Cara Riset Produk Dan Supplier Terlaris Di Tokopedia

Cara Riset Produk dan Supplier Terlaris di Tokopedia

Melakukan Riset Produk Terlaris di Tokopedia untuk di jual lagi dengan sistem dropship sangat penting sekali! Karena dengan mengetahui produk apa saja yang paling laris manis dipasaran kita tidak perlu lagi memikirkan produk apa yang kalau saya jual secara online nantinya bisa laku?

Di artikel sebelumnya saya sempat membuat artikel yang membahas tentang “Melihat Peluang Menjadi Reseller Dropshipping” jika Anda belum membacanya maka saya sangat menyarankan Anda untuk membaca artikel itu terlebih dahulu, agar apa yang Anda baca di artikel ini bisa dimengerti lebih mudah.

Untuk bisa memiliki peluang penjualan di bisnis Online memang ada banyak jalan yang bisa kita tempuh, yang paling banyak dilakukan oleh orang adalah menemukan produk yang laris dijual terlebih dahulu, beriklan dan jujur. Saya akan memfokuskan pada menemukan produk apa saja yang laris untuk di jual lagi secara online dengan menggunakan sistem dropship maupun menjadi reseller.

Cara Riset Produk dan Supplier Terlaris di Tokopedia sangat mudah untuk kita lakukan dan mengapa harus tokopedia? Anda pasti sudah tahu, Tokopedia adalah salah satu marketplace yang paling besar di Indonesia, selain kita bisa menemukan produk terlaris Anda juga bisa menemukan supplier yang bisa dipercaya.

Baca: Cara Membuka Toko dan Berjualan di Tokopedia

Ok saya akan langsung menunjukkan kepada Anda Cara Riset Produk dan Supplier Terlaris di Tokopedia:

Langkah Pertama. Kunjungi situs www.Tokopedia.com dan masuk ke akun Anda.

Login ke Tokopedia - Riset Produk

Langkah Kedua. Klik kategori kemudian pilih salah satu kategori yang paling Anda sukai, pilih saja satu dulu untuk kita jual. (dalam contoh saya memilih kategori “Ibu & Bayi”.

riset produk tokopedia 2

Langkah Ketiga. Pada tahap ini Anda akan melihat isi kategori “Ibu & Bayi”, silahkan lanjutkan scroll ke bawah lalu klik “Lihat Semua Produk Ibu & Bayi

riset produk tokopedia 3- Lihat Semua Produk Ibu & Bayi

Langkah keempat. Pada tahap ini kita akan memilih dan mengelompokkan atau memfilter produk berdasarkan hasil penjualan terbanyak. Klik dan pilih Urutkan berdasarkan “Penjualan”. Ingat ya produk yang ada dibagian atas yang ada tulisan “Promoted” ini bukan termasuk hasil pencarian produk laris tapi ini bisa ada dan muncul di halaman ini karena dia beriklan. Pilih produk yang ada di baris ke dua ya. Oh iya Anda juga bisa memfilter Lokasi yang sama seperti lokasi Anda tinggal agar biaya pengiriman bisa sama sewaktu dikirim. Selain itu Anda juga bisa memfilter harga terendah atau termahal saya biasanya hanya memfilter berdasarkan penjualan terbanyak saja.

riset produk tokopedia 4

 

riset produk tokopedia 5 - urutkan penjualan

Langkah Kelima. Silahkan Anda pilih produk yang Anda suka dan ingin di Jual, dalam contoh saya memilih produk “Minyak Kemiri”, klik produk yang Anda pilih, pada tahap ini kita akan mulai meriset dan memilih produk yang laris dan siap untuk kita jual di pasar online. Produknya bebas, tiap orang tidak harus menjual produk yang sama, Kalau bingung dibagian ini Anda bisa masuk ke satu kategori yang kalian inginkan atau langsung ketikkan nama produk yang mau Anda jual.

riset produk tokopedia 6 - pilih produk

Langkah Keenam. Pada tahap ini kita akan mulai menganalisa produk, reputasi dan kecepatan secara cepat dan sederhana saja. Silahkan lihat berapa banyak produk yang terjual, Reputasi dan akurasinya.

menganalisa produk tokopedia

Langkah Ketujuh. Sekarang kita akan melihat tokonya, apakah toko ini layak untuk kita jadikan supplier atau tidak. Lihat kecepatan toko, Lihat pengiriman barang toko, Lihat Reputasi toko berdasarkan levelnya dan yang terpenting lihat jam online toko ini. jika semua sudah ok maka kita bisa memilih toko ini untuk jadi supplier kita.

apakah toko ini layak untuk kita jadikan supplier

Dari semua hal yang sudah kita lakukan ini kita bisa lihat kalau toko ini bisa kita jadikan dropship. (dari fakta yang ada di toko).

Apakah setelah melakukan semua itu langkah kita sudah selesai? Belum… masih ada hal lain yang harus kita lakukan dan kerjakan.

Apa saja yang harus kita kerjakan selanjutnya?

  1. Mendownload gambar produk atau bisa juga memfoto produk sendiri
  2. Mengkopi keterangan produk (deskripsi produk) sambil di edit sedikit
  3. Memberi judul produk
  4. Mencatat semua itu ke dalam file Microsoft PowerPoint bisa juga menggunakan WPS Spreadsheets (program ini gratis tinggal download lalu install) saya sudah membuatkan formatnya, Anda bisa mendownloadnya di pCloud saya.
  5. Mengupload produk ke Toko kita yang ada di tokopedia. Bagi Anda yang masih bingung cara mengupload produk di tokopedia bisa menonton videonya di sini “Cara Menambah Produk di Tokopedia”.

Jadi itulah Cara Riset Produk dan Supplier Terlaris di Tokopedia. Mudah bukan? Tidak sesulit yang Anda bayangkan selama ini. Meskipun Anda telah meriset produk yang bisa laku dijual lagi secara online, hal ini bukan berarti Anda akan langsung bisa jualan dan menghasilkan. Ada langkah-langkah tambahan lain yang juga harus Anda lakukan, misalnya seperti beriklan dan mempromosikan produk yang Anda jual di Facebbok, Facebook Ads, Instagram, Google Ads dll (Dapatkan Panduan Cara Beriklan di Google Adwords Secara Gratis).

Mengapa Anda harus melakukan hal itu? Jawabannya sangat sederhana, karena Anda harus bersaing dengan para pedagang yang lain. Karena saat ini hampir semua orang mencoba mencari peruntungan dan berjualan secara online. Ok saya kira sampai di sini dulu pembahasannya, kita akan lanjutnya pembahasan selanjutnya tentang cara beriklan dan memasarkan produk kita secara online di artikel berikutnya.

Buat Anda yang tidak terlalu begitu suka membaca artikel Anda bisa menonton panduan ini dalam bentuk video: