skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Extension Google Chrome Terbaik Untuk SEO Dan Blogger

Extension Google Chrome Terbaik untuk SEO dan Blogger

Apakah Anda sedang mencari daftar Extension Google Chrome yang bisa membantu Anda dan juga saya untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan? Semua daftar Ekstensi Google Chrome ini bisa Anda gunakan secara gratis meskipun beberapa dari antaranya ada yang mempunyai fitur versi berbayar.

Semua daftar Ekstensi Chrome yang kami kumpulkan ini bukan daftar ekstensi acak yang kami cari dan kumpulkan begitu saja. Kami sudah menggunakan dan menguji beberapa tool dan yang kami anggap bagus dan layak yang kemudian kami masukkan ke dalam daftar Ekstensi yang kami gunakan secara pribadi di SUBMITCLimb dan beberapa website dan juga Channel YouTube yang kami kelola.

Daftar ini mungkin terdiri dari beberapa ekstensi, agar tidak membingungkan maka saya mencoba mengelompokkannya ke dalam beberapa kategori.

Sebagai pemilik blog atau pengelola website, ada beberapa info yang mungkin Anda butuhkan. Apakah itu info traffic, pengecekan grammar atau mungkin info tentang optimasi SEO langsung dari browser yang Anda gunakan.

1 SEO META in 1 CLICK (Sering saya gunakan)

SEO META in 1 Click ini adalah salah satu ekstensi Google Chrome yang bisa membantu Anda untuk melihat atau memeriksa meta-data semua website yang Anda kunjungi dan menampilkan semua informasi SEO utama untuk menghasilkan SEO yang baik.

SEO META in 1 CLICK Extension Google Chrome Terbaik

Sebenarnya ekstensi ini adalah ekstensi alternatif yang saya gunakan untuk menggantikan ekstensi Open SEO Stats dulunya bernama PageRank Status, karena ektensi ini belakangan berbayar dan kemudian juga menyalahgunakan beberapa hal, mungkin mereka mencuri data penggunanya maka Google menghilangkan ekstensi ini dari daftar mereka.

2. Free Backlink Checker by LRT

Kalau Anda membaca judul ekstensi ini, saya yakin pasti banyak yang mengira kalau ini adalah ektensi untuk mengecek backlink masuk atau backlink dari website lain yang menuju ke website Anda. Terlepas dari nama ekstensi Chrome ini, tool yang satu ini tidak ada hubungannya dengan backlink masuk (incoming links). Tool ini hanya untuk menganalisa backlink keluar dari sebuah halaman website saja.

Free Backlink Checker by LRT Extension Google Chrome Terbaik

Seperti link checker lainnya, tool ini hanya menganalisa dan mencari broken link dan akan di tandai dengan warna merah dan live link dengan warna hijau. Hasil pencarian atau analisa dari tool ini bisa Anda download ke CSV atau XLSX file lengkap dengan anchor text, HTTP status dan “rel” attribute untuk analisa yang lebih lengkap.

Tidak seperti kebanyakan broken link checker lainnya, tool ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan time delay antara link request untuk slower page analysis. Fitur ini akan mencegah banyak false positive yang di sebabkan oleh server protection.

3. SEOInfo

Saya memperhatikan di Indonesia sepertinya jarang yang menggunakan ektensi yang satu ini. ekstensi ini sebenarnya sangat berguna untuk mencari permasalah SEO di halaman website kita, dan kemudian memberitahu Anda apa saja sih yang menjadi masalahnya dan juga memungkinkan Anda untuk mencaritahu lebih banyak. Pengecekannya meliputi meta tags, canonicals, indexability, Open Graph tags, structured data, hreflangs, page speed dan masih banyak lainnya.

Tool ini juga memiliki modul Audit bawaan yang menggunakan Google Pagespeed Insight API.

SEOInfo Extension Google Chrome Terbaik

Extension Google Chrome sejenis lainnya yang saya gunakan juga adalah: META SEO inspector

4. Hreflang Tag Checker

Mungkin masih banyak yang bingung apaan itu Hreflang Tag? Penggunaan tag hreflang di website akan membantu website Anda lebih optimal secara SEO. Penggunaan Atribut rel=”alternate” hreflang=”x” yang diletakkan di dalam header website Anda, akan digunakan oleh Google sebagai indikator untuk menampilkan hasil penelusuran yang lebih akurat untuk para pengguna mesin pencari Google lokal (Google.co.id).

Hreflang Tag Checker

Selain bisa digunakan untuk hasil pencarian lokal Indonesia, penggunaan tag hreflang juga sangat baik untuk mentarget para pengunjung secara global. Sebagai contoh artikel yang Anda buat misalnya menggunakan bahasa Indonesia, otomatis konten seperti ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang menggunakan bahasa itu dan tinggal di negara lain yang bisa menggunakan bahasa Indonesia, misalnya saja Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Singapore dan Australia. Untuk informasi lebih lanjut tentang halaman yang dialokasikan bisa Anda pelajari dan baca di sini.

Ok, kita kembali lagi ke ekstensi hreflang tag. Ekstensi ini tidak ada hubungannya dengan pembuatan halaman yang dialihkan. Tool ini hanya akan membantu Anda untuk meng-crawls setiap URL hreflang tag, apakah mereka mempunyai tautan link balik atau tidak.

5. SEOStack Keyword Tool (Sering saya gunakan)

Ada banyak tool untuk melakukan riset keyword yang bisa kita temukan di Internet, seperti Ubersuggest, Keyword Tool Io, Keywords Everywhere dan masih banyak lainnya. Tetapi kenapa saya memasukkan ekstensi SEOStack ke dalam daftar ini? Alasannya karena ekstensi ini gratis dan akan membantu Anda untuk men-generate ribuan ide keyword dari keyword-keyword unggulan dengan scrapping dari autocomplete suggestion milik Google, YouTube, Bing, Yahoo, Amazon dan eBay – 100 persen gratis. Jika Anda pernah menggunakan Keywrod Sheeter, maka Anda akan terbiasa untuk menggunakan keyword ekstensi seperti ini. Semua data bisa di export ke CSV file.

SeoStack Keyword Tool
[gambar]

6. WMS Everywhere (Sering saya gunakan)

Keyword research dan juga SERP analysis tool ini saya gunakan ketika keyword everywhere sudah tidak gratis lagi. Permainan yang paling sering dilakukan oleh para pembuat tool adalah membuat tool sebagus mungkin dan diberikan secara gratis selama beberapa tahun – bisa lebih dari 2 tahunan.

WMS Everywhere

Setelah penggunanya cukup banyak, biasanya tool – tool yang tadinya gratis menjadi tidak gratis lagi, salah satunya adalah Keyword Everywhere ini. Sejak Ekstensi ini mulai berbayar, para pengguna setia gratisan mulai mencari-cari penggantinya, salah satunya adalah sendiri.

Saya menemukan WMS Everywhere ini mampu menjawab pengganti dari tool Keyword Everywhere yang sebelumnya saya gunakan. Pada saat saya menulis artikel ini tool ini 100 persen gratis dan bisa Anda install di browser Anda. WMS Everywhere adalah sebuah ekstensi yang akan membantu Anda mendapatkan informasi metrik kata kunci mulai dari volume pencarian bulanan dan biaya perklik untuk istilah pencarian yang akan Anda gunakan serta koleksi daftar pencarian kata terkait. Ektensi ini sepenuhnya gratis.

7. Keyword Surfer

Ini juga adalah salah satu Keyword research dan SERP analysis tool yang saya gunakan. Meskipun ini gratis, menurut saya data yang di tampilkan dari hasil pencarian sepertinya tidak sepenuhnya di tampilkan *menurut pendapat saya. Ekstensi ini mampu memberikan data yang menurut saya bagus sekali, di mana ekstensi sejenis harus membayar sedangkan kalau kita menggunakan Keyword Surfer Anda sudah bisa mendapatkan informasi seperti domain-level traffic estimations di hasil pencarian mesin pencari, keyword volume, keyword suggestions, dan domain-level backlink counts secara gratis.

Keyword Surfer

8. SEO Search Simulator by Nightwatch

SEO Search Simulator by Nightwatch

Ekstensi ini akan membantu Anda untuk membantu menemukan rangking website Anda di mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu yang Anda target. Anda bisa mengecek berbagai macam posisi rangking website Anda di tiap negara. Meskipun tidak terlalu penting sekali, ekstensi ini mungkin Anda suka karena Anda bisa dengan mudah menemukan posisi website Anda dengan di tandai warna kuning.

9. Hunter (Freemium)

Hunter

Ekstensi ini akan membantu Anda untuk menemukan alamat email yang terkait dengan website yang sedang Anda kunjungi. Anda bisa menggunakan versi gratisnya dan mendapatkan 50 kredit untuk setiap bulannya. Menurut saya untuk pengguna biasa-biasa saja 50 kredit gratis ini sudah sangat cukup.

10. SEO Minion

SEO Minion

Satu lagi Extension Google Chrome Terbaik yang berguna untuk menganalisa On-Page SEO, broken link checker, Pratinjau SERP dan Google location simulator – Semuanya ada dalam satu tool ini. Kabar bagus lainnya yang mungkin menarik buat Anda adalah tool ini mempunyai fitur yang bisa membantu kita untuk menghemat banyak waktu untuk membandingkan Google SERPs untuk dua negara yang berbeda.

11. LastPass Password Manager (Sering saya gunakan)

LastPass

Seringkali Anda harus mempunyai banyak akun dan password untuk berbagai macam website atau kebutuhan. Selain mencatatnya di buku ada baiknya Anda juga membuat dan menyimpan password di LastPass. Ini salah satu Ekstensi yang saya gunakan untuk menyimpan beberapa akun penting tetapi bukan akun untuk bank atau Pembayaran online lainnya. Jangan khawatir tool ini sangat aman dan sudah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

 

12. ImTranslator (Sering saya gunakan)

ImTranslator Extension Google Chrome Terbaik

Buat kalian yang tidak jago dan terlalu bisa bahasa Inggris jangan khawatir dengan menginstal ekstensi dari ImTranslator, Anda bisa menterjemahkan semua bahasa ke dalam bahasa Indonesia dengan mudah. Ini aalah tool wajib yang selalu saya gunakan setiap hari di komputer semua saya, baik untuk di chrome dan browser Mozilla. Jika kalian ingin membandingkan dua terjemahan dari Google, Microsoft, Yandex atau penterjemahan lainnya Anda bisa menggunakan Ekstensi Translation Comparison milik ImTranslator. Saya biasanya hanya menggunakan ImTranslator.

13 WordPress Themes Detector (Sering saya gunakan)

Saya sering sekali ingin tahu template WordPress dan plugin apa saja sih yang digunakan oleh website-website lain yang ada di Internet. Selain menggunakan website whatwpthemeisthat.comwpthemedetector.com dan scanwp.net yang baru – baru ini saya gunakan, saya lebih sering menggunakan Ektensi dari WordPress Themes Detector by themesinfo.com, WordPress Themes Detector by WordPress Theme and Plugins Detector dan WordPress Themes Detector by Scan WP.

Dari ke tiga Ekstensi yang saya gunakan itu lalu mana yang paling baik? Dari pengalaman saya menggunakan ketiga ekstensi ini, saya mendapati WordPress Themes Detector by themesinfo.com jauh lebih lengkap dalam memberikan informasi baik itu template WordPress yang digunakan dan plugin yang digunakan di sebuah website tertentu. Sedangkan urutan ke dua jatuh di pilihan WordPress Themes Detector by Scan WP, saya kurang begitu suka dengan ekstensi ini meskipun saya kurang menyukainya, ektensi yang satu ini tetap saya gunakan meski hasil pencariannya tidak bisa kita klik. Pilihan terakhir saya adalah WordPress Themes Detector by WordPress Theme and Plugins Detector. Sebenarnya ini adalah ekstensi yang pertama kali yang saya gunakan untuk mengetahui plugin dan juga themes di website lain, cuma sayangnya, hasil pencariannya tidak lengkap jika saya bandingkan dengan ekstensi yang lainnya. Itulah mengapa saya lebih sering menggunakan WordPress Themes Detector by themesinfo.com daripada ekstensi yang lainnya

14. WhatFont

Saat saya sedang mengunjungi website orang lain seringkali saya tertarik dengan font yang mereka gunakan. Untuk mengetahui font apa yang mereka gunakan ada satu tool yang sering membantu saya untuk menemukan nama font di website lain.

Dengan menginstal ekstensi whatfont Anda bisa mencari tahu font apa yang digunakan di blog atau website lain. jadi kita tidak perlu repot-repot mencaritahunya apalagi sampai menanyakan ke si pemilik website.

15. ColorZilla (Sering saya gunakan)

Pada saat membuat sebuah website atau desain, kita pasti memerlukan warna. Untuk mengetahui sebuah warna yang digunakan di website lain atau yang ada di gambar atau desain orang lain kita bisa menggunakan Ekstensi ColorZilla. Cara menggunakan ekstensi ini juga sangat mudah, cukup click icon Eyedropper yang ada di pojok kanan atas, Jika belum muncul, silahkan klik icon Extension kemudian klik pin extension. Setelah icon ColorZilla muncul silahkan klik Eyedropper yang ada di pojok kanan atas lalu arahkan ke warna yang mau Anda gunakan lalu klik di warna itu. Setelah itu klik kembali icon Eyedroppernya lalu klik Copy to clipboard.

16. Lightshot (screenshot tool)

Saat Anda akan membuat artikel (konten) untuk website, Anda kemungkinan akan sering membutuhkan gambar atau screenshot. Apakah itu tampilan dari layar monitor Anda atau dari website lain. jika Anda mempunyai website tutorial pasti akan sering mengambil dan membuat gambar. Untuk bisa mengambil screenshot dengan mudah Anda bisa menggunakan ekstensi chrome Lightshot. Belakangan saya sering menggunakan Snagit yang di instal di komputer saya, Baca Informasi lengkap Cara mengambil Screenshot gambar di komputer dengan menggunakan Snagit.

17. Full Page Screen Capture

Selain Lightshot Anda juga bisa menggambil gambar screenshot di seluruh layar atau Full Page Screen dengan ektensi Full Page Screen Capture. Cara Menggunakannya juga sangat mudah, tinggal klik saja di icon ekstensi ini lalu Full Page Screen Capture akan mengambil gambar secara otomatis dari atas sampai ke bawah. Baca juga Cara Mengambil Screenshot di Laptop dengan tiga cara mudah.

18. Youtube Subtitle Download Helper (Sering saya gunakan)

Ini memang tidak ada hubungannya dengan blog atau website, tetapi membuat video dan menonton video seringkali harus kita lakukan untuk melakukan riset penulisan konten atau pembuatan video. Kebanyakan video yang kita tonton mungkin menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda ingin membutuhkan Subtitle yang ada di video YouTube Anda bisa mendownloadnya menggunakan ekstension Youtube Subtitle Download Helper.

Cara mendownload subtitle yang ada di video juga sangat mudah, Anda cukup buka video yang ada di YouTube, kemudian aktikan Subtitlenya, lalu pilih bahsa subtitle yang digunakan, biasanya kebanyakan menggunakan bahasa inggris. Setelah Anda memilih subtitlenya klik icon Youtube Subtitle Download Helper yang ada di bagian kanan atas, lalu pilih mau CSV, txt atau SRT atau lainnya. Saya biasanya hanya memilih txt atau SRT saja.

Sebenarnya saya lebih suka menggunakan Youtube Subtitle Downloader. Cuma saya kurang tahu kenapa belakangan Ekstensi ini sudah tidak ada di chrome, apakah cuma di komputer saya saja atau termasuk di komputer kalian juga. Untungnya saya sempat menginstal ekstensi ini, jadi sampai hari ini saya masih bisa menggunakannya. Jika ke dua ekstensi ini sudah tidak ada, Anda bisa menggunakan Software Free YouTube Subtitles Downloader yang di instal di komputer milik DVDVideosoft. Jujur untuk yang satu ini saya belum menggunakan dan mencobanya, saya hanya melihat dari tampilan websitenya sangat bagus. Biasanya kalau tampilan websitenya bagus softwarenya juga bagus.

19. vidIQ (Sering saya gunakan)

Extension Google Chrome yang satu ini akan membantu Anda yang ingin mengoptimalkan video di YouTube, mendapatkan lebih banyak views, atau Anda ingin mendapatkan rahasia video-video yang menarik dan di tonton oleh banyak orang? vidIQ Vision untuk pengguna chrome adalah salah satu tool canggih yang harus digunakan oleh banyak creator YouTube jika mereka ingin menciptakan audiens di YouTube.

vidIQ Extension Google Chrome Terbaik

Apakah Anda seorang pembuat konten video, komunitas atau marketing manager Anda perlu tahu dan menggunakan vidIQ, karena vidIQ akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa hal ini:

  • Apa yang membuat sebuah video bisa masuk dalam daftar Related Video?
  • Mengapa sebuah video tertentu bisa merangking di mesin pencari?
  • Bagaimana sebuah video bisa di rekomendasikan?
  • Seperti apa sih video SEO yang baik di YouTube
  • Apa yang sedang TRENDING di YouTube
  • Konten seperti apa yang di sukai dan di cari oleh audiens Anda
  • Konten apa saja yang bisa kita gandakan untuk meningkatkan YouTube Views?

Itu adalah beberapa manfaat jika kita menggunakan ekstensi vidIQ. Selain itu, vidIQ score juga akan memberitahu Anda mengetahui keyword mana yang sulit dan mudah untuk di rangking sesuai dengan algoritma terkini. Bagi saya vidIQ adalah Extension Google Chrome Terbaik yang sering saya gunakan untuk membantu mengoptimasi video YouTube di channel yang saya kelola. Baca informasi lengkap Tentang vidIQ di sini.

20. TubeBuddy

TubeBuddy hampir sama dengan vidIQ vision, jadi Anda bisa memilih mau menggunakan TubeBuddy atau menggunakan viDIQ. Ke duanya sama-sama bagus, dan sama-sama bisa membantu untuk mengoptimalkan video YouTube Anda meskipun ada perbedaan fitur.

Kalau di tanya saya menggunakan yang mana, saya menginstal kedua ekstensi ini di Google Chrome saya, tetapi saya lebih sering menggunakan vidIQ di komputer saya.

Ekstensi sejenis yang saya gunakan juga: YouTube SEO Checklist (SEO Ranking Tool)

TIPS: Matikan beberapa Extension Google Chrome yang jarang kamu gunakan setelah kamu gunakan, hidupkan kembali jika Anda ingin menggunakannya kembali.

Cara Menambahkan Extension Google Chrome

Sebenarnya untuk bisa menambahkan ekstensi Google Chrome terbilang sangat mudah, tetapi bagi beberapa orang yang belum pernah melakukannya akan kebingungan dan bertanya-tanya bagaimana cara melakukannya.

Cara Menambah Ekstensi Chrome Melalui Chrome Store

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Pertama, silahkan Anda menuju Chrome Store atau ketikkan “Extension Chrome” di Google lalu tekan enter. Pilih dan klik Google Web Store, meskipun tulisannya ada store semua ekstensi ini bisa Anda instal secara gratis tanpa harus membayar.

Kedua, setelah Anda berada di website Chrome Store, ketikkan ekstensi yang mau Anda instal, sebagai contoh di sini saya akan menginstal “YouTube SEO Checklist (SEO Ranking Tool)” setelah kita enter maka akan tampil ekstensi yang mau kita install, Klik Add to Chrome dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Biasanya hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk menginstall satu ekstensi.

Sebagai Penutup

Dari apa yang saya jelaskan dan kumpulkan ke dalam daftar Extension Google Chrome Terbaik untuk SEO dan Blogger ini, bisa membantu Anda dalam mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Jika Anda ingin memberikan saran dan rekomendasikan ekstensi chrome yang lain yang bisa membantu pekerjaan, silahkan memberitahukannya kepada kami dan juga yang lainnya melalui kolom komentar yang ada di bawah ya!

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Extension Google Chrome Terbaik untuk SEO dan Blogger ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top