau nanti mendaftar dalam program Google Adsense kita akan terikat selama perjanjian itu masih berlaku. (jadi ada yang berpikir seperti kerja, ada ikatan kontrak kerja selama beberapa tahun)

Jadi ingin saya kasih tahu kepada Anda. Google Adsense tidak mengikat Anda seperti itu. Jika Anda mendaftar program Google AdSense dan Anda diterima menjadi publisher AdSense, Anda bebas memasang iklan AdSense di website Anda dan Anda juga bebas mau kapan saja menghilangkan iklan Adsense di website Anda tanpa terkena hukuman.

Jadi sekali lagi ingin saya katakan. Anda harus memahami kalau Anda bisa menghilangkan Google Adsense dari website yang Anda miliki kapanpun Anda mau tanpa terkena hukuman apapun. Karena memang tidak ada kontrak kerja jangka panjang dengan Google AdSense. Semuanya berdasarkan berapa banyak impresi yang diterima oleh pengiklan dari website Anda dan berapa yang harus mereka bayarkan berdasarkan jumlah impresi tersebut. Hal ini menjadi sangat penting sekali karena itu mengartikan Anda bisa menjalankan Google Adsense di website Anda dan jika ada yang lebih menguntungkan dari AdSense maka Anda bisa menghilangkan Google AdSense tersebut dari website Anda dan menggantinya dengan program lain yang lebih menguntungkan Anda.

Kapan Harus Mendaftar Google Adsense

Persyaratan Kelayakan Google AdSense

Untuk bisa mengikuti program Google Adsense, Anda tentu harus memenuhi persyaratan kelayakan dari Google Adsense. Apa saja sih beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan periksa sebelum Anda mendaftar dan mengikuti program Google AdSense:

1. Apakah Anda Mempunyai Konten yang Anda buat Sendiri?

Apa yang dimaksud konten di sini adalah blog atau konten aslilainnya yang Anda buat misalnya YouTube. Banyak orang yang terlalu tergesa-gesa dan bernafsu untuk langsung mendaftar ke Google Adsense dan langsung menghasilkan uang. Ini adalah cara yang kurang baik dan kurang tepat menurut saya.

Agar Anda bisa diterima di program Google AdSense Anda harus mempunyai konten dulu, biasanya berupa web blog seperti website SUBMITClimb ini. Jika sudah website jangan dulu mendaftar. Agar Website Anda bisa diterima AdSense, website Anda setidaknya harus sudah memiliki beberapa konten yang unik dan yang relevan dengan pengunjung yang ingin Anda target dan yang paling penting menurut saya adalah website Anda harus memberikan manfaat atau dalam bahasa bagusnya adalah memberikan pengalaman pengguna yang baik untuk orang yang mengunjungi website Anda.

Apa yang membuat Website Anda unggul?

Jadi sebelum benar-benar mendaftar pastikan setiap halaman website Anda sudah sesuai dan kontennya juga menarik.

Kita tahu ada begitu banyak website baru yang dibuat setiap harinya. Website yang Anda buat akan bersaing dengan website yang sudah lebih dulu ada dan yang baru dibuat hari ini, jadi pastikan website Anda mempunyai konten yang unik, orisinil dan yang paling penting relevan dengan target audience Anda sehingga bisa membentuk interaksi dan mendorong orang-orang untuk mau membaca artikel yang ada di website Anda.

  • Pastikan susunan dari setiap elemen yang ada di website Anda (mulai dari teks, gambar, video dll.) tata letaknya tidak membuat mata orang lelah atau terburu-buru untuk meninggalkan website Anda. Saya sering melihat banyak orang yang menjejali halaman website mereka dengan iklan dan tampilan pop up yang memaksa orang untuk melakukan hal-hal yang tidak penting malah bukan membuat nyaman tapi membuat ingin cepat-cepat pergi.
  • Jika itu memungkinkan pastikan untuk membuka bagian kolom komentar untuk membantu pengunjung Anda bertanya jawab. Biasanya banyak orang yang ingin bertanya tentang hal-hal yang Anda tulis. Masukan dan juga pertanyaan yang datang ke website Anda bisa membantu mereka dan juga bermanfaat untuk menarik pengunjung baru.

Apakah website Anda mempunyai navigasi yang baik, jelas dan mudah digunakan?

 

Hal yang sering dilupakan oleh orang adalah menu navigasi di website mereka. Banyak orang menganggap tidak penting menu ini. Padahal menu navigasi menjadi salah satu hal yang juga di nilai dan menjadi perhatian oleh Google dan juga pengunjung website Anda. Mungkin banyak yang tidak percaya dengan apa yang saya katakan ini. Ya, Anda boleh tidak percaya dan tidak setuju dengan yang saya katakan, karena itu adalah hak setiap orang untuk tidak percaya dan memilih. Tetapi saya akan mengajarkan kepada orang-orang yang mau belajar dari pengalaman pribadi saya bahwa menu navigasi sangat penting. Pastikan saat Anda membuat menu navigasi, harus mempertimbang beberapa hal penting ini:

  • Penataan – apakah semua elemen yang ada di website Anda tertata dengan rapih dan benar?
  • Keterbacaan – Apakah teks yang ada di website Anda mudah di baca? (pastikan tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga)
  • Fungsi – Apakah menu drop down di website Anda berfungsi dengan benar?

Sebagai contoh untuk memudahkan Anda memahami apa yang saya maksud di atas, katakanlah Anda mempunyai website Wisata, maka kira-kira menu navigasinya akan seperti ini:

-> Home <> About Us <> Destinasi <> Gallery <> Review

Sedangkan untuk website komputer atau pemrograman, menu navigasinya kira-kira akan seperti ini:

-> Home <> C++ <> PHP <> JavaScript <> Beginner <> About Us

Jadi bisa saya simpulkan, menu navigasi di website Anda harus bisa membantu pengunjung mengetahui dengan cepat caranya berinteraksi dengan website Anda. Kapan-kapan saya akan membahas secara khusus tentang hal ini di dalam panduan cara membuat website.

Apakah isi konten Website Anda Unik dan Menarik?

Mungkin ini sudah banyak dibahas di website lain. Tetapi masih saja yang mengabaikan tentang poin ini. Tahukah Anda konten yang menarik, orisinil dan mempunyai nilai sangat penting untuk menarik para pengungunjung website yang loyal. Jika orang-orang yang mengunjungi website Anda menikmati setiap isi konten yang Anda buat, dengan sendirinya mereka akan menceritakan pengalaman menyenangkan mereka dengan orang lain atau kenalannya dan ini pasti akan membantu Anda untuk membangun website menjadi terus berkembang dari hari ke harinya.

Meskipun pembahasan ini sering sekali di ulas masih saja banyak orang yang tidak menghargai karya tulis orang lain dengan mengcopy paste artikel yang ada di website A ke website B. Jika Anda ingin menjalankan bisnis AdSense Anda harus menjauhi hal ini dan malah menurut saya 100% cara ini salah besar.

Selain itu masih ada juga orang-orang yang mengcopy artikel dari website lain lalu menggunakan software Artikel Spinning agar artikel yang mereka buat menjadi unik seperti buatan manusia. Meskipun cara ini mungkin bisa digunakan menurut saya ini adalah cara yang tidak benar dan melanggar aturan Google dan juga karya orang lain.

Anda perlu ingat, tidak satupun Software Artikel Spinning yang benar-benar bisa membuat 100% mengalahkan hasil tulisan manusia! Hampir Semua software ini bertujuan untuk mengakali Search engine tapi tidak untuk Manusia.

Jadi pastikan untuk membuat setiap artikel Anda di tulis oleh manusia bukan software dan orisinil.

Hal lain yang juga ingin saya beritahu kepada Anda adalah untuk berhati-hati ketika Anda menulis menggunakan referensi eksternal seperti artikel dari website lain atau video dari website lain. Anda harus tetap membuat artikel orisinil Anda di dalam konten itu, entah itu berupa berbagi pengetahuan, saran, perbaikan, review atau mungkin pendapat pribadi Anda. Karena Google mempunyai kebijakan khusus tentang hal ini yang bisa Anda baca di sini. INGAT, Iklan Google tidak boleh dipasang atau ditempatkan di website yang mempunyai atau berisi konten hasil copy paste (scraping) atau konten yang dilindungi hak cipta. Dan menurut saya semua konten memang dilindungi hak cipta, termasuk artikel yang saya buat ini. Jadi kalau konten yang Anda buat adalah hasil scraping ini sudah jelas merupakan pelanggaran kebijakan dan akan membuat iklan Anda atau akun Anda di nonaktifkan (di tutup).

Apakah Anda mau pada akhirnya akan seperti itu?

2. Apakah Konten yang Anda buat semuanya mematuhi kebijakan yang dibuat Program Google AdSense?

Pastikan setiap website yang Anda buat isi kontennya tidak melanggar yang menjadi aturan Google AdSense sebelum Anda benar-benar mendaftar. Tidak masalah Anda lama dalam membangun sebuah website yang penting semua konten yang Anda buat mematuhi kebijakan program AdSense. Di terima menjadi salah satu Publisher AdSense adalah sebuah KEBANGGAAN. Anda bisa bekerja di sebuah perusahaan yang besar dari rumah atau dari mana saja Anda suka.

3. Anda harus berusia minimal 18 Tahun

Untuk bisa mengikuti program Google AdSense syarat utamanya adalah Anda harus sudah berusia 18 tahun. Jika Anda ingin mengakali atau menipu Google silahkan saja. Jika ketahuan Anda akan kapok dengan hukuman yang diberikan. Kalau Anda masih dibawah umur Anda bisa meminjam dan meminta bantuan orang tua atau Wali Anda untuk melakukan pendaftaran AdSense dengan menggunakan akun Google mereka. Jika akun AdSense yang mereka daftarkan diterima nanti semua pembayaran AdSense akan dikirim ke orang tua Anda atau wali yang bertanggung jawab atas website yang Anda buat itu.

Setelah Anda membuat website dan mengisi seluruh website Anda dengan konten-konten yang unik, orisinil dan mampu menarik perhatian orang lain. Anda sudah bisa mencoba untuk mendaftar dan menggunakan AdSense di website Anda. Tetapi kalau saya biasanya akan membuat website saya memilik jumlah pengunjung yang cukup banyak terlebih dahulu baru saya masukkan AdSense di website itu.

Jika Anda suka dengan artikel Kapan Harus Menggunakan AdSense dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top