Fungsi Lain Dari WhatsApp Yang Jarang Digunakan Oleh Orang

Fungsi Lain dari WhatsApp Yang Jarang Digunakan Oleh Orang

Sering menggunakan aplikasi WhatsApp kan? Kalian pernah tahu tidak kalau ada Fungsi Lain dari WhatsApp yang mungkin tidak kalian ketahui atau jarang kalian gunakan? WhatsAppa memang paling sering mengupdate fitur tambahan baru untuk membuat para penggunanya lebih nyaman dan senang untuk menggunakan WhatsApa. Buktinya kini WhatsApp telah menjadi aplikasi popular no 1 dan yang paling banyak penggunanya. Memang fungsi utama WhatsApp awalnya hanya untuk berkirim pesan saja, tetapi sekarang ada begitu banyak fungsi lain yang bisa kita gunakan lho. Pasti kalian penasaran khan? Nah berikut ini adalah beberapa Fungsi Lain dari WhatsApp yang mungkin belum kita gunakan.

WhatsApp Bisa Menyembunyikan “Last Seen”

Bagi yang sedang kasmaran atau lagi mau PeDeKaTe ke seseorang sudah pasti akan terus memantau calon pujaan hatinya dengan melihat waktu doi online terakhir itu kapan. Jika kita merasa fitur ini sangat mengganggu privasi kita, Anda bisa lho menyembunyikan kapan Anda terakhir online.

Caranya cukup mudah kita tinggal pilih menus setting, nanti pada bagian Tab account dan privacy, Anda akan menemukan pilihan bertuliskan “Last seen” (dalam bahasa inggris, jika menggunakan bahasa lain seilahkan cari tahu artinya). Silahkan pilih menu Last Seen makan nanti akan muncul menu yang muncul atau pop up menu, ada pilihan Everyone (Semua orang bisa melihat), My Contacts (Hanya Orang yang ada dalam catatat kotak kita saja yang bisa melihat), atau Nobody (Supaya semua orang tidak bisa melihat informasi kita).

WhatsApp Bisa Membackup Percakapan kita.

Mungkin saja tidak banyak yang tahu kalau WhatsApp bisa merekam percakapan kita yang kemarin dan hari ini lho. Sehingga saat kita mau ganti HP baru nih, history percakapan yang ada di HP lama kita bisa tampil di HP kita yang baru lho.

Caranya sangat mudah sekali Anda cukup buka menu setting, Pilih Tab Chat Backup. Anda nanti akan menemukan pilihan BACK UP dan Back up to Google Drive. Pilih saja Back up to Google Drive nanti akan muncul Pop up menu, aka nada pilihan “Never”, “Only when I tap “Back Up””, “Daily”, “Weekly”, “Monthly”. Tapi saya secara pribadi tidak pernah mem-back up history percakapan, karena menurut saya itu tidak terlalu penting dan buat apa juga. Kecuali ada hal yang sangat penting misalnya penipuan, Ancaman dll saya akan menyimpan untuk barang bukti ke pihak yang berwajib.

WhatsApp Bisa Menyimpan Percakapan kita dalam bentuk teks

Percakapan kita dengan seseorang yang dalam bentuk teks ternyata bisa kita simpan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu pergi ke Tab Obrolan yang sedang ingin Anda simpan ke dalam bentuk teks. Kemudia silahkan klik gambar tiga titik yang ada di kanan atas HP Anda, kemudian klik more dan klik option pilihan email chat.

Langkah selanjutnya adalah silahkan Anda pilih pada menu pop up yang muncul, “Without Media” atau “Attach Media”. Setelah Anda memilih nanti akan muncul untuk mengirim percakapan Anda tadi.

WhatsApp Bisa Memblokir Nomor kontak seseorang.

Hal yang paling sering terjadi di dunia yang penghuninya Berdosa semua, sering terjadi perselisihan atau salah paham. Atau kita sering menerima pesan spam dari orang yang tidak kita kenal. Anda bisa lho memblokir no HP seseorang agar dia tidak bisa menghubungi Anda dan menemukan no Anda.

Saya akan tunjukkan caranya. Buka percakapan orang yang Anda mau Block. Kemudian silahkan menuju titik tiga yang ada di bagian kanan atas HP Anda. Kemudian klik tab more. Selanjutnya akan muncul menu pop up dengan beberapa pilihan: “Block”, “Clear Chat”, “Email Chat”, “Add shortcut”. Silahkan pilih block.

WhatsApp Bisa Menghentikan Download Image atau Video Otomatis.

Anda tentu sering dong menerima pesan gambar atau video dari klien atau kenalan Anda. Kita bisa lho menghentikan pesan gambar atau video agar tidak terdownload secara otomatis ke HP kita. Karena kalau pesan gambar dan video terdownload secara otomatis akan mengakibatkan konsumsi daya dan juga memakan pulsa atau paket internet kita cukup besar. Jadi kita ingin mendownload gambar yang penting-penting saja yang ingin kita download.

Lalau bagaimana caranya kita bisa mengatur agar semua pesan gambar dan video yang masuk kedalam WhatsApp kita tidak langsung secara otomatis terdownload?

Caranya sangat mudah, silahkan masuk ke menu setting dan pilih Data Usage. Nanti di dalamnya aka nada tab menu yang bertuliskan Media Auto download yang berisi pengaturan apakah kita mau unduh secara otomatis atau tidak.

WhatsApp Bisa Memberi Tanda Bintang Pada Pesan Penting

Saya juga baru mengetahui fitur tanda bintang ini. Setiap percakapan yang menurut kita penting bisa kita tandai sebagai percakapan yang penting. Caranya sangat mudah, silahkan pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh kemudian tahan selema beberapa detik pesan itu, nanti akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp Anda, nanti tepat di samping ikon “Delete” pilihlah tanda bintang untuk mulai menandai pesan itu.

Lalu cara untuk melihat pesan-pesan yang sudah kita tandai dengan tanda bintang tadi bagaimana? Caranya cukup mudah, silahkan sentuh menu titik tiga yang berada di sudut kanan atas HP Anda, selanjutnya silahkan pilih menu yang bertuliskan “Starred messages”.

WhatsApp Bisa Menyembunyikan Tanda Read Receipts.

Bisa saya katakana fitur ini tidak terlalu penting buat kita, menurut saya fitur ini bisa membuat salah paham pertemanan dan membuat pertemanan menjadi renggang. Mengapa saya bisa mengatakan seperti itu? Begini kita semua pasti sering berbicara langsung sama teman atau orang yang menjadi lawan bicara kita. Ketika kita sedang mengobrol sama orang tersebut kita pasti ingin mendapatkan jawaban dari pembicaraan atau pertanyaan yang kita ajukan, bayangkan kalau lawan bicara kita diam atau dia melihat kea rah lain tanpa mendengarkan apa yang kita katakana dan menjawab apa yang kita tanyakan, pasti KESAL SEKALI bukan?

Nah di media digital WhatsApp kita bisa kita samakan dengan diri kita dan wajah kita sendiri. Bayangkan jika sahabat Anda bertanya kepada Anda tetapi dia melihat status pesan masih abu-abu tidak berubah warna menjadi centang biru, karena pada umumnya setiap pesan yang masuk ke whatsApp akan berwarna abu-abu saat belum di baca dan sat sudah dibaca warnanya akan berubah menjadi hijau, bisa jadi sahabat kita itu akan merasa kesal ketika melihat pesan yang dia kirim masih centang abu-abu.

Bagaimana cara menyembunyikan Tanda Read receipts pada WhatsApp kita? Pergi ke menu setting, kemudian pilih menu Accounts dan Privacy. Di bagian bawah kita akan menemukan Tulisan Read Receipts, langkah selanjutnya kita tinggal hapus tanda centang di bagian itu (membuatnya tidak aktif).

WhatsApp Bisa Membuat Huruf Tebal (Bold) dan Huruf miring (Italic)

Saya sangat yakin sekali kalau diantara Anda semua yang menggunakan WhatsApp banyak yang belum tahu tentang hal ini, WhatsApp bisa membuat huruf Bold dan huruf Italic lho. Saya juga yakin sekali dengan membaca artikel ini Anda akan langsung mencoba mempraktekkan apa yang saya katakan ini.

Untuk membuat huruf tebal (bold) pada WhatsApp kita harus menggunakan tanda (*)diantara kata-kata yang ingin kita bold atau tebalkan. Sebagai contoh misalnya saya akan menuliskan *www.submitclimb.com* lalu kirim, maka Anda akan melihat kalau teks yang barusan Anda ketik dan kirim akan menjadi bold atau tebal.

Untuk membuat huruf menjadi miring (Italic) kita harus menggunakan tanda (_) diantara kata-kata yang ingin kita buat miring atau italic. Sebegai contoh yang saya mencoba mengetikkan kata _kurang makan_ lalu silahkan coba kirim ketikan itu, maka Anda akan melihat tulisan Anda akan menjadi italic.

WhatsApp Bisa Buat Video Call Gratis

Untuk yang satu ini tanpa saya ulas di sini sebetulnya sudah banyak yang tahu. Tapi masih kurang kalau tidak saya masukkan dalam daftar di sini. Dengan memiliki paket internet kita bisa menggunakan panggilan video, misalnya kepada pacar kita, orang tua yang dikampung atau siapa saja.

WhatsApp Bisa Kirim File Tipe Apapun.

Kini kita bisa menggunakan WhatsApp untuk mengirim file dokumen, video dll. Jika Anda sulit menggunakan email pada saat bepergian atau hal lain, Anda bisa mencoba fitur WhatsApp untuk berkirim file. Pesan cepat diterima dan pasti file Anda juga akan cepat dibacanya.

WhatsApp Bisa Kasih Stiker dan Crop Foto

Ternyata WhatsApp juga bisa dibuat mengedit foto, edit foto yang saya maksud di sini adalah dengan memberikan stiker untuk kita letakkan di gambar yang mau kita kirim. Bahkan kita juga bisa mengcrop foto kita sebelum kita kirim.

Jadi itu adalah beberap Fungsi Lain dari WhatsApp yang bisa kita gunakan dan manfaatkan untuk hal lain, jadi selain bisa chat gratis kita juga bisa berkirim file atau foto. Menurut saya masih banyak fungsi WhatsApp yang lain, jika Anda memiliki hal yang mau ditambahkan silahkan tambahkan di kolom komentar ya.