Firefox Tidak Bisa Buka Https

Cara Mengatasi Firefox tidak bisa buka HTTPS

Tiba-tiba Firefox tidak bisa buka HTTPS

Ketika Saya mengetikkan kata “Firefox tidak bisa buka HTTPS” saya melihat banyak sekali para pengguna Mozilla Firefox yang mengalami masalah Mozilla Firefox tidak bisa buka https dan tidak bisa buat browsing. Kebetulan sekali saat saya menulis artikel ini saya mengalami hal yang sama seperti yang di alami oleh orang-orang itu. Sangat terganggu sekali saat browser Mozilla Firefox tidak bisa kita pakai buat internetan. Saya sebenarnya bisa saja pakai Google Chrome. Tapi karena saya sudah terbiasa menggunakan firefox sebelum Chrome dibuat jadi sangat sulit untuk menggunakan pilihan kedua. Selain itu Firefox banyak sekali plugin-plugin yang bisa membantu saya saat bekerja online, kebayangkan kalau tiba-tiba saya sama sekali tidak bisa menggunakan firefox.

Awalnya Mozilla Firefox saya baik-baik saja. Ini terjadi setelah saya membeli Kaspersky Internet Security di Tokopedia. Ketika mengalami masalah dengan lisensi yang diberikan saya meng-unistall Kaspersky saya dan meng-install ulang dengan software yang baru dan lisensi yang baru. Memang lisensinya berhasil digunakan untuk 360 hari mendatang. Tetapi setelah saya berhasil menginstall ada sedikit masalah dengan mozilla saya. Saya tidak bisa membuka semua website yang berawalan dengan “https”, bayangkan Google.com saja tidak bisa dibuka, kan aneh kalau Google dianggap situs yang membahayakan kita.

Mau Tahu Bagaimana Saya Bisa Mengatasinya?

Awalnya saya berpikir pasti ada yang salah dengan Kaspersky saya, bermasalah dengan settingan internet saya, proxy atau lainnya. Ternyata setelah setengah jam saya mengecek sana sini saya melihat tidak ada yang salah dengan semua itu. Sebenarnya bisa saja saya menggunakan browser yang lain seperti Vivaldi, Torch, Opera Neon, Opera dan juga Chrome yang sudah terinstall di Komputer saya, tapi karena saya penasaran saya mencoba terus dan akhirnya saya berhasil mengatasinya. Caranya memang sedikit sulit bagi Orang yang tidak tahu bahasa pemrograman seperti saya ini.

Cara Pertama Mengatasi Firefox tidak bisa buka HTTPS – GAGAL

Dengan teliti saya mencoba mengikuti panduan yang diberikan di support forum Firefox dan di situs “ngahulum.com”. Yang pertama saya lakukan adalah saya mengikuti panduan yang ada di situs firefox, saya mengetikkan “about:support” di address bar firefox (tanpa tanda petik) di sana saya disarankan untuk me-refresh (refreshing Firefox) pada opsi pilihan ini kita tidak akan kehilangan apapun. Ini seperti memperbaiki masalah yang ada tanpa menghilangkan Password, bookmark cookies dan informasi penting lain yang ada di browser Anda.

Cara Refresh Firefox


Setelah saya melakukan cara pertama hasilnya tidak ada yang berubah, saya masih tidak bisa membuka semua situs yang menggunakan “https” termasuk situs Google. Saya mencoba memberanikan diri untuk menggunakan pilihan yang ke dua, yaitu mengklik pada bagian atau pilihan di bawahnya “Safe Mode -> Restart With Add-ons Disable..” hasilnya adalah firefox bisa membuka situs yang menggunakan “https”, tetapi ada sedikit masalah semua plugin (add-ons) saya pada hilang karena di disable.
Akhirnya saya mengaktifkan lagi Add-ons saya dengan sign out dari aku mozilla saya. Caranya:

  • klik Tools >> Option >> Sync >> Disconnect..
  • Kemudian saya Sign in lagi dengan akun saya,
  • Semua Add-ons saya kembali muncul.

Tetapi lagi-lagi saya tidak bisa membuka situs yang menggunakan awalan “https” setelah mengaktifkan semua plugin (add-ons) saya. Pusing lagi kepala saya. Karena masih penasaran akhirnya saya menemukan cara yang terbukti bisa mengatasi masalah saya.

Cara Mengatasi Firefox tidak bisa buka HTTPS – Berhasil.

Dalam hati saya ini adalah cara terakhir yang akan saya lakukan, jika tidak bisa juga saya menyerah. Tetapi setelah mencobanya cara ini berhasil, bisa membuat firefox saya bisa di pakai buat browsing dan membuka situs https. Jadi jika Anda saat ini mengalami kasus yang sama seperti saya, silahkan menggunakan cara yang ini.

Caranya adalah:

    1. Buka browser Mozilla Firefox Anda
    2. Silahkan ketikkan about:confiq pada address bar mozilla firefox Anda.
    3. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar ini.
    4. about config mozilla

    5. Pada kolom yang ada di bagian atas (dibawah address bar) ketikkan IPV6 (yang ada tulisan networks DNS ya), setelah ketemu klik 2 kali maka tulisan yang tadinya “False” akan berubah menjadi “True”
    6. Selamat Anda sudah berhasil mengatasi masalah Firefox tidak bisa buka HTTPS.

    Itulah cara saya mengatasi masalah Firefox tidak bisa buka HTTPS, jika Anda ingin menonton panduan dalam bentuk video silahkan menonton video panduannya yang ada di bawah ini: