skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Dasar-dasar Menampilkan Iklan Google AdSense Di Blog

Dasar-dasar Menampilkan Iklan Google AdSense di Blog

Dasar-dasar Menampilkan Iklan Google AdSense – Buat Anda yang baru akan belajar dan ingin ikut dalam program Google AdSense mungkin ingin tahu apa itu Google Adsense, cara kerjanya dan beberapa hal penting lain yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti dan menjalankan model bisnis yang satu ini dengan cara-cara yang benar.

Apa itu Google AdSense

Google AdSense adalah sebuah layanan program Jasa Periklanan Online yang dikelola oleh Google dimana orang yang mengikuti program ini akan menghasilkan uang dengan cara menampilkan iklan di dalam website. Tanpa harus keluar dari rumah orang-orang bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program Google AdSense ini. Baca juga 3 Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense.

Menurut saya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang program yang satu ini. Sedangkan sebagian orang lagi mungkin sudah tahu tetapi malas untuk mengikuti program AdSense karena dianggap sebagai penghasilan receh. Buat mereka yang menganggap AdSense sebagai uang receh atau pendapatan yang dihasilkan sangat kecil, menurut saya orang-orang seperti ini tidak fokus, kurang berminat dan pengetahuannya masih sedikit tentang AdSense dan tentang bagaimana memaksimalkan penghasilan dari Google AdSense.

Dasar-dasar menampilkan iklan AdSense

Sebelum menggunakan semua tool yang di sediakan oleh Google AdSense, menurut saya Anda perlu memahami lebih dalam tentang pengertian cara menampilkan iklan secara umum terlebih dahulu. Anda juga harus memahami tentang bagaimana cara kerjanya AdSense, beragam cara untuk menampilkan iklan serta apa saja batasan di dalam AdSense.

Intinya, menampilkan iklan adalah ketika area tertentu di website atau blog Anda dipesan atau dijual kepada pihak advertiser atau pengiklan agar mereka bisa mempromosikan produk atau layanan tertentu yang ingin mereka jual atau tawarkan kepada orang lain. Harga dan juga metode penentuan nilai dari sebuah iklan yang ditampilkan sangat bervariasi, tergantung tujuan dari pemilik websitenya.

Biasanya area-area iklan yang ada di dalam sebuah website bisa ditawarkan secara bulanan, tiga bulanan, atau tahunan dengan menggunakan metode tarif tetap. Area iklan di website atau blog tersebut bisa ditawarkan berdasarkan jumlah tindakan yang didapatkan dari iklan tertentu.

 

Sebagai contoh pemilik website akan dibayar untuk sebuah iklan jika pengunjung website mengklik ad yang ditampilkan pada sebuah website tersebut kemudian mengirimkan email mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Metode pembayaran seperti ini biasanya akan lebih memberikan keuntungan kepada para pihak advertiser atau pengiklan ketimbang pihak pemilik website. Iklan juga bisa ditawarkan berdasarkan jumlah klik yang didapatkan. Metode seperti ini dinamakan CPC. Sebagai tambahan, display iklan bisa ditawarkan berdasarkan pengunjung yang melihat atau impresi jumlah tertentu yang di dapat oleh iklan tersebut. Metode ini dinamakan CPM atau Cost Per thousand Impressions dan merupakan bentuk determinasi nilai yang digunakan oleh Google AdSense. Sebuah impresi sangat sederhana memahaminya, yaitu saat pengunjung mengunjungi sebuah website dan melihat sebuah iklan. Jika seorang pemilik website memiliki 3 area iklan dalam 1 halaman di websitenya kemudian pengunjung mengunjungi halaman website tersebut maka mereka membuat 3 impresi untuk pemilik website karena ada 3 area iklan yang dilihat oleh orang atau pengunjung website. Oh iya saya juga ingin menekankan hal ini, Anda perlu untuk memahami perbedaan antara melihat halaman website dan impresi halaman website.

Metode penjualan display iklan seperti ini cenderung memberikan keuntungan bagi pihak pemilik website jika mau dibandingkan dengan metode nilai display iklan lainnya. Sebenarnya menjual display iklan di sebuah website bisa menjadi hal yang sangat rumit dan juga memerlukan proses yang panjang. Dengan adanya Google AdSense pengiklan dan pemilik website menjadi sangat terbantu, dan Google AdSense mempunyai peran yang sangat penting dalam hal ini, yaitu mempersingkat proses yang panjang ini. Google AdSense akan memilih iklan dengan bayaran yang tinggi untuk ditampilkan pada sebuah website tertentu secara otomatis. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan penghasilan pihak pemilik website.

Jadi itu adalah Dasar-dasar Menampilkan Iklan Google AdSense di Blog yang bisa saya jelaskan di artikel ini. Kita masih akan melanjutkan pelajaran kita di artikel selanjutnya. Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat buat Anda yang mencari informasi tentang Google AdSense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top