skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
JANGAN Gunakan Penyedia Domain Gratis – INI BAHAYANYA.

JANGAN Gunakan Penyedia Domain Gratis – INI BAHAYANYA.

Mengapa banyak orang yang senang mencari dan menggunakan Penyedia Domain Gratis dari mereka? Mereka yang menggunakan domain gratis pasti akan menjawab buat apa membeli domain kalau ada yang gratisan?

Meskipin banyak sekali penyedia domain gratis dan juga penyedia hosting gratis di Internet, saya secara pribadi kurang begitu suka meskipun banyak yang menguntungkan kita.

Meskipun domain gratis itu bisa kita gunakan sama seperti domain yang berbayar lainnya seperti untuk website atau blog dan juga penggunaan email pribadi dan kegunaan lainnya.

Buat kalian yang sudah lama kerjaannya membuat blog saya sangat yakin kalian sudah tahu yang namanya domain.

Mulai dari apa itu domain, kegunaaanya dan juga tentang domain gratis dan domain yang berbayar. Buat teman-teman yang mungkin masih awam dengan dunia internet pasti banyak yang tidak tahu apa itu domain. Jadi domain adalah sebuah alamat URL online yang digunakan untuk mengenali sebuah mail server atau web server.

Atau bisa saya katakan Nama Domain adalah sebuah identitas brand Anda. Saya pernah membahas tentang Tips Memilih Nama Domain yang Baik di halaman ini, silahkan membacanya jika Anda ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap di sana.

Bagi kebanyak blogger memiliki sebuah nama domain yang singkat dan tidak terlalu panjang adalah sebuah keuntungan tersendiri, karena nama domain yang singkat akan mudah di ingat dan juga di cari di mesin pencari Google dan juga mesin pencari lainnya.

Blogger yang sudah pengalaman dan juga berpenghasilan pasti akan mengeluarkan uang mereka untuk membeli domain ketimbang menggunakan domain yang gratis.

Domain Gratis banyak di cari dan digunakan oleh mereka yang masih baru dalam dunia pebloggeran, tetapi bukan berarti blogger-blogger yang sudah berpenghasilan tidak menggunakan dan mencari domain gratisan. Mereka juga menggunakannya termasuk saya sendiri.

Saat ini banyak sekali website-website yang memang 100% memberikan domain gratis kepada semua orang yang ingin menggunakannya. Tetapi saya secara pribadi tidak menganjurkan Anda untuk menggunakan domain gratisan dan juga hosting gratis untuk kepentingan bisnis dan juga jika kamu ingin serius membangun sebuah bisnis dan ingin menghasilkan dari Internet, mengapa?

Ini alasannya…

Keuntungan menggunakan domain Gratis

  1. Tidak perlu mengeluarkan uang atau gratis. Domain Gratis pasti akan kita dapatkan secara gratis atau cuma-Cuma, yang perlu Anda lakukan hanya perlu mendaftar dan memilih nama domain yang mau Anda gunakan.
  2. Nama domain sedikit panjang tapi mudah di ingat. Biasanya nama domain yang gratis agak lebih panjang jika itu menggunakan sub domain, tetapi ada juga yang langsung tanpa sub domain, hanya saja ekstensinya suka tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
  3. Cocok untuk belajar dan Web Pendukung. Saya pertama kali membuat website belajar dari menggunakan domain dan hosting gratis yang dari wordpress dan juga blogger.

Kerugian Jika Menggunakan Domain Gratis

  1. Terlihat tidak professional. Biasanya sebuah website bisnis atau blog pribadi yang menggunakan domain gratisan terlihat kurang profesional dan suka dianggap sebagai website penipu meskipun Anda bukan seorang penipu.
  2. Kurang Bersaing. Penggunaan domain yang gratis biasanya sulit bersaing di mesin pencari meskipun bisa, ini di sebabkan karena kita tidak leluasa untuk mengolah domain atau website gratisan seperti kita menggunakan domain berbayar.
  3. Kadang tidak selamanya Gratis. Beberapa penyedia jasa domain gratis biasanya suka memberikan domain gratis untuk masa percobaan dan ada batas waktunya, menurut saya ini hanya bahasa marketing saja jika ada iklan atau penyedia hosting dan domain yang memberikan domain gratis, itu bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin orang baru untuk mencoba dan akhirnya akan membeli atau menggunakan jasa mereka setelah beberapa tahun penggunaan, sedangkan untuk website yang memberikan domain gratis biasanya juga ada paket premiumnya untuk bisa menggunakan fitur tambahan dan
  4. Domain Dinonaktifkan. Selain itu jika kita melakukan kesalahan atau pelanggaran penggunaan, domain kita bisa di nonaktifkan oleh mereka dan di tutup

DOMAIN Yang GRATIS belum tentu aman dan Benar-benar GRATIS

Tahukah kalian siapapun itu yang menjadi penyedia domain gratis sudah pasti membutuhkan dana untuk uang (dana) untuk menyediakan domain gratis dan juga membayarkontrak-kontrak domain yang sudah mereka bagikan dan yang akan mereka bagikan, jadi jika suatu saat mereka tidak bisa memiliki dana dan kemudian tidak bisa membayar dana untuk kontrak domain maka bisa jadi domain yang sudah dibagikan akan mati atau di cabut.

 

Memang kemungkinan besar hal itu jarang terjadi tetapi apa salahnya kita membuat perkiraan-perkiraan untuk berjaga-jaga agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, jadi saya menyarankan jika Anda memang ingin serius ngeblog untuk menghasilkan uang maka sebaiknya Anda membeli domain sendiri.

Saya menggunakan domain gratis biasanya hanya untuk membuat backlink beberapa website yang saya kelola, jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan domain gratis.

Beberapa penyedia Domain Gratis

Saya mencoba mengumpulkan beberapa penyedia domain gratis yang bisa Anda gunakan. Mereka adalah jasa penyedia domain gratis untuk selamanya tanpa harus membayar

1# Freenom

Saya rasa banyak yang sudah tahu tentang website yang satu ini, jika ada yang belum tahu kinilah saatnya untuk mencari tahu tentang penyedia domain gratis yang satu ini. Jika Anda mencari dan ingin menggunakan nama domain yang masuk dalam daftar spesial kemungkinan besar kamu tidak bisa menggunakannya. Kalau Anda masih ingin menggunakannya maka langkah yang harus Anda lakukan adalah membeli domain itu.

2# Dot.cf

Penyedia domain gratis yang satu ini juga sangat terkenal dan banyak digunakan. Anda bisa mencoba menggunakan nama domain gratis di website mereka.

3# Biz.nf

Ini juga salah satu penyedia domain gratis, katanya sih jarang yang menggunakan domain gratis dari website ini di karenakan untuk pendaftarannya sangat ribet dan sering kali tidak bisa. Silahkan jika Anda ingin mencoba dan menggunakan domain dari website ini.

4# Dot.tk

Penyedia domain gratis dari Dot.tk ini sudah banyak sekali. Banyak orang yang menggunakan domain gratis ini untuk membangun website MP3 dan juga digunakan untuk membuat backlink website, buat kamu yang mau menggunakan domain di sini bisa mencobanya.

5# Freedomain.pro

Penyedia domain gratis yang satu ini tidak jauh berbeda dengan penyedia domain gratis yang lainnya. Memang kalau saya lihat dari tampilan website mereka kurang begitu menarik dan terkesan jadul. Katanya sih masih sedikit yang menggunakan penyedia domain gratis dari website yang satu ini, mungkin ini di sebabkan karena masih banyak orang yang belum tahu ada domain gratis dari website ini.

6# Free Subdomain

Ini merupakan penyedia domain gratis dengan ekstensi yang macam-macam, tidak hanya itu saja mereka banyak memberikan fasilitas meskipun mereka penyedia domain gratis. Cobalah domain gratis dari penyedia domain yang satu ini, saya yakin Anda akan jatuh cinta.

7# Point.ml

Saya secara pribadi belum pernah menggunakan website ini. Tetapi dari hasil riset saya Point.ml bisa kita gunakan untuk mendapatkan domain gratis. Silahkan kunjungi website ini untuk melihat ketersediaan nama domain Anda.

8# Dominio.gq

Domain gratis yang berakhiran .gq memang sedikit aneh terdengar ya, tetapi meskipun demikian domain gratis dari website yang satu ini bisa kita gunakan. Saya biasaanya menggunakannnya untuk membangun backlink pribadi untuk website saya.

9# My.ga

Domain gratis yang satu ini sepertinya masih satu pemilik dengan website penyedia domain gratis yang sudah saya sebutkan di atas. Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan domain gratis dengan ekstensi .ga untuk keperluan Anda. Seperti biasanya saya hanya menggunakannya untuk membangun PBN pribadi.

Apakah perusahaan penyedia domain umum seperti NiagaHoster, GoDaddy dan penyedia domain lain  juga memberikan domain gratis untuk kita?

Jawabannya mereka juga memberikan domain-domain gratis dengan ekstension yang bisa Anda pilih. Tetapi biasanya itu hanya sebuah bahasa marketing saja.

Biasanya mereka memberikan domain gratis jika Anda menggunakan hosting dari mereka, dan biasanya domain gratisnya hanya untuk beberapa tahun saja, hanya untuk satu atau sampai dua tahun saja. Setelah tahun-tahun selanjutnya ada tetap harus membayar untuk berlangganan domain dan hostingnya.

Jadi itu adalah beberapa daftar penyedia domain gratis yang bisa Anda gunakan. Setiap penyedia domain gratis biasanya mempunyai persyaratan dan peraturan tersendiri. Jadi pastikan Anda untuk membaca apa saja yang menjadi persyaratan dan peraturan mereka dan setelah mengetahuinya usahakan untuk tidak melanggar peraturan yang sudah mereka tetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top