skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Channel YouTube Untuk Belajar Desain Grafis

Channel YouTube untuk Belajar Desain Grafis Secara Online dan Gratis

Channel YouTube untuk Belajar Desain Grafis – Jika desain adalah sebuah solusi untuk masalah apa pun, maka seorang desainer grafis adalah pemecah masalah. Tapi seiring waktu berjalan para desainer ini juga perlu mempelajari hal baru, keterampilan baru dan harus terus menerus memperbaharui diri dengan tehnik desain yang lebih baik lagi setiap waktunya. Memperbaharui dan meningkatkan keterampilan yang baru setiap harinya seperti itu akan membantu seorang desainer lebih menonjol dari desainer lainnya. Lalu pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan adalah bagaimana caranya agar untuk memperbaharui keterampilan Anda dengan tren dan tehnik yang saat ini berkembang?

Manfaatkan YouTube untuk Belajar Desain Grafis

Sebagai seorang desainer Anda harus benar-benar mempunyai wawasan luas khususnya dalam bidang desain dan cara yang paling baik saat ini adalah dengan mempelajari tutorial baru di YouTube secara gratis dan belajar dari para ahli.

Jangan pernah menganggap diri Anda hebat seperti teman-teman saya. Belajarlah dari mereka yang mungkin terlihat masih muda atau yang belum lama dalam dunia desain. Percaya atau tidak biasanya ada banyak hal baru yang mungkin bisa kita pelajari dari mereka. Jadi selain belajar dari para profesional kita juga perlu belajar dari mereka – mereka yang masih baru.

Tutorial dalam bentuk video adalah cara yang paling baik bagi para desainer grafis untuk mempelajari tren dan tehnik-tehnik terbaru saat ini untuk meningkatkan kemampuan (keterampilan).  Video mampu membantu Anda baik para pemula dan profesional untuk mempelajari trik visual baru. Mereka dapat memperagakan semua yang mereka katakan tentang cara membuat sebuah desain.

YouTube merupakan media yang sangat populer dan semakin populer dari waktu ke waktu dan bisa di akses oleh siapa saja, Anda bisa mencari channel – channel terbaik untuk desainer, ilustrator dan seniman lainnya untuk belajar tutorial dalam bentuk video.

Di zaman serba digital seperti sekarang ini semua hal yang berhubungan dengan desain di bahas dengan sangat detail dan baik oleh orang – orang yang experts dan dibagikan secara gratis di YouTube. Anda juga bisa mengakses ribuan bahkan mungkin jutaan channel semacam itu di YouTube bahkan mungkin Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mempelajari semua video itu sekaligus dalam waktu cepat karena saking banyaknya.

Berikut ini adalah beberapa Channel YouTube untuk Belajar Desain Grafis yang harus Anda follow untuk sorang Desainer atau kalau Anda ingin belejar membuat desain.

01 CharliMarie TV

Saat saya menempatkan CharliMarie TV di bagian pertama hal ini tidak menunjukkan kalau channel ini adalah channel yang terbaik dan berada di posisi pertama, bukan itu maksudnya ya. CharliMarie TV adalah channel yang membahas tentang web desain dan desain grafis dan kalau saya perhatikan dia banyak juga memberikan video tutorial tentang desain. Di dalam channelnya dia mengajarkan dan juga membahas proses pembuatan website secara lengkap. Selain itu dia juga membahas tentang kehidupan seorang desainer grafis. Anda bisa menjelajahi channel ini dan mulai mencari panduan yang cocok untuk Anda. Anda juga bisa di bantu bagaimana Anda bisa membuat portfolio, belajar tentang warna, dan tentang hal lain yang masih berhubungan dengan desain.

Channel ini dibuat dan dikelola sendiri oleh Chali. Dia adalah seorang web dan graphic designer dari New Zealand dan biasanya di memposting video setiap minggu.

Berikut ini adalah contoh video yang di buatnya:

02 Adobe

Tidak seru rasanya kalau kita tidak mengikuti video-video dari Adobe yang softwarenya sering kita gunakan setiap hari untuk membuat desain. Channel ini mempunyai banyak playlist untuk tutorial seputar desain dan juga inspirasi bagi Anda. Anda juga bisa belajar bagaimana caranya memulai menggunakan creative cloud. Ada banyak hal menarik dan bermanfaat saat Anda mengakses channel ini khususnya dalam pembuatan produk desain grafis yang menarik dan juga unik. Mungkin Anda akan suka dengan Playlist seperti Adobe Creative Residency dan Adobe Live juga sangat terkenal sekali. Satu hal yang membuat beberapa dari antara kita tidak bisa menarik manfaat sepenuhnya dari channel ini adalah bahasa yang digunakannya,

Berikut ini adalah contoh videonya:

03 Will Paterson

Will Paterson adalah seorang desainer grafis freelance. Ia berfokus pada brand identity dan logo design. Di dalam channelnya, kita bisa belajar tentang desain grafis dari pengalamannya dan sekaligus memberikan prespektif pribadi tentang proses sebuah desain.

Anda bisa menjelajahi playlist di channel yang di kelolanya khusunya yang berkaitan dengan logo desain, teori logo, hand-lettering, resources untuk kreativitas dan masih banyak hal lainnya yang bisa Anda pelajari di sana.

Berikut ini adalah contoh video yang dibuatnya:

04 Tyler Moore

Channel Tyler Moore adalah satu dari sekian banyak channel yang menurut saya cukup bagus untuk belajar desain grafis khususnya dalam pembuatan web desain untuk pribadi tanpa harus sibuk belajar tentang pengkodean. Video-videonya sangat lengkap mulai dari instal, menyiapkan beranda WordPress dan mulai menjalankan bisnis Anda.

Berikut ini adalah contoh video yang dibuatnya:

05 Daniel Walter Scott

Daniel Walter Scott mengelola channel “Bring Your Own Laptop & IntructorHQ”. Menurut saya channel ini juga bisa kita jadikan tempat untuk belajar tentang dunia desain dan masih banyak lainnya. Meskipun tidak secara spesifik membahasa satu bidang tertentu tapi channel ini menurut saya cuku membantu kita dalam memperoleh informasi baru seputar dunia desain.

Berikut ini adalah contoh video yang dibuatnya:

06 Hello, I’m Alexa

Saya rasa buat kamu yang ingin belejar menjadi desainer produk bisa memfollow channel yang satu ini. Alexa adalah seorang desainer produk. Channelnya banyak berisi video-video tutorial yang akan membantu Anda tentang membuat desain produk dan apa saja yang biasanya dilakukan oleh para desainer di bidang industri teknologi ini. Anda bisa belajar apa saja tentang product desain dan desain di bidang teknologi.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channelnya:

07 Canva

Entah Anda seorang desainer grafis yang sudah handal atau yang sedang ingin belajar desain Canva adalah salah satu channel yang menurut saya wajib Anda follow karena Anda bisa belajar desain gratis di sini. Ada banyak playlist yang cukup menarik di channel ini seperti user stories, Canava life dan masih banyak lainnya. Manfaatkan channel ini untuk mempelajari caranya meningkatkan brand bisnis Anda, belajar media sosial dan caranya membuat presentasi yang baik dan menarik.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

08 Design Gal

Design Gal adalah channel yang menurut saya berfokus pada memberikan saran-saran praktis tentang karir dalam dunia desain. Di channel ini Anda bisa belajar banyak tentang dunia desain dan bagaimana membangun karis di dalam dunia desain grafis, misalnya desain logo, UI/UX Desaign. Silahkan melihat-lihat playlist yang ada di channel ini. Saya yakin Anda suka dan belajar banyak hal di channel ini.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

09 PHLEARN

Mungkin kalau channel yang satu ini sudah banyak yang tahu ya. PHLEARN banyak memberikan tutorial seputar Photoshop dan fotografi. Memang channel ini paling banyak membahas tentang photoshop, mulai dari basic sampai ke level yang lebih tinggi. Anda juga bisa belajar tentang lightroom. Memang kebanyakan tutorial yang lebih Pro hanya bisa kita pelajari kalau kita mengikuti kursus berbayar di website ini. Tetapi tutorial yang gratisannya juga cukup banyak dan sudah sangat bagus.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

 

10 PiXimperfect

PiXimperfect di kelola oleh Unmesh Dinda, ini adalah salah satu channel YouTube yang wajib Anda follow kalau Anda mau belajar desain atau jika Anda seorang desainer grafis yang ingin mempelajari seputar Photoshop dan Lightroom. Anda bisa belajar banyak hal mulai dari yang basic sampai yang berkonsep. Anda bisa belajar caranya retouching foto, curves dan tehnik blend modes.

Channel ini adalah salah satu yang paling baik untuk membuat efek khusus di Photoshop. Anda juga bisa belajar banyak tentang Photoshop compositing 101 dan segala hal yang Anda perlu ketahui di photoshop termasuk tentang warna.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

11 Stephen Looney

Nah, channel yang satu ini punya beragam tutorial semua aspek desain grafis. Sebagai seorang desainer grafis Anda bisa mempelajari banyak keterampilan untuk berbagai bidang. Jika Anda sedang mencari-cari tutorial yang bagus dan cocok untuk Anda, channel ini adalah salah satu yang paling bagus untuk belajar desain. Anda bisa belajar tutorial tentang ilustrator, Adobe Muse dan juga Graphic desaign layout. Sayangnya belakangan ini dia jarang upload video baru.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

12 Satori Graphics

Channel Satori Graphics juga salah satu channel yang bagus untuk belajar desain grafis karena dia membuat tutorial untuk semua Adobe Creative Suite. Anda bisa belajar lebih cepat daripada di bangku sekolah. Anda juga bisa belajar bagaimana Anda bisa mengembangkan karir Anda sebagai seorang desainer grafis. Anda juga bisa belajar tentang typography dan efek teks di ilustrator.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

13 Createnprocess

Salah satu channel yang berisi video pelatihan tentang penggunaan software photoshop, Ilustrator dan After effect adalah channel Createnprosess. Anda bisa belajar tentang print design, logo design, animation, graphic design, motion graphic dan masih banyak lainnya jika Anda melihat secara langsung di channel ini.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

14 Teela Cunningham

Channel Teela banyak berisi video-video tentang penggunaan Adobe Ilustrator, Photoshop dan juga penulisan teks dengan tangan (hand lettering). Channel ini cocok untuk desainer yang mempunyai bakat dan keahlian khusus dalam bidang seni rupa. Tutorial yang menonjol di sini kalau saya lihat banyak tentang tips tentang pembuatan texture, fine arts (seni rupa), kerajinan tangan (crafts) dan masih banyak topik lainnya. Saran saya coba kunjungi channel ini, jika Anda suka pastikan untuk follow channel Teela.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

15 Vector Slate

Channel Vector Slate menurut saya sangat cocok untuk semua orang baik pemula maupun mereka yang sudah lama dalam dunia desain grafis untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Di sini Anda bisa mempelajari tentang dasar-dasar desain grafis. Anda bisa melihat playlist untuk Ilustrator, Pembuatan Effect text dan Typography dan ini cocok sekali untuk para pemula. Anda juga bisa belajar bagaimana caranya belajar membuat logo, tutorial Ilustrator khusus untuk para pemula dan juga berisi panduan tentang Photoshop.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

16 Gavin Hoey

Channel Gavin Hoey adalah channel yang juga saya sukai karena saya dan Anda bisa belajar tentang fotografi dan juga Photoshop. Anda bisa belajar tips and trik penting tentang fotografi secara umum dan juga tentang cara menggunakan Lightroom. Percayalah, ini adalah salah satu channel terbaik yang harus Anda follow kalau Anda ingin menjadi seorang desainer.

Ada banyak tutorial bagus yang bisa Anda pelajari di sini untuk menambah keterampilan Anda. Bahkan cara yang mendasar bagaimana melindungi foto Anda dengan memberikan watermark, efek – efek lainnya juga ada di dalam channel ini. Dengan menggunakan tutorial yang ada di channel ini Anda bisa membuat klien Anda mempertimbangkan apa yang Anda lakukan untuk mereka.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

17 Envanto Tuts+

Nama channel yang satu ini saya pasti sudah sering di dengar oleh banyak orang dan mungkin salah satunya adalah Anda sendiri. Ya, Envanto Tuts adalah channel yang wajib dan harus Anda ikuti kerena berisi banyak sekali tutorial untuk seorang desainer. Mulai dari PowerPoint, Sketch, Adobe Photoshop, Adobe XD, Ilustratir dan masih banyak lainnya.

Bahkan kalau Anda ingin membuat sebuah logo, Anda harus mengerti dahulu dasar-dasar cara pembuatan logo atau desain grafis. Jadi Anda bisa benar-benar paham dan belajar bagaimana cara menggunakan setiap software dengan baik.

Berikut ini adalah contoh video yang ada di channel ini:

Ya, jadi itu adalah sebagian kecil daftar Channel YouTube untuk Belajar Desain Grafis. Saya rasa masih banyak channel lain yang lebih bagus yang belum saya masukkan ke dalam daftar ini. Anda bisa melihat-lihat semua daftar channel yang saya sebutkan itu dan memilihnya salah satu yang menurut Anda paling cocok untuk Anda.

Anda juga bisa mengasah keterampilan Anda dengan mengikuti kontes desain online seperti di website 99designs, Designhill. Anda bisa mengikuti ratusan kontes desain yang ada di sana. Apa yang sudah Anda pelajari bisa Anda praktekkan dengan mengikuti kontes di sana. Ini juga merupakan sebuah cara yang bagus untuk kita bisa menghasilkan uang secara online.

Jika Anda memmpunyai informasi tambahan tentang channel YouTube yang bagus, silahkan beritahu kami melalui kolom komentar.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Channel YouTube untuk Belajar Desain Grafis ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Artikel menarik lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top