skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Mau Jualan Menggunakan Instagram, Baca Buku Mahir Jualan Di Instagram

Mau Jualan Menggunakan Instagram, Baca Buku Mahir Jualan di Instagram

Semua model bisnis entah itu besar atau kecil, bergerak dibidang apa saja sudah pasti akan membutuhkan sebuah strategi marketing atau pemasaran yang tepat. Jika ada yang bilang tidak usah promosi juga bisa jualan mungkin kata-kata itu ada benarnya juga, karena memang banyak juga bisnis yang di jalankan secara offline dan online yang sama sekali tidak mempromosikan produk mereka bisa jalan. Tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah apakah bisnis yang mereka jalankan bisa di kenal oleh banyak orang atau hanya di lingkungan itu saja? Buat Anda yang menggunakan internet pasti sudah bisa mengetahui jawaban dan hasilnya.

Bagaimana caranya supaya bisnis yang sedang kita jalankan ini bisa lebih banyak dikenal oleh orang dan bisa berhasil? Saya akan jawab caranya sangat beragam, salah satu cara yang sekarang ini sedang ramai digunakan dan yang menghasilkan dengan menggunakan program gratisan adalah instagram. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan baik itu oleh perorangan maupun perusahaan. Orang-orang yang memiliki keterbukaan dan mengikuti perkembangan jaman pasti akan menggunakan Instagram untuk memperkenalkan bisnis mereka.

Apa Kelebihan Instagram

Memang kita semua tahu ada begitu banyak media sosial yang bisa kita gunakan dan banyak digunakan oleh orang-orang seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Path dan masih banyak yang lainnya. Menurut saya ada satu kelebihan dari Instagram yaitu Instagram lebih fokus menampilkan sebuah foto atau gambar dan juga video. Orang-orang termasuk Anda dan saya lebih suka melihat dan lebih cepat mengingat gambar dan juga video ketimbang mengingat tulisan yang kita baca. Bahkan pengguna instagram semakin banyak, dengan menggunakan hastag di setiap foto dan video yang kita posting akan bisa di lihat oleh segala macam orang yang bukan teman atau yang tidak terhubung dengan kita. Meskipun ada banyak kelebihannya Instagram juga ada kekurangannya yaitu kita tidak bisa meletakkan URL di postingan dan komentar kita. (*seandainya bisa ini akan lebih hebat lagi)

Ide Bisnis Jualan Online Yang Paling Menjanjikan

Tips Sederhana Promosi di Instagram

Bukan berarti Anda bisa langsung jualan dan akan mendapatkan peningkatan penjualan setelah membuat akun instagram, ada trik dan taktik tersendiri untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis Anda kepda orang-orang. Cara berikut ini adalah cara yang banyak di ajarkan para master yang menjual video tutorial dan juga E-book panduan Premium mereka, kini saya coba membagikan pengetahuan saya secara gratis untuk Anda:

Gunakan Nama Bisnis di Instagram

Saya rasa hampir semua orang sekarang ini sudah mengetahui yang namanya Google. Kalau ada hal yang indin di ketahui pasti sedikit-sedikit buka google dan mencari jawaban dari kata kunci yang di masukkan.

Nah di instagram juga sama seperti mesin pencari google, jika seseorang ingin mencari temannya atau nama hotel tertentu atau produk tertentu orang itu akan mencari di kolom pencarian Instagram dengan mengetikkan kata kunci dan akhirnya menemukan informasinya.

Meskipun hal ini terlihat kecil dan sepele percaya atau tidak jika Anda menggunakan nama bisnis di akun instagram Anda peluang untuk di temukan oleh orang-orang jauh lebih besar. Selain itu nama bisnis yang kita gunakan di akun instagram kita adalah identitas bisnis kita untuk membedakan antara bisnis yang satu dengan bisnis yang lain.

Ketika orang mengunjungi akun instagram kita yang pertama kali dilihat biasnaya memang sebuah foto dulu baru setelah itu caption di foto itu, tetapi setelah itu biasanya adalah nama akun instagramnya. Gunakan nama yang mudah di ingat, unik dan juga mudah di ucapkan. Unik bukan berarti kita bebas menggunakan sembarang nama, pastikan nama yang kita gunakan itu relevan dengan bisnis kita. Contohnya

@SUBMITClimb

@mybalistory

@kaosbali

@oleholehkaosbali

Jadi bisa saya katakan anda bisa membuat dua akun instagram, satu sesuai dengan nama perusahaan Anda satu lagi yang sesuai dengan kata kunci jualan barang Anda. Coba bayangkan kalau kamu sebagai seorang pembeli pasti kamu akan mencari barang dengan kata kunci barang yang ingin kamu beli atau cari bukan?

Jadi dengan memiliki dua akun Instagram Anda mempunyai harapan untuk di temukan oleh para calon pelanggan Anda dan akhirnya bisa dikenal dan yang utama adalah kita pada akhirnya mencapai tujuan utama kita, “MENJUAL BARANG”.

Mengisi Deskripsi Profile Instagram

Sekarang tugas Anda adalah memikirkan deskripsi singkat apa yang harus Anda isi di profile Instagram Anda tetapi mencapai tujuan. Isi deskripsi yang sesuai dengan bisnis yang Anda promosikan dan jangan terlalu bertele-tele, hal ini akan membantu orang-orang yang mengunjungi akun instagram Anda akan mengetahui produk apa yang sedang Anda tawarkan, cara bertransaksi, cara menghubungi Anda dan jika Anda memiliki website silahkan mengisi alamat website Anda di kolom yang sudah di sedikan. Jika Anda belum memiliki sebuah website dan tidak tahu caranya membuat website SUBMITClimb mempunyai program membantu membuat website Anda secara GRATIS, ini 100% Gratis. Yang perlu Anda lakukan hanya menyediakan Nama domain, hosting dan data-data yang mau Anda masukkan ke dalam website itu, Anda bisa mendapatkan bantuan Gratis pembuatan website di sini.

 

Berikan Caption Tiap Posting Gambar

Instagram ini memang bisa membantu kita mempromosikan produk-produk yang kita jual hanya dengan menampilkan foto. Tetapi akan lebih sangat mencapai tujuan jika setiap posting sebuah gambar, foto dan video pastikan Anda sudah memikirkan keterangan apa yang mau Anda tulis di postingan foto atau video itu agar pesan yang ingin Anda kasih tahu ke orang-orang yang melihat foto Anda bisa tercapai. Meskipun banyak yang bilang foto yang kita upload di instagram itu sudah berbicara sendiri meskipun kita tidak mengisi dan membuat caption. Hal itu memang benar foto bisa berbicara sendiri untuk dirinya, tetapi apakah semua foto bisa berbicara sendiri? Menurut saya tidak. Contohnya kalau kamu mau jualan kaos, baju, atau sepatu apakah calon pembeli Anda akan tahu dan langsung action jika Anda tidak mengisi keterangan tambahan di foto produk yang Anda psoting? Saya yakin mereka tidak akan langsung mau beli, oleh karena itu supaya mereka mau membeli hanya dengan melihat foto dan ditambah membaca caption yang Anda isi seperti ukuran, bahannya dari apa, harga dan informasi penting lainnya Anda bisa berharap membuat mereka untuk mau membeli di pandangan pertama.

Buat Hashtag Agar Foto Bisa di Lihat Pengguna Instagram.

Membuat dan memasukkan [#] hashtag di setiap postingan foto dan video yang kita posting di Instagram dan juga deskripsinya hal ini akan membuat foto produk kita bisa di lihat oleh semua orang yang menggunakan instagram. Jadi jangan pernah anggap sepele hal kecil ini. Justru mereka yang menganggap sepele hal ini gagal dalam mempromosikan dan memperkanalkan produk dan juga bisnis yang mereka tawarkan. Coba Anda pikirkan hal ini, Pertama seorang perancang mobil membuat tangki dan memasang tangki bensin di mobil yang dia buat, kira-kira buat apa dia membuat tangki dan memasang tengkin bensin itu di mobil dan apa yang akan terjadi jika orang yang menggunakan mobil itu tidak mengisi bensin di tangki itu? Tidak bisa di gunakan dan tidak mencapai tujuannya bukan? Nah sebuah instagram tidak akan bisa digunakan secara maksimal jika Anda tidak menggunakan hashtag di setiap postingan Anda. Jadi pastikan Anda menggunakan fitur ini. Untuk Anda yang belum tahu apa itu hashtag saya menjelaskannya di akun Instagram @submitclimb silahkan membacanya di sana.

Contoh penggunaan hashtag: #submitclimb #belajarbisnisonline #perpustakaanonlinepribadi #tutorialgratis. Contoh ke dua misalnya kamu punya toko baju dan perlengkapan bayi, maka Anda bisa menggunakan hashtag seperti #bajubayi #bajubayimurah #perlengkapanbayi #perlengkapanbayimurah dan lain sebagainya. Pesan saya pilih dan gunakan hashtag antara 20-30 hashtag yang cocok dan berhubungan dengan bisnis Anda.

Download:

Saya telah mengelompokkan hashtag dan membuatnya dalam bentuk E-book yang sering saya gunakan agar saya mudah untuk menggunakannya sewaktu membuat postingan di Instagram, Instagram Hashtag ini bisa Anda miliki dan download untuk Anda gunakan di postingan instagram Anda silahkan mendownloadnya di sini 100% GRATIS Tidak usah bayar seperti di tempat kursus online untuk mendapatkannya biar saya saja yang bayar.

Follow Instagram Lain

Cara yang paling banyak digunakan oleh para master adalah dengan mencari pesaing bisnis kita (kompetitor) yang memiliki niche dan juga market yang sama dengan kita, setelah ketemu silahkan Anda follow semua followers mereka secara bertahap tetapi rutin, jangan sekaligus. Jika nanti follower Anda sudah banyak silahkan lakukan unfollow orang-orang yang tidak menjadi follower Anda. Beberapa master online yang menjual tutorialnya malah mengajarkan untuk melakukan unfollow massal, menurut saya ini tidak baik, jika Anda ingin orang menjadi follower Anda kenapa Anda tidak mau follow instagram mereka? Itu adalah pendapat saya, jika Anda mau mengikuti cara para master sah-sah saja tidak ada yang salah dalam hal ini.

Gunakan Instagram Stories

Salah fitur yang paling menonjol dari Instagram adalah Stories. Manfaat fitur ini agar bisnis Anda bisa dilihat oleh teman-teman Anda di Instagram. Fitur ini fitur tidak kekal apa maksudnya? Artinya semua gambar yang Anda upload dengan menggunakan fitur stories hanya akan tersimpan 24 jam dan pada akhirnya akan hilang dan terhapus secara otomatis. Story yang Anda buat ini mengikuti pengaturan privasi dari akun instagram Anda, jika pengaturannya Anda buat private maka story yang Anda buat hanya bisa di lihat oleh teman-teman atau follower Anda saja.

Anda pasti sudah mendengar dan melihat sendiri di instagram banyak sekali orang yang menggunakan instagram untuk jualan, padahal instagram bukan platform untuk jualan. Meskipun instagram adalah salah satu media berbagi jika Anda ingin menggunakan instagram untuk berjualan pastikan Anda mengetahui dan mempelajari tips dan tehnik sederhana untuk bisa menggunakan instagram menjadi salah satu media promosi sekaligus jualan yang ampuh.

This Post Has One Comment
  1. Selamat sore om
    Saya sudah download hashtagnya.
    Pertanyaannya apa hashtag itu bisa digunakan untuk jualan lingerie.
    Mohon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top