skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara SEO Website Property Untuk Memasarkan Property

Cara SEO Website Property untuk memasarkan Property

Cara SEO Website Property – Sebagai Agen property Anda pasti ingin sebisa mungkin memasarkan dan memperkenalkan produk Anda. Untuk bisa mengenalkan dan menjual produk yang sedang Anda pasarkan salah satu caran yang paling banyak digunakan adalah dengan cara SEO website property.

Bagi beberapa orang kata SEO mungkin terdengar asing. SEO atau kepanjangan dari Search Engines Optimization adalah sebuah teknik yang dilakukan oleh pemilik website untuk mengoptimasi website mereka agar mudah di temukan dan merangking di halaman pertama mesin pencari seperti Goolge dan Bing dengan menggunakan keywod tertentu.

Baca Artikel sebelumnya: Menjual Properti dengan email Marketing – 05

Sebagai contoh untuk membantu memudahkan Anda memahami ini, katakanlah Anda dan saya ingin mencari sebuah informasi tentang Rumah Murah Anti Bocor di Jimbaran di mesin pencari Google, maka Anda akan mendapatkan hasil pencarian beberapa daftar website yang langsung berhubungan dengan kata kunci itu atau yang masih berkaitan dengan kata kunci itu.

Mesin pencari Google tidak akan memberikan hasil pencarian yang tidak ada hubungannya dengan yang Anda cari, misalnya tentang, pedagang sayur atau pedagang nasi goreng. Tetapi Google akan memberikan hasil pencarian yang paling sesuai dengan kata kunci Rumah minimalis anti bcor di Jimbaran dan yang masih berhubungan dengan rumah yang di jual. Semua website-website yang di tampilkan oleh mesin pencari ini mempunyai keyword yang sama atau yang relevan dengan keyword yang diketikkan di mesin pencari.

Fungi dari search engines adalah:

  1. Untuk mereka yang menggunakan internet seperti kita adalah untuk mencari dan mendapatkan informasi yang sedang kita cari dengan menggunakan kata kunci tertentu.
  2. Untuk pemilik website, Anda akan mendapatkan pengunjung (traffic) yang menuju ke website Anda.

Karena alasan itu, maka semua pemilik website termasuk saya dan Anda sangat ingin mendapatkan peringkat pertama di halaman mesin pencari Google atau mesin pencari lainnya untuk kata kunci (keyword) tertentu yang di ketikkan atau yang sedang di cari yang sesuai dengan konten yang ada di website Anda.

Sebenarnya Google tidak hanya “akan menilai apakah halaman itu layak atau tidak” untuk berada di halaman depan hasil pencarian mesin pencari, tetapi Google juga melihat dan menilai halaman lain atau setiap halaman yang ada di website kita.

Jadi setiap halaman yang Anda buat dan yang ada di website Anda bisa mempunyai kesempatan untuk muncul di halaman depan mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu jika memang memenuhi persyaratan yang sudah di tetapkan.

Peringkat yang di dapat sebuah website di search engine dengan kata kunci tertentu biasanya di sebut dengan SERp atau kepanjangan dari Search engine result page.

Tujuan Menggunakan SEO

Mungkin Anda bertanya, apa sih tujuan dari menerapkan SEO untuk website Anda? tujuan dari menerapkan atau mempraktekkan SEO untuk website Anda adalah agar website yang sedang di optimasi bisa mempunyai harapan berada di halaman depan sebuah mesin pencari dengan kata kunci yang sedang mereka target dan relevan dengan isi konten website itu sendiri.

Selain itu tujuan Anda mempraktekkan SEO untuk mendapatkan pengunjung website dari mesin pencari yang digunakan. (kebanyakan menggunakan Google)

Lalu kenapa banyak orang berlomba-lomba untuk mencari pengunjung atau visitor? Alasannya sangat jelas karena trafic mempunyai nilai komersil atau bisa juga kita katakan potensi untuk memperbesar sebuah bisnis.

Karena itu banyak orang mau belajar bahkan menghabiskan banyak uang dan waktu hanya untuk mempelajari SEO, karena kalau mereka bisa SEO, website yang mereka kelola bisa mendatangkan income atau penghasilan.

Sayangnya, banyak orang yang ingin mempelajari tentang SEO ingin cepat bisa dan beberapa lainnya menganggap prosesnya sangat lama dan sulit untuk di pelajari.

Menurut saya, SEO itu memang sulit. Tetapi tidak sulit juga untuk kita pelajari jika kita punya keinginan untuk belajar. Saya dulu juga tidak mengerti tentang SEO, saya juga sama seperti Anda, pusing dan bingung saat pertama kali belajar tentang SEO. Seraya terus belajar, saya akhirnya bisa mengerti dasar-dasar SEO dan tahu caranya membuat backlink dan yang berhubungan dengan SEO. Meskipun tidak ahli, tetapi setidaknya saya tahu dasar-dasar SEO dan cara kerjanya.

Jika Anda mau bisa mengerti SEO Anda harus benar-benar mau meluangkan waktu 1 sampai dengan 2 bulan untuk mempelajari SEO.

SEO untuk membuat sebuah website bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google memang di bolehkan oleh pihak Google sejauh itu mengikuti peraturan dan standar Google. Tetapi jika SEO-nya di lakukan dengan cara yang tidak sesuai dengan peraturan Google maka website itu bisa kena hukuman atau penalty dari Google.

Dalam website resminya, Google juga mengatakan praktek SEO itu dibolehkan dan dibenarkan, selama website yang di optimalkan itu memberikan manfaat bagi banyak orang. jika websitenya di optimalkan hanya untuk tujuan SEO saja tanpa ada manfaat maka website itu bisa masuk dalam kategori spam.

Karena kalau saya perhatikan, banyak sekali website-website yang di optimalkan hanya untuk tujuan membuat website berada di halaman pertama Google tanpa mempunyai manfaat untuk mereka yang menggunakan internet.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui kalau praktek SEO itu harus di lakukan dengan waktu yang cukup lama, tidak bisa di lakukan dengan waktu yang singkat misalnya satu sampai tujuh hari. Harus bertahap dan membutuhkan waktu.

Satu lagi, kalau Anda baru mempunyai website atau membuat website baru untuk bisnis Anda, jangan pernah berpikir Anda bisa langsung mendapatkan penjualan atau website Anda akan langsung merangking di mesin pencari Google. Kenapa saya harus mengatakan hal ini di sini? Karena banyak sekali orang-orang yang ingin membuat website mempunyai pemikiran yang salah. Mereka menganggap dengan membuat website, website itu bisa langsung mendatangkan penjualan.

Itu salah besar. karena website yang sudah jadi itu, masih harus di optimasi lagi agar bisa berada di halaman pertaa mesin pencari Google dan berharap untuk mulai menghasilkan.

Kenapa harus menggunakan mesin pencari Google?

Mungkin beberapa dari Antara Anda ada yang mempunyai pertanyaan. Mengapa harus menggunakan mesin pencari Google? Bukankah di internet ada banyak mesin pencari, seperti Bing dan lainnya?

 

Sudah pasti ini berhubungan dengan kebiasaan dan di mana orang-orang menggunakan sebuah mesin pencari. Karena hampir 68% lebih orang-orang di seluruh dunia menggunakan mesin pencari Google untuk melakukan pencarian.

Karena banyak orang berkumpul dan menggunakan Google, maka SEO yang kita pelajari harus sesuai dengan aturan emas Google. Selain itu mesin pencari Google saat ini sudah mempunyai algoritma yang terus di update dan pintar untuk memberikan hasil yang sangat relevan sesuai dengan hasil pencarian yang diberikan.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google

Sebelum mempelajari SEO ada baiknya Anda mengetahui bagaimana sebuah mesin pencari bekerja untuk Anda.

Untuk yang sudah pernah mempelajari tentang SEO, mungkin bagian ini kurang menarik dan bisa di skip saja. Sedangkan untuk mereka yang benar-benar baru dalam mempelajari tentang SEO, pasti penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana sebuah mesin pencari bisa bekerja dengan memberikan hasil yang relevan dengan yang di minta?

Bagaimana Google bisa menentukan peringkat website mana yang harus berada di hasil pencarian paling atas sebuah mesin pencari?

Untuk memudahkan menjawab pertanyaan ini, saya akan mengumpamakan Google seperti sebuah buku besar yang mempunyai indeks cukup banyak, baik dan akurat.

Jadi ketika ada seseorang yang menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari, Google akan segera mencari dan menampilkannya dalam hitungan detik kepada Anda saat itu juga.

Untuk lebih memudah lagi bagaimana itu bisa di lakukan oleh Google, berikut ini ada beberapa cara kerja Google yang perlu kita ketahui:

1. Perayapan

Untuk bisa menampilkan hasil pencarian, mesin pencari Google mempunyai program atau software yang di beri nama Googlebot, dikenal juga dnegan Google spider atau robot google. Fungsi dari robt google ini untuk melakukan perayapan ke semua halaman website yang ada di dunia ini.

Bahkan website yang lama dan juga yang baru, akan selalu dikunjungi oleh robot milik google ini. Googlebot ini pasti akan merayapi semua halaman baru yang ada di website tertentu, mencatatnya dan juga mendeteksi setiap link yang ada di website itu untuk di di data dan di simpan.

Banyak orang yang mengatakan, untuk bisa di rayapi oleh mesin pencari Google, maka website kita harus di daftarkan ke mesin pencari Google.

Apakah memang harus dan benar seperti itu?

Menurut saya tidak harus di daftarkan ke Google webmaster tool atau sekarang namanya berubah menjadi google search console (saya heran sering banget google merubah nama toolnya) setiap website pasti akan dikunjungi oleh robot google.

Bahkan, jika artikel lama yang ada di website Anda di update, robot google akan kembali merayapi dan memperbaharui indeknya.

2. Mengindeks

Setelah robot google berhasil merayapi website Anda, kemudian robot google akan membuat daftar atau susunan dengan daftar yang sangat besar. setiap kata yang mereka temukan akan lengkap dengan hal-hal yang diperlukan untuk bisa menampilkan sebuah website di halaman hasil pencariannya.

Tidak ada yang salah, semua diurutkan berdasarkan urutannya. Untuk konten yang berupa gambar kita harus mengisi atau menambahkan alt tag dan juga menuliskan deskripsi yang singkat tentang gambar Anda itu, jika Anda melakukan ini robot google akan membaca dan mnampilkan gambar di hasil pencarian mereka.

3. Menampilkan Hasil

Dari hasil dua langkah yang ada di atas ketika ada user yang menggunakan mesin pencari google dan mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari, google kemudian akan mengecek indeks databasenya dan kemudian langsung mencari website mana yang paling cocok dan relevan untuk di tampilkan di halaman depan hasil pencarian.

Kita tidak bisa mengetahui dengan pasti semua hal yang bisa menentukan sebuah website muncul di halaman pertama mesin pencari google. Mungkin ada lebih dari 200 faktor yang tidak bisa kita tahu satu persatu. Beberapa faktor yang paling sering dan digunakan adalah Judul, deskrispi url dan juga isi dari konten atau halaman website itu sendiri.

Kemudian yang sampai hari ini masih dibutuhkan adalah backlink (link rekomendasi) yang menuju ke website Anda. Backlink yang relevan juga menjadi salah satu faktor sebuah website bisa berada dalam urutan pertama hasil pencarian google.

Backlink ini nanti ada pembahasan khusus, karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat dan mendapatkan backlink dari website lain.

Saya kira sampai di sini dulu materinya, nanti kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya. Karena pembahasan ini tidak bisa kita selesaikan hanya dalam satu artikel atau satu video saja, nanti akan menjadi terlalu panjang dan membosankan bagi beberapa orang.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Cara SEO Website Property ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Pelajari Panduan SEO:

  1. Pengertian Apa itu SEO
  2. Bagaimana sebuah mesin pencari bekerja
  3. Mengapa Harus Search Engine Google?
  4. Info update Algoritma Google Terbaru
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top