skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Download Font Gratis Untuk Desain Grafis – Font Modern Gratis

Download Font Gratis Untuk Desain Grafis – Font Modern Gratis

Membuat video dan juga desain tentu akan lebih menarik jika memiliki dan menggunakan beberapa font yang sudah ada di koleksi font kita. Font memang salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah desain. Entah desain untuk website atau desain brochure dan keperluan lain. Dengan menggunakan font yang tepat orang yang membaca dan mengunjungi sebuah website atau melihat video akan lebih nyaman dan senang.

Untuk bisa memilih font yang tepat dan baik maka kita sudah harus memiliki koleksi font yang sudah kita install di komputer kita atau kita simpan di Hardisk kita.

Tetapi sebelum saya menyebutkan apa saja font modern dan font keren yang harus Anda miliki untuk kebutuhan desain grafis saya akan mencoba untuk memberikan sedikit penjelasan tentang jenis-jenis font dan bagaimana kita bisa mengkombinasikan font pada area desain. Jika Anda saat ini masih belajar cara mendesain dan mengerjakan semua pekerjaan seorang diri, cobalah untuk membaca artikel ini hingga akhir, karena akan ada banyak manfaat dan pengetahuan baru yang akan Anda dapatkan.

Jenis Font

Dari semua model tipografi yang ada font dapat dikelompokkan menjadi empat jenis dasar tipe font: Serif, San Serif, Script dan Decorative style. Dan selama hampir bertahun-tahun para ahli tipografi mencoba merancang berbagai sistem untuk mengelompokkan font agar lebih jelas – beberapa dari sistem yang sudah dibuat ini memiliki sejumlah subkategori.

Dengan mengelompokkan seperti ini akan memudahkan untuk memilih dan menggabungkan tipografi. Hanya empat kategori saja jelas ini tidak memadai untuk desainer profesional.

Berikuti ini 15 style font, berdasarkan historis dan deskriptif yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1954 yang dikenal sebai sistem Vox – dan sampai hari ini pengelompokan ini masih diterima secara luas sebagai Standar font yang digunakan.

Serif Typ Styles

  • Old Style
  • Transitional
  • Neoclassical & Didone
  • Slab
  • Clarendon
  • Glyphic

Sans Serif Type Styles

  • Grotesque
  • Square
  • Humanistic
  • Geometric

Script Type Styles

  • Formal
  • Casual
  • Calligraphic
  • Blackletter & Lombardic

Decorative

  • Grunge
  • Psychedelic
  • Graffiti

Serif Type Styles

Font jenis serif adalah sebuah font yang mempunyai kait (mata pancing) seperti yang Anda lihat pada gambar dimana setiap ujung font mempunyai sepatu. Dalam typography biasanya ini disebut Counterstroke fungsinya untuk membantu mempermudah dalam membaca sebuah kalimat.

Serif 1

San Serif

Dalam typography atau Ilmu yang mempelajari huruf menjelaskan, huruf tanpa kait disebut dengan San-serif. Setiap bagian ujung hurufnya tidak memilki sepatu seperti jenis font Serif.Huruf jenis ini mulai populer pada abad ke 20an, dan saat ini huruf tanpa kait ini banyak banget digunakan untuk penggunaan media digital dan tampilan layar di komputer, alasannya cukup sederhana karena mudah di baca jika kita bandingkan dengan huruf yang menggunakan kait.

Sans Serif

Script

Huruf script ini lebih mirip dengan goresan tangan yang dikerjakan dengan menggunakan pena, kuas dan juga pensil yang tajam. Huruf jenis ini biasanya miring ke kanan. Kesan yang timbul dari huruf ini adalah pribadi dan akrab.

Script

Decorative Style

Font berjenis decorative muncul pada abad ke 19, dijaman ini teknologi untuk membuat huruf semakinmurah. Dunia periklanan pada waktu itu sangat bergantung sekali dengan huruf model ini untuk tujuan periklanan. Fontnya dalam ukuran besar dan biasanya ada ornamen-ornamennya.

Decorative

Black Letter / Old Style / Faktur

Desain dan bentuk huruf black letter dibuat berdasarkan kepopuleran pada masanya. (abad petengahan) kalau di Jerman disebut dengan gaya Gothic dan Irlandia disebut dengan gaya Celtic. Font jenis ini dibuat dengan menggunakan pena yang berujung lebar sehingga waktu di tulis menghasilkan kontras tebal tipis yang terlihat snagat kuat.

Black Letter

Humanist

Typeface bergaya Black Letter tidak digunakan di negara italia, mereka banyak menggunakan huruf Roman atau Romawi yang memiliki ruang kosong yang cukup lebar dibandingkan dengan font jenis lainnya. Karena mempunya goresan huruf yang sangat lembut maka kelompok huruf ini disebut dengan humanist (White Letter).

Humanist

Slab Serif

Huruf Slab Serif muncul pada abad ke 19 dan pada awalnya digunakan untuk Display Type agar para pembaca iklan dalam bentuk poster dan lainnya tertarik. Font jenis ini terkesan berat.

Slab Serif

Berikut ini adalah koleksi font yang bisa Anda download secara gratis untuk keperluan desain dan teks di dalam video Anda.

1. Museo Sans

Museo Sans

Font jenis ini terlihat kokoh, geometris, sangat bagus untuk penggunaan desain teks. Saya secara pribadi sangat menyukai font jenis ini. Untuk mendownload di website ini Anda perlu mendaftar menjadi member terlebih dahulu, kemudian setelah mendaftar silahkan memilih font yang mau Anda download, pastikan untuk memilih font yang bertuliskan FREE.

Untuk mengunduhnya silahkan klik disini!

2 Museo Slab

Museo Slab

Font Slab Serif ini menurut saya terlihat cukup berat karena mempunyai sepatu yang cukup terbuka dan besar. Jika font ini dipasangkan dengan Museo Sans terlihat sangat bagus

Untuk mengunduhnya silahkan klik disini!

3 BW Quinta Pro Light

 

Quintica

Desain font ini terlihat mudah dibaca dan elegan.

Untuk mengunduhnya silahkan klik disini!

4 Simplifica

Simplifica

Font ini terlihat sangat bersih, sederhana. Font yang sangat tipis ini membuat enak untuk dipandang dan memudahkan untuk membaca.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

5 Uni Sans

Uni Sans

Font ini terlihat sangat jernih, tipis dan berat dengan paduan italic.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

6 Gidole

Gidole

Font kontemporer berjenis geometris terlihat sangat berat dan cukup menarik untuk digunakan.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

7 Blogger Sans

BLogger Sans

Font yang terlihat seperti font blogger ini terlihat bersih dan halus. Font ini bisa digunakan untuk headline di sebuah website atau desain lain yang ingin Anda buat.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

8 Gogoia

Gogoia

Font ini terlihat agak tinggi dan lonjong. Semua hurufnya tidak ada yang kecil terlihat UPPERCASE semua. Jika Anda menyukai jenis font ini bisa menggunakannya.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

9 Perforgrama

Perfograma

Kemungkinan mereka terinspirasi oleh mesin komputer jaman-jaman awal yang sederhana. bentuk desain font dalam bentuk titik-titik. Mungkin jenis font seperti ini tidak bisa digunakan untuk segala kebutuhan desain. Jika Anda membutuhkan font jenis ini untuk kebutuhan tertentu Anda bisa mencoba menggunakan font ini.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

10 Panton

Pantom

Font terkesan Modern, ringan dan perpaduan berat dan italic menambah cocok untuk digunakan di setiap desain yang kita buat.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

11 Prime

Prime

Huruf ini masuk dalam kategori sans-serif. Terkesan teknologi, mudah dibaca dan ringan.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

12 Hero

Hero

Desain font terlihat kurus dan melebar. Enak dan jelas untuk di baca. Font ini sangat elegan. Saya suka bentuk-bentuk font yang seperti ini.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

13 Corbet

Corbet

Bentuk geometris kelompok sans-serif memang enak dan mudah untuk dibaca.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

14 Lulo Clean Outline Bold

Lulo Clean

Font ini terlihat bolong dengan aoutline yang jelas, bersih dan semua huruf blol dalam bentuk cap.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

15 Dense Regular

Dense Regular

Font ini kalau menurut saya terlihat sangat padat, modern. Ada upper dan lowercase.

Untuk mengunduh silahkan klik di sini!

Saya berharap Anda bisa mendapatkan beberapa informasi baru tentang font dan jenis-jenis font yang bisa Anda tambahkan ke dalam kolesi font Anda. Dari pengalaman saya, semua font yang sudah saya sebutkan di atas bisa di download dan digunakan secara gratis termasuk untuk penggunaan komersial. Tetapi jangan lupa untuk memastikan apakah semuanya gratis dan tersedia untuk penggunaan komersial atau tidak.

Apakah Anda memiliki font bagus gratis yang belum kami sebutkan di artikel ini? Silahkan memberitahukan dan membagikannya kepada kami melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top