skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cek Domain Anda Sebelum Membeli Domain Untuk Bisnis Anda

Cek Domain Anda Sebelum Membeli Domain Untuk Bisnis Anda

Memiliki website untuk bisnis Anda di jaman yang serba online ini merupakan suatu keharusan untuk mempresentasikan bisnis Anda secara online. Membeli sebuah domain bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu web developer atau Anda sendiri. Jika ada beberapa dari antara Anda yang belum pernah membeli domain sendiri dan belum tahu caranya saya juga akan menunjukkan caranya melalui artikel ini yang dilengkapi dengan panduan dalam bentuk video.

Di mana kita bisa membeli domain?

Penyedia domain itu sangat banyak sekali, di Indonesia sendiri penyedia domain jumlahnya sangat banyak jika Anda mengecek di Internet. Satu hal yang ingin saya ingatkan adalah belilah di penyedia domain yang memang bisa dipercaya dan perusahaannya bisa terus berjalan selama hidup kita atau selama perusahaan kita berdiri.

Karena banyak pengalaman dari orang-orang yang sudah lebih dahulu membeli domain untuk bisnis mereka, tiba-tiba perusahaan tempat dia membeli domain dulu sudah tidak ada lagi, alias bangkrut atau tututp karena berbagai alasan. Kebayang bukan ketika masa aktif domain kita sudah mau habis terus kita tidak bisa perpanjang domain kita.

Saran saya hindari hal-hal yang akan membuat Anda pusing seperti ini. Pastikan Anda membeli domain yang bisa akses ke domain portal registrasinya atau panel registrasinya supaya kalau terjadi apa-apa Anda bisa akses dan transfer domain Anda ke registrar yang lain.

Beberapa penyedia domain terkenal di Indonesia adalah Niagahoster.co.id, Domainesia.com, Rumahweb.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan saya sendiri lebih sering menggunakan penyedia domain luar negeri seperti Godaddy dan Namecheap.

Setelah Anda memilih dan menentukan nama domain yang akan Anda beli pastikan Anda untuk mengecek Domain yang akan Anda beli.

Cek Domain Anda Sebelum Membeli

Cek Domain sebelum membelinya, Kenapa?

Karena kalau Anda asal membeli atau salah membeli domain bisa jadi domain yang Anda beli bermasalah.

Maksudnya seperti ini…

Misalnya Anda ingin membeli domain untuk usaha yang akan Anda jalankan dan Anda sudah menemukan atau mengincar nama domain tertentu.

Kemudian Anda ingin segera mengamankan nama domain yang unik yang cocok dengan nama usaha Anda.

Katakanlah Anda ingin menggunakan nama domain shopfreshlook.com. kemudian Anda mengecek ketersediaan domain itu dan ternyata domain itu masih tersedia pada saat artikel ini di tulisl.

Domain Tersedia

Memang domain yang akan kita beli itu tersedia tetapi meskipun itu masih tersedia kita harus memastikan catatan dari domain itu sebelumnya, dan bisa jadi domain itu belum cocok untuk Anda, mengapa saya bilang seperti itu?

Bisa jadi domain yang akan Anda beli itu belum tentu unik.

Unik memang bisa mengartikan banyak hal, unik yang saya maksud di sini adalah domain itu belum pernah dibeli atau digunakan oleh orang lain.

Mungkin Anda bertanya, bagaimana saya bisa tahu kalau domain yang akan saya beli itu sudah pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya?

Gampang, kita bisa menggunakan banyak alat bantu salah satu yang paling sering saya gunakan hingga hari ini adalah DomainTool.com. Cukup masukkan nama domain yang akan kita cek lalu tekan search makan kita akan mendapatkan informasi tentang domain itu.

Contohnya seperti yang di tampilkan dalam data ini:

 

Domain Never Registered before

Anda bisa melihat sendiri di sana ada banyak informasi penting yang diberikan kepada kita termasuk tentang Status Domain-nya?

Status domain shopfreshlook.com adalah Deleted Anda Available Again.

Saya akan jelaskan sedikit tentang hal ini, domain yang akan kita beli itu dulunya pernah digunakan oleh orang lain, lalu karena alasan satu dan lain hal domain itu tidak lagi digunakan oleh orang lain, dihapus dan sekarang kembali dijual lagi untuk umum.

Domain yang seperti ini adalah domain yang menurut saya tidak unik!

Jika domain yang akan Anda beli tidak unik sebaiknya Anda berhati-hati apalagi jika domain itu akan digunakan untuk teknik SEO (digital marketing) ini bisa membawa dampak buruk tentunya.

Selain itu ada hal lain yang sebenarnya bisa kita cek, seperti backlink yang mengarah ke website itu dan juga konten dari website itu sebelumnya, apakah website ini digunakan dengan menerapkan teknik SEO yang tidak baik misalnya spamming

Jika memang pernah digunakan untuk spamming ini jelas-jelas sudah melanggar peaturan Google dan pasti kena hukuman atau penalti dari Google. Jika sudah begitu maka website Anda tidak pernah bisa merangking di halaman pertama mesin pencari Google.

Tetapi dengan hanya mengecek menggunakan Who Is saja itu sudah cukup untuk Anda yang ingin membeli domain dan terhindar dari kesalahan membeli domain.

Contoh Domain Yang Unik.

Jadi saran saya pastikan Anda mengecek domain sebelum membeli domain Anda untuk memastikan domain itu unik apa tidak.

Untuk mengetahui domain yang akan kita beli itu unik apa tidak silahkan cek kembali dengan menggunakan DomainTools.com

Sebagi contoh di sini saya ingin membeli domain www.jasagendong,com

Maka saya akan memasukkan nama domain itu ke DomainTools.com. Jika Anda menemukan status seperti keterangan yang ada di domain ini “Never Registered Before” itu menandakan domain itu unik dan masih bersih.

 

 

Domain Never Registered before 1

Kalau sudah seperti itu, saya sudah pasti akan membeli domain itu. Tetapi bukan berarti domain yang sudah pernah digunakan oleh orang lain itu semuanya jelek, Tidak…

Kita masih bisa menggunakan domain itu dengan cara mencari tahu lebih jauh tentang domain itu. Di kesempatan lain saya akan membahas mengenai hal ini.

Jadi pekerjaan digital marketing itu tidak segampang yang orang tahu, ada banyak hal yang perlu di pelajari dan ada banyak uang yang juga harus dikeluarkan untuk mencapai yang terbaik.

Bahkan semua orang yang melakukan digital marketing ada yang belum tahu tentang hal dasar ini. Oleh karena itu sangat penting untuk mencari tahu tentang hal ini dan mempelajarinya dengan baik.

Apakah setelah membaca hal artikel ini Anda mendapatkan hal yang baik dan bermanfaat? Jangan sungkan untuk berbagi dengan teman dan kenalan Anda tentang informasi ini.

Pemasaran secara online itu tidak semudah yang banyak di katakan oleh pembicara dan mentor-mentor yang hanya ingin mendapatkan keuntungan uang dari menjual modul dan kursus-kursus. Jadi saran saya jangan pernah melakukan digital marketing secara asal-asalan, pelajari terlebih dahulu sebelum Anda memulainya.

Jika Anda ingin melakukan pemasaran secara online, Saudara saya senang memberikan konsultasi Gratis kepada Anda tentang melakukan promosi digital marketing yang benar dan berhasil untuk usaha Anda. Bukan hanya konsultasi GRATIS, tetapi Saudara saya bahkan akan membuatkan strategi digital marketing gratis untuk bisnis Anda, Mau?

>> Silahkan Pelajari Dan Cari Tahu Lebih Jauh di Sini <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top