skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Jangan Pernah Dropship Barang Ini Di Aliexpress – Dropshipping

Jangan Pernah Dropship Barang Ini di Aliexpress – Dropshipping

Sebagai pebisnis online khususnya yang menjalankan bisnis dropship, pastikan Anda Jangan Pernah Dropship Barang ini di Aliexpress.

Memang semua produk yang di jual pasti akan ada pembelinya, tetapi jika produk yang Anda jual secara dropship hanya laku terjual beberapa barang saja dan menyulitkan pekerjaan Anda hal itulah yang harus dihindari.

Tidak perduli seberapa bagus toko online yang Anda buat untuk menarik perhatian pembeli, jika Anda memilih item yang salah untuk di jual ini sama saja seperti mengendarai sebuah kendaraan melewati jalan yang hampir putus.

Mungkin beberapa dari antara Anda banyak yang bingung mengapa saya mengatakan seperti mengendarai sebuah mobil di jalan yang hampir putus?

Untuk memahami apa yang saya umpamakan itu teruslah membaca artikel yang saya buat ini agar Anda bisa mengetahui produk seperti apa saja yang sebaiknya jangan kita pilih untuk di jual secara dropship.

Percayalah jika Anda mengabaikan apa yang saya katakan ini, kemungkinan ketika Anda ingin menjual produk dari Aliexpress bisa jadi Anda memilih produk yang salah dan akhirnya tidak menghasilkan penjualan yang tinggi.

Jadi sekali lagi, Anda pastikan untuk terus membaca artikel ini sampai habis…

1# Toko dengan Sedikit Review

Sebagai pengingat saja, saya sedang tidak berbicara mengenai review buruk suatu produk tetapi tentang orang yang memberi sedikit review dan ini alasanannya mengapa saya mengatakan demikian. Di dalam bisnis dropshipping, ketersediaan sebuah produk secara terus menerus adalah hal yang sangat penting dan paling penting menurut saya, karena baik dan buruknya bisnis Anda juga bergantung dari ketersediaan produk ini.

Jika dalam sebuah toko belum banyak yang memberikan review bisa jadi produk itu tidak memiliki stok barang yang banyak atau bisa saya katakan masih sedikit atau bisa juga supplier belum bisa untuk mempromosikan produk ini secara global di seluruh dunia.

Toko dengan sedikit review di aliexpress

Memang tidak semua produk yang mempunyai sedikit review berarti stok barangnya sangat sedikit. Bisa jadi ada hal lain misalnya produknya memang kurang diminati, harganya terlalu mahal dan tidak sebanding dengan manfaat dan kualitas produknya sendiri.

Belum adanya review yang banyak bisa jadi ini menunjukkan produk tersebut mungkin kurang memberi manfaat. Bisa juga penanganan supplier lambat dalam memproses pesanan yang masuk.

Jika Anda menemukan produk dengan sedikit review sebaiknya lewati produk itu untuk mencari produk yang lain.

Jika Anda nekat, kemungkinan yang akan terjadi adalah Anda mungkin berhasil mendatangkan calon pembeli, tetapi jika pesanan mereka di kirim dalam waktu yang lama atau stoknya kosong, ini akan memberi reputasi yang buruk bagi toko Anda dari waktu ke waktu dan bisa jadi lambat laun Anda akan kehilangan para pelanggan. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi bukan?

2# Produk yang Mengandung Trademark resmi.

Ini ilegal. Apakah saya perlu menjelaskan lagi kepada Anda tentang hal ini?

Memang, untuk mendapatkan penghasilan yang cepat dalam jangka waktu yang pendek mungkin ini cocok untuk Anda, karena Anda bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Biasanya produk-produk yang mengandung trademark (merk dagang tertentu) tidak pernah bisa bertahan lama, memang bisa mendapatkan penjualan tetapi keuntungan yang di dapat juga sangat singkat saja.

Selain itu produk – produk yang mengandung trademark biasanya tidak bisa di iklankan dengan sembarangan, Anda bisa kena pelanggaran hak cipta juga nantinya.

Contoh produk-produk yang mengandung trademark seperti Star Wars, Batman dan lainya. Jika Anda nekat tetap ingin menjualnya, nantinya Anda akan mendapatkan masalah dan pada akhirnya terkena klaim hak cipta.

jangan jual produk yang mengandung trademark di Aliexpress

Memang merk dagang dari tokoh-tokoh tertentu bisa mengundang pembeli untuk mau belanja dari toko Anda, tetapi hal ini bisa menyebabkan bisnis yang sedang Anda jalankan masuk ke dalam perairan yang belum dipetakan dan parahnya lagi ini bisa menyebabkan masalah hukum yang serius, termasuk tuntutan hukum.  (ingat pasar Anda internasional)

Jadi, langkah pencegahan lebih baik daripada harus mengobati!

3# Produk yang Membosankan, Kurang Unik dan Bermanfaat.

Barang-barang yang umum dan tersedia di kota Anda mungkin tidak akan membuat produk yang Anda jual menarik bagi orang lain. Dorongan untuk membeli produk yang satu ini mungkin kurang greget dan besar.

Coba Anda perhatikan salah satu produk yang ada di bawah ini. Apakah produk ini salah? Tentu saja tidak salah. Tetapi ini terlihat membosankan, kurang unik dan tidak memberi dorongan orang untuk mau membeli barang yang akan di jual.

Jangan jual Produk yang umum di Aliexpress

Coba bayangkan diri Anda sebagai seorang pelanggan. Mengapa Anda mau berlama-lama selama sebulan hanya untuk menunggu produk ini datang ke rumah Anda? Mending Anda beli saja di toko tempat Anda tinggal, tidak usah beli dari china karena pasti di tempat Anda ada yang jual meskipun bentuknya dan bahannya mungkin tidak sama persis.

Produk yang Anda pilih dan akan Anda jual harus benar-benar memiliki keunikan dan juga membuat orang mau untuk membeli.

Coba bandingkan dengan produk ini? Apa yang terlihat beda dari gambar sebelumnya? Saya tidak perlu menjelaskan apa yang unik karena Anda bisa melihat sendiri dari gambar di bawah ini. Desain yang ini jelas membuat sesuatu yang berbeda dari produk sebelumnya. Unik dan sangat menggoda untuk di beli.

jual Produk unik seperti ini di Aliexpress

 

Sekali lagi saya ingatkan, Anda harus mencari produk yang mempunyai keunikan sehingga bisa menggoda pelanggan Anda untuk membelinya.

Tidak hanya unik. Produk yang belum pernah ada dan juga baru di rilis akan membantu koleksi produk yang Anda jual juga berbeda dari toko-toko lain dan ini juga bagian dari salah satu strategi pemasaran di bisnis online.

Di dalam menjalankan sebuah bisnis online FOMO – Fear of missing out (takut ketinggal berita atau trend – FOMO adalah “penyakit” orang-orang yang gila media internet atau media sosial, meraka akan risau jika belum mendapatkan update terbaru) sangat penting.

Membuat PROMO Seperti, menjalankan timer atau countdown untuk menawarkan produk tertentu dalam waktu terbatas bisa meningkatkan pembelian impulsif, ini paling bagus digunakan untuk produk-produk yang memiliki ke unikan tersendiri.

Ketika Anda menjual produk yang biasa-biasa saja atau produk umum yang mudah di dapat oleh orang dari mana saja, maka Anda tidak bisa membuat strategi pemasaran yang menggoda dan unik. Bahkan untuk memasarkan barangnya saja mungkin akan sulit menemukan pelanggan baru yang mau membeli.

4# Produk yang tidak support pengiriman ePacket

Tahukah Anda metode pengiriman ePacket yang di tawarkan oleh supplier Cina adalah mode pengiriman yang paling cepat di dunia internasional. Karena ini akan memungkinkan Anda sebagai penjual untuk membuat pelanggan Anda bisa melacak pesanan mereka sendiri dan selain itu Anda juga akan mengirim barang yang jauh lebih cepat dari metode pengiriman yang lain. (dalam 2 minggu atau 3 minggu sudah sampai)

Karena itu setiap kali Anda akan memilih ­produk yang mau di jual di toko Anda, pastikan untuk selalu memeriksa pilihan pengiriman apakah produk itu bisa di kirim dengan menggunakan ePacket atau tidak. Biasanya ini bisa di lihat dibagian item setiap produk (pilihan pengiriman)

Jual Produk yang support ePacket

Pengiriman ePacket juga banyak memberikan kemudahan pelanggan untuk memecahkan masalah dan memudahkan customer support berjalan dengan mudah jika memang terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tanpa adanya ini, bisnis yang akan Anda jalankan hanya akan berfokus pada menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan yang akan mencemaskan barang yang mereka beli.

5# Foto Produk yang Kurang Menjelaskan

Produk yang Anda jual mungkin bisa bermanfaat, unik dan produk itu juga yang baru di rilis ke pasar. Tetapi jika supplier tidak memperhatikan bagaimana caranya pengambilan dan penataan gambar yang baik bisa jadi foto produknya kurang menarik, tidak menjelaskan dan terlihat mengerikan.

Anda setidaknya pasti tahu, foto adalah sebuah tulang punggung dari bisnis online. Karena foto adalah satu-satunya representasi dari setiap produk yang mau Anda jual dan jika foto itu tidak cocok maka bersiaplah untuk terjadi penurunan penjualan atau bisa dikatakan banyak yang tidak mau membeli.

Contohnya seperti poduk ini, dari gambar foto ini mungkin tidak ada yang salah, tetapi kalau anda perhatikan lebih detail lagi foto ini mempunyai kualitas yang kurang baik.

foto yang kurang menjelaskan

Gambar dari sebuah produk harusnya lebih menarik dan membuat respon pelanggan.

Meskipun barang itu sangat bermanfaat dan unik, jika pengambilannya gagal menjelaskan dari fungsi produk itu sendiri ini akan membuat produk itu sulit untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda, apalagi mau membelinya. Karena dari pengalaman saya saat belanja, biasanya saya akan tertarik dulu melihat foto produk baru setelah itu saya membaca deskripsi produk itu dan kemudian memutuskan untuk membelinya. (dari mata turun ke hati)

Sebagai kesimpulan:

Saran-saran yang saya tulis di dalam artikel ini saya ambil dari pengalaman saya pribadi selama saya menjalankan bisnis online baik itu produk Affiliate dan dropship. Selain itu saran ini juga saya ambil dari beberapa dopshipper yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis ini dengan sukses.

Tentu pada awalnya saya dan juga mereka mengawalinya dari kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan dan diperbaiki, sama seperti saat saya menjalankan pekerjaan online menjadi YouTuber yang sudah beberapa kali channel latihan kami kena suspend.

Dari kesalahan – kesalahan seperti inilah yang membuat kami lebih tahu dan semakin terampil dalam menjalankan bisnis online yang sukses. Dari pengalaman seperti ini saya secara pribadi ingin membagikannya kepada banyak orang dalam bentuk tulisan dan juga video yang kami bagikan secara gratis. Jadi Anda tidak perlu mengalami hal-hal seperti yang kami alami.

Banyak orang mengatakan, Pengalaman adalah Guru yang baik, tetapi menurut saya; kata-kata itu tidak benar!

Mengapa?

Karena Anda tidak perlu melakukan kesalahan dulu baru bisa menjalankan sebuah bisnis. Jika ada panduan yang dibagikan seperti ini atau panduan dalam bentuk video tutorial apakah Anda perlu melakukan kesalahan? Menurut saya tidak perlu bukan?

Jadi yang diperlukan adalah belajar, praktek dan belajar lagi dari sumber yang benar.

Ok saya kira untuk hari ini sampai di sini dulu pembahasan saya tentang Jangan Pernah Dropship Barang Ini di Aliexpress, kita akan lanjutkan pembahasan kita di artikel selanjutnya. Buat kalian yang baru pertama kali mengunjungi website ini dan juga yang belum follow akun sosial media submitclimb, sekaranglah waktu yang tepat untuk melakukannya. Karena kami akan membagikan video tutorial, sofware dan artikel penting lainnya secara gratis yang tidak bisa kami share di sini. Kami hanya bisa membagikannya lewat email atau akun sosial media kami. Jadi silahkan masukkan email berlangganan di halaman depan website ini dan follow akun Twitter, Instagram, Facebook Page dan Channel SUBMITClimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top