skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online Anda

Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online Anda

Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online

Apakah shopping atau berbelanja hanya urusan seorang wanita saja? Sepertinya sudah tidak lagi. Kalau Anda buka internet dan mencari sesuatu barang Anda akan menemukan berbagai macam website Toko Online yang menjual beraneka macam barang dan Anda akan dibuat terpaku di depan layar monitor selama berjam-jam hanya untuk memilih dan mencari barang.

Sekarang ini Toko Online sangat mudah untuk dibuat dan dimiliki oleh siapa saja. Tetapi mempuyai toko online ada beberapa Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online Anda. Fitur wajib apa saja sih yang harus ada di dalam website Anda.

Saya tidak akan menjelaskan tentang apa saja kelebihan Toko Online karena saya yakin kita semua sudah tahu tentang itu. Di sini saya ingin berbicara tentang home page desain sebuah website dan juga layout website toko online yang benar-benar bisa membantu toko online Anda berkembang, terlihat profesional sekaligus membangun kepercayaan calon pembeli atau konsumen Anda.

Sayangnya kalau saya perhatikan masih banyak sekali pemilik Toko Online yang masih belum tahu tentang hal ini dan malah menganggap ini tidak terlalu penting. Beberapa fitur ini saya anggap penting dan harus dimasukkan kedalam sebuah website toko online karena dari pengalaman pribadi saya saat belanja di suatu toko online, saya selalu memperhatikan hal-hal ini baru saya membeli dari mereka.

Menjalankan Situs Online Yang Bagus

Meskipun saya membahas tentang Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online yang perlu Anda ketahui dari isi penting artikel ini adalah bahwa tidak ada satupun fitur umum yang banyak digunakan atau pilihan desain tertentu yang akan membuat Toko Online Anda menjadi populer, tetapi memang ada beberapa fitur penting yang menurut saya tidak boleh diabaikan begitu saja saat membuka Toko Online.

Ok, jadi hal pertama yang harus Anda ketahui – Anda harus memahami hal penting tentang tujuan utama halaman Home Page sebuah e-Commerce.

Buat Toko Online Anda Menjual

Bagi beberapa orang mungkin ini terdengar aneh, kita kan mau membuat toko online untuk tujuan jualan, lalu kenapa di bahas juga tentang harus membuat Toko Online yang menjual? Mungkin ini memang terdengar aneh, saya dulu juga begitu tetapi banyak orang yang membuat toko online tidak berpikir tentang membuat toko online yang bisa menjual kebanyakan dari kita hanya memikirkan bagaimana caranya saya bisa membuat toko online.

Website mereka mungkin terlihat keren tetapi jika itu tidak berguna untuk melakukan penjualan maka website ini akan sia-sia. Beberapa website mungkin meletakkan tombol beli yang besar dan mudah dilihat oleh pengunjung website mereka, tetapi beberapa pemilik bisnis, developer dan juga desainer mungkin kurang begitu memperhatikan hal-hal detail seperti itu.

Membuat daftar list kategori produk atau pengelompokan produk bisa membantu Toko Online Anda terlihat sempurna. Special Deal dan juga daftar produk baru akan membantu pengunjung untuk website Anda untuk melihat dan membeli produk yang Anda pajang. Anda juga pasti tahu ada begitu banyak pengunjung website yang tidak tahu apa yang akan mereka beli. Ingat tujuan Anda sebagai penjual online adalah memanfaatkan hal itu dan menunjukkan kepada mereka apa yang sudah mereka lewati.

Buat Pengunjung Website Anda Percaya kepada Anda.

Banyak Orang menghabiskan waktu mereka dengan mencari informasi lebih banyak tentang produk yang akan mereka beli, ini wajar karena mereka ingin mendapatkan produk yang akan di beli, proses pembelian, metode pembayaran, layanan pengiriman, jaminan yang diberikan dll yang akan membantu mereka lebih yakin untuk membeli produk Anda.

Jadi pastikan di halaman home website Anda tempatkan link-link penting yang memang berhubungan dengan halaman penting. Dengan memiliki pemikiran seperti itu ini akan membantu Anda mengurangi pengunjung untuk meminta bantuan tim support website Anda.

Berikut ini beberapa Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online Anda yang mungkin akan membantu meningkatkan kemudahan toko online Anda. Ingat fitur ini penting tetapi tidak harus.

1# Website Harus Mudah digunakan

Saya pernah ingin belanja di sebuah toko online yang ada di Indonesia karena saya bingung cara menggunakannya akhirnya saya tidak jadi membeli di toko online itu dan berdasarkan penelitian dari Hubspot hampir 76% konsumen banyak yang mengatakan toko online yang mereka butuhkan adalah sebuah website toko online yang mudah digunakan.

Mengapa ini penting karena ini akan membantu pembeli untuk mendapatkan apa yang sedang mereka cari tanpa mengalami kesulitan yang memang tidak diperlukan dan tanpa harus membatalkan pembelian seperti yang saya lakukan.

Banyak orang terlalu berfokus kepada tampilan desain website mereka, tampilan website memang penting tetapi kemudahaan dalam membeli dan mencari itulah yang sangat diperlukan oleh calon pelanggan Anda.

Ingat jangan menggunakan grafis, flas yang berat atau bahkan video yang di upload ke website Anda sehingga membuat berat website Anda.

2# Website Harus Mobile Friendly

Di Indonesia pengguna internet lebih banyak menggunakan handphone mereka ketimbang menggunakan komputer yang mereka miliki. Jujur kalau saya lebih suka menggunakan komputer ketimbang menggunakan HP untuk mencari informasi yang ada di Internet. Karena kebanyakan orang lebih suka menggunakan HP mereka maka pastikan website Anda bisa tampil dengan layar yang secara otomatis sesuai dengan tampilan diperangkat yang digunakan oleh orang.

Dan pihak Google sendiri juga menyarankan bahwa situs website yang ada sebaiknya harus memiliki versi mobile friendly jika website mereka tidak maka mereka akan mengalami konsekuensinya terutama secara SEO.

Bahkan banyak orang juga sudah banyak yang melakukan pembelian online langsung menggunakan perangkat HP yang mereka gunakan, contohnya adalah istri saya. jadi sekali lagi pastikan website responsif dan user friendly.

3# Website Harus Memiliki Pencarian yang Mudah

Seorang pelanggan mungkin akan membutuhkan kotka pencarian di sebuah website tertentu, jadi pastikan Anda menempatkan kotak pencarian yang mudah dilihat oleh calon pelanggan Anda. Saat akan menempatkan kotak pencarian ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Kotak Pencarian harus diletakkan pada tempat yang mudah untuk dilihat, kebanyakan berada di pojok kanan website.
  • Algoritma untuk pencarian produk harus baik. Artinya begini, ketika saya mencari produk sepatu anak umur 1 tahun mesin pencari di website Anda harus benar-benar menampilkan barang-barang yang sesuai dengan kata kunci yang orang cari.
  • Pastikan deskripsi, judul dan juga kategori produk dibuat dan dikelompokkan dengan benar agar mudah untuk ditemukan sehingga bisa membantu para konsumen.

4# Keamanan website Harus Terjamin (TrustMark)

Banyak orang masih takut soal keamanan saat mereka berbelanja online. Oleh karena itu sangat penting sekali bagi pemilik website untuk melindungi data-data pelanggan dan menjaga privasi pelanggan. Jika Anda pemilik toko online pastikan untuk memiliki:

  • Sertifikat SSL: sertifikat SSL akan membuat pelanggan Anda lebih nyaman. Ini bisa terlihat di URL website yang ada di browser yang Anda gunakan.
  • Link Kebijakan privasi di bagian bawah website. Dengan membuat halaman ini akan membantu pelanggan mengetahui tentang kebijakan privasi dan juga janji tentang data pelanggan yang aman dan tidak akan dibagikan ke orang lain.
  • Autentikasi dua faktor: ini akan membantu keamanan pelanggan, jadi pihak lain tidak bisa masuk karena akan di minta untuk memasukkan nama, alamat email dan juga no HP yang digunakan saat mendaftar.
  • Trusmark ini adalah logo kecil yang biasanya diletakkan di bawah sebuah website untuk dilihat dan ditunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa website Anda sangat aman. Beberapa logo ini biasanya seperti McAfee, Verisign, BBB, TRUSTe, GeoTrust dan masih banyak yang lainnya.

5# Website Harus Mempunya Metode Pembayaran yang mudah.

Banyak orang mungkin pernah mengalami saat belanja online mereka kesulitan untuk melakukan pembayaran, ada yang tidak punya kartu kredit, ada yang tidak punya Paypal, dan lain sebagainya. Jika website toko online Anda mempunya macam-macam pembayaran ini akan mempermudah konsumen Anda untuk melakukan pembelian dan akhirnya membayar produk yang dia beli.

 

6# Menampilkan Review atau Testimoni pelanggan.

Kalau Anda membeli produk di luar negeri Anda akan sering melihat pelanggan yang sudah pernah belanja memberikan review di toko online itu setelah selesai membeli dan menerima barang. Mereka terbiasa melakukan itu karena memang review pelanggan ini akan membantu banyak orang termasuk saya dan Anda untuk lebih yakin tentang produk yang akan Anda beli.

Jadi pastikan untuk menampilkan review pelanggan yang sudah membeli dan menggunakan produk yang Anda jual. Lalu bagaimana kalau Anda belum punya review? Saya biasanya memberikan produk gratis kepada beberapa orang penting atau yang bisa membawa pengaruh dan memberikan review jujur mereka tentang produk yang saya jual kepada umum.

7# Informasi tentang Pengiriman Barang yang di Jual

Saya sering sekali mencari bagaimana sebuah website melakukan pengiriman barang jika saya membeli barang di tempat mereka. Karena dengan mengetahui hal itu saya bisa lebih yakin dan tahu harus menghubungi jasa pengiriman jika barang saya belum sampai di rumah, selain itu ini akan membantu saya untuk mengetahui jumlah biaya pengiriman yang harus saya bayarkan ketika membeli sesuatu.

8# Halaman Kontak atau Hubungi Kami.

Hal penting lain yang juga menjadi perhatian saya saat saya belanja online adalah bagaimana saya bisa menghubungi toko ini jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan misalnya saja barang hilang, barang tidak sampai, barang rusak dan lain sebagainya.

Memang kebanyakan website toko online besar tidak mencantumkan no telepon yang bisa di hubungi dengan mudah. Biasanya mereka hanya menempatkan alamat email saja dan halaman FAQ dan juga chat online. Jika ditanya secara jujur ini sangat memperlambat jalur komunikasi kita. meskipun seringkali cara penanganan yang lama tetapi bukan berarti barang kita tidak dikirim atau uang kita akan hilang. Jadi jika Anda ingin membuat toko online pastikan untuk menempatkan no telepon dan alamat email yang bisa di hubungi dengan mudah.

9# Membuat halaman Frequently Asked Question (FAQ)

Halaman FAQ sangat penting untuk sebuah toko online, ini akan membantu menjelaskan apa yang akan di tanyakan oleh para calon pelanggan Anda. Jadi Anda perlu memikirkan dengan baik apa saja yang akan di tanyakan oleh para calon pelanggan Anda dan memberikan jawabannya secara langsung.

10# Pelacakan Produk Pembelian

Pelanggan Anda akan sangat ingin tahu sampai dimana produk yang mereka beli. Apakah masih di jakarta atau sudah sampai di kota tujuan tempat mereka tinggal. Saya secara pribadi sangat tenang dengan adanya sistem pelacakan barang pembelian saya, ini membuat saya tenang dan bisa memantau barang pesanan saya.

11# Website harus di lengkapi dengan Live Chat.

Live chat juga akan membuat perasaan pelanggan Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Mereka selalu akan menanyakan tentang hal-hal yang kurang mereka tahu dan tentang pesanan mereka. Jangan menggunakan mesin untuk menjawab pertanyaan pengunjung website Anda.

12# Halaman Kebijakan untuk Pengembalian barang

Setiap orang yang belanja online selalu merasa was-was kalau barang yang mereka beli tidak cocok atau salah kirim dan mereka ingin tahu cara pengembalian barang jika terjadi hal seperti itu. Biasanya mereka ingin tahu apakah itu mudah atau susah. Dengan membuat halaman kebijakan untuk pengembalian barang fitur ini akan meyakinkan pembeli jika terjadi hal yang tidak sesuai mereka akan dengan mudah mengembalikan barang sesuai dengan apa yang Anda jelaskan di dalam halaman itu. Percayalah ini akan sangat membantu meningkatkan kepercayaa diri pelanggan Anda.

13# Berita Baru dan Produk Terpopuler

Saat ada berita tentang promo, produk terbaru, penjualan terbatas atau even tertentu yang harus diketahui oleh para calon pelanggan Anda maka halaman home page adalah tempat yang paling tepat dan cocok untuk menempatkan halaman ini. Jangan membuat informasi ini menjadi terlalu sulit untuk ditemukan atau diketahui oleh para calon konsumen Anda. Pembeli sangat menyukai promo dan penawaran-penawaran khusus yang bisa membuat mau untuk membeli dari Anda ketimbang melalui toko online lain.

Lihatlah beberapa toko online yang sering saya kunjungi berikut ini mereka tahu betul bagaimana caranya untuk menarik perhatian para pelanggan mereka tentang produk terbaru dan promosi untuk bulan itu:

Apple

Apple Produk Terpopuler

Amazon

amazon Produk Terpopuler

Sunglasshut

sunglasshut Produk Terpopuler

14# Social Media Link

Hampir 20% pembelian online banyak dilakukan setelah orang-orang menjelajahi situs media sosial. Banyak orang lebih cenderung untuk menerima opini publik ketimbang kita sendiri yang mengatakannya. Jejaring sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram adalah sumber yang sangat bagus untuk memberi informasi kepada para calon pembeli Anda.

Tidak hanya itu saja, sosial media juga memberikan peluang untuk mempromosikan diri, Anda juga bisa mengidentifikasi siapa saja yang paling aktif dan selalu mengikuti berita Anda di jejaring sosial. Anda bisa memberikan hadiah atau kejutan menarik kepada mereka sehingga orang lain juga bisa termotifasi untuk mengikuti akun Anda.

Ya itu dia Fitur Yang Harus Ada Di Toko Online Anda! Saya berharap informasi seperti ini bisa membantu membuat website Anda menjadi lebih sempurna dan dipercaya oleh para calon pembeli Anda. Ini hanya saran saja dari kami, Anda bisa memasukkan halaman itu atau tidak itu kembali kepada Anda, tetapi yang perlu Anda ketahui biasanya semua website toko online membuat dan mempunyai halaman itu. Saya secara pribadi sangat mendahulukan website-website yang mempunyai halaman seperti itu. Jika Anda mempunyai ide lain yang bisa membantu, pastikan untuk memberikan komentar di bagian komentar yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top