skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Info Update Algoritma Google Terbaru Untuk Meningkatkan Rangking Website

Info Update Algoritma Google Terbaru Untuk Meningkatkan Rangking Website

Info Update Algoritma Google – Di atikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Mengapa kita Harus Menggunakan Search Engine Google. Di artikel yang kali ini kita akan membahas tentang Algoritma Google. Jika Anda pernah mendengar atau mengikuti Internet Marketing, atau mungkin Anda hanya sekedar mencari sebuah informasi yang ada di Internet (secara online), Anda pasti pernah mendengar tentang algoritma Google. Tetapi pernahkah Anda sendiri bertanya-tanya apa itu sebenarnya Algoritma Google?

Untuk bisa memahami apa itu algoritma Google, mari sama-sama kita melihat dulu apa itu algoritma secara umum. Definisi umum adalah: Algoritma adalah seperangkat aturan yang dibuat untuk memecahkan sebuah masalah dalam sejumlah langkah terbatas.

Di dalam bahasa komputer, algoritma akan menentukan tahapan bagi komputer untuk bisa melakukan tugas-tugas yang sangat spesifik. Sebagai contoh, komputer yang Anda gunakan bisa di program untuk secara acak menghasilkan angka antara 1 dan 100. Jadi ini adalah sebuah tugas yang mempunyai titik awal dan titik akhir yang sudah ditetapkan, jadi, ini sangat terbatas.

Cara lain yang bisa kita gunakan untuk memahami sebuah algoritma adalah menganggapnya sebagai sebuah persamaan matematika. Misalnya saya meminta Anda untuk menghitung mundur dengan mengurangi 4 angka yang di mulai dari 100 sampai 80. Anda kemudian akan mulai mengatakan ‘100, 96, 92, 88, 84, 80.’ Di atas kertas jawaban, Anda mungkin diperlihatkan bagaimana Anda bisa menjawab dengan mengurangi angka 4. Ya, ini memang adalah sebuah tampilan soal yang sangat sederhana pada sebuah algoritma, tetapi ini akan membantu untuk memahami soal-soal dalam versi yang lebih kompleks.

Apa itu Algoritma Google?

Bisa saya katakan algoritma Google mengikuti definisi umum yang sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Coba Anda ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali Anda mencari sesuatu di mesin pencari Google. Baik, sekarang coba silahkan Anda ketikkan kata kunci ini di kotak pencarian Google “cute cat videos” atau “Toko Baju di Bali,” Setelah Anda meng-klik enter, mesin pencari akan langsung memberikan jutaan hasil pencariannya kepada Anda untuk di pilih.

Sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana mesin pencari ini bisa memutuskan hasil mana yang akan ditunjukkannya kepada Anda, dan dalam rutan ke berapa?

Jawabannya ya, Algoritma.

Google mempunyai algoritma yang sangat kompleks untuk bisa menyajikan hasil pencarian yang kita minta, dan biasanya algoritma ini selalu berubah-ubah setiap harinya. Ketika saya menjelaskan tentang hal ini Anda tidak usah pusing dulu, karena Anda tidak akan belajar untuk membuat algoritma. Anda hanya perlu tahu tentang apa itu algoritma dan bagaimana Anda harus menyesuaikan algoritma ini dengan website yang akan Anda optimasi.

Baik sekarang saya lanjutkan kembali pembahasan kita. Meskipun perusahaan Google tidak memberitahu algoritma yang tepat untuk publik, tetapi kita bisa mengetahui beberapa elemen penting yang bisa kita terapkan untuk website kita dan bisa membawa dampak yang baik agar halaman website kita bisa muncul di dalam hasil pencarian mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu yang sudah kita target. Ada beberapa hal umum yang harus Anda gunakan saat membuat website:

  • Memasukkan kata kunci (keyword) di dalam judul halaman website kita (page title), Tag header, dan di dalam deskripsi meta.
  • Membuat link yang mengarah ke salah satu halaman website kita secara natural bukan secara spam (kita membuat backlink untuk website kita).
  • Website bisa bekerja di mobile device seperti smart phone dan juga tablet (responsive).

Jadi ini adalah beberapa syarat yang bisa membuat sebuah website muncul di halaman pertama mesin pencari Google saat akan menentukan cara mencari, mengirim dan memberikan peringkat sebuah halaman website. Menurut saya ada lusinan syarat atau faktor lain yang masih belum kita ketahui dan terapkan, tetapi tiga hal di atas yang paling banyak diajarkan dan dilakukan oleh para pelaku SEO salah satunya saya sendiri.

Bagaimana Google bisa menentukan elemen mana yang paling penting?

Saat algoritma Google “membaca” sebuah halaman website tertentu, katakanlah website saya SUBMITClimb ini, Google akan menetapkan nilai numerik yang sudah mereka tentukan sebelumnya untuk setiap sifat yang dicari di halaman hasil pencarian. Nilai numerik ini kemudian akan ditambahkan ke hasil akhir. Dengan demikian, semua halaman website yang memiliki sifat-sifat atau yang memenuhi syarat yang paling diinginkan oleh Google akan naik peringkatnya ke halaman depan dan di urutan teratas mesin pencari karena algoritma Google menganggapnya sangat penting.

Perhitungan ini akan dilakukan oleh platform Google dengan waktu yang sangat cepat, dan peringkatnya dapat berubah-ubah ketika pengembang website terus mengoptimasi website mereka atau memanipulasi peringkat halaman website mereka.

Makannya, peringkat website yang ada di mesin pencari Google akan selalu berubah-ubah mengikuti algoritma Google. Jadi peringkat sebuah website di mesin pencari tidak stabil. Jika saat ini website Anda menduduki peringkat ketiga di halaman depan mesin pencari kemungkinan besar peringkat Anda bisa naik menjadi 2 atau satu atau malah bisa turun peringkat. Biasanya peringkat atas dipegang oleh mereka yang mengoptimasi website mereka dengan baik.

Apa Manfaat Algoritma Google untuk Pencarian?

Mungkin ada yang punya pertanyaan seperti saya dulu, Apa manfaat Algoritma Google untuk pencarian? Algoritma basic Google digunakan untuk setiap pencarian yang dilakukan di mesin pencari untuk menemukan setiap website yang mempunyai konten yang relevan. Misalnya seperti ini, katakanlah Anda ingin mencari “beli sepatu lari” dan saya ingin mencari “video anjing Golden,” sudah pasti Anda dan saya menginginkan hasil pencarian yang berbeda dengan hasil pencarian yang saya cari bukan? kan tidak mungkin Anda mencari dengan menggunakan keyword “beli sepatu lari” tetapi hasil pencarian yang diberikan sama dengan yang saya cari.

Algoritma Google ini di sesuaikan dengan untuk setiap pencarian yang dilakukan oleh seseorang, dan hebatnya lagi bisa diubah dengan sedikit perubahan pada ejaannya dan urutan kata yang kita ketikkan. Hasil pencariannya kemudian diberikan kepada si pengguna, dan si pengguna ini bisa memutuskan sendiri website mana yang akan dikunjunginya.

Ingat, semua ini dilakukan dengan sangat cepat sekali, begitu Anda enter hasilnya langsung keluar hanya dalam beberapa detik saja. Selain itu algoritma Google ini memang dirancang untuk memberikan beragam pilihan. Bahkan dalam beberapa tahun ini saja, sudah menjadi sangat responsif untuk menawarkan saran-saran (suggestions) ketika ada satu orang yang mengetikkan istilah tertentu di mesin pencari. Kita biasanya menyebut ini sebagai Google suggestions yang memberikan saran-saran dengan menu drop down berdasarkan riwayat pencarian browser, dan juga ada faktor-faktor lainnya.

Apa Manfaat Algoritma Google untuk SEO?

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, algoritma Google ini sebagian menggunakan keyword untuk bisa menentukan peringkat halaman sebuah website tertentu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan me-rangking keyword tertentu yang Anda target dengan menggunakan teknik SEO.

SEO sendiri pada dasarnya adalah sebuah cara untuk memberitahu Google kalau website Anda atau halaman tertentu yang ada di website Anda mempunyai topik yang relevan dengan keyword yang di cari oleh pengguna. Jadi bisa saya katakan, algoritma Google ini akan sangat-sangat mempengaruhi keberadaan sebuah website di mesin pencari atau bisa saya katakan juga akan mempengaruhi cara kerja SEO.

Saya ingin bercerita sedikit tentang cara-orang-orang dulu berpikir dan mempraktekkan SEO pada website mereka sehubungan dengan manfaat algoritma Google ini untuk SEO. Bertahun-tahun yang lalu, sewaktu saya memulai bisnis online banyak orang berpikir seperti ini, kalau saya “memasukkan sebanyak mungkin keyword” ke dalam konten yang saya buat, maka Google pasti akan menganggap website saya ini penting dan relevan dengan pencarian. Mungkin pada waktu itu hal ini adalah hal yang wajar.

Ingat, Google akan selalu mengupdate algoritma mereka jika ditemukan ada kesalahan dan orang-orang kemudian menggunakan celah kesalahan itu untuk memanipulasi mesin pencari atau peringkat website di mesin pencari. Tidak lama setelah Google menyadari tentang hal ini, mereka kemudian menyempurnakan algoritma mereka untuk menghukum website-website yang hanya mengisi halaman website mereka dengan kata kunci yang hanya ditujukan untuk mesin pencari bukan kenyamanan pembaca atau pengunjung website. Ingat ya jangan salah tangkep, saya tidak mengatakan konten yang Anda buat tidak boleh memasukkan kata kunci yang ingin Anda target, malah jika Anda tidak menggunakan kata kunci di dalam setiap konten yang Anda buat itu salah. Karena waktu itu banyak sekali konten-konten yang benar-benar tidak bermanfaat yang di buat hanya untuk tujuan SEO saja. Makannya Google melakukan Update untuk menghukum website-website yang dibangun hanya untuk tujuan SEO saja (black hat).

Jadi jika Anda membaca artikel saya ini, jika Anda ingin mengoptimalkan website Anda di mesin pencari, cobalah untuk melakukannya dengan cara-cara yang benar, bukan dengan cara-cara yang salah. Mengapa saya menekankan hal ini? karena sekalipun Google melakukan update setiap hari jika Anda tidak melanggar dan tidak melakukan cara-cara untuk mengelabuhi mesin pencari, maka website Anda akan aman-aman saja sampai Google bangkrut.

Jadi sekali lagi ingin saya ingatkan, Cobalah untuk menghindari taktik apapun yang memang sengaja ditujukan untuk mengakali mesin pencari. Meskipun mungkin pada saat ini Google belum mengetahui apa yang Anda lakukan, percayalah Website Anda hanya perlu menunggu waktu untuk diturunkan dari peringkat atas hasil pencarian search engine.

 

Saya akan membahas beberapa algoritma apa saja yang sudah dibuat oleh Google, saya tidak akan membahas semua algoritma Google karena nanti artikelnya akan menjadi sangat panjang sekali. Tujuan saya menunjukkan beberapa update ini hanya untuk sebagai pengetahuan saja bahwa Google akan selalu melakukan update algoritma hampir setiap hari, beberapa dilakukan dengan skala kecil dan beberapa lainnya bisa dilakukan dengan skala yang cukup besar.

  1. Algoritma Pertama Google V.1.0 dirilis pada tahun 1998 – 2003. Pada waktu itu Google lebih mengutamakan Inbound Link (link masuk). Makannya tidak heran kalau pada waktu itu banyak orang yang membuat backlink dengan cara sembarangan.
  2. Algoritma Kedua Google V.2.0 dirilis pada tahun 2003-2006. Google menambahkan program Google Adsense. Kita tahu kalau program periklanan Google AdSense adalah sebuah program kerjasama antara Google dan publisher untuk sama-sama menghasilkan uang dari program periklanan milik Google. Google AdSense itu contohnya seperti website SUBMITClimb yang sedang Anda kunjungi saat ini, kalau Anda lihat di kanan atau di dalam setiap konten yang kami buat pasti ada iklan yang tampil, itu adalah iklan milik Google, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang Google AdSense di halaman ini.
  3. Algorita Ketiga Google V.3.0 dirilis pada tahun 2006 – 2010. Pada update ini Google melakukan update untuk menghukum website-website yang tidak mengutamakan kualitas konten yang dibuat dan meraka yang masuk dalam katergori SPAMER akan kena hukuman ini. pada tahun-tahun ini waktu itu banyak sekali spammer, khususnya pada komentar spam yang menyertakan link untuk tujuan backlink. Sebenarnya selain komentar juga ada cara lain yang dilakukan seperti misalnya memasukkan artikel ke artikel direktori tapi kualitas kontennya tidak bagus hasil spin, kemudian membuat backlink di forum-forum hanya untuk tujuan SEO.
  4. Algoritma Ke empat Google V.4.0 dirilis pada tahun 2010 – 2011. Pada update ini Google lebih mengutamakan kualitas konten yang dibuat dan juga faktor pengunjung, jadi Google sangat mengutamakan page view, semakin sering sebuah konten dikunjungi dan dilihat orang maka semakin penting konten itu bagi orang lain.
  5. Algoritma ke Lima Google V.5.0 dirilis pada tahun 2011 – 2012 (Google Panda). Fokus utama dari update kali ini adalah untuk melihat dan menentukan kualitas skor sebuah konten atau kualitas sebuah website yang bisa dilihat dari beberapa faktor, misalnya apakah ada duplikasi konten atau plagiasi, apakah kuantitas konten yang dibuat rendah atau tidak, sengaja memasukkan keyword yang berlebihan di konten untuk tujuan SEO atau spam yang sengaja dilakukan oleh si pemilik website. Jadi update ini bukan berarti artikel yang Anda buat harus memiliki sekian banyak kata bukan itu tujuannya. Kalau memang sebuah topik yang di bahas membutuhkan penjelasan yang panjang sudah pasti jumlah kata dalam artikel yang dibuat bisa lebih dari 300 kata, tetapi kalau konten yang di bahas hanya membutuhkan penjelasan yang singkat maka tidak perlu Anda buat panjang-panjang. Penilaian dari update Google panda ini juga menentukan peringkat sebuah website layak berada di halaman pertama atau tidak.
  6. Algoritma ke Enam Google V.6.0 dirilis pada tahun 2012 – 2013 (Google Penguin). Update Google kali ini adalah mengutamakan penekanan pada originalitas atau kemurnian sebuah artikel yang dibuat oleh orang-orang. Jadi di update kali ini Google menghukum mereka – mereka yang melakukan copy paste artikel dari website lain, baik itu sebagian atau keseluruhan artikel yang dibuat. Bahkan software-software spin yang dibuat sekarang sudah tidak lagi menjadi software yang terlalu begitu berguna seperti dulu.
  7. Algoritma Ke Tujuh Google V.7.0 dirilis pada tahun 2013 – 2014 (Google Dinosaurus). Google akan mengedepankan sosial media signal, sharing artikel ke sosial media. Jadi kalau bisa artikel atau konten yang Anda buat juga di share ke sosial media, ini Google akan mempertimbangkan artikel Anda yang di share oleh orang lain di sosial media untuk bisa berada di halaman utama mesin pencari.
  8. Algoritma ke Delapan Google V.8.0 dirilis pada tahun 2014 (Google Pirate). Update kali ini Google akan menghapus website-website yang melanggar hak cipta dari pencarian mesin pencari mereka.
  9. Di tahun 2013 Google juga mempunyai update yang juga di kenal dengan Google Hummingbird. Fokus update ini lebih kepada pemuatan keyword dan juga konten yang dibuat dengan kualitas yang sangat rendah. Update ini juga membantu Google untuk menafsirkan kata kunci yang dicari meskipun konten yang dibuat tidak banyak memasukkan kata kunci yang terlalu banyak atau kosa kata yang di cari oleh orang. Pada saat membuat artikel Anda bisa memasukkan sinonim dengan kata kunci yang ingin di target tetapi bukan berarti kata kunci yang ingin Anda target tidak perlu Anda masukkan ke dalam artikel yang Anda buat.
  10. Google Pigeon dirilis pada tahun 2014. Fokus utama update ini lebih mengutamakan off-page dan on-page website, jadi update ini lebih mempengaruhi hasil penelusuran berdasarkan lokasi sebuah website, faktor SEO tradisioal dalam update ini digunakan untuk memberikan peringkat hasil pencarian secara lokal. Mungkin dengan apa yang saya jelaskan ini Anda masih bingung, apa sih maksudnya. Nah sebagai contoh, misalnya Anda berada di Jakarta dan ingin mencari Jasa Pembuatan website, maka Google akan lebih mendahulukan hasil pencarian berdasarkan lokasi, semua website yang berlokasi di Jakarta akan lebih di utamakan untuk muncul di halaman pencarian Google. Jadi nanti jangan heran kalau hasil pencarian setiap orang akan berbeda-beda karena ini akan bergantung dari mana lokasi Anda berada.

Sebenarnya masih banyak update Google yang lain tetapi saya tidak ingin membahas semuanya di video ini. yang penting Anda tahu tentang adanya update Google ini.

Bagaimana Agar Website Anda di Sukai Oleh Google

Sampai di sini mungkin banyak yang langsung patah semangat, waduh kok susah amat ya kalau ingin menerapkan SEO untuk website kita, kalau begini caranya saya tidak ada harapan untuk bisa menjalankan bisnis online dong.  Saran saya jangan patah semangat dulu, semua pengetahuan yang saya beritahu ini cukup Anda tahu saja, kemudian Anda terapkan ke website Anda bagain-bagian penting dan utamanya saja, nanti kita akan membahas hal ini dibagian tersendiri tentang cara membuat konten, memposting di website, membuat backlink untuk website dan halaman tertentu serta beriklan di Google Adword dan Facebook Ads.

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang update yang dilakukan oleh Google, jika Anda tidak melakukan hal-hal yang dilarang dan menerapkan dasar-dasar SEO saja website Anda sudah aman dan bisa berharap untuk muncul di hasil pencarian.

Berikut ini tips yang akan saya berikan agar website Anda aman dari update Google terbaru.

  1.  Jika Anda mempunyai konten yang kurang baik, cobalah untuk menggantinya dengan konten yang baru (di update bukan di hapus ya)
  2. Menjaga rasio tampilan iklan tetap baik. Jadi maksudnya begini, jika website yang Anda buat memang menyediakan tampilan iklan atau mengikuti program Google AdSense misalnya, jangan menempatkan iklan terlalu banyak di website Anda. Ingat Google sangat mengedepankan pengalaman para penggunanya, jadi pastikan untuk menempatkan iklan terlalu banyak, jangan karena ingin cepat banyak dapat klik Anda kemudian menempatkan iklan sangat banyak, lebih banyak iklannya daripada kontennya. Coba anda bayangkan Anda mengunjungi website saya, tetapi di website saya jumlah iklannya sangat banyak daripada isi kontennya, kira-kira apa yang akan Anda lakukan? Saya yakin Anda akan tidak nyaman dan pasti akan langsung pergi ke website lain yang lebih nyaman bukan?
  3. Sering update website Anda dan lakukan pemeriksaan secara berkala website atau blog Anda. tidak ribet kok, cukup update plugin dan template saja jika ada update.
  4. Membuat artikel yang terbaik bukan artikel sembarangan dan posting artikel yang paling terbaik menurut anda. konten terbaik adalah konten yang bisa membantu dan menyelesaikan masalah orang lain. Anda juga tidak perlu harus membuat artikel yang kata-katanya snagat bagus seperti seorang penulis sungguhan, Anda juga tidak perlu membuat paragraf artikel Anda menjadi sangat banyak, jika bisa itu bagus jika tidak juga tidak apa – apa, karena kalau anda membuat artikel dan artikel itu sudah bisa menyelesaikan masalah dari pembaca Anda maka, menurut saya itu sudah selesai untuk menjawab pembaca website Anda.
  5. Ingat SEO bukan cara cepat untuk menghsilkan uang dan merangkingkan sebuah website. SEO selalu akan membutuhkan proses dan waktu yang terbilang cukup lama, tetapi hasilnya bisa bertahan lama dan permanen.

Ok mungkin saya kira sampai di sini dulu pengenalan kita tentang algoritma Google, jangan di buat pusing dan jangan patah semangat dulu, karena sebenarnya membuat website, membuat konten dan mengoptimalkan sebuah website tidak rumit dan tidak semenakutkan yang kita bayangkan. Kita akan lanjutkan pelajaran kita di artikel selanjutnya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Info Update Algoritma Google ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top