skip to Main Content
Ide Bisnis Yang Bisa Mendatangkan Penghasilan Untuk Menafkahi Keluarga

Ide Bisnis Yang bisa Mendatangkan Penghasilan untuk menafkahi keluarga

Pikirkan dulu Ide Bisnis Sebelum Membukanya

Apakah Anda sedang memikirkan ide bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan untuk menafkahi keluarga Anda? Perlu kita ketahui menjalankan sebuah bisnis pasti akan ada resiko atau konsekuensinya, tetapi ini selalu mengartikan hal yang buruk. Akan sangat bijaksana dan baik jika sebelum memulai suatu bisnis Anda menimbang – nimbang terlebih dahulu baik dan buruknya, untuk ruginya.

Menjalankan suatu bisnis bukanlah hal yang sangat sederhana. Ada banyak kewajiban – kewajiban yang harus kita pertimbangkan, baik itu secara moral dan juga secara rohani. Mengapa hal rohani perlu kita masukkan dalam berbisnis? Karena tanpa hal ini bisa jadi Anda menjadi tidak seimbang dalam menjalankan sebuah bisnis. Hal ini juga dapat membantu kita memutuskan segala sesuatu dengan benar apalah itu berterima atau tidak di mata Sang Pencipta. Kita semua tahu bahwa ketidakjujuran dan juga penipuan di dalam dunia bisnis bukan hal biasa, ini sudah menjadi “GAYA HIDUP,” dan “BERTERIMA” di masyarakat umum bahkan merajalela di dunia.

Uang untuk Menjalankan Bisnis

Benar sekali uang sangat diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis, apalagi jika bisnis yang akan kita buka itu harus memerlukan tempat atau kantor, maka uang bisa jadi hal yang paling penting. Jika kita sedikit memperhatikan perkembangan dunia bisnis saat ini, ada begitu banyak pengusaha baru yang bermunculan di negrei kita ini, bukan hanya pengusaha besar, tetapi pengusaha kecilpun banyak bermunculan. Mengapa demikian? Karena tidak semua bisnis yang dijalankan harus menggunakan modal yang besar. Sebagai contoh internet, banyak orang – orang yang mencoba memasarkan usahanya sendiri melalui toko online virtual di internet. Dengan menggunakan internet mereka bisa membuka ushaa dengan modal yang sangat kecil bahkan bisa menjangkau banyak orang. Dan jika kita berbicara mengenai penghasilan dari internet bisa dibilang hasilnya cukup mengejutkan kita, ada yang bisa meraup omset sampai ratusan juta. Menarik ya….

Membuka sebuah usaha kini tidak lagi dibatasi dengan masalah modal yang besar lagi, tetapi hal ini juga harus memerlukan modal untuk memulai bisnis tersebut. Beberapa orang yang memiliki ide bisnis yang bagus mengalami masalah pada permodalan. Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk meminjam uang dari bank atau mencari seorang investor untuk membantu usaha yang akan mereka bangun ini. Meskipun cara – cara ini bisa membantu kita tetapi pada kenyataannya sulit juga. Saya sendiri sangat sulit untuk meminjam uang dari bank, karena memang saya sebelumnya tidak mempunyai usaha. Apa yang akan menjadi jaminan kita? Hehehe…

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai binis kecil

  1. Mempunyai modal yang cukup untuk memulai bisnis itu.
  2. Memiliki pengetahuan
  3. Kemauan
  4. Kerja keras.
  5. Memanfaatkan rumah untuk tempat usaha.
  6. Anggota keluarga
  7. Internet
  8. Komputer

Berlakulah Jujur Saat Menjalankan Bisnis

Kejujuran bisa dibilang sangat langka dewasa ini, beberapa orang mengatakan “kejujuran sudah punah” di dunia bisnis yang penuh dengan persaingan. Memang bisa jadi banyak orang di luar sana yang menjalankan bisnis dengan ketidakjujuran untuk menambah penghasilan mereka, hal bukan terjadi di dunia bisnis convensional saja. Kita sering melihat iklan – iklan yang sangat “TIDAK JUJUR” dalam mengiklankan produk yang mereka jual. Tujuannya sudah jelas untuk menghasilkan keuntungan sebanyak – banyaknya tanpa mepertimbangkan segi segi lain. Ada yang menjiplak merek dagang orang lain atau dibuat sedikit berbeda dari aslinya. Jika kita sedikit mau jeli dan membaca serta meriset suatu produk ada begitu banyak produk – produk yang mutunya rendah dibilang sangat tinggi. Betapa bahayanya hal ini. Bisa jadi hal itu mendatangkan keuntungan pada awalnya, tetapi pada akhirnya nanti hal itu akan ketahuan dan berujung pada tutupnya bisnis. Sekarang yang menjadi pertanyan saya kepada Anda, apakah kita mau bisnis yang jujur dan terus berjalan hingga akhir hiudp kita? Atau bisnis yang tidak jujur tetapi bertahan hanya beberapa tahun saja? Jawabannya Anda sendiri yang memutuskan.

untuk-apa-jujur-jw-dot-org

Download Majalah “Untuk Apa Jujur?”

Memang sangat sulit untuk bisa menjalankan bisnis dengan kejujuran dewasa ini. Nah disinilah iman kita kepada sang Pencipta diuji. Mungkin ada yang mengatakan seperti ini, “Kita tidak bisa mencari nafkah kalau tidak jujur” ini sama saja kita mengatakan kepada sang Pencipta bahwa dia tidak mengasihi orang – orang yang mengasihi dia.

Ketidakjujuran itu seperti bumerang, jika Anda melemparkannya hal itu akan kembali kepada si pelempar bumerang tadi. Jika Anda ketahuan tidak jujur bisa jadi pelanggan – pelanggan Anda akan pergi untuk meninggalkan Anda dan selain itu pemasok barang Anda bisa jadi juga akan berhenti memasok barang kepada Anda. Pikirkan hal ini baik – baik. KEJUJURAN BISA MENDATANGKAN RESPEK dari orang – orang lain.

Berikut ini adalah Ide Bisnis Yang bisa Mendatangkan Penghasilan untuk menafkasi keluarga Anda yang bisa dikerjakan dari rumah bersama dengan keluarga Anda, bahkan tanpa harus menyewa tempat untuk membuka bisnis tadi. Apa saja itu, nah berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang bisa Anda lakukan.

1. Menjahit

Bukan hanya wanita yang bisa menjahit dewasa ini, kalau kita ada dijakarta Anda bisa melihat di gang gang ada begitu banyak Konveksi Baju. Perhatikan siapa yang menjahit? Kebanyakan kaum pria kan? Hehehehe… nah yang akan saya bahas di sini bukan penjahit prianya, tetapi kita bisa membuka usaha menjahitkan pakaian dari rumah sesuai dengan bentuk tubuh orang itu. Ada orang yang mau membuat baju dan ada orang yang hanya ingin mengecilkan pakaian mereka, jadi hal ini bisa dijadikan usaha.

2. Pulsa.

Asal Anda punya kemauan keras Anda bisa memulai bisnis ini, menjual pulsa HP dan Listrik, Anda bisa memulai bisnis ini dari mana saja dan kapan saja bahkan sambil bekerja di tempat lain juga hehehe… perlu di ingat untuk berjualan pulsa Anda perlu keseriusan dan juga strategi mempromosikan yang cukup baik

3. Menjadi guru les Private

Jika Anda mempunyai keahlian dibidang tertentu, katakanlah Anda bisa bermain piano atau gitar. Manfaat keahlian saudara untuk menjadi guru les private piano. Sekarang Anda tidak perlu seperti zaman dulu harus promosi lewat koran atau kasih selebaran ke rumah rumah, sekarang Anda bisa menggunakan internet untuk sarana promosi bahkan mengajar secara online. Contohnya udemy.com

4. Membuka Warung Makan

Membuka bisnis warung makan sangat menguntungkan karena hampir setiap hari dan setiap orang akan makan. Masalahnya bisnis yang satu ini hampir sudah dijalankan oleh semua orang, oleh karena itu kita perlu memikirkan baik – baik bisnis ini sebelum menjalankannya, seperti resep, pesaing, lokasi dan yang tak kalah penting adalah modal. Kalau Anda suka memasak maka ide bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Tetapi kalau Anda tidak suka maka ide bisnis ini kurang cocok. Selain itu bisnis warung makan ini kadang harus membuat kita turun tangan sendiri pada awalnya, agar semua berjalan sesuai dengan keinginan kita.

5. Membuka Laundry

Jika Anda sedikit tidak malu dan peka sebenarnya bisnis jasa Laundry ini sangat laris. Misalnya jika Anda tinggal di dekat kampus, kawasan wisata atau hotel. Bila perlu jemput baju ke lokasi atau ajukan penawaran harga ke hotel – hotel, karena tidak semua hotel mencuci sendiri.

Memang jika Anda membuka bisnis ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

  • Cari lokasi yang cocok.
    Carilah lokasi yang cocok misalnya yang dekat dekat kampus, hotel atau kost – kostan. Jika Anda ingin memilih lokasi yang jauh dari tempat – tempat yang saya sebutkan tadi juga bisa, Anda bisa mengambil atau menjemput pakaian ke tempat mereka, bisa jadi hal ini akan memberikan nilai lebih. Karena ada banyak orang yang sulit punya waktu banyak sekarang ini.
  • Pelajari jenis – jenis noda yang melakat pada pakaian.
    Noda yang melekat pada pakaian tidak selalu sama, ada noda bekas es, tinta, kuah sup atau noda lainnya. Pelajari dan gunakan pembersih noda yang aman tanpa harus merusak pakaian dan juga mengaburkan warna.
  • Gunakan mesin yang cocok untuk usaha ini.
    Ada begitu banyak mesin cuci di pasaran, sesuai dengan fingsinya, karena jika Anda salah menggunakan mesin cuci bisa jadi hal ini akan merusak pakaian pelanggan Anda, tentunya kita tidak mau kehilangan pelanggan kita bukan?
  • Sesuaikan harga tetapi jangan matikan harga.
    Sebelum membuka usaha Anda perlu mencari tahu dulu harga pasaran untuk usaha Laundry ini, setelah Anda mengetahui harga pasaran silahkan Anda menentukan harga Anda, ingat ini adalah harga Anda, meskipun Anda bisa memberikan harga sesuka hati Anda jangan sampai terlampau mahal dan juga terlampau murah dari harga pasaran.Jika Anda memberikan harga terlampau mahal bisa jadi banyak orang yang tidak mau ke tempat Anda, tetapi jika hasilnya memang memuaskan banyak orang yang mau dan rela membayar mahal. Jangan sampai mereka sudah membayar mahal tetapi setelah menerima hasilnya jas atau baju mereka malah rusak.

    Jika Anda ingin memberikan harga yang murah, pastikan itu tidak terlalu murah dari harga pasaran yang sudah ada. Mengapa saya bilang jangan kasih harga yang terlampau murah? Karena Anda bisa jadi mematikan harga pasaran dan tidak hanya itu… bayangkan kalau Anda dimusuhi oleh orang – orang sekitar yang membuka Bisnis Laundry yang sama karena Anda telah menjatuhkan harga yang tidak wajar? Jadi pastikan Anda memberikan harga yang wajar.

6. Bisnis Susu Kedelai

Peluang usaha dengan modal kecil dan bisa dijalankan dari rumah adalah Susu kedelai. Teman kami memulai bisnis ini dari tidak tahu sama sekali tentang susu kedelai. Tetapi karena perjuangan dan kemauan akhirnya dia bisa membuka bisnis ini. Modalnya juga terbilang sangat kecil, terlihay remeh dan malu untuk memulai bisnis ini, tetapi jika dijalankan dengan serius Anda bisa makan dan mencukupkan kebutuhan hidup Anda setiap hari.

7 Bisnis Online dari Rumah

Sekarang ini bisnis online sedang naik daun. Bukan hanya pelaku bisnis besar tetapi pelaku bisnis kecil juga mulai melakukannya dan menariknya, penjahat juga mulai ikut – ikutan mengonlinekan profesinya. Lucu juga ya penjahat online… tetapi ini memang ada dan sering terjadi. Nah apa saja bisnis online yang bisa kita kerjakan? Sebenarnya ada banyak misalnya saja seperti

  1. Ikut sebagai Affiliate Marketing
  2. Membuka Toko Online
  3. Bisnis melalui blog
  4. Menjadi Penulis Online atau penterjemah bahasa.
  5. Membuka Jasa Pembuatan website (seperti yang saya lakukan sekarang)

Nah di artikel selanjutnya kita akan membahas hal ini lebih terperenci satu persatu. Kalau saya tulis dan jelaskan dalam artikel ini saya takut terlalu panjang dan Anda bosan untuk membacanya. Semoga artikel ini bisa membantu dan menginspirasi kita semua ya.

Back To Top